bayi sering gumoh

Bayi Sering Gumoh

Bayi Sering Gumoh – Bagi sebagian orangtua apalagi yang baru memiliki buah hati pertama kalinya pastinya sangat senang dan menjaga segala apa-apa yang ada pada bayi. Mulai dari menjaga makanan yang dimakan dan yang paking utama menjaga kesehatan.

Salah satu yang mungkin dialami oleh ibu baru adalah bayi sering sekali gumoh, dan yang mejadi pertanyaan apakah gumoh pada bayi ini berbahaya bagi kesehatan dan tubuh bayi itu sendiri ?  mari simak jawabanya berikut ini.

Baikkah Gumoh Pada Bayi ?

Pada umunya tapi tidak selalu bayi yang sedang mengalami gumoh, adalah normal saja, artinya kondisi tubuh bayi tidak sakit. Jadi pada kondisi ini buda tidak perlu khawatir yang berlebihan akan kondisi bayi yang sering gumoh.

Lalu apa penyebabnya ? penyebabnya karena  sistem pencernaan pada tubuh bayi yang belum sempurna seperti pada orang dewasa. Jadi sisitem yang belum sempurna ini akan mengeluarkan kembali apa yang dimakan oleh bayi.

Gumoh sendiri merupakan muntah ringan atau muntah kecil, tapi gumoh bukan termasuk bagian dari muntah, karena gumoh berbeda dengan muntah. Gumoh hanya mengeluarkan sedikit saja dari apa yang di konsumsi oleh bayi, sedangkan muntah mengeluarkan lebih banyak dari gumoh.

Baca juga : Bayi muntah setelah minum asi

Kapan Terjadinya Gumoh ?

Gumoh sering terjadi pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada waktu-waktu :

  1. Terjadi setelah bayi meminum susu instan maupun ASI (kejadian ini bias terjadi beberapa saat setelah meminum bias juga hingga 1 – 2 jam setelah meminumnya.
  2. Kurang lebih satu hari dalam sekali, ini terjadi pada usia bayi dari 0 – 3 bulan kelahiran.
  3. Bayi Sering Gumoh terjadi pada usianya yang ke 2 – 4 Bulan, jadi pada usia ini bayi akan sering gumoh dan bunda tidak perlu khawatir Karena ini merupakan sesuatu yang normal.
  4. Di usia 7 – 8 Bulan bayi sudah mulai berkurang gumohnya, Karena system pencernaan mulai matang dan berkembang.
  5. Pada usia 12 bulan, dan setelahnya bayi di pastikan tidak akan mengalami yang namanya gumoh lagi.
Penasaran dengan  Berbagai Macam Manfaat, Khasiat dan Fungsi Cuka Apel Tahesta

Alasan Gumoh Pada Bayi

bayi sering gumoh
Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Proses terjadinya gumoh pada tidak semata-mata terjadi ada beberapa proses yang dilalui sebelum bayi meenjadi mengeluarkan sedikti cairan.

  1. Saat bayi meminum susu secara otomati juga udara akan terhisap dan masuk kedalam tubuh bayi
  2. Udara yang masuk pada perut bayi akan mencari posisi tertinggi pada rantai lambung, Karena udara lebih ringan di bandingkan makanan.
  3. Setelah ini akan terjadi sendawa pada bayi.
  4. Nah ketika sendawa terjadi biasanya ada sedikit carian yang ikut keluar Karena, pada saat udara naik dan keluar masih ada cairan di atasnya yang ikut terbawa keluar baik itu dari mulur maupun dari hidung.
  5. Selain itu hal ini disebabkan oleh system pencernaan pada bayi yang belum sempurna.

