kuliner khas gresik otak-otak bandeng

Berikut 24 Daftar Wisata Kuliner [Makanan dan Minuman] Khas Gresik Jawa Timur

Makanan Khas Gresik – Gersik merupakan salah satu nama Kabupaten Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, keberadaaanya namanya mempunyai cerita atau sejarah yang panjang dimana salah satu syaikh terkenal pernah meyebarkan Islam di sini.

Nama syaikh tersebut adalah Maulana Malik Ibrahim, yang termasuk kedalah salah satu anggota dari sembilan wali (wali songo). Dari sinihlah Kabupaten  Gresik terkenal juga dengan sebutan Kota Santri, yang mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya.

Salah satu pabrik semen terbesar dan tertua di Indonesia ada di Kabupaten ini, pabrik semen itu dikenal dengan pabrik semen Gresik. Keberadaanya sudah sangat lama karena menjadi pabrik semen pertama di Indonesia.

Kabupaten Gresik tidak hanya terkenal dengan wisata nya saja yang dapat membuat kamu tenang, namun ada juga wisata kulinernya yang patut untuk dicoba dan dijadikan sebagai hidangan saat kamu berkunjung ke Kota Santri ini.

Seperti yang di kutip dari Wikipedia bahwa terdapat kurang lebih 24 minuman dan makanan khas Gresik ini, berikut adalah daftar minuman dan makanan khas Gresik yang saya ambil atau kitip dari wikipedia :

  1. Arang-arang Kambang
  2. Ayas
  3. Bali Welot (Bali Belut)
  4. Bandeng Sapit
  5. Bonggolan
  6. Bontosan Giri  (hanya terdapat di sekitar makam Sunan Giri)
  7. Es Siwalan (minuman khas Gresik)
  8. Gajih Pinggir
  9. Jubung
  10. Kella Celok
  11. Kotokan Bandeng
  12. Legen Panceng (minuman khas Gresik)
  13. Lontong Manggul
  14. Martabak Usus
  15. Nasi Krawu
  16. Ndog Bader
  17. Otak-otak Bandeng
  18. Pudak
  19. Sego Karak
  20. Sego Menir
  21. Sego Rumo
  22. Temu Lawak (minuman khas Gresik)
  23. Ubus
  24. Wedang Pokak (minuman khas Gresik)

Namun dari sekian banyak makanan dan minuman tredisional Gresik ini saya hanya menjelaskan 8 makanan khas Gresik saja, selebihnya kamu bisa cari di google atau jika kamu penasaran kamu bisa langsung datang ke Kabupaten Gresik untuk menikmatinya, berikut adalah beberapa makanan khas Kabupaten Gresik.

Penasaran dengan  Penasaran Dengan Makanan Khas Pekanbaru? Ini Dia Jawabanya!

Jajanan Khas Gresik, Jubung

masakan khas gresik jubung
Sumber : https://satriabajahitam.com/

Untuk mereka yang tinggal di Jawa Timur bahkan yang dari luar Gresik pasti tidak merasa asing dengan yang namanya jubung. Jubung yakni makanan yang dimasak menggunakan bahan dasar ketan hitam yang kemudian di atasnya ditaburi wijen.

Makanan khas satu ini dinamakan jubung lantaran kombinasi ketan hitam dengan taburan wijen di atasnya yang kemudian dibungkus menggunakan jubung yang dibuat dari kulit pohon pinang. Sebenarnya makanan ini juga terdapat di kota lain semisal jember. Begitu pula di Gresik, kamu bisa menemukannya. Jubung khas kota Gresik

Sego karak

Sego karak atau dalam bahasa indonesia berarti Nasi Karak, sejarahnya dahulu nasi ini dibuat dengan nasi sisa-sisa. Tetapi sekarang tidak lagi.

Sego karak sudah dibuat dengan nasi yang samasekali baru masak. Nasi itu kemudian dikeringkan dan dimasak kembali bersama ketan hitam. Rasa dari sego karak ini sangat enak dan khas. Apalagi jika disajikan dengan lauk lain seperti tempe goreng, remeyek, krupuk dan sejenisnya.

