Advertisements

7 Fakta Anak Pondok yang Tidak Kamu Ketahui

Fakta anak pondok yang unik dan kamu tidak akan menyangka bahwa anak pondok yang biasanya hanya belajar agama sebenarnya mempunyai fakta yang mungkin, kamu tidak akan mengetahuinya, untuk itu jangan pernah kalian memandang sebelah mata tentang anak pondok, sebab ada beberapa fakta yang tidak kamu ketahui tentang anak pondok.

Menjadi anak pondok atau santri adalah suatu hal yang menyenangkan dan mengasikan, pasalnya bahwa anak pondok memiliki kemampuan lebih yang kamu tidak miliki. Kali ini kita akan membahas fakta-fakta tentang anak pondok atau santri yang tidak kamu ketahui.

Berikut 7 fakta anak pondok yang tidak kamu ketahui

1. Berwawasan Luas

fakta anak pondok

babaihaqi.blogspot.com

Berwawasan luas adalah salah satu fakta anak pondok, karena anak pondok itu tidak hanya belajar tentang agama dan ilmu akhirat saja, sekarang sudah banyak Pondok Pesantren Modern di Indonesia yang mempelajari pengetahuan agama dan umum. Dikarenakan waktu kegiatan belajar mengajar (KBM) yang cukup padad mengakibatkan santri harus menginap di pondok/asrama.

Selain berwawasan luas tentang pengetahuan agama dan umum, anak pondok juga mempunyai pemikiran yang luas, yang membuat pemikiran luas adalah berbgai cerita dengan santri lainnya yang berasal dari daerah dan bahasa yang berbeda-beda.

Pondok Pesantren Modern juga membuat santri mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kalau kamu mempunyai teman seorang santri hampir segala sesuatu yang diobrolkan pasti nyambung, baik itu tentang teknologi yang terbaru sampai tentang berita yang terjadi dibelahan dunia yang mungkin kamu sendiri belum mengetahuinya.

Banyak sekali wawasan yang dapat kamu dapati ketika kamu menjadi santri, mulai dari cara mengindari hukuman dengan alasan yang keren, menyembuyikan barang yang dilarang untuk dibawa ke pondok, mencari-cari cela untuk bisa bersenang-senang dan masih banyak pengetahuan yang akan kamu dapati ketika kamu menjadi anak pondok/santi.

2. Bisa Menghadapi Banyak Karakter

7 fakta anak pondok

ahsinrifqy.blogspot.com

Fakta anak pondok selanjutnya adalah bisa menhadapi banyak karakter. Karakter atau sifat seseorang pasti berbeda-beda yang biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan maupun keluarga, dan biasanya saat kamu bertemu dengan teman baru, kamu merasa bahwa sifat yang dimiliki oleh orang yang kamu kenal sangat buruk dan kamu tidak nyaman atas kehadirannya. Masalahnya bukan pada sifat dan orang yang kamu baru kenal tapi karena kamu belum memahammi dan mengetahui sifat temanmu.

Penasaran dengan  Macam-macam Tahapan Alur pada Cerita

Karakter biasanya menjadi permasalahan bagi sebagian orang, ada yang kalau bicara keras, ada yang mudah sakit hati, bahkan ada pula yang pendiam dan susah sekali di ajak berinteraksi. Hal ini akan menimbulkan ketidak harmonisan dalam berteman, kalau pun kamu bisa memahami sifat dan karekternya kamu butuh waktu yang lama untuk bisa mengerti dan memahami sifat dan karakter teman barumu ini.

Bagi anak pondok/santri dalam memahami karakter seseorang sangat cepat karena pada saat mondok disana ada berbagai karakter orang dan dari berbagai daerah yang meyembabkan mereka bisa mengetahui bahwa orang sunda memiliki karaker yang lembut dan halus, kalo berhadapan dengan orang medan harus seerti apa.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapati jika kamu bisa memahami dan memahami berbagai karakter dari berbagai daerah untuk mempererat silatuhrami mempunyai kerabat lebih banyak diluar sana.

3. Makan Apa Saja

Mukhoyyam Al-Urwatul Wutsqo

Makan makanan apa saja yang telah disediakan

Bagi anak pondok/santri saat mondok diajarkan bagaimana makanan yang disediakan harus habis termakan, jika makanan yang disediakan tidak enak kita harus tentap mekananya bukan karena paksaan tapi jika kita (santri) tidak makan kita akan kelaparan dan itu akan menjadi resiko tersendiri.

Memakan-makanan apa saja asalkan itu halal akan dimakan, biasanya setiap santi yang baru pulang dari rumah mengharuskan dirinya membawa makanan untuk dimakan bersama di asrama, dan ini sangat menyenangkan kita diajarkan untuk saling berbagi meskipun selalu terjadi keributan saat ada makanan yang enak, keributannyapun hanya terjadi beberapa menit dan selesai ketika makanan sudah habis.

4. Mempunyai Banyak Sahabat

mempunyai-banyak-sahabat

Pesantren AL-Urwatul Wutsqo

Sahabat adalah orang yang selalu ada disaat kita membutuhkan, suka dan duka selalu dilalui bersama, banyak sekali orang yang sulit untuk mendapatkan sahabat ada pula yang hanya memiliki satu sahabat. Fakta anak pondok yang keempat adalah mempunyai banyak sahabat, bagi anak pondok selain menghadapi suka dan duka bersama sahabat adalah ia yang mampu membawa kepada kebaikan.

