kue lupis lumajang

7 Daftar Makanan dan Oleh-oleh Lumajang yang Terkenal di Indonesia

Makanan Khas Lumajang – Lumajang adalah salah satu Kota atau Kabupaten yang terletak di Jawa Timur, Lumajang mempunyai gelar sebagai kota pisang, karena di Lumajang adalah penghasil buah pisang terbesar dan terbanyak di Jawa Timur.

Tapi tahukah kamu tidak hanya buah pisang saja yang menjadi ciri khas Lumajang, ada beberapa makanan khas Lumajang juga yang pastinya enak. Bukan hanya dari olahan pisang saja, tapi juga dari berbagai bahan rempah-rempah yang hanya ada di Lumajang Jawa Timur.

Pisang dengan berbagai jenis bisa kamu temui dan dapatkan di Lumajang, tidak hanya pisang tapi juga ada oleh-oleh dan makanan khas Lumajang lainnya yang perlu kamu coba dan nikmati, berikut adalah daftar makanan khas Lumajang Jawa Timur.

Buah Pisang Agung Khas Lumajang

pisang agung lumajang
sumber : http://agwingallery.blogspot.co.id/

Makanan khas Lumajang yang pertama adalah pisang agung, kenapa harus pisang agung? Karena di Lumajang di sebut kota pisang dan pisang agung adalah pisang yang unik dari bentuk dan rasanya. Tidak hanya itu pisang agung juga banyak tumbuh di Lumajang.

Pisang agung memiliki bentuk seperti tanduk dan ukuran yang sangat panjang, di perkirakan ukuran pisang agung ini dapat mencapai 2 sampai 3 kali ukuran pisang pada umumnya. Karena besar dan panjang pisang agung relatif lebih mahal di bandingkan dengan pisang lainnya.

Penasaran dengan  Makanan Khas Jember Ini Akan Membuat kamu Jatuh Cinta!

Makanan Khas Lumajang Kue Lupis

kue lupis lumajang
sumber : http://hennyreale.blogspot.co.id/

Kamu belum pernah nyobain kue lupis, wah di jamin nyesel deh, karena kue lupis ini beraneka ragam rasa dan bentuknya yang unik. Kue lupis bisa berasal dari beras ketan ataupun terigu yang di dalamnya terdapat gula merah yang akan meledak ketika digigit.

Kue lupis Lumajang terbuat dari beras ketan, cara memasaknya dengan direbus dan dibalut oleh daun pisang. Bentuknya sendiri segitiga, biasanya kue lupis ini di cocol dengan parutan kelama dan dimakan di sore hari sambil menikmati pemandangan yang indah di kota Lumajang.

Lontong Petis Lumajang

lontong petis lumajang
sumber : http://wcjuli2.blogspot.co.id/

Makanan khas Lumajang selanjutnya adalah lontong petis, kalau kamu sudah sering mendengan atau mungkin sudah pernah nyobain tahu petis beda halnya dengan lontong petis. Sebenarnya yang membedakan bukan hanya tahu dan lontongnya saja.

Bumbu dan cara penyajiannya juga berbeda dari tahu petis, di Lumajang lontong petis biasa dikolaborasikan dengan sayur daging ayam, telur ayam, tahu dan lainnya. Lontong petis bisa sebagai pengganjal di saat perut kamu kosong. Kamu juga bisa mendapati nya dengan harga yang murah.

Makanan khas Lumajang Pecel Telo

pecel telo lumajang
sumber : http://pramedina.blogspot.co.id/

Di Lumajang Jawa Timur, pecel telo sudah menjadi jajanan dan makanan yang populer, kepopuleran makan ini karena keberadannya yang sudah lama di Lumajang. Kamu juga bisa membuat pecel telo karena proses pembuatan yang mudah.

Bahan yang diperlukan untuk membuat pecel telo ini sangat sederhana, yaitu jantung pisang, semanggi, genjer, kacang panjang dan kecambah plus bumbu dan bahan baku yang berasal dari ubi jalar. Kamu dapat juga membeli di setiap warung makan di Lumajang Jawa Timur.

Penasaran dengan  Makanan Khas Purwodadi Grobongan Jawa Tengah

Bledus Makanan Khas Lumajang

bledus jagung lumajang
sumber : http://pramedina.blogspot.co.id/

Sudah pernah makan bledus? Atau jangan-jangan kamu berlum tahu lagi apa itu bledus, bledus adalah nama salah satu makanan khas Lumajang yang kepopulerannya masih kalah dengan lontong pecel dan makanan khas Lumajang lainnya.

Bledus dibuat dari jagung pipil kering, sebelum di olah jagung pipil kering ini harus direndam terlebih dahulu selama satu malam. Setelah di rendam jagung pipil di rebus yang membutuhkan waktu yang lama, setelah direbus maka jadilah bledus.

Tapi dalam penyajiannya tidak hanya bledus saja, sebelum di makan bledus ditaburi atau ditambahkan kelapa parut yang pastinya akan menambah rasa dan tampilan yang unik. Kamu tertarik untuk mencobanya?

Keripik Pisang Lumajang

keripik pisang buah tangan lumajang
sumber : http://taman-industri.blogspot.co.id/

Seperti yang sudah saya bahas di atas bahwa kota Lumajang sebagai kota pisang, tentunya dari pisang tersebut tercipta lah sebuah olahan pisang yang bervariasi. Sebagai olahan pisang yang paling mudah adalah keripik pisang.

baca juga : makanan khas majalengka

Jajanan keripik pisang ini bisa menjadi oleh-oleh jika kamu berkunjung ke kota pisang ini. Banyak farian rasa dan ragam pengolahan keripik pisang, mulai dari keripik pisang manis, pedas, dan keripik pisang yang gurih. Harga yang dibandrol juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Penasaran dengan  Makanan Tradisional Khas Sulawesi Barat, Muantappp!!!

Kue Latok Khas Lumajang

kueh letok lumajang
sumber : http://sidomi.com/

Kue latok memang bukan menjadi makanan khas asli Lumajang, tapi kue latok dapat kamu temui di Kota Lomajang dan sudah mejadi kue favorit. tidak hanya itu meskipun kue latok ini banyak di jumpai di berbagai kota di Indonesia, kue latok yang ada di Lumajang memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan kue latok lainnya.

Nah, itulah beberapa makanan khas Lumajang Jawa Timur, buat kamu yang asli dari Jawa Tengah khususnya purwodadi kamu bisa baca makanan khas Purwodadi Jawa Tengah. Jangan lupa untuk meng share artikel ini dan bangga lah menjadi anak yang ter lahir di Kota Lumajang Jawa Timur.

Leave a Comment