contoh perubahan sosial

Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial

Apakah kamu tahu faktor pendorong dan penghambat perubahan Sosial? Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat tidak serta merta terjadi begitu saja, ada beberapa faktor pendorong dan penghambat terjadinya perubahan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial

faktor-pendorong-perubahan-sosial

Menurut Selo Soemardjan perubahan sosial adalah perubahan yang ada pada lembaga masyarakat dalam suatu lingkungan masyarakat yang berpengaruh terhadap sistem sosial, nilai sosial, sikap sosial termasuk pola perilaku antar kelompok dalam masyarakat.

Faktor Pendorong Perubahan Sosial

Perubahan sosial yang timbul pada individu atau kelompok masyarakat terjadi karena adanya faktor-faktor yang memengaruhi perubahan sosial. Faktor pendorong perubahan sosial dapat kita pelajari dan kita pahami ulasannya berikut ini.

Faktor Pendorong perubahan sosial, satu  : Terjadinya Hubungan Dengan Masyarakat Lain
Terjadinya hubungan dengan masyarakat di luar daerah dapat menumbuhkan komunikasi yang saling memengaruhi. Dengan adanya komunikasi mengakibatkan terjadinya penyebaran suatu gagasan dari masyarakat satu ke masyarakat lainnya yang dilakukan oleh individu dan kelompok.

Hasil interaksi ini menyebabkan pertukaran unsur-unsur kebudayaan yang merupakan penemuan baru, penyebaran berita informasi dan teknologi yang menyebabkan terjadinya pertukaran pikiran atau gagasan.

Penyebaran Pada Masyarakat

komunikasi-antar-masyarakat

Proses penyebaran masyarakat terjadi karena perpindahan individu dari masyarakat satu menuju masyarakat lainnya dan menetap. Karena menetap akhirnya tinggal dan berkeluarga di suatu daerah tersebut.

Perubahan sosial bisa terjadi pada daerah atau masyarakat yang ditepati karena individu ini membawa budaya baru atau juga terjadi pada individu tersebut yang tinggal dan menetap di suatu tempat. Terjadinya penyebaran pada masyarakat sangat banyak ditemukan di Indonesia.

Sistem Pendidikan

Suatu bangsa atau negara maju dapat dilihat dari sistem pendidikan yang diterapkan oleh negara tersebut. Zaman semakin berkembang dan kemajuan teknologi juga semakin meningkat drastis untuk menyamai keadaan ini seseorang harus mempunyai pengetahuan yang luas.

Pendidikan adalah suatu hal yang penting yang harus ada, pendidikan sekarang sudah berkembang dengan adanya pendidikan yang siswa nya hanya diam di rumah (home scool). Pendidikan sangat penting untuk kemajuan dan pengetahuan seseorang.

Dari pendidikan menyebabkan perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat karena pengetahuan yang luas mengenai teknologi suatu masyarakat dapat mengubah kebiasaan nya dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Perilaku atau Sikap

Perilaku yang dilakukan oleh seorang individu dapat memepengaruhi perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat. Sikap yang baik dan saling menghargai karya seni dapat memunculkan banyak lagi seniman-seniman lagi karena merasa karya nya dihargai.

Penasaran dengan  Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar

Sikap sangat penting dan sangat berpengaruh dalam terjadinya perubahan sosial, sikap tidak hanya dimiliki dan diterapkan oleh satu individu saja tapi juga bisa dilakukan oleh lembaga-lembaga, komunitas, kelompok dan lainnya.

Contohnya, LIPI (lembaga ilmu pengetahuan Indonesia) mengadakan perlombaan karya ilmiah sebagai usaha awal penemuan-penemuan karya ilmiah baru. Ini adalah sikap LIPI untuk memajukan Indonesia dengan mengadakan perlombaan karya ilmiah.

Sikap menerima budaya dari luar Indonesia juga menjadikan negara ini semakin bervariasi dengan tambahan budaya dan karakter dari luar. Penemuan-penemuan baru tentang suatu hal dan cara menanggapi nya adalah sebuah sikap.

Kondisi dan Gaya Hidup

Pendorong perubahan sosial
Sumber : www.brilo.net

Suatu individu atau masyarakat yang tidak puas dengan keadaan sosial menjadikan timbulnya ras iri dan kekecewaan, untuk merubah suatu keadaan mara harus merubah juga pola pikir dan kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya.

