Advertisements

Makanan Khas Ngawi, Jawa Timur, Indonesia

Makanan Khas Ngawi – Kamu pasti tahu kan Ngawi itu dimana? Ngawi adalah salah satu kota yang ada di Jawa Timur, Indonesia. Selain memiliki destinasi wisata yang  wisata yang menarik untuk di kunjungi, Ngawi juga mempunyai ciri khas lainnya.

Salah satu ciri khas Ngawi terdapat pada makanannya, ya buat kamu yang belum tahu atau yang ngaku orang dan asli lahir di Ngawi pastinya sudah pernah mencicipi dan merasakan enaknya makanan khas Ngawi yang sudah ada dari nenek moyang terdahulu.

Bumbu-bumu yang terkandung dan digunakan dalam makanan khas Ngawi adalah recikan bumbu yang jarang sekali digunakan orang karena racikan yang digunakan juga adalah racikan turun temurun. Selain racikannya yang beda pilihan bahan untuk dijadikan bumbu juga harus yang berkualitas tinggi.

Berikut adalah makanan khas Ngawi yang wuenak :

  1. Lethok
  2. Keripik Tempe
  3. Tepo Tahu
  4. Nasi Pecel
  5. Ledre
  6. Wedang Cemue
  7. Sate Ayam Ngawi

Nah, untuk penjelasannya lebih lanjut kamu bisa baca berikut ini, dimana nanti disini dijelaskan bagaimana cara membuatnya, berbahan utama apa saja, dan hal sebagainya.

Lethok Khas Ngawi

Lethok Khas Ngawi

sumber : https://dapurnyasibohay.files.wordpress.com/

Info nih buat kamu, ternyata lethok juga menjadi makanan khas Ngawi loh. Lothek yang mempunyai nama lain sambal tumpang ini, menjadi salah satu makanan khas Ngawi yang di isinya adalah recikan bumbu yang enak. Bahan utama pembuatan lethok adalah tempe semangit.

Tempe semangit adalah tempe yang sudah difermentasikan lebih, tetapi belum berbau busuk. Kolaborasi antara kencur dan daun jeruk membuat aroma yang dimiliki lethok sangat menggoda, rasanya sendiri bisa sangat pedas sesuai selera kamu.

Kripik Tempe Khas Ngawi

kripik tempe khas ngawi

sumber : https://mommynoer.files.wordpress.com/

Makanan khas Ngawi selanjutnya adalah keripik tempe, biasanya keripik tempe identik dengan makanan khas Malang , tapi di Ngawi juga kripik tempe di jadikan salah satu makanan, jajanan, dan oleh-oleh khas yang bisa di bawa pulang ke rumah atau untuk dibagikan ke pada tetangga.

Penasaran dengan  Kamu Perlu Tahu 10 Makanan Khas Jepara Ini!

Kripik ngawi mempunyai rasa yang gurih dan cocok untuk menemani waktu luang kamu di sore hari sambil menikmati segelas teh hangat. Pada kripik tempe di Ngawi terdapat campuran rasa yang dihasilkan dari perpaduan daun jeruk, kencur, dan cabai yang menjadikan kripik Ngawi ini mempunyai rasa pedas.

Makanan Khas Ngawi Tepo Tahu

Makanan Khas Ngawi Tepo Tahu

sumber : http://oatmeal.perutgendut.com/

Tidak sedikit orang yang menyangka bahwa tepo tahu bukan makanan khas Ngawi, perlu kamu ketahui bahwa kehadiran tepo tahu di Ngawi sudah ada sejak lama dan sudah menjadi resep masakan turun-temurun. Nama terkenal nya tepo adalah tahu lontong.

Sudah tidak asing lagi di telinga kita jika mendengar kata lontong, karena tepo tahu sudah ada sejak lama kamu dapat sangat mudah menemukan penjual yang menjual tepo tahu di Ngawi. Pada dasarnya tepo tahu dan tahu lontong sama saja karena bahan utama dari makanan ini adalah beras dan tahu.

Nasi Pecel Khas Ngawi

makanan khas ngawi nasi pecel

sumber : http://www.sambelpecelmadiun.com/

Jawa Timur memang terkenal dengan nasi pecel bahkan ada beberapa kota di Jawa Timur yang menjadikan nasi pecel sebagai makanan khas daerahnya, diantara kota yang menjadikan nasi pecel sebagai makanan khasnya adalah Madiun, Kediri, dan Magetan.

