Advertisements

Aneh? 9 Makanan Khas Bangka Belitung Ini!

Makanan Khas Bangka Belitung –  Bangka Belitung adalah nama salah satu Provinsi di Indonesia yang mempunyai dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Belitung dan berbagai pulau-pulau lainnya. Bangka Belitung di Indonesia terkenal dengan penghasil timah.

Tempat-tempat indah pun terdapat banyak di Bangka Belitung seperti di pantai yang bisa dijadikan tempat untuk mengisi waktu liburan kamu. Kamu tahu enggak kalau Bangka Belitung mempunyai jumlah Pulau 470 loh, meskipun jumlah pulau ratusan tapi hanya 50 pulau saja yang dihuni.

Di Bangka Belitung juga pernah dijadiakan tempat syuting sebuah film loh, film Laskar Pelangi pasti kamu semua udah pernah nonton, keindahan pesisir pantainya menjadikan tempat yang cocok untuk membuat film atau dijadikan tempat berfoto ria.

Oke cukup membahas tentang Bangka Belitungnya, sekarang kita akan sama-sama membahas makanan,minuman, dan oleh-oleh khas Bangka Belitung. Sudah pernah berkunjung ke Bangka Belitung? Sudah pernah mencoba makanan khas nya? Kalau belum mari kita simak makanan apa saja yang ada di Bangka Belitung.

Makanan Khas Bangka Belitung Lempah

lempah kuliner khas bangka belitung

sumber : http://lovelys-cake.blogspot.co.id/

Lempah adalah salah satu makanan khas Bangka Belitung yang bahan dasar pembuatannya adalah daging sapi dan aneka fauna laut yang bisa dikonsumsi. Di Bangka Belitung sendiri lempah dikenal dengan nama gangan.

Ngomong-ngomong lempah nih gusy, masyarakat Bangka Belitung umumnya menghidangkan lempah dengan berbagai macam jenis dan bahan yang digunakan. Ada yang namanya lempah kuning, diberi nama lempah kuning karena lempah ini berbahan dasar nanas dan berwarna kuning.

Ada juga lempah darat yang semua bahannya berasal dari darat (yaiyalah) seperti, sayuran, berbagai macam jenis kacang (kacang kedelai). Satu lagi yang terkenal adalah lempah kulat, yaitu lempah yang berbahan dasar jamur.

Kuliner Khas Bangka Belitung Rusip

laukan bangka belitung rusip

sumber : https://tokopedia.net/

Rusip adalah salah satu kuliner khas Bangka Belitung yang mempunyai keunikan rasa, namanya memang jarang terdengar, tapi jika kamu berkunjung ke Bangka Belitung masyarakat di sana sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rusip.

Ada yang mengatakan bahwa kuliner yang satu ini adalah kulinar gabungan antara budaya Bangka Belitung dan budaya Jawa. Kenpa? Karena rusip bukan hanya menggunakan bahan yang berasal dari Bangka Belitung tapi juga ada campuran bahan dari Jawa yaitu, gula jawa.

Penasaran dengan  Berikut 24 Daftar Wisata Kuliner [Makanan dan Minuman] Khas Gresik Jawa Timur

Kenapa unik? Karena untuk proses pembuatan maknan ini memerlukan proses fermentasi yang pastinya memerlukan proses yang lama. Bahan utama rusip adalah ikan teri yang di masukan ke dalam pot atau guci dan disinilah proses fermentasinya, setelah itu barulah dicampur dengan gula jawa.

Laukan Khas Bangka Belitung Kecalo

kecalo khas bangka belitung

sumber : https://ecs7.tokopedia.net/

Kecalo adalah salah satu makanan yang berasal dari Bangka Belitung yang bentuknya meyerupai abon rebon. Bahan dasar makanan yang bisa digunakan sebagai lauk ini adalah udang yang sebelumnya sudah difermentasikan terlebih dahulu.

