Advertisements

Artikel Kepemimpinan agar Sukses Memimpin

Artikel kepemimpinan agar kia sukses memimpin akan membuat kita terinspirasi jika kita membaca dan mengamalkan apa yang ada di artikel ini, semua bacaan tentang motivasi atau cara agar cepat sukses tidak akan berguna jika hanya dijadikan infomasi dan pengetahuan semata tanpa tindakan. Kali ini kita akan mengetahui apa itu pemimpin dan bagaimana cara sukses memimpin, simak penjelasan berikut ini.

Artikel kepemimpinan agar sukses memimpin

sumber : https://4tmaj4.files.wordpress.com/

Artikel Kepemimpinan

Mungkin sebagaian kita sudah mengerti tentang kepemimpinan, atau sudah ada yang pernah mengikuti seminar LDK (latihan dasar kepemimpinan), tapi apakah kita bisa memjadi seorang pemimpin dan bisa membawa anggota yang kita pimpin?. Semua ada ilmunya dan semua butuh proses, butuh perjuangan dan pengorbanan yang lebih yang harus dilakukan seorang pemimpin.

Pengertian Pemimpin

Apa itu pemipin? Pemimpin adalah kita atau kalimatnya dibalik kita adalah pemimpin. Banyak sekali pengertian tentang pemimpin dan mungkin penjelasannyapun begitu panjang dengan jumlah referensi yang banyak, sebenarnya arti dari pemimpin itu kita sendiri, Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hasits shohih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim ” كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ ” “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggujawabannya”.

Ini sudah cukup untuk kita pahami bahwa pemimpin itu adalah kita, tidak salah memang yang mengartikan bahwa pemimmpin adalah seseorang yang bertanggung jawab atas anggotanya dan lain sebagainya, ini tidak salah ini adalah benar, hanya saja saya mengambil arti pemimpin dari Hadits.

Artikel kepemimpinan agar sukses mmemimpin

sumber : http://img.scoop.it/

Pengertian Kepemimpinan

Sebenarnya pemimpin dan kepemimpinan mempunyai arti yang berbeda meskipun hanya ditambahkan “ke” tapi maknanya berubah dan berbeda. Kepemimpinan itu dimana kata ini muncul ketika ada opini orang mengenani pemimpin, baik itu keritikan, pujian, atau mungkin hinaan dan cacian yang dilontarkan oleh orang yang beropiti/berpendapat tersebut.

Penasaran dengan  Penemuan Terbaru, Khasiat dan Manfaat Udang Bagi Kesehatan

“Banyak sekali pembenahan di kota Bandung dan sekarang Bandung lebih banyak taman dan tempat-tempat wisata yang tersedia, ini karena kepemimpinan wali kota bandung yang cerdas dan kreatif” ini adalah kalimat pujian yang menggunakan kata kepemimpinan.

Tips Menjadi Pemimpin yang Sukses

Sebenarnya pemimpin yang sukses itu dia yang mampu membawa anggota yang dipimpinya menjadi lebih baik dari sebelumnya, pemimpin yang baik itu harus memiliki empat kepribadian, yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah. Rasulullah Muhammad SAW. telah membuktikannya dan memiliki keempat sifat kepribadian yang tadi disebutkan.

Nabi Muhammad mempunyai keempat sifat tersebut dan sudah menjadi bukti nyata kepemimpinan beliau sangatlah luar biasa dan berhasi, bisa dikatakan perfek, bahkan jasanya sampai saat ini masih kita rasakan sebagai seorang muslim di Indonesia dan seluruh pelosok bumi. Ada beberpa hal lagi yang bisa mejadikan anda sukses menjadi seorang pemimpin.

1. Membuat Rencana atau Tujuan

Artikel kepemimpinan agar sukses memimpin

sumber : https://d.fastcompany.net/

Ini adalah yang perlu diperhatikan pasalnya membuat rencana akan mengkondisikan otak kita untuk berfikir bagaimana rencana itu tersampaikan, tujuan terpilihnya diri kita menjadi seorang pemimpin menjadi harapan anggota yang dipimpin untuk menjadikan kelompoknya dikenal.

Misalkan kita dipilih menjadi ketua kelompok dalam mata pelajaran sosiologi, tugas yang diberikan oleh guru adalah mewawancarai kepala desa/suku terntentu untuk dijadikan sebuah artikel yang nantinya akan di peresentasikan didepan kelompok yang lain, nah artinya kita harus membuat kapan kita bersama kelompok mewawancarai kepala desa tersebut.

Setelah menentukan waktu tentukan juga tugas-tugas kepada para anggota agar beban menjadi lebih ringan dan kita hanya mengkondisikannya saja, setelah itu cek dan perbaiki lagi dan tujuan selanjtnya adalah menyiapkan diri untuk berperesentasi didepan teman-teman kelas yang lainnya.

