fakta unik anak ips

Fakta Unik Anak IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Ada dua jenis anak sekolah menengah atas (SMA) sejak kurtilas berlaku di Indonesia yaitu anak IPA dan anak IPS, sebenarnya tugas dan ilmu yang dipelajari sama saja, hanya saja anak IPA lebih fokus terhadap penelitian dan anak IPS lebih fokus terhadap sosial. Kali ini kita akan membahas keunikan anak IPS yang biasanya dipandang sebelah mata oleh guru karena penampilan dan kelakuannya yang cukup baik.

Berikut adalah 5 fakta unik anak IPS

1. Lebih Kreatif

Lebih kreatif
adakportal.com

Anak IPS biasanya melakukan kegiatan-kegiatan yang di luar dugaan, niali kretifitas bisa diukur dari apa yang dikerjakan dan menjadi sesutu yang baru dan keren tapi biasany orang yang memiliki kreatifitas tinggi selalu melakukan hal-hal nyeleneh dan tidak disukai oleh banyak orang, bahkan orang yang tidak mengerti tentang arti kretifitas sesungguhny bahwa kegiatan yang dilakukan tak bermanfaat.

Kretifitas anak IPS juga bisa dilihat dari segi penampilan, anak IPS cenderung membuat tampilan yang berbeda dengan yang lainnya biasanya mereka berpenampilan apa adanya, kenyamanan dan kebiasaan menjadi faktor utama dalam berpenampilan.

Penampilan bukan hanya pada dirinya sendiri tapi pada kelas yang ditempati, kelas anak IPS lebih berwarna dengan berbagai coretan dinding yang menghasilkan suatu karya yang indah, dan masih banyak lagi kreatifitas yang dibuat oleh anak IPS.

2. Mudah Bergaul

diskutsi
lebih suka berdiskutsi

Pelajaran tentang sosial yang dipelajari oleh anak IPS membuat mereka menjadi mudah bergaul dengan siapa saja dari berbagai kalangan, pergaulan anak IPS biasanya tidak hanya terfokuskan pada satu pergaulan tapi berbagai macam komunitas dan organisasi yang mereka ikuti dan berpartisipasi didalamnya.

Penasaran dengan  Penemuan Terbaru, Khasiat dan Manfaat Udang Bagi Kesehatan

Dalam kelas ilmu pengetahuan sosial terdapat pelajaran sosiologi yang khusus mengkaji tentang kehidupan bermasyarakat dan bersosialisasi, dari sini para anak IPS mempraktekan ilmunya kepada semua kalangan baik dengan yang sebaya, adik kelas bahkan sama gurupun terkadang anak IPS lebih dekat, bukan hanya di dalam kelas/sekolah tapi diluar sekolah.

Anak IPS juga jarang sekali yang mempunyai sifat lebih suka sendiri, biasanya dalam mengerjakan sesutu mereka lebih senang berkelompok dan berdiskutsi untuk menyelesaikan permasalahan, ini lah yang membuat anak IPS banyak sekali yang mengikuti kegiatan extrakuler Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

3. Mempunyai Teman Lebih Banyak

Oxygent
bergaul dengan siapa saja dan akhirnya menjadi sahabat

Bergaul dengan siapa saja dan mudah sekali untuk mengikuti komunitas tertentu membuat anak IPS mempunyai teman lebih banyak dibandingkan oleh anak IPA, mempunyai sifat yang “semaunya” membuat anak IPS mencari teman untuk melakukan segala experimen di luar baik atau buruknya experimen yang dilakukan.

Ingin mencoba segala sesuatu adalah salah satu sifat yang dimiliki anak IPS, dan untuk menyalurkan keinginannya dicarilah komunitas atau kelompok yang kegiatannya melakukan apa yang diinginkan oleh anak IPS tersebut. Hobi yang dimiliki anak IPS itu tidak hanya satu, pada dasarnya mereka tidak memiliki hobi, kegiatan apa saja yang mmereka suka itulah hobinya.

4. Fakta Anak IPS Santai dan Rileks

santai-dan-rileks
gambartop10.blogspot.com

Santai dalam menghadapi masalah adalah salah satu dari fakta unik anak IPS, bisa dilihat dalam mengerjakan berbagai tugas yang banyak mereka terap santai saja dalam menghadapinya, mereka baru mengerjakan tugas jika waktu pemeriksaan tugas hanya tinggal 1 hari lagi bahkan mungkin beberapa jam saja.

Penasaran dengan  Artikel Kepemimpinan agar Sukses Memimpin

Jika dibandingkan dengan anak IPA yang kalau diberi tugas ingin cepat-cepat menyelesaikannya berbeda dengan anak IPS yang selalu memudahkan dan tidak dibikin ribet, juga kebiasaan yang buruk selalu menunda-nunda pekerjaan apa lagi dalam soal pelajaran, memang tidak semuanya tapi sebgaian besar seperti ini.

Rilek akan sangat penting bagi kita jika ingin mengerjakan sesuatu dengan baik dan maksimal, pasalnya jika kita mengerjakan dengan terburu-buru dan berfikirr cepat maka pekerjaan yang dilakukan tidak akan maksimal. Berbeda dengan anak IPS yang jika waktu pemeriksaan semakin dekat otak mereka mungkin baru bisa bekerja dengan cepat.

5. Mempunyai Rencana Lebih Hebat

doctorrupiah.co
unsplas.com

Bukan rencana yang hebat jika rencana kamu belum ditertawai oleh orang lain yang mengetahui rencanamu, anak IPS mempunyai kretifitas dan pemikiran yang tidak bisa ditebak dan diperkirakan, kebanyakan anak IPS mempunyai rencana yang diluar kemampuan.

Rencana yang hebat akan memotivasi seseorang untuk menjadi orang yang hebat, pola hidup dan prilaku yang sekarang mereka lakukan menjadi keraguan orang untuk menyatakan bahwa anak ini akan berhasil dengan rencananya.

Mempunyai rencana lebih hebat adalah fakta unik yang anak IPS, seperti ingin keluar angkasa dan mempunyai tempat tinggal disana, memimpin negeri ini dan menjadikan lebih baik, membuat perencanaan-perencanaan yang keren dan hebat.

mempelajari bumi
unsplash.com

Sebenarnya anak IPA dan IPS sama saja hanya saja perilaku anak IPS yang cenderung kurang disiplin yang membuat orang memandang sebelah mata, tapi  kesuksesan seseorang tidak bisa dilihat dari seberapa tinggi pendidikan atau pada saat SMA masuk kelas IPA apa IPS.

Penasaran dengan  Pengertian, Contoh, dan Sistem Klasifikasi Hewan dan Tumbuhan

terbaginya kelas IPA dan IPS kan hanya ada baru-baru ini pada kurukulum 2013, tapi perilaku sekarang kita akan menentukan kesuksesan dimasa depan, gambaranlah jika kita saat ini bermalas2an kita pasti sudah punya gambaran bahwa kalau orang malas apa yang akan didapatkan, teruslah berusaha dan bersungguh-sungguh ingat, Hasil tidak akan pernah mengecewakan Usaha.

Itulah gambaran tentang fakta anak IPS yang perlu kamu ketahui dan membuat banyak orang kagum akan kualitas dan kecerdasan yang dimiliki oleh anak IPS, jadi buat kamu yang sekarang masuk kelas IIS jangan galau dan jangan sedih, karena kelas IPS itu lebih asik dan seru.

1 thought on “Fakta Unik Anak IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Leave a Comment