Sebelum di fermentasikan udang dicampur dengan garam terlebih dahulu yang membuat makanan khas Bangka Belitung ini menjadi asin gurih. Biasanya masyarakat Bangka Belitung menggunaan kecalo sebagai bumbu tambahan pada telur, tapi tidak sedikit juga yang langsung dipakai untuk lauk.

Sambal Belacan Khas Bangka Belitung

sambal belacan khas bangka belitung

sumber : http://moosetheloose.blogspot.co.id/

Sudah pernah mencobanya? Belacan adalah bisa dibilang laukan yang memiliki bau yang menusuk dan khas, bahan utama pembuatan bancala adalah seperti pasta ikan atau juga bisa menggunakan udang yang sudah difermentasikan sebelumnya.

Bau yang menusuk berasal dari terasi yang dibakar terlebih dahulu sebelum olah dan dijadikan sambal, tidak hanya sambal yang dicocol saja becalan juga bisa dijadikan sebagai bumbu untuk mengolah suatu makanan.

Buat kamu yang mau buat becalan bisa mengikuti proses berikut ini : terasi yang sudah dipanggang di masukan ke tempat ulekan, lalu masukan juga cabai hijau dan merah (banyaknya jumlah cabai tergantung selera tingkat kepedasan), masukan juga bawang, garam, dan gula seperlunya.

Kemudian bahan yang sudah dimasukan kedalam ulekan di ulek hingga rata dan hancur, setelah hancur campurkan satu bahan lagi yaitu, jeruk kunci. Tapi disinih kamu hanya menggambil perasannya saja. Jeruk kunci adalah jeruk yang mempunyai rasa asam yang sangat. Setelah itu jadi deh.

Makanan Khas Bangka Belitung Pantiaw

pantiaw jajanan khas bangka belitung

sumber : http://www.piknikdong.com/

Kalau kamu berkunjung ke Bangka Belitung sangat disayangkan jika kamu belum mencoba makanan Bangka Belitung yang satu ini. Pantiaw adalah makanan khas Bangka Belitung yang berkuah, jadi cocok untuk pelengkap saat kamu makan.

Kuah pantiaw berisikan suiran daging ikan, kuah yang bercampur dengan bawang, seledri, dan bumbu-bumbu lainnya yang pastinya sangat enak untuk di santap saat jam makan siang. Rasa yang dihasilkan dari campuran bumbu-bumbu ini adalah pedas, manis, dan gurih.

Buat kamu yang ingin makan pantiaw bisa menambahkannya dengan mie dan bakso yang akan membuat perut kamu lebih terisi. Jika di bandingkan dengan makanan lainnya, pantiaw mirip dengan sup ikan, cap cay, soto, dan kuliner yang berkuah lainnya.

Penasaran dengan  Makanan Khas Timika Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Jajanan Khas Bangka Belitung Lakso

lakso kuliner khas bangka belitung

sumber : http://sweetcoconutandcumin.blogspot.co.id/

Lakso adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung yang biasanya dijadikan sebagai cemilan ketika sedang bersantai dirumah, apalagi jika di temani dengan teh hangat di pagi hari, yang pastinya akan menjadi sarapan yang berkesan dan berkelas.

Bahan utama pembuatan lakso adalah tepung beras yang kenyal dan gurih, tidak hanya itu lakso juga bisa ditambahin dengan abon udang, kerupuk, sosis, dan lainnya yang kamu sukai. Pokonya jajanan khas bangka Belitung ini engga ada tandingannya (kata orang yang suka dengan lakso)

Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Kericu

cemilan khas bangka belitung

sumber : https://cauchymurtopo.files.wordpress.com/

Kericu bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bangka Belitung, karena oleh-oleh ini mempunyai ketahanan yang lama dan juga bisa dimakan kapan saja saat perjalanan ataupun dijadikan cemilan saat ngobrol bareng teman-teman.

Di jawa kericu dikenal dengan nama pilus, bentuknya yang lonjong dan berwrna putih, selain itu kericu juga mempunyai rasa yang gurih dan renyah. Untuk membuat ini kamu memerlukan telur cumi-cumi, tepung sagu (tapioka), lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam dan bum-bumbu lainnya.

