Pepes Kepiting Khas Kalimantan Timur

Makanan Khas Kalimantan Timur yang Menarik Untuk di Coba!

Makanana Khas Kalimantan Timur – Kalimantan Timur, siapa yang tidak tahu ? Merupakan nama salah satu provinsi di Indonesia. Kalimantar Timur dikenal dan menjadi Kota dengan kepadatan penduduk terendah keempat di Indonesia.

Kota dari Kalimantan Timur adalah Kota Samarinda, Kalimantan Tmur juga sering disingkat menjadi Kaltim. Menurut wikipedia bahasa Indonesia, terdapat sepuluh Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Timur ini.

Kalimantan Timur juga berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia, dan berbatasan juga dengan Provinsi Kalimantan lainnya, seperti Kalimantan Barat, dan lain sebagainya. Oke sudah cukup pengenalan sepintas Kalimantan Timur.

Kali ini kita akan sama – sama membahas tentang makanan khas Kalimantan Timur yang pastinya enak dan bisa membuat kamu penasaran untuk mencicipinya. Ada banyak sekali makanan yang menjadi ciri khas dari Kalimantan Timur.

1. Ayam Cincane
2. Amplang
3. Bubur Pedas
4. Daging Masak Bumi Hangus
5. Gance Ruan
6. Gagang Manok
7. Lempok Durian
8. Nasi Bekepor
9. Nasi Kuning Khas Samarinda
10. Pisang Gapit
11. Pepes Kepiting
12. Sate Payau
13. Sambal Raja

Namun kali ini saya hanya akan membahas beberapa saja makanan khas Kalimantan Timur yang bisa kamu nikmati ketika kamu berkunjung ke Kalimantan Timur. Kamu juga bisa menemukan beberapa makanan khas Kalimantan Timur ini di daerah Kalimantan lainnya.

Ayam Cincane Khas Kalimantan Timur

Ayam Cincane Khas Kalimantan Timur
(Hanya Ilustrasi) Sumber Gambar : kompaswisata.com/

Makanan khas Kalimantan Timur ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat + sambal tomat pedas manis. Bagi kamu yang hobi memasak, tidak sulit kok membuat ayam cincane. Bahan dasar yang dibutuhkan juga sederhana, diantaranya ayam kampung, lengkuas, jahe, kemiri dan berbagai rempah lain kemudian dibakar menggunakan bara api sampai matang.

Penasaran dengan  Makanan Khas Ngawi, Jawa Timur, Indonesia

Sedikit sejarah tentang ayam cincane. Pada awalnya makanan khas kalimantan Timur ini hanya disajikan pada acara spesial saja, seperti acara adat, kelahiran dan pernikahan. Namun, seiring berjalannya waktu kebiasaan tersebut memudar.

Dan sekarang kita bisa melihat, banyak warung menjajakan ayam cincane di Kalimantan Timur. Jadi ketika kamu singgah di sini, jangan khawatir akan kesulitan mendapatkannya.

Makanan Khas Kalimantan Timur, Nasi Bekepor

Makanan Khas Kalimantan Timur, Nasi Bekepor
(Hanya Ilustrasi) Sumber Gambar : http://resephariini.com/

Pernah dengar tentang makanan unik ini? Yup, nasi bekepor ialah nasi putih yang dicampur dengan minyak sayur, ikan asin dan beragam jenis rempah. Salah satu makanan khas Kalimantan Timur ini sering kali disajikan bersama sayur gangan asam kukar dan daging masak bumi hangus.

Wah wah apalagi itu? Sayur gangan asam kukar yaitu ubi manis dan kepala ikan yang diolah menjadi sejenis sayur asem. Sedangkan daging masak bumi hangus adalah daging yang dimasak dengan bumbu kecap.

Emang benar, masyarakat Kalimantan Timur sangat kreatif untuk urusan nama. Top!

