dodol durian khas pekanbaru

Penasaran Dengan Makanan Khas Pekanbaru? Ini Dia Jawabanya!

Makanan Khas Pekanbaru – Pekanbaru adalah nama Kota yang ada di Provinsi Riau, di Riau sendiri Pekanbaru menjadi pusat kota sekaligus Ibu Kota Provinsi Riau. Kota Pekanbaru disebut-sebut sebagai kota perdagangan dan jasa. Masakan Bunda

Pekanbaru juga dikenal dengan budaya dan kegiatan tradisional yang masih sering dilakukan oleh masyarakat nya, buat kamu yang sedang atau ingin berkunjung ke Pekanbaru pasti tahu deh apa aja yang merupakan tradisi dan kegiatan tradisional masyarakat Pekanbaru.

Ngomongin tentang Pekanbaru, kamu tahu engga apa aja nih makanan khas Pekanbaru yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya, untuk lebih tahu tentang Pekanbaru dan makanan khasnya, langsung aja kita bahas tentang kuliner khas Pekanbaru.

Jajanan Khas Pekanbaru Roti Jala

jajanan khas pekanbaru roti jala
sumber : http://cookingsbymaria.com/

Perkembangan roti di Indonesia ini sangat diterima masyarakat, bagaimana tidak roti yang asal muasalnya bukan dari Indonesia kini sangat diminati dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Hingga kini roti di Indonesia terus berkembang dan melesat jauh.

Salah satu makanan khas Pekanbaru adalah roti jala, roti yang ini adalah jajanan khas Pekanbaru yang pada dasarnya berasal dari Melayu Sumatra, tapi kini kamu bisa membeli dan menikmatinya di Kota Pekanbaru.

Tapi ada juga yang berpendapat roti jala ini adalah roti yang berasal dari India karena memiliki tekstur yang keindia-indian. Dalam penyajiannya roti jala di hidangkan bersama kuah dari melayu yang pastinya akan menambah nikmat waktu santai kamu ketika di temani roti jala.

Roti Canai Jajanan Khas Pekanbaru

roti canai khas pekanbaru
sumber : http://cbctour.com/

Roti canai yang memiliki bentuk bulat ini, adalah salah satu makanan yang di sukai oleh warga Malaysia.  Broti canai ini merupakan makanan khas Pekanbaru yang perlu kamu coba, karena roti cenai ini sangat cocok dan pas untuk dimakan kapan saja.

Apalagi jika dihidangkan bersama teh hangat, tapi keberadaanya bukan hanya ada di Indoneisa loh, di kabarkan bahwa Indonesia adalah negara yang mengikuti penyebaran roti canai ini. Penyebaran yang banyak lainnya ada di negara India dan Singapura.

Tapi namanya berbeda di India dan Dingapura roti canai ini terkenal dengan nama roti pratha, bentuk yang sama yaitu, bulat dan banyak lagi persamaaan. Yang pasti untuk perbedaaan terletak pada rasa dan cara menyantapnya, tertarik untuk mencobanya?

Makanan Khas Pekanbaru Bolu Kemojo

bolu kemojo oleh oleh pekanbaru
sumber : https://ksmtour.com/

Pernah dengar bolu kemojo? Bolu kemojo adalah salah satu nama dari berbagai macam bolu di Indonesia yang dijadikan sebagai kue khas Pekanbaru, yang menjadikan bolu kemojo sebagai kue khas Pekanbaru adalah keberadaanya yang sudah lama.

Penasaran dengan  6 Makanan Khas Sulawesi Tengah Mampu Membuat Kamu ... ?

Bulu kemojo adalah makanan asli khas Pekanbaru yang dipopulerkan oleh ibu Dinawati pada tahun 1998 (tahun lahirnya penulis, abaikan saja) pada awalnya bolu kemojo hanya di makan dan dikonsumsi saat kumpul santai bareng keluarga.

Namun seiring penjualannya yang meningkat dan tingkat permintaan kosumen yang semakin bertambah, kue bolu kemojo tidak hanya dijadikan santapan santai keluarga tapi juga kini sudah hadir dalam hidangan acara-acara penting, seperti pernikahan dan acara lainnya.

Kue  bolu kemojo juga bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika kamu berkunjung ke Pekanbaru, jangan takut akan basi di jalan, karena bolu ini dibuat dengan bahan alami yang mampu bertahan lama. Sekarang untuk mendapatkan bolu kemojo ini tidak sesulit dulu.

Kamu bisa membeli dan membawa pulang bolu ini diberbagai pusat oleh-oleh khas Pekanbaru. Untuk rasanya sendiri kamu bisa merasaknnya sendiri deh, katanya sih nagih, tapi entahlah saya juga belum pernah menyicipinya.