Sama hal nya dengan Ngawi yang menjadikan nasi pecel sebagai khasnya, kalau kamu sudah pernah ke Jawa Timur jangan pernah lewati kesempatan untuk menikmati yang namanya nasi pecel. Di setiap kota juga nasi pecel mempunyai rasa dan ciri khasnya masing-masing.

Di Ngawi penyajian nasi pecel menggunakan daun pohon pisang yang dibentuk segitiga, perbedaan nasi pecel Ngawi dengan nasi pecel di kota lainnya yaitu kehalusannya. Di Ngawi bumbu kacangnya tidak terlalu halus sehingga kamu masih bisa merasakan kacang yang berbentuk bulat atau pecahannya.

Penasaran dengan  Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur

Selain itu nasi pecel khas ngawi juga dilengkapi dengan rempeyek dan tumpang (sambal yang terbuat dari tempe busuk yang dicampur dengan santan, daun jeruk, dan kencur) inilah yang membedakan antara pecel Ngawi dengan pecel di kota lainnya di daerah Jawa Timur.

Makanan Khas Ngawi Ledre

Makanan Khas Ngawi Ledre

sumber : http://romancestoryikarahma.blogspot.co.id/

Lendre memang termasuk ke dalam salah satu makanan khas Bojoneoro, namun siapa sangka bahwa jajanan ini juga masuk kedalam makanan khas Ngawi. Di Ngawi kehadiran ledre memang sudah ada sejak lama tapi tidak bisa di pastikan di mana dulu ledre ini muncul anatara di Ngawi dan Bojonegoro.

Meskipun ledre lebih dikenal sebagai jajanan dari Bojonegoro, jika kamu bandingkan ledre khas Ngawi dan Bojonegoro pasti ada perbedaan yang menjadi ciri khas masing-masing kota. Sekarang ini ledre sudah berkembang dan rasa yang ada pada ledrepun sudah bervariasi.

Wedang Cemue Khas Ngawi

Wedang Cemue Khas Ngawi

sumber : http://romikurniawan.student.umm.ac.id/

Kalau kamu membahas tentang makanan, bukan hanya tentang makanan saja yang dibahas tapi juga termasuk buah, jajanan dan minuman. Salah satu makanan khas Ngawi adalah wedang cemue, wedang cemue hampir sama dengan sekoteng dan ronde.

Yaitu minuman yang mampu menghangat kan badan, wedang cemue sangat enak di minum saat hujan turun atau setelah hujan deras, rasa pedas yang berasal dari jahe dan manis yang berasal dari susu mampu menghangat kan tubuh kamu, sekalipun kamu jomblo.

Wedang cemue juga dapat mengisi perut kamu yang kosong, karena pada wedang cemua terdapat potongan roti dan bahan lainnya yang pasti membuat perut kamu terisi. Tidak perlu takut sakit perut karena semua bahan pada wedang cemue berasal dari bahan alami.

Penasaran dengan  Penasaran Dengan Makanan Khas Pekanbaru? Ini Dia Jawabanya!

Sate Ayam Khas Ngawi

Sate Ayam Khas Ngawi

sumber : https://images.detik.com/

Sate memang mudah ditemui di banyak tempat dan sangat mudah sekali untuk membeli sate ini, apa lagi ketika malam hari tiba banyak sekali orang yang menjual makanan khas Indonesia ini. Tapi setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing, misalkan sate Madura yang mempunyai ciri khas kecap yang banyak.

Lain halnya dengan sate ayam Ngawi yang memiliki ciri khas dengan kecap nya yang sedikit, makanan khas Ngawi yang satu ini sangat cocok buat kamu yang tidak suka dengan kecap. Tidak hanya pada sate ayam hampir pada setiap sate di Ngawi menggunakan kecap yang sedikit.

Itulah tujuh makanan khas Ngawi, tertarik untuk mencobanya? Mungkin masih banyak makanan khas ngawi yang lainnya yang ada di Indonesia. Kamu juga bisa baca makanan khas Majalengka dan Makanan Khas Mojokerto disini jangan lupa share artikel ini ya kawan.

Advertisements
    1. grosir spon mandi murah 20/03/2017

    Add Your Comment