Contohnya, udin adalah seorang pekerja bangunan dengan hanya memiliki gaji yang hanya cukup untuk makan kedua anaknya, untuk mendapatkan uang lebih agar bisa makan untuk istri dan dirinya makan udin mencari kerajaan sampingan.

Mengatur waktu untuk kerja sebagai kuli bangunan dan kerajaan sampingan, di pagi dan siang udin menjadi seorang kuli bangunan dan di sore harinya udin menjadi buruh tani atau apa. Ini akan menyebabkan perubahan sosial yang terjadi pada udin.

Toleransi atau Keterbukaan

Toleransi terhadap suku dan adat yang berbeda-beda menjadikan suatu masyarakat bisa terjadi perubahan sosial. Toleransi harus dimiliki oleh setiap individu maupun lapisan masyarakat lainnya, agar tidak terjadi konflik antar anggota masyarakat.

Toleransi juga mempunyai batasan-batasan tidak semua dibenarkan dan di toleran, misalkan dalam urusan bahasa dan tatakrama yang mana pendatang harus menyesuaikan diri terhadap masyarakat sekitar, bukan malah pendatang yang minta di toleransi.

Faktor Pendorong Perubahan Sosial yang Terpenting adalah Keluarga

Keluarga menjadi faktor terpenting perubahan sosial

Keluarga merupakan faktor penting dalam perubahan sosial. Dalam keluarga pasti ada yang namanya orang tua, jika kedua orang tua ini selalu bertengkar dan menjadikan kurangnya harmonisasi dalam keluarga maka, korbannya adalah anak.

Nah anak ini mencari kesenangan untuk menghibur dirinya dengan cara bermain di luar tanpa ada bimbingan dari orang tua anak ini berteman dengan siapa saja, jika ia menemukan tempat yang merasa nyaman di sana makan anak ini akan melakukan kegiatan teman-temannya.

Jika temannya buruk makan anak ini juga kemungkinan akan menjadi buruk karena lingkungan main nya yang menjadikan nya buruk. Hal ini adalah contoh perubahan sosial yang bersifat negatif, oleh karena itu peran keluarga sangat penting.

Sistem Sosial Terbuka

Sistem sosial terbuka adalah sistem lapisan sosial terbuka maksudnya terjadinya mobilitas penduduk atau perpindahan status sosial pada lapisan. Contohnya, seseorang yang berada pada lapisan bawah memungkinkan untuk pindah menjadi lapisan atas begitu sebaliknya.

Penasaran dengan  Harga Cuka Apel Tahesta

Seorang menager bisa menjadi seorang direktur utama apabila manager tersebut melakukan pekerjaan dengan baik dan terus meningkat. Sistem sosial terbuka menjadikan individu mengalami perubahan sosial baik perilaku dan kehidupan sehari-harinya.

Masyarakat yang Heterogen

Masyarakat heterogen atau bisa juga di sebut dengan masyarakat yang majemuk menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial. Contoh masyarakat heterogen adalah masyarakat yang ada di Indonesia.

Terdiri dari berbagai suku, bangsa, ras, agama, dan budaya lah yang menjadikan bahwa Indonesia adalah negara yang heterogen. Kondisi seperti ini rentan akan terjadinya konfik antar ras oleh karena itulah dibutuhkan yang namanya toleransi.

Jika rasa toleransi dan menghargai satu sama lain sudah tidak berlaku makan yang terjadi adalah konfilk yang pada akhirnya akan mengakibatkan terjadinya perubahan sosial dikarenakan satu pihak merasa lebih baik dari pihak lainnya.

Perencanaan Masa Depan dengan Cara Berusaha

Seseorang yang sudah mempunyai rencana untuk menargetkan masa depannya ingin seperti apa, maka ia haus melakukan suatu yang bisa mencapai tujuan dan keinginan nya di masa depan, dengan cara merubah gaya hidup dan cara berpikir nya.

Usaha-usaha yang dilakukan lah yang nantinya akan merubah pola hidup, inilah yang disebut perubahan sosial di mana suatu individu merubah kehidupan nya untuk mencapai keinginan yang pastinya lebih baik lagi dari keadaan sebelumnya.