2. Tanamkan Kata “Jangan” Dalam Diri

  • Jangan Takut Gagal

    • Yakinkan pada diri kita bahwa apa yang kita telah rencanakan akan berjalan dengan baik dan berhasil, jika kita takut itu adalah hal yang wajar tapi, jangan sampai juga kita tidak takut sama sekali, karena takut juga bisa membuat kita membuat rencana-rencana alternativ.
    • Tapi ketakutan yang berlebihan akan membuat kita kebanyakan mikir, tidak ada actionnya, gagal adalah suatu yang nyata dan sukses adalah suatu yang pasti.
  • Jangan Cepat Puas

    • jangan cepat puas termasuk kedalam artikel kepemimpinan, biasanya saat kita meyelesaikan sebuah masalah atau berhasil dalam mengadakan suatu acara, perlu ada yang namanya evaluasi agar kedepannya bisa lebih baik.
Artikel kepemimmpinan agar sukses memimpin

sumber : http://2.bp.blogspot.com/

  • Jangan Terlalu dipikirkan

    • Biasanya seorang pemimpin gagal karena terlalu memikirkan dan bingung, ini akan membuat konsentrasi kacau karena banyak memikirkan, buatlah fikiran anda rileks dengan cara bermain atau bercanda bersama kawan-kawan.
  • Jangan Menyerah

    • Jangan menyerah, adalah hal penting yang harus dimiliki seorang pemimmpin, karena akan berdampak pada anggota yang lainnya.
    • Untuk menyemangati diri atau misalkan, kita sudah gagal berkali-kali dalam memecahkan masalah bisa jalan-jalan atau membaca buku-buku motivasi agar mental kita terbangun kembali.
Penasaran dengan  Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat

3. Menyiapkan Telinga dengan Baik

Maksud dari menyiapkan telinga dengan baik adalah siap menerima keritikan, saran, pendapat, masukan, pujian, celaan dan lain sebgainya, seorang pemimpin harus bisa menjadi pendengar  yang baik. Bukan hanya siap mendengarkan masukan, hinaan dan pujian tapi menjadi tempat curhat anggota kelompok yang sedang bermasalah.

Mendengarkan dan mengiyakan adalah suatu hal yang berbeda tapi jika dipisahkan maka akan terjadi kesalapahaman dan akibatnyapun bisa menjadi fatal, karena jika kita hanya mendengarkan dan tidak mengiyakan, kita bisa disangka tidak mendengarkan atau acuh terhadap orang yang menceritakan.

Artikel kepemimpinan agar sukses memimpin

sumber : http://mileniamuda.com/

4. Gunakan Hati

Hati, adalah sesuatu yang sangat sensitif, lihat saja orang yang di sindir, dibicarakan dari belakang, di puji tapi maksudnya adalah mengeritik. Hati seorang pemimpin harus kuat dan tangguh dalam menghadapai situasi apapun, memang membuat hari menjadi kuat bukan sesuatu yang mudah tapi jika hati kita sudah kuat makan kita akan memimpin dengan nyaman dan merasa tanpa bebaan.

Dalam menyelesaikan suatu perasalahan ini sangat dibutuhkan, apatalagi permasalahan dalam anggotanya, dengan cara mendekati dan menerima segala keinginannya dan menjelaskan dengan hati/pelan-pelan peraturan yang berkalu dan kesalahan-kesalahan yang diperbuat.

5. Introspeksi dan Do’a

Artikel kepemimpinan agar sukses memimpin

sumber : http://1.bp.blogspot.com/

Intropeksi adalah hal yang sangat penting untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses, mengintrospeksi sama halnya dengan evaluasi, yaitu mengingat-ingat kesalahan dan tindakan yang salah dalam suatu waktu tertentu, menyesali dan belajar dari hal yang lalu.

Penasaran dengan  10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Manfaat introspeksi diri sangat banyak, salah satunya agar kita tidak melakukan kesalahan, bukan hanya diri sendiri tapi anggota kita, juga ada evaluasi baik itu mingguan, bulanan, bahkan mungkin tahunan. Pengertian kata sukses itu maknanya sangat luas jadi intospeksi membuat kita berpikir tentang keberhasilan yang sesungguhnya.

Berdo’alah kepada Allah, mintalah segala sesuatu kepada Allah, mintalah kemudahan kepada Allah, dengan berdo’a jangan kita sampai satu hari saja kita lupa berdo’a kepada Allah. Kehebatan do’a itu sangat nyata, sebelum memimpin atau saat memimpin, mintalah pertolongan kepada Allah agar terhindar dari pemimpin yang tidak amanah.

Artikel kepemimpinan agar sukses memmimpin

sumber : http://simcardjepang.com/

Do’a sangat penting, lakukanlah do’a setiap saat jangan hanya ketika ada sesuatu yang diinginkan saja, tapi setiap hari, jika kita berdo’a dan kita merasa bahwa do’a kita belum terkabulkan maka bersabarlah dan berbahagialah karena mungkin itu yang terbaik buat kita atau masih ditunda sama Allah.

Artikel kepemimpinan agar sukses memimpin ini semoga bermanfaat bagi kita semua, yang terpenting yakin dan dekatkan diri kepada Allah maka kesuksean itu mudah diraih, ingatlah Sukses itu penting tapi bersyukur jauh lebih sukses.

Advertisements
  • Add Your Comment