makanan khas nganjuk

SADIS! Makanan Khas Nganjuk Ini Dapat Membuat Orang Candu

Makanan Khas Nganjuk – Nganjuk adalah kota yang mempunyai sebutan Kota Angin, kota kecil ini atau Kabupaten Nganjuk terletak di Provinsi Jawa Timur. Di Kota Angin ini terdapat banyak sekali tempat rekreasi yang cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Bukan hanya itu saja, selain memiliki tempat wisata yang indah dan alami, Nganjuk juga mempunyai makanan yang menjadi ciri khas Nganjuk. Nah, tahukah kamu apa saja makanan khas Nganjuk? Mari kita bahas bersama, berikut adalah makanan khas Nganjuk.

Makanan Khas Nganjuk Nasi Becek

nasi becek khas nganjuk
sumber : https://monasylviana.files.wordpress.com/

Nasi Becek adalah makanan khas Nganjuk yang paling populer, nasi becek mirip dengan kare kambing dan soto babat. Di dalam nasi becek juga terdapat potongan sate kambing yang sudah dilepaskan dari tusuknya, rasanya pun  berfaviasi.

Mulai dari pedas, manis, dan asin tapi kebanyakan masyarakat Ngajuk memilih rasa asin karena di Jawa Timur sendiri masyarakat nya sudah terbiasa dengan rasa yang asin-asin. Nasi becek sangat mudah ditemui biasanya orang ramai makan nasi becek pada waktu makan siang hari.

Makanan Khas Nganjuk Dumbleg

makanan khas nganjuk dumble
sumber : http://adiedoes.blogspot.co.id/

Salah satu makanan khas Ngajuk adalah dumleng, namanya memang jara di dengan dan kurang populer di kalangan masyarakat di luar jawa. Dumbleg adalah makanan sejenis dodol yang dibuat dengan bahan utama ketan atau bisa juga menggunakan tepung beras.

Selain itu dumbleg juga mirip dengan makanan khas Gresik yaitu pudak, bedanya kalau di dumbleg terdapat ciri khas yang terdapat pada rasa dan tampilanya. Dumbleg mempunyai rasa manis legit dan mempunyai bentuk panjang seperti lontong.

Penasaran dengan  7 Kumpulan Video Paling Sedih (Perjuangan dan Kasih Sayang Seorang Ayah) Hebat Kalau Engga Nangis

Bahan lainnya selain ketan dan tepung beras dumbleg juga dibuat dengan gula jawa dan santen, kemudian dibungkus dengan pelepah jambe. Dumbleg sudah jarang dan tidak mudah untuk menemukan makanan khas Ngajuk ini, hanya ada beberapa warung makan saja yang menyediakan nya.

Jajanan Khas Nganjuk Onde-Onde Ketawa

jajanan khas nganjuk onde-onde ketawa
sumber : http://semuaresepibu.blogspot.co.id/

Onde-onde ketawa ini sebenarnya sama saja dengan onde-onde pada umumnya bahan dan bentuk bula sama saja, hanya saja onde-onde ketawa mempunyai tampilan yang lebih menarik yang terdapat pada bagian luar onde-onde.

Onde-onde ketawa adalah onde-onde yang tengahnya atau sebagiannya terbuka jadi terlihat seperti kembang disinihlah letak keunikannya. Onde-onde ini sangat cocok buat menikmati perbekalan kamu jika bepergian karena dapat mengisi dan mengganjal perut yang lapar.

Nasi Pecel Khas Nganjuk

nasi pecel khas nganjuk
sumber : http://www.jendelakuliner.com/

Nasi pecel memang terdapat di semua kota di Provinsi Jawa Timur dan nasi pecel juga menjadi makanan khas di setiap daerah di Jawa Timur, salah satunya adalah makanan khas Ngawi, namun Nganjuk juga menjadikan nasi pecel sebagai makanan khasnya.

Tapi nasi pecel nganjuk ini sedikit berbeda dengan nasi pecel yang tersedia hampir diseluruh kota di Jawa Timur, kupupan kembang turinya. Nasi pecel sendiri sangat mudah ditemukan apalagi di pagi hari karena biasanya nasi pecel di jadikan sebagai sarapan.

