Advertisements
Gangan Humbut Khas Kalimantan Selatan

Berikut Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Patut Untuk di Coba!

Makanan Khas Kalimantan Selatan – Seperti yang kita ketahui Kalimantan Selatan merupakan nama Provinsi di Indonesia, masuk kedalam Pulau Kalimantan tepatnya di bagisa sebelah Selatan. Pusat kota di Provinsi Kalsel (kalimantan selatan) omo adalah Kota Banjarmasin.

Di Provinsi Kalimantan Selatan terdapat 11 Kabupaten dan 2 Kota dan pada tanggal 14 Agustus merupakan hari jadi Provinsi Kalimantan. Kalimantan Selatan juga sering di singkat menjadi Kalsel, diamana penyebutan ini sering sekali disebutkan karena lebih simpel.

Oke sudah cukup membahas tentang Kalimantan Selatan, kali ini kita akan membahas wisata kuliner di Parvinsi yang terletak di Selatan. Ya kita akan sama – sama membahas apa saja sih makanan khas Kalimantan Selatan.

Kenapa kita bahas makanan ? kenapa enggak bahas wisata saja ? karena kalau kita bahas wisata sudah banyak, makannya kita bahas makanan yang bisa kamu jadirak referensi ketika kamu berkunjung atau main ke Kalimantan Selatan.

Apa saja sih makanan khas Kalimantan Selatan ? untuk menjawab pertanyaan yang satu ini mari kita simak bersama, berikut adalah daftar makanan khas Kalimantan Selatan yang bisa kamu cicipi atau kamu bawa pulang ketika kamu berkunjung ke Kalimantan Selatan.

  1. Ampara Tatak
  2. Ayam Cincane
  3. Bingka Barandam
  4. Bubur Pedas
  5. Chai Kue
  6. Hekeng
  7. Iwak Pakasam
  8. Juhu Umbut Sawit
  9. Kalumpe
  10. Kerupuk Basah
  11. Ketupat Kandang
  12. Manday
  13. Mie Sagu
  14. Nasi Bekepor
  15. Pengkang
  16. Sate Payau
  17. Soto Banjar

Nah dari ke 17 daftar makanan khas Kalimantan Selatan ini saya hanya akan menjelaskan beberapa makanan saja. Tepatnya 5 makanan khas Kalimantan Selatan, yuk sama – sama baca penjelasan makanan favorit Kalimantan Selatan.

Daftar Isi

Penasaran dengan  9 Minuman dan Makanan Kota Proklamator!

Soto Banjar Menjadi Makanan Khas Kalimantan Selatan

Soto Banjar Menjadi Makanan Khas Kalimantan Selatan
Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Dari semua makanan khas kalimantan selatan yang ada, mungkin soto Banjar lah yang namanya paling tersohor se antero Nusantara. Betapa tidak, makanan ini sangat mudah kita jumpai di warung, rumah makan Indonesia.

Meskipun begitu, ketika kamu sedang singgah ke Kalimantan Selatan wajib mencoba soto Banjar dari tempatnya berasal. Mengapa demikian? Karena sensasi dan atmosfirnya itulah yang membuatnya berbeda.

Jika dilihat sekilas, soto Banjar hampir sama dengan layaknya soto daerah lainnya. Namun, ada perbedaan mendasar pada makanan khas Kalimantan Selatan ini, yaitu terletak pada kuahnya.

Ada dua versi resep soto Banjar yang beredar dikalangan masyarakat. Yang pertama ialah kuah encer dan bening, kemudian kuah kental dan agak keruh.Kamu bisa mengkombinasikan soto Banjar dengan beragam jenis sate, lalu temukan puncak kenikmatannya.

Manday Juga Makanan Khas Kalimatan Selatan Loh!

Manday Juga Makanan Khas Kalimatan Selatan Loh!

Sudah mendengar nama ini? Yup, manday merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Selatan yang cukup unik. Kenapa unik? Sebab, ia terbuat dari kulit buah bernama cempedak atau juga dikenal tiwadak yang kemudian diawetkan dalam waktu yang cukup lama.

Menggawetkannya pun bisa dibilang cukup sederhana, yakni hanya dicampur menggunakan garam, lalu disimpan dalam wadah yang tertutup rapat. Seperti halnya tembakau, semakin lama manday disimpan maka rasanya semakin masam dan tentunya lebih enak menurut orang Kalimantan Selatan. Berani coba?