Faktor Penghambat Perubahan  Sosial

hambatan perubahan sosial
Sumber : http://csdnews.com/

Setelah membahas tentang faktor pendorong perubahan sosial selanjutnya kita akan membahas tentang faktor penghambat perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, untuk itu marilah kita simak bersama faktor penghambat perubahan sosial.

Kurangnya Hubungan dan Interaksi antar Masyarakat

Jika suatu individu atau masyarakat tidak membuka komunikasi atau hubungan dengan masyarakat lainnya makan perubahan sosial pun kecil kemungkinan terjadinya. Kurangnya interaksi antar masyarakat menjadi salah satu faktor penghambat perubahan sosial.

Informasi dan teknologi pun lambat memasuki daerah yang di mana masyaraktnya kurang interaksi atau komunikasi dengan luar.

Pendidikan yang Terlambat

terlambatnya-pedidikan

Pendidikan adalah hal yang sakral untuk dipelajari, jika suatu daerah per kembangan ilmu pengetahuan nya yang lambat atau sangat sedikit yang berpendidikan memungkinkan terjadinya keterbelakangan dan hal ini menjadi faktor penghambat terjadinya perubahan sosial.

Kurangnya keininan untuk sekolah dan merasa cukup dengan ilmu yag dimiliki menjadi faktor utama terlambat nya ilmu pengetahuan yang ada. Masyarakat juga tidak dan belum siap menerima perubahan tentang perkembangan teknologi.

Memegang Erat Budaya Tradisional

Masyarakat yang mempunyai sikap seperti ini biasanya sangat sulit dan tidak mau mengikuti perkembangan teknologi dan zaman, masyarakat yang terus berpegang teguh dengan warisan tradisional nenek moyang nya menjadi penghambat terjadinya perubahan sosial.

Tradisi yang yang tidak dapat diubah dan meneruskan adat istiadat memang suatu hal yang unik, tapi baiknya juga sambil menerima informasi dan kemajuan zaman tanpa menghilang kan kegiatan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Penasaran dengan  Fakta Unik Anak IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Adat dan kebiasaan masyarakat terhadap kegiatan atau norma yang sudah ada sejak zaman dahulu dan turun temurun merupakan sebuah yang tidak bisa dihilangkan dan sulit untuk membuka. Karena dari masyarakat nya sendiri biasanya yang tidak mau untuk menerima budaya baru.

Sifat yang Tertutup

kebudayaan-menghambat-perubahan-sosial

Masyarakat yang mempunyai sikap ini menganggap unsur atau kegiatan yang datangnya dari luar dianggap berbahaya, biasanya masyarakat yang seperti ini mempunyai pengalaman buruk akan adanya budaya luar yang pernah masuk.

Sehingga menyebabkan trauma akan hal-hal yang baru dan langsung menolak jika tidak sesuai presespsi masyarakat. Untuk dapat mengubah pola pikir masyarakat seperti ini diperlukan waktu yang lama dengan penyesuaian dengan baik.

Penghambat Perubahan Sosial Pemikiran yang Ideologis

contoh perubahan sosial
Sumber : https://unsplash.com

Pemikiran ideologis menjadi hambatan tersendiri karena menyangkut kepercayaan dan keyakinan masyarakat, jika suatu hal yang baru masuk dan bertolak atau berlawanan dengan keyakinan masyarakat maka akan ditolak secara mentah-mentah.

Contohnya, dalam sebuah daerah akan dibangun jembatan, masyarakat meyakini supaya jembatan akan bertahan lama akan diadakan upacara terlebih dahulu, tapi dari pihak proyek tidak meyakini akan upacara, makan pembangunan jembatan akan ditolak secara mentah.

Hakikat Hidup

Ini di luar faktor penghambat terjadinya perubahan sosial tapi ini bisa dikatakan sebagai titik inti perubahan sosial yang terjadi. Perubahan sosial yang terjadi masyarakat dapat ditentukan dengan besarnya hambatan atau dorongan.

Jika dorongan lebih besar dari hambatan maka sudah dipastikan akan terjadi perubahan sosial begitupun sebaliknya, jika hambatan lebih besar dari dorongan makan perubahan sosial akan sulit terjadi, meskipun bisa terjadi akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Itulah faktor-faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial pada masyarakat, bisa disimpulkan bahwa yang menjadi faktor pendorong ada 10 dan yang menjadi faktor penghambat ada 6, semua bisa berubah dan bertambah sesuai perkembangan zaman.

 

Leave a Comment