Makanan Khas Nganjuk Nasi Tumpang

nasi tumpang nganjuk
sumber : https://andikahadiprasetya.files.wordpress.com/

Nasi tumpang juga menjadi salah satu makanan khas Nganjuk, nasi yang dihidangkan dengan kulup yang diselimuti sambal tumpang (tempe yang difermentasikan). Nasi tumpang adalah nasi puting yang dikolaborasikan dengan tumpang.

Penasaran dengan  TERBUKTI!!! Makanan Khas Tuban ini Dapat Membuat Kamu Kenyang

Tempe yang sudah difermentasikan ini kemudian dimasak dengan bumbu rempah-rempah alami yang masih segar. Biasanya nasi tumpang kolaborasi antara sambal tumpang dan pecel, sesuai pesanan. Nasi tumpang dapat kamu temui dan makan pada warung kopi atau warung pinggir jalan yang ada di Ngajuk.

Makanan Khas Nganjuk Tepo Mbah Umbruk

tepo makanan khas nganjuk
sumber : https://handarek.files.wordpress.com/

Makanan khas nganjuk selanjutnya adalah tepo mbah umbruk, namanya agak asing dan jarang terdengar, nama aslinya adalah tepo, mbah umbruk hanya sebutannya saja. Tepo mbah umbruk mirip dengan lotong yang bungkusnya terbuat dari daun pisang yang membentuk kerucut dan sedikit miring.

Dalam penyajian atau hidangannya tepo tahu dicampur dengan bumbu lain, seperti sayur kacang panjang yang hanya diambil isinya saja, kacang tolo dan bumbu penyedap lainnya. Topo mbah umbruk masih dapat kamu santap dan nikmati.

Oleh-oleh Sambal kacang / Sambal Pecel

sambal kacang atau pecel khas nganjuk
sumber : http://www.tokomesin.com/

Sambal kacang dikenal juga dengan sambal pecel adalah jajanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika kamu ingin pulang dari kota Nganjuk. Sambal kacang ini sangat murah jadi kamu bisa membagikan ya kepada tetangga atau teman-teman kamu di rumah.

Satu bungkus hanya dihargai seribu saja 1.000, tapi penjualan biasanya dalam satu tempat dan satu tempat berisi 10 bungkus tinggal dikalikan saja. Sambal kacang khas Nganjuk cocok buat semua santapan, salah satunya buat cocolan kerupuk ataupun tambahan lauk makan.

Oleh-oleh Brambang / Bawang Merah

oleh oleh khas nganjuk
sumber : https://jualbibittanaman.files.wordpress.com/

Bawang merah memang menjadi salah satu oleh-oleh khas Brebes atau Bumiayu tapi, di Nganjuk sendiri ladang bawang merah sangat banyak dijumpai. Kamu bisa beli bawang merah khas Nanjuk dengan harga miring di bandingkan membeli bawang merah di pasar tempat tinggal kamu.

Penasaran dengan  Makanan Khas Purwodadi Grobongan Jawa Tengah

Tahukah kamu bahwa 20% pemasok bawang merah di Indonesia berasal dari Nganjuk, inilah yang menjadikan kamu harus membeli bawang merah ketika berkunjung ke Nganjuk, masa sih berkunjung ke kota pemasok bawang merah di Indonesia tidak membeli.

Jajanan Khas Nganjuk Kerupuk Upil

kerupuk upil khas nganjuk
sumber : http://uniemamaniez.blogspot.co.id/

Kerupuk upil adalah kerupuk yang berukuran kecil, makannya dinamakan kerupuk upil. Keunikan kerupuk upil terdapat pada proses penggorengannya yang menggunakan pasir sebagai pematanggnya, rasanya sangat gurih dan pastinya membuat candu, tertarik untuk mencobanya?

Gimana, sudah puas belum dengan makanan khas Nganjuk, jadi buat kamu yang sedang ada di Nganjuk jangan pernah lewatkan kesempatan untuk menikmati makanan khas Nganjuk ini ya. Makanan khas Nganjuk juga sangat murah-murah tapi berkualitas bagus dan mengeyangkan perut yang lapar pastinya.

Leave a Comment