Lalu aduklah bahan tersebut hingga berubah menjadi adonan yang bisa dibentuk, kemudian bentuklah adonan lonjong yang di setiap ujungnya runcing, setelah itu baru lah dimasak menggunakan minyak goreng yang tidak terlalu panas.

Gorenglah sampai kering, karena mengooreng hingga kering akan menambah ketahanan lama makanan ini, kalau kamu ingin kericu bertahan lebih lama kamu bisa meyimpanya di toples atau wadah yang tertutup.

Kalau kamu tidak ingin ribet membuat kericu kamu dapat membelinya di tempat yang menual oleh-oleh khas Bangka Belitung, selaian kericu disana kamu dapat menemukan makanan khas Bangka Belitung lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bangka Belitung.

Es Kacang Merah Minuman Khas Bangka Belitung

es kacang merah minuman khas bangka belitung

sumber : http://www.pempekita.com/

Sesuai namanya es kacang merah, es ini berbahan dasar kacang yang berwarna merah yang diolah sedemikian ruma sehingga menjadi sebuah es kacang merah yang dijadikan sebagai salah satu minuman khas Bangka Belitung.

Biasanya masyarakay yang tinggal di Jawa mengolah kacang merah untuk dijadikan sayur-sayuran, bubur, dan bahan dapur lainnya. Namun jika kamu masuk ke Pulau Bangka Belitung kacang merah berubah fungsi, yaitu dijadikan atau diolah untuk dibuat es.

Penasaran dengan  Minuman dan Makanan Khas Trenggalek, Pasti Buat Kamu Ketagihan!

Es kacang merah sangat pas dan cocok dijka dinimkati di siang hari yang panas dengan teriknya matahari, sebagai pelepas dahaga tenggorokan yang mulai mengering. Es kacang merah ini sangat digemari masyarakat pribumi Bangka Belitung.

Tapi tidak sedikit juga orang yang sedang melancong ke Bangka Belitung menyukai minuman khas Bangka Belitung yang satu ini. Rasa manis dan segar yang terdapat pada es kacang merah ini menjadikan kegemaran bagi para penikmatnya.

Minuman Khas Bangka Belitung Tai Fu Sui

minuman khas bangka belitung tai fu sui

sumber : https://cauchymurtopo.files.wordpress.com/

Selain es kacang merah yang menjadi minuman khas Bangka Belitung, minumanlainnya yang tidak kalah segar dan khas dari Bangka Belitung adalah tai fu sui, namanya memang bukanlah nama yang asli Indonesia tapi tai fu sui ini sudah ada sejak lama.

Keberadaannya yang sudah lama dan kepopulerannya di Bangka Belitung khususnya di Kota Pangkalpinang menjadikan tai fu sui sebagai minuman khas Bangka Belitung. Tapi di Bangka lebih dikenal dengn nama fu sui.

Minuman tai fu sui ini berbahan dasar  kacang kedelai, sepintas minuman khas Bangka Belitung yang satu ini mirip dengan susu kedelai seperti di pulau Jawa, bedanya terletak pada ciri khas yang dimiliki tai fu sui. Kalau kamu ingin menikmati segarnya tai fu sui kamu bisa datang ke Alun-alaun Pangkalpinang.

Tapi jika kamu datang alun-alun pangkalpinang mereka lebih populer dengan nama musoi, untuk dapat merasakan kenikmatan minuman ini kamu harus minum bersama teman-teman kamu atau beramai-ramai, karena hal ini akan terasa berbeda.

Nah, gimana sudah tahukan minuman, kuliner, oleh-oleh, jajanan, dan makanan khas Bangka Belitung, buat kamu yang bukan asli orang Bangka Belitung bisa mencoba kesembilan kuliner diats dijamin kamu enggak akan nyesel deh, oh ya kamu juga bisa baca makanan khas Pekanbaru loh.

Advertisements
  • Add Your Comment