Pepes Kepiting Khas Kalimantan Timur

Pepes Kepiting Khas Kalimantan Timur
(Hanya Ilustrasi) Sumber Gambar : http://www.resepharian.com/

Yakin pepes kepiting? Bukankah yang biasa dijadikan pepes itu ikan, tahu atau udang? Jangan salah, kamu bisa dibuat ketagihan oleh makanan khas Kalimantan Timur ini.

Inilah salah satu indahnya Nusantara kita, beragam suku dan ras melahirkan kebiasaan yang berwarna, salah satunya dalam hal makanan.

Penasaran dengan  Penasaran? Kepo? Berikut Penjelasannya, Makanan Khas NTT

Oke, balik lagi ke pepes kepiting. Pepes kepiting dibuat dari bahan utama, yaitu kepiting soka yang diolah bersama serai, kemangi, cabe rawit, cabe merah dan berbagai rempah lainnya. Kemudian, hasil tumisan bumbu dan kepiting soka tersebut dibungkus menggunakan daun pisang.

Tahap selanjutnya, pepes kepiting di kukus sampai matang dan sentuhan akhirnya di bakar diatas bara api. Hmmm, sudah kebayang bukan lezatnya makanan ini?

Sate Payau Khas Kalimantan Timur

Sate Payau Khas Kalimantan Timur
(Hanya Ilustrasi) Sumber Gambar : http://1.bp.blogspot.com/

Mungkin yang terlintas di benak kita tentang sate adalah sate madura, sate padang, sate maranggi dan sate klatak. Tahukah kamu, di Kalimantan Timur ini juga mempunyai makanan khas berupa sate?

Sate ini bernama Sate Payau. Tidak seperti sate pada umumnya yang berbahan dasar kambing, sapi atau ayam. Sate payau terbuat dari daging rusa, antimainstream bukan?

Namun sayang, makanan khas Kalimantan Timur ini sekarang sudah mulai jarang ditemukan, mengingat rusa adalah salah satu hewan yang dilindungi oleh negara.

Meskipun begitu, sate payau masih bisa kita jumpai, biasanya disajikan ketika ada festival yang diselenggarakan oleh provinsi atau acara adat disana. Menurut penilaian masyarakat Kalimantan Timur, tekstur dari daging rusa cenderung lebih empuk dan lembut apabila disejajarkan dengan daging kambing atau sapi yang biasa dijadikan sate.

Jika kamu mau menconya, tunggu event yang tepat ya?

Gence Ruan, Makanan Khas Kalimantan Timur

Gence Ruan, Makanan Khas Kalimantan Timur
Sumber Gambar : https://i.ytimg.com/

Berbahan dasar ikan gabus atau biasa dengan ikan haruan. Makanan khas Kalimantan Timur ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang pemburu kuliner lezat.

Dan lagi-lagi kita dibikin penasaran dengan nama yang unik atau bahkan terdengar asing di telinga. Nah, cara memasak gence ruan adalah ikan gabus dilumuri dengan garam, kemudian dibakar.

Penasaran dengan  Penasaran Dengan Makanan Khas Kalimantan Barat ? Baca Ini!

Setelah matang baru campurkan bumbu tumis yang terdiri dari cabe merah, bawang merah, bawang putih dan air masam jawa. Gence ruan pun siap disajikan.

Itulah lima makanan khas Kalimantan Timur yang saya tuliskan dan jelaskan dari 13 daftar makanan khas Kalimantan Timur yang bisa kamu coba ketika kamu berkunjung ke Provinsi yang satu ini, atau ke Kotanya yaitu Kota Samarinda.

Kamu juga bisa share dan berbagai dengan temanmu yang lainnya yang sedang atau mau ke sana, untuk mencicipi makanan khas Kalimantan Timur di atas. Atau kamu bisa meminta oleh – oleh dari temanmu tentang makanan yang awet dan bisa dibawa pulang.

Leave a Comment