Penasaran dengan  Apa arti GWS, OTW, dan BTW?

Bagaimana dengan kamu? mendapatkan sahabat yang bisa membawa kamu lebih baik sangat susah dicari, terkecuali jika kamu anak pondok. Anak pondok memiliki banyak sahabat dikarenakan selalu bersama dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari bangun tidur hingga tidur kembali dengan begitu anak pondok pasti sudah mengenal sifat dan karakter yang dimiliki oleh sahabat-sahabatnya.

Saling mengingatkan juga sudah menjadi kesadaran tersendiri bagi anak pondok karena anak pondok mengetahui bahwa manusia pasti lupa dan punya kesalahan yang harus diingatkan jika melakukan kesalahan. Sahabat anak pondok bukan hanya pada sahabat satu angkatan bisa juga saat mondok kamu lebih dekat dengan angkatan kakak kelas atau mungkin adik kelas yang biasanya umurnya tidak jauh berbeda.

Sahabat yang dimiliki anak pondokpun ada dierbagai daerah, karena anak pondok biasanya berasal dari daerah yang berbeda-beda, jadi ketika suatu saat kamu berkunjung kesuatu daerah kamu mempunyai tepat tinggal dan bisa makan gratis pula.

5. Anti Mainstream

anti mainstream

membuat poster seadanya

Bayak cara dan kreatifitas yang dimiliki anak pondok misalkan mmbuat bubuk kopi menjadi benda padat, dengan cara disetrika atau cara memakai sarung dengan berbagai model, mengikat tali sepatu yang bermacam-macam dan lain-lain. Membuat cara tersendiri yang tidak biasa dilakukan oleh orang-orang.

Antri mainstream mungkin ini adalah 2 kalimat yang cocok yang bisa menggambarkan kreatifitas anak pondok, dengan peralatan dan kondisi yang ada anak pondok akan berfikir lebih keras dan kreatif untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

6. Punya Kisah Cinta yang Berbeda

kisah-cinta-yang-berbeda-2

mempunyai kisah yang lebih asik

Biasanya anak-anak pondok punya cara sendiri dalam mengungkapkan rasa cintanya kepada lawan jenis, di Pesantren Modrn yang sekarang biasanya santri tidak hanya terdiri dari putranya saja, sekarang sudah banyak Pesantren yang menampung santri putra dan putri yang walaupun dipisah sedemikian rupa tetap saja rasa suka adalah hal yang wajar yang tidak bisa dihindari.

Anak pondok mempunyai kisah cinta yang berbeda dari biasanya, biasanya anak pondok menjalin hubungan yang terlarang dengan mengirim surat cinta dan memberikan benda-benda yang pastinya mereka sudah punya orang untuk menyampaikan pesannya.

Walaupun ini adalah hal yang dilarang tapi ini menjadi tantangan bag para santri (jangan ditiru loh), biasanya sih awalnya dari mata, saat ada acara-acara yang mengharuskan santri putra dan putri menghadirinya disitu awal mulanya, untuk selanjutnya biasanya santri putra yang mencari-cari cela untuk bisa berbincang dengan santi putri yang diidamkan.

Penasaran dengan  Berikut 24 Daftar Wisata Kuliner [Makanan dan Minuman] Khas Gresik Jawa Timur

Mulai dari membicarakan tugas angkatan, membicarakan suatu kegiatan dan masih banyak lainnya cara modus yang bisa dilakukan, kalau kamu anak pondok pasti kamu tahulah cara-cara yang memang dirahasiakan yang kebanyakan orang umum tidak mengetahuinya.

7. Merasakan Galau

kegalauan juga dirasakan oleh santri

www.jokosusilo.com

Galau adalah satu sifat yang juga dimiliki oleh anak pondok. Anak pondok merasakan galau yang lebih dari galau biasanya, mulai dari kangen rumah, orang tua, lelah dalam mengikuti kegiatan yang terjadwan dan masih banyak lagik kegalauan yang dirasakan anak pondok.

Dengan merasakan rasa galau anak pondok tahu apa yang mereka lakukan untuk menghilangkannya, misalkan dengan menghubur diri jalan-jalan ke luar pondok dan melakukan kegiatan yang menyenangkan, curhat kepada sahabat dan saling mengibur.

Meski begitu anak pondok akan melakukan kegiatan yang menghibur dirinya tapi tidak melanggar atau keluar dari norma-norma islam, anak pondok akan berfikir dua kali untuk melakukan kegiatan yang akan membuat mereka kecanduan yang nantinya akan merusak kepribadian mereka di pondok.

Mungkin hanya ini yang dapat saya tuliskan, sebenarnya masih banyak sekali fakta anak pondok yang belum kamu ketahui untuk lebih lanjutnya kamu bisa bertanya kepada temanmu yang mondok di Pesantren Modrn dan berbagi cerita, tapi jika kamu penasaran akan kebenaran ini kamu langsung saja mondok, mondok itu bukan orang tua kamu tidak sayang kamu justru orang tua yang memondokan anaknya mereka sangat sayang kepadamu.

 

Advertisements