Oleh-oleh Khas Pekanbaru Asidah

asidah khas riau
sumber : http://arsfindo.blogspot.co.id/

Namanya memang agak asing di telinga, tapi untuk rasa jangan ditanya deh, kue asidah ini mempunyai tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Dibuat dari perpaduan rempah-rempah, seperti kayu manis, daun pandan, dan cengkeh.

Bentuknya sendiri bisa dibuat dan menyesuaikan keinginan, alias bisa dibentuk apa saja sesuai yang kamu mau, untuk dapat menikmati kue ini kamu bisa mencampurnya dengan bawang goreng

Kue ini namanya Asidah, teksturnya lembut dan rasanya manis perpaduan rempah seperti cengkeh, kayu manis dan daun pandan. yang anehnya kue ini dimakan pake bawang goreng. kue ini bisa dibentuk sesuka hati.

Kuliner Khas Pekanbaru Kue Bangkit

kue bangkit pekanbaru
sumber : https://wikimedia.org/

Pernah mencoba makanan khas Pekanbaru yang satu ini? Kalau belum saya akan jelasin apa itu kue bangkit. Kue bangkit adalah nama salah satu kue yang ada di Kepulauan Riau, dinamakan kue bangkit karena ukuran kue ini meningkat dua kali lipat ketika selesai di oven.

Itulah sebabnya dinamakan kue bangkit, untuk warnanya sendiri memiliki warna puting kekuningan, tidak jarang juga kue ini di hiasi mahkota berwarna merah yang di letakan diatas kue. Kue yang halus dan mudah remuk ini akan serasa lembut ketika sudah ada di dalam mulut.

Kue akan pecah dengan rasa renyah ketika digigit dan dikunyah, inilah yang menjadi tarikan bagi anak-anak. Bagaimana menurut mu tertarik untuk mencobanya? Kalau iya kamu bisa langsung aja datang ke Riau menuju tempat pusat oleh-oleh Riau.

Makanan Khas Pekanbaru Cencaluk

cencaluk khas riau
sumber : http://www.nurhayatimorshidi.com/

Cencaluk merupakan makanan yang biasa di hidangkan atau disajikan saat acara tertentu, cencaluk ini merupakan makanan tradisional melayu. Makanan yang terbuat dari udang yang sudah dihaluskan terkebih dahulu ini mempunyai protein yang tinggi dan bisa dijadikan sebagai laukan.

Kuliner Khas Pekanbaru Lempuk Durian

lempuk durian khas pekanbaru
sumber : https://upload.wikimedia.org/

Dari namanya saja sudah dipastikan bahwa lempuk durian adalah salah satu kuliner yang terbuat dari buah durian. Lepuk durian ini menjadi makanan favorit di Riau dan kalau kamu berkunjung ke Pekanbaru juga kamu dap[at menikmati dan menemukan makanan yang satu ini.

Bentuknya yang seperti dodol ini menjadi daya tarik tersendiri hingga kini penyebaran lempuk durian sudah bisa dinikmati di Sumatra. Asal usulnya sendiri berasal dari salah satu Kabupaten di Riau, yaitu Kabupaten Bengkalis.

Bengkalis sudah menjadi ikon kota dengan kue lempuk durian, kalau kamu mau mencari oleh-oleh khas Riau kamu langsung saja datang ke Kabupaten Bengkalis dan membeli lempuk durian. Lempuk durian yang mudah dibawa, tahan lama, dan murah cocok buat kamu yang tidak mau ribet untuk membawa oleh-oleh.

Minuman Khas Pekanbaru Es Laksamana Mengamuk

es laksamana mengamuk
sumber : http://www.tripriau.com/

Bukan hanya makanan saja yang terkenal dan menjadi ciri khas Pekanbaru, ada juga yang namanya es laksamana mengamuk yang merupakan minuman khas Pekanbaru. Es laksamana mengamuk ini dapat menyegarkan kamu ketika meminumnya di siang hari yang panas.

Isi pokok minuman ini adalah buah kuini yang memiliki rasa segar dan manis apalagi ketika dicampur dengan es. Konon katanya awal munculnya es laksamana mengamuk ini ketika ada seorang laksamana yang mengamuk di kebun kuini.

Setelah laksamana mengamuk buah kuini bertaburan dan berserakan dimana-mana, setelah laksama pulang para warga pun kebigungan, mau diapakan buah kuini ini. Tapi saat itu ada seorang wanita yang mempunyai ide cerdas.

Dari pada di buang, wanita ini mengolah buah kuini yang berjatuhan, mengumpulkannya dan mencampurnya dengan santan dan gula merah, nah jadilah es laksamana mengamuk. Gimana cukup masuk akan bukan?