Penyebab Gumoh Pada Bayi

Bayi sering gumoh ternyata juga di sebabkan oleh beberapa hal, yang terpenting bunda harus mengetahui hal-hal ini agar tidak terlalu khawatir yang berlebihan, diantarnya penyebab gumoh pada bayi adalah :

  1. Bayi menganing secara berlebihan dan terus menerus
  2. Menangisnya bayi saat menyusui menjadikkan udara juga banyak yang ikut masuk kedalam tubuh bayi.
  3. Makanan yang dikonsumsi, misalkan alergi terhadap susu formula atau makanan yang dikonsumsi bundanya

Cara Mudah Mengatasi Gumoh Pada Bayi

Setelah bunda mengetahui alasan dan penyebab gumoh pada bayi, hal yang selanjutnya adalah sikap dan cara mengatasi gumoh itu sendiri yang terjadi pada bayi. Setidaknya bunda bias lebih waspada agar gumoh pada bayi tidak sering terjadi.

Penasaran dengan  4 Cara Menjadi Artis Terkenal Dengan Mudah Tanpa Ikut Casting!

Hal ini sangat penting klarena jika hal ini disepelekan dan diabaikan makan bayi juga akan merasakan ketidak nyamanan dan bahkan bias menjadi penyakit jika berlebihan atau terlalu sering gumoh paada bayi. Berikut adalah cara mudah mengatasi gumoh pada bayi :

  1. Miringkan posisi badan dan kepala bayi jika, bayi gumoh pada saat posisi terlentang.
  2. Posisi kepala di usahakan lebih rendah dari posisi tubuh bayi (sebaiknya tidak menggunakan bantal)
  3. Jangan menggendong bayi yang sedang gumoh
  4. Jika bayi gumoh terjadi pada saat di gendong, maka segeralah membungkungkan tubuh bayi ke depan, agar gumoh yang terjadi pada bayi tidak masuk lagi ke dalam tubuh atau bias juga kedalam pernafasan bayi dan ini sangat berbahaya.

Cara Meminimalisir dan Mencegah Sering Terjadinya Gumoh Pada Bayi

Ada beberapa hal yang harsu dilakukan ketika bayi sering sekali mengalami yang namytan gumoh, hal ini harus diperhatikan agar tidak berdampak pada kesehatan dan tubuh bayi yang lainnya. Berikut adalh cara yang mudah dipelajari untuk bunda yang baru.

  1. Hindari atau kurangi memberi ASI pada bayi dengan posisi bayi terlentang ( posisi kepala sama tinggi dengan tubuh).
  2. Berikanlah Asi dengan posisi kepala lebih tinggi dai tubuh bayi, kira- kira 30 derajat.
  3. Memberikan makan dengan posisi duduk bayi, bisa juga saat bayi sedang ada di kereta dorong bayi.
  4. Setelah proses menyusui selesai, usahakan bayi dalam posisi tegak hingga bayi bersendawa, jika tidak bersendawa paling lama 30 menit di gendong dengan posisi berdiri.
  5. Jangan memberikan ASI secara berlebihan dan jangan juga menunggu bayi nangis Karena kelaparan, atur waktu untuk menyesui agar teratur.
  6. Jika bayi menyusui menggunakan dot, pastikan lubang pada dot yang digunakan tidak terlalu kecil dan besar.
Penasaran dengan  Cara Mudah Berbicara Didepan Umum

Hubungi Dokter ?

perbedaan muntah dan gumoh
Sumber : https://assets.babycenter.com/

Jika hal dan antisipasi bunda diatas dirasa sudah dilakukan dan bayi masih terus atau sering sekali mengalami gumoh maka segera hubungi doker bayi agar lebih aman dan mengetahui penyebab yang menjadikan bayi sering gumoh.

Hubungi dokter juga ketika bayi muntah, artinya ketika bayi mengeluarkan banyak sekali makanan atau minuman yang di konsumsinya secara besar. Hal ini memungkikan adanya permasalahan pada otot-otot bagian bawah lambung bayi.

Diharapkan setelah membaca tulisan atau artikel ini bunda bias lebih waspada dan tenang dalam mengahapi banyi yang gumoh. Intinya jika dirasa bayi sering gumoh merupakan hal yang normal, namun jika berlebihan harus segera konsultasikan ke dokter, Terimakasih 😊

Tinggalkan komentar