Ciri-ciri Burung Elang Jawa

Mengenal Tentang Burung Elang Jawa, Raja Predator di Udara

Burung elang adalah salah satu jenis burung yang terdapat banyak di Indonesia, burung elang dalam bahasa latin dkenal juga dengan nama Aquila. Sebelum kita lebih dalam mengenal tentang burung elang, kita akan memberi sepintas info dulu nih.

Burung elang mempunyai ciri-ciri dengan tubuh yang besar, kekar, dan kuat, kepala yang keran dan paruh yang kuat juga dimiliki oleh burung elang. Burung yang memiliki tubuh terbesar diantara para burung pemangsa lainnya.

Oke cukup, selebihnya kamu bisa baca di bawah tentang pembahasan burung elang, mulai dari klasifikasi ilmiah, habitat, ciri-ciri, cara reproduksi, makanan yang menjadi kesukaannya, dan penyebaran burung elang di Indonesia.

Klasifikasi Burung Elang Secara Ilmiah

Predator udara ini termasuk kedalam kelas : Aves, Kerajaan : Animalia, Filum : Chordata, Ordo : Accipitriformes, dan Famili : Accipitradae.

Habitat Burung Elang

Habitat Burung Elang
sumber : https://pixabay.com/

Dalam bahasa lain sarang burung elang dikenal juga dengan nama Eyries, dalam pembangunan sarangnya burung elang sangat menyukai membangun tempat tinggalnya di pohon yang mempunyai ketinggian, di piggir atau tepian jurang.

Penasaran dengan  [Aneh!] 49+ Gambar Hewan Langka di Dunia

Dan juga di tebing-tebing yang sangat tinggi, hal ini dilakukan untuk melindungi bayi-bayi elang yang baru lahir agar terhindar dari predator atau pemangsa lainnya dan untuk memantau keadaan sekitar sekaligus mencari mangsa yang bisa dilihat dari ketinggian.

Ciri-ciri Burung Elang Jawa

Ciri-ciri Burung Elang Jawa
sumber : https://pixabay.com/

unruk lebih mengenal lebih jauh tentang burung elang jawa, maka kamu harus mengetahu ciri apa saja yang terdapat pada elang jawa. sebenarnya ciri di bawah adalh ciri untuk semua jenis burung elang, berikut penjelasannya :

  • Berparuh bengkok dengan ukuran yang besar, tidak terdapat gigi pada paruhnya, dan memiliki berat yang lebih dibandingkan parung predator udara lainnya.
  • Kekuatan kaki dengan otot dan cakar yang kuat dan tajam.
  • Matanya memiliki ketajaman 3,6 lebih tajam dari pada mata manusia.
  • Termasuk hewan pemangsa dengan darah panas.
  • Tubuh dan sayapnya dipenuhi dengan bulu pelepah.
  • Bisa mengatur nafas dengan baik, apalagi ketika terbang burung elang mempunyai empat bilik seperti jatung manusia untuk mengatur oksigen.
  • Termasuk kedalam hewan ovipar, dimana oveipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Cara Berreproduksi Burung Elang

Cara Berreproduksi Burung Elang
sumber : https://pixabay.com/

Pada umumnya ketika bertelur burung elang hanya mempu mengeluarkan dua telur, dan jika anak burung elang yang lahir duluan adalah betina makan akan membunuh saudaranya yang lebih muda ketika menetas.

Penasaran dengan  Berbagai Macam Manfaat, Khasiat dan Fungsi Cuka Apel Tahesta

Ukuran bayi elang betina juga mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran bayi elang yang jantan. Anehnya ketika bayi elang betina membunuh bayi elang lainnya yang lebih muda induknya membiarkan bayi elang betina membunuh saudaranya.

Makanan Kesukaan Elang

burung elang terbesar
sumber : https://pixabay.com/

Bueng predator ini adalah salah satu burung yang merupakan pemakan daging atau dalam bahasa ilmiah disebutkan karnivora. Kesukaan elang dalam memakan daging tergantung pada jenisnya tapi pada umumnya elang suka memakan mamalia kecil.

Contohnya adalah, ayam, tumapi, tikus, ikan, kadal, juga hewan mamalia kecil lainnya, tapi ada beberapa jenis ikan yang suka dengan seranga seperti jangkrik dan belalang. Ikan yang habitatnya didataran rendah lebih menyukai ikan sebagai makanan pokoknya.

Penyebaran Burung Elang di Indonesia

Klasifikasi Burung Elang Secara Ilmiah
sumber : https://pixabay.com/

Banyak sekali jenis burung elang di Indonesia, menurut yang dilansir oleh wikipedia jenis burung elang di Indonesia terdapat 21. Tapi dari benyaknya jenis burung elang di Indonesia hanya tersisa beberapa saja di Indonesia karena populasinya yang semakin menurun.

oh, ya ada info nih guys, buat kamu yang mau belanja online tas murah disini aja grosir tas murah dijamin bagus-bagus dan impor dari luar. yang pasti harganya juga murah meriah.

Penasaran dengan  Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat

Gimana sudah puas kenalan dengan burung elangnya? Nah sekarang tinggal kamu saja yang harus menjaga kelestarian dan habitat burung elang agar suatu saat nanti anak dan cucu kita bisa berkenalan juga dengan burung elang, terimaksih.

Leave a Comment