Iwak Pakasam Menjadi Iwak Khas Kalimantan Selatan

Iwak Pakasam Menjadi Iwak Khas Kalimantan Selatan

Sama seperti manday, iwak pakasam atau juga disebut iwak basamu ini merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang cara pembuatannya dengan diawetkan terlebih dahulu. Perbedaan manday dengan iwak pakasam hanya dari segi bahan dasarnya saja, yaitu beragam jenis ikan sepeti ikan sepat, ikan mangki, ikan pepuyu dan ikan gabus.

Penasaran dengan  Ragam Hias Flora yang Akan Membuat Kamu Takjub dan Berfikir

Nah, untuk waktu penyimpanan yang bisa dibilang istimewa, karena butuh waktu berbulan-bulan atau bahkan tahun hanya demi merasakan kenikmatannya. Namun, hal itu tergantung selera masing-masing, tentunya semakin lama ikan akan menjadi semakin asin.

Bingka Jajanan Khas Kalimantan Selatan

Bingka Jajanan Khas Kalimantan Selatan
Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Makanan khas Kalimantan Selatan tidak hanya sebatas kelas berat saja, dalam kategori camilan ada yang wajib kamu coba jika sedang singgah disana, namanya adalah Bingka. Mungkin inilah juaranya camilan yang ada di Kalimantan Selatan.

Dilihat dari segi rasa, bingka mempunyai rasa yang manis dan menyajikan tekstur lembut dengan sedikit berlemak.
Makanan khas Kalimantan Selatan ini wajib ada dalam acara adat, pernikahan dan juga sebagai menu camilan favorit ketika umat muslim sedang berbuka puasa. Itulah yang menyebabkannya juara.

Sekedar pengetahuan Bingka dibuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, garam, telur dan santan. Kemudian adonan tersebut dipanggaang menggunakan cetakan yang berbentuk bunga.

Gangan Humbut Khas Kalimantan Selatan

makanan Khas Kalimantan Selatan
Sumber : https://dherdian.files.wordpress.com/

Apabila bingka juaranya camilan maka Gangan Humbut ialah juaranya sayur. Dan sayur ini juga merupakan menu wajib di acara adat, kebudayaan serta pernikahan masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan. Selain itu, makanan khas Kalimantan Selatan ini juga begitu laris manis ketika di Bulan Suci Ramadhan.

Gangan Humbut sendiri terbuat dari potongan iga sapi yang diolah dengan rebung dan berbagai bumbu rempah ciri khas masyarakat suku Banjar.

Nah, bicara soal cita rasa, makanan khas ini mempunyai rasa yang manis dan gurih. Namun jangan salah, rasa manis tersebutlah yang justru bisa menumbuhkan selera kamu untuk terus memakannya. Biasanya gangan humbut dijasikan dengan nasi hangat dan berbagai jenis lauk lainnya.

Penasaran dengan  Makanan Khas Majalengka Jawa Barat

Jangan lupa ya untuk merasakan makanan khas Kalimantan Selatan ini jika berkunjung kesana?
Itu lah 5 makanan khas Kalimantan Selatan yang menjadi favorit atau yang popular di Kalimantan Selatan maupun di luar daerah di Indonesia. Jadi kamu suka yang mana tinggal pilih, semoga artikel saya tentang makanan khas Kalimantan ini bisa membantu kamu.

Ya mungkin ini saja yang bisa saya tuliskan semoga bermanfaat dan membantu kamu yang lagi pusing mau makan apa di Kalimantan Selatan. Jangan lupa share artikel ini, atau juga bisa share artikel ini sebagai kode, buat kamu yaang punya teman di Kalimantan Selatan.

Advertisements

4 thoughts on “Berikut Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Patut Untuk di Coba!

  1. Perbedaan manday dengan iwak pakasam hanya dari segi bahan dasarnya saja, yaitu beragam jenis ikan sepeti ikan sepat, ikan mangki, ikan pepuyu dan ikan gabus.

    Proses dan bahan pengawet nya juga beda, mandai di awetkan dengan garam di taruh di wadah kedap udara seperti toples. Kalau pakasam dari beras dtumbuk kasar dengan kunyit dan rempah rempah lainnya.

Leave a Comment