Jual Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour)

Terima Pesanan Dalam Skala Besar dan Kerja Sama Dalam Jangka Waktu Lama

Alamat

Alamat kami berada di Kota Istimewa Yogyakarta dan kami memiliki cabang diberbagai Daerah di Indonesia. Anda juga bisa datang langsung ketempat kami.

Pengiriman

Pengiriman yang kami lakukan sangatlah terjamin karena, kami menggunakan jasa expedisi yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Kontak

Anda bisa memesan dengan cara menghubungi nomor kontak berikut ini :

087760042457

Telephone, Sms, dan Whatsapp

Berkualitas

Tepung mocaf yang kami jual dijamin berkualitas, karena telah melalui proses yang panjang dan steril.

Harga Terjangkau!

  1. Harga yang kami tawarkan sangatlah murah dengan kualitas yang kami janjikan.
  2. Untuk 1 Kilogram Kami memberikan harga Rp. 50.000 20.000.
  3. Untuk sekali transaksi pembelian minimal membeli 5 kg.
  4. Harga belum termasuk ongkir.
  5. Pembelian di atas 20 kg akan ada harga khusus.

Live Chat

Kami menerima pesanan dan live chat pada dua waktu, pertama dari jam 07:00 - 17:00, kedua 19:00 - 22:00

Berkualitas, Terpercaya, dan Berpengalaman

Apa Itu Tepung Mocaf ?

Mocaf sendiri kependekan dari Modified Cassava Flour atau tepung singkong modifikasi. Jadi tepung mocaf menggunakan bahan dasar singkong yang diolah dengan cara fermentasi menggunakan mikroba.

Tepung ini mampu menggantikan 100% penggunaan tepung terigu. JIka dibandingkan dengan tepung singkong tanpa fermentasi atau gaplek, tepung mocaf memiliki kulitas diatasnya, yakni nampak lebih putih dan aroma singkongnya hilang.

Keunggulan lain, tepung mocaf memiliki karakter yang berbeda dengan tapioka dan ubi kayu biasa, misalnya dalam hal derajat viskositas, daya rehidrasi, kemampuan gelasi dan memiliki sifat larut yang baik.

Selain itu, jika dibandingkan dengan dengan tepung terigu, maka tepung mocaf lebih unggul terutama dalam nutrisinya. Tepung mocaf tidak mengandung zat gluten, yaitu zat yang terdapat pada terigu untuk menentukan kekenyalan makanan.

Bagaimana Proses Pembuatannya ?

Prinsip dalam pembuatan tepung mocaf adalah dengan cara memodifikasi sel singkong melalui fermentasi, sehingga mengakobatkan perubahan karakteristik yang dihasilkan berupa naiknya daya rekat (viskositas), kemampuan gelasi, daya rehidarsi dan kemampuan melarut sehingga mempunyai tekstur yang lebih baik jika dibandingkan dengan tepung tapioka dan tepung singkong lain.

Ada tahapan-tahapan dalam proses pembuatan tepung mocaf ini, berikut ulasannya :

Sortasi dan Penimbangan

Sortasi atau memilah yaitu memisahkan singkong yang rusak dan memiliki standar mutu rendah, lalu dilakukan penimbangan agar bisa diketahui berat kotor dan berat bersih, sehingga nantinya bisa dianalisa total produk jadi dan bisa dihitung tingkat kegagalan.

Pengupasan

Setelah melakukan pemilahan, tahap selanjutnya adalah pengupasan singkong dengan menggunakan pisau. Sebiknya eingkong yang telah dikupas ditaruh pada ember atau wadah yang berisi air untuk mengilangkan asam sianida dan mencegah timbulnya warna ksecoklatan.

Pencucian

Kemudian cuci singkong yang telah dikupas menggunakan air bersih. Jangan gunakan air yang mengandung kaporit atau tercampur bahan kimia, karena akan menyebabkan tumbuhnya bakteri yang dapat menghambat proses fermentasi.

Slicing/Chiping/Pemotongan

Setelah tahap pencucian selesai, kemudian dipotong tipis-tipis berbentuk chip berukuran ±0.2-0.3 cm. Pemotongan dapat dilakukan dengan pisau atau kalau mau cepet gunakan mesin slicing.

Fermentasi

Proses ini dilakukan dengan menggunakan drum plastik yang diisi air lalu dilarutkan starter Bio-Mocaf. Saat perendaman/fermentasi, pastikan semua potongan-potongan singkong tertutup air. Proses ini dilakukan selama 30 hingga 48 jam.

Pencucian Tahap II 

Setelah menunggu proses fermentasi selesai, tahap selanjutnya yaitu mencuci hasil fermentasi tersebut untuk menghilangan sifat asamnya sehingga tidak berasa dan berbau serta lebih cepat kering.

Pengeringan/Penjemuran

Jemur chip singkong tersebut dibawah sinar matahari langusng. Gunakan tampah atau plat seng berukuran 120x60 cm sebagai tempat menjemurnya. Penjemuran bisa dilakukan minimal 3 hari jika kondisi panas matahari normal.

Tempat penjemuran juga bisa menggunkan terpal, keuntungannya jika terjadi hujan maka akan lebih praktis penanganannya.

Penepungan

Setelah chip singkong benar-benar kering dengan kadar air 13 %, maka tahap selanjutnya adalah melakukan penggilingan menggunakan mesin penepung.

Pengayakan

Tujuan dari pengayakan adalah untuk menghasilkan tepung mocaf yang lembut. Pengayakan bisa dilakukan secara manual atau bisa juga menggunakan mesin agar prosesnya akan lebih cepat.

Pengemasan

Tahap terakhir adalah packing. Pengemasan dilakukan sesuai dengan tujuan pasar, kemasan plastik digunakan untuk produk eceran dan kemasan karung untuk pemasaran ke industri atau pedagang besar.

Jika masih penasaran, kamu juga bisa lihat vidio ringkas di samping ini, untuk lebih jelas dan detailnya.

Kegunaan Dalam Industri Pangan

Selama ini ubi kayu digunakan secara terbatas sebagai bahan makanan, seperti substitusi terigu sebesar 5% pada mie instan yang menghasilkan produk dengan mutu rendah atau pada kue kering.

Dengan melihat karakteristik tepung MOCAF yang telah diuraikan diatas, MOCAF dapat digunakan sebagai bahan makanan dengan penggunaan yang sangat luas, seperti contohnya pada produk bakeri/kue.

Uji coba telah dilakukan yang menunjukan bahwa tepung MOCAF dapat menggantikan tepung terigu secara keseluruhan dalam pembuatan berbagai jenis produk bakeri mulai dari cake, biskuit hingga roti tawar.

Jual Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour)

Terima Pesanan Dalam Skala Besar dan Kerja Sama Dalam Jangka Waktu Lama