Inilah 7 Makanan Khas Jogja Yang Akan Memanjakan Lidah Kamu

Makann Khas Jogja – Hallo guys, kembali lagi bersama saya. Kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas jogjakarta. Mengenai kota yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bukan bagi kalian. Kota yang sering di sebut sebagai kota pelajar ini selain dikenal dengan kota yang memiliki pariwisata yang indah kota jogja juga sangat terkenal dengan kulinernya. Rasanya sangat rugi sekali jika kalian berkunjung ke kota jogja hanya untuk jalan-jalan saja tidak menikmati kulinernya.

Ngomong-ngomong apa saja sih makanan khas jogja yang harus kamu icipi dan memiliki rasa yang akan menggoda lidah kamu. Yuk mari kita simak pembahasan tersebut dibawah pada bagian bawah ini. namun sebelum kita membahasnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang lain ya guys. Oke langsung saja berikut ini makanan khas jogjakarta yang akan memanjakan lidah kamu.

INILAH MAKANAN KHAS JOGJAKARTA YANG HARUS KAMU ICIPI

  1. Gudeg Khas Jogjakarta

Gudeg
sumber : upload.wikimedia.org

Siapa sih yang ngga kenal dengan makanan yang satu ini, gudeg merupakan makanan khas kota jogja yang sangat terkenal sekali yang memiliki rasa yang manis. Pada dasarnya gudeg terdiri dari tiga jenis yaitu gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar.

Penasaran dengan  Pengertian, Contoh, dan Sistem Klasifikasi Hewan dan Tumbuhan

Gudeg berbahan dari nangka yang dimasak dengan sedemikian rupa dan menggunakan bumbu yang khas asli jogja. Bagi kamu yang sedang wisata ke kota jogja jangan sampai melewatkan makanan khas yang satu ini.

  1. Oseng- Oseng Mercon

oseng mercon
sumber : 1.bp.blogspot.com

Makanan khas jogja yang satu ini mungkin terdengar sedikit seram bukan dari namanya, namun pada dasarnya makanan ini adalah makanan yang memiliki rasa yang sangat enak dan nikmat hanya saja rasanya yang pedas karena adanya campuran cabe yang mampu membuat lidah Anda meledak-ledak kepedasan. Dari rasa pedas itulah makana ini dikatakan dengan oseng mercon.

  1. Gatot Gunung Kidul

Gatot Jajanan Khas Jogja
sumber : 3.bp.blogspot.com

Siapa sih yang ngga kenal dengan makanan khas jogja yang satu ini, gatot merupakan sebuah jajanan cemilan yang sudah umum dikalangan masyarakat jogja dan menjadi sebuah makanan yang sering menemani ketika sedang berkumpul dengan keluarga.

Gatot berbahan dasar dari singkong yang diolah dengan sedemikian rupa melalui proses penjemuran sehingga menjadi gaplek dengan kualitas yang baik. Gatot memiliki rasa yang manis namun sedikit pahit, rasa manis yang dihasilkan dari gula merah membuat rasa gatot menjadi enak saat dinikmati. Sedangkan rasa pahit itu sendiri berasal dari singkong karena melalui proses pengeringan tadi.

Akan tetapimasalah rasa yang dihasilkan tergantung dari kondisi dan kualitas singkong yang digunakan.

  1. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul Khas Jogja
sumber : ksmtour.com

Makanan yag satu ini adalah merupakan makanan tradisional khas jogja yang memiliki rasa manis yang sangat enak dinikmati sebagai menu sarapan pagi. Apalag ditemani dengan secangkir kopi dan teh pasti sangat nikmat sekali.

Penasaran dengan  Inilah 7 Makanan Khas Medan Yang Bisa Membuat Kamu Ngiler

Nasi tiwul merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang dihaluskan menjadi tepung yang kemudian di keringkan. Setelah kering barulah dikukus dan di masak sedemikian rupa. Nasi tiwul biasanya disajikan dengan parutan kelapa yang di taburkan di atasnya.

  1. Kue Adren

Kue Adren makanan khas jogja
sumber : murtigading.bantulkab.go.id

Kue adren adalah makanan khas jogja yang berasal dari daerah sanden bantul yang satu ini merupakan jajanan yang sangat enak sekali. kue adren terbuat daritepung beras yang di olah melalui proses yang sangat lama. Yang dicampur dengan gula merah yang kemudian di goreng.

Rasanya yang manis akan membuat lidah kamu ketagihan dan sangat enak disantap jika sedang santai ditemani secangkir teh manis. Bentuknya yang unik akan membuat kamu yang baru melihatnya terheran dengan kue ini, namun dibalik bentuknya yang unik menyimpan rasa yang sangat nikmat sekali.

  1. Sego Abang Jirak

Sego abang jirak khas jogja
sumber : explorewisata.com

Sego abang jirak merupakan makanan khas jogja yang memiliki cipta rasa yang unik. Makanan ini berasal dari daerah gunung kidul jogjakarta. Seperti namanya makanan khas yang satu ini berbahan dasar beras merah yang dimasak dan disajikan dengan lauk yang sangat nikmat. Sego abang ini sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet.

  1. Sayur Lombok Ijo

Sayur Lombok Ijo khas jogja
sumber : 2.bp.blogspot.com

Makanan khas jogja yang selanjutnya adalah sayur lombok ijo. Sayur lombok ijo memiliki rasa yang gurih dan pedas sehingga sangat enak sekali dinikmati saat memakan nasi. Rasa gurih gurih tersebut dihasilkan dari racikan beberapa bumbu yang diantaranya bawang putih, bawang merah kemiri, jahe, lengkuas beserta campuran rempah lainya.

Penasaran dengan  11 Makanan Khas Malang Yang Akan Membuat Lidah Kamu Bergoyang

Didalam sayur tersebut terdiri dari potongan tempe yang bercampur dengan beberapa sayuran. Seperti kacang panjang wortel dan sayuran lainya.

Nah itu dia makanan khas jogja yang akan membuat lidah kamu selalu ingin makan dan tambah saat kamu menikmatinya.

 

Tinggalkan komentar