√ 7 Makanan Khas Jambi Yang Membuat Kamu Ngiler

Makanan Khas Jambi – Bicara tentang kota jambi pastinya sudah tidak asing lagi bukan bagi telinga kita. Kota yang terletak di pulau sumatra ini memang sangat terkenal sekali dengan keindahan alam yang mampu memanjakan mata kita.

Banyak tempat-tempat wisata yang dapat dinikmati bersama keluarga dan juga tidak ketinggalan kota jambi juga memiliki banyak sekali kuliner yang mampu membuat lidah kita akan termanjakan dengan rasanya.

Pastinya jika anda sudah berkunjung ataupun pernah berlibur di kota jambi akan ingin kembali menyantap makanan khas yang memiliki rasa enak tersebut. Pastinya makanan tersebut khas ini adalah makanan yang sehat, dan cocok sekali untuk kamu yang sedang menerapkan pola hidup sehat.

Tapi bagi anda yang belum berkunjung ke kota jambi jangan berkecil hati ya karena kota jambi masih terbuka lebar untuk kalian yang ingin berlibur.

Namun saya hanya akan menyebutkan beberapa saja makanan khas jambi yang nikmat dan akan membuat ketagihan saja. Untuk update kedepannya pastinya akan lengkap sekali mengenai makanan khas jambi ini.

Nah berikut ini beberapa makanan khas kota jambi yang mampu menggoyang lidah :

1. Gulai tapek ikan

gulai tape ikan
sumber : salingamanah.com

Makanan khas jambi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang jawa, karena bentuknya dapat dikenali namun hanya mempunyai perbedaan nama saja. Gulai tapek ikan kalau dalam bahasa jawa biasa di sebut pindang ikan, ya pokoknya satu dua deh.

Penasaran dengan  Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial

Gulai tapek ikan khas jambi ini berbahan dasar dari ikan tengiri, namun bisa juga dari ikan jenis lain. Hanya saja seperti yang kita ketahui daging ikan tengiri merupakan daging ikan yang enak dan lezat. Maka dari itu banyak gulai tapek ikan yang berbahan dasar ikan tengiri.

Untuk bumbunya gulai tapek ikan ini di buat dengan rempah pilihan sehingga menghasilkan kuah yang enak. Warna kuahnya pun berwarna kuning karena memang gulai tapek ini di racik dengan bumbu rempah kunyit.

Jika kamu memakanya maka yang akan kamu rasakan adalah rasa nikmat yang akan membuat kamu segar dikarenakan dalam penyajianya terdapat irisan buah nanas yang di potong kecil-kecil.

2. Gulai patin

Gulai Ikan Patin
sumber : anekamasakanikansedap.blogspot.co.id

Gulai patin merupakan makanan yang sangat banyak di gemari oleh para masyarakat setempat maupun para pendatang. Daging ikan yang empuk membuat enak dimakan dan pastinya bikin nambah lagi.

Rasanya yang sangat kahs sekali dengan kota jambi, yaitu kuahnya berasa agak sedikit asam. Tetapi jika di padukan dengan ikan patin yang memiliki tekstur daging yang lembut maka akan enak sekali perpaduan dari keduanya.

Bagi anda yang sedang berlibur di kota jambi saya saranin jangan sampai ketinggalan mencicipi makanan khas jambi yang satu ini deh.

3. Kerutup ikan

Kerutup ikan

Makanan khas jambi selanjutnya adalah kerutup ikan. Pada dasarnya kerutup ikan mempunyai bentuk yang mirip sekali dengan sate pada umumnya. Hanya saja bahan yang di gunakan bukanlah daging sapi maupun daging ayam, akan tetapi menggunakan daging ikan tawar seperti ikan nila.

Penasaran dengan  Macam-macam Tahapan Alur pada Cerita

Untuk bumbunya sendiri diracik dengan sedemikian rupa sehingga terdapat aroma yang khas. Kerutup ikan dapat kita dapatkan pada rumah makan ataupun kedai-kedai yang ada di pinggir jalan. Tentunya kita dapat menikmatinya hanya di kota jambi saja.

4. Gandus

Gandus
sumber : pestaperut-janadaud.blogspot.co.id

Makanan yang satu ini adalah merupakan jajanan yang sehat dan higienis. Makanan khas jambi ini tentunya memiliki rasa yang aduhai dan enak dimakan apalagi untuk dijadikan sarapan pagi. Bentuknya yang bulat pipih karena cetakan mangkuk membuat bentuknya mudah untuk di pegang tangan.

Gandus merupakan makanan yang berbahan dari tepung beras maupun tepung sagu yang di campur santan dan sedikit garam. Rasanya yang gurih mampu membuat lidah meleleh ketika memakannya. Kue ini juga memiliki taburan bawang yang merupakan pelengkap jika di sajikan.

5. Cumi Cah Kangkung

Cumi Cah Kangkung
sumber : dapurrayya.blogspot.com

Makanan khas yang satu ini merupakan tumisan kangkung biasa yang di kasih irisan cumi di atasnya. Untuk rasanya pastinya sangat lezat sekali dan akan membuat anda ketagihan. Seperti saya ini yang suka sekali dengan tumisan kangkung apalagi khas jambi.

Jika anda sedang berlibur ke kota jambi jangan sampai nglewatin makanan yang satu ini saya jamin bakalan ketagihan terus pokoknya.

6. Gulai Terjun

Gulai Terjun
sumber : cookpad.com

Gulai terjun merupakan makanan khas jambi yang memiliki ciri khas tersendiri. Gulai terjun ini sudah menjadi makanan pokok masyarakat jambi sendiri, karena sering dijadikan lauk saat makan. Adapun bahan dari gulai ini adalah daging sapi maupun daging kambing yang diberikan kuah berwarna kuning.

Serta ditambahkan campuran kentang dan bakan lainya, dan rempah yang dijadikan bumbu pun sangat spesial sekali karena aromanya tercium wangi dan sedap.

Penasaran dengan  Fakta Unik Anak IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

7. Sup Tulang

Makanan khas jambi yang satu ini merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Karena sering mendengar dengan nama sup iga. Nah sup tulang khas jambi ini merupakan sup yang sama dengan sup iga bahkan mungkin hanya beda dinamanya saja.

Sup tulang bukan berarti 100% berbagan dari tulang, akan tetapi memang yang dominan besar adalah tulang sedangkan untuk dagingnya hanya sedikit saja. Itu pun dagingnya masih menempel ditulangnya.

Kalau untuk urusan rasa sup tulang ini tidak kalah deh dengan sup iga pada umumnya. Akan tetapi sup tulang khas jambi ini memiliki rasa yang khas yang dihasilkan dari rempah yang digunakannya.

Tinggalkan komentar