Makanan Khas Gresik, Bonggolan

bogolan khas gresik
Sumber : https://satriabajahitam.com/

Jika di Bandung ada cireng dan cuangki, di palembang yang terkenal dengan songketnya ini ada pempek maka di Gresik punya Bonggolan sebagai cemilan khasnya. Bentuk dan rupanya hampir hampir mirip tetapi tak sama, karena bonggolan khas Gresik ikannya lebih terasa. Makanan khas ini berbentuk lonjong atau bonggol yang menjadi asal muasal diberi nama bonggolan.

Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan makanan khas gresik yang disukai banyak kalangan dan menjadi andalan bagi mereka yang sering bepergian ke kota Gresik . Nasi ini banyak dijumpai dan ditemukan di kota kota besar tetapi tentu saja kenikmatan asli tentunya yang orisinal dari kampung halaman

Penasaran dengan  Berbagai Macam Manfaat, Khasiat dan Fungsi Cuka Apel Tahesta

Dinamakan sego krawu lantaran nasi satu ini disajikan dengan tangan kosong tanpa sendok atau dalam bahasa indonesia dikrawuk. Resep nasi krawu diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang yang berasal dari madura.

Nasi krawu berisikan babat usus, daging suwir, lengkap dengan serundeng dua warna disajikan dengan tambahan sambal petis. Umumnya sego krawu disajikan dengan pincuk daun pisang yang akan menambah aroma kenikmatan nasi satu ini.

Kuliner Khas Gresik Pudak

makanan khas gresik pundak
Sumber : https://satriabajahitam.com/

Makanan khas gresik satu ini tentunya sudah tidak asing lagi buat kamu yang pernah berkunjung ke Gresik. Rasanya enak dan lezat.

Pudak merupakan makanan ringan berupa kue yang terbuat dari gula jawa atau gula pasir, tepung beras dan santan kelapa yang dibungkus dengan pelepah daun pinang. Masyarakat sekitar menyebutnya ‘ope’. Banyak warga lokal maupun luar daerah yang menyukai makanan ini.

Kuliner Khas Gresik, Sego Rumo

Sego rumo terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan pincuk dari daun pisang. Kemudian dicampurkan dengan daun singkong, api-api rebus dan remahan kerupuk ataupun rempeyek. Setelahnya disiram menggunakan kuah kental dan terakhir ditaburi serundeng (terbuat dari kelapa). Rasanya? Beuuh mantaaaap!

Kuah kental yang dijadikan selimut sego rumo mirip dengan bubur sumsum tetapi berwarna merah kecoklatan rasanya pun berbeda, gurih-gurih sedaap.

Otak otak bandeng

kuliner khas gresik otak-otak bandeng
Sumber : https://satriabajahitam.com/

Sesuai namanya makanan khas gresik satu ini berbahan utama ikan bandeng. Makanan dengan citra rasa luar biasa ini tidak bisa dibuat dengan instan layaknya makanan lain. Proses pembuatannya terbilang lama. Bandeng awalnya dipukuli sampai daging bisa dipisahkan dari kulitnya selanjutnya diolah menggunakan bumbu rahasia dengan metode slow cooking sampai akhirnya jadilah otak otak bandeng siap makan dan dicateringkan.

Penasaran dengan  Inilah Fakta Dayak Indramayu yang Belum Terungkap!

Ndog iwak buder

Warga Gresik telah berhasil menyulap telur ikan menjadi kuliner yang mempunyai banyak penggemar salah satunya yakni telur ikan bader atau lebih sering disebut ndog bader. Bentuknya mirip dengan bathok berbungkus daun pisang.

Dari kedelapan makanan khas Gresik tersebut apakah ada salah satu makanan yang menurutmu paling enak dan patut di coba, atau dari kedelapan makanana diatas, tidak ada yang menjadi makanan faforit kamu? Kalau kamu penasaran kamu bisa datang langsung ke Gresik untuk menikmatinya.

2 thoughts on “Berikut 24 Daftar Wisata Kuliner [Makanan dan Minuman] Khas Gresik Jawa Timur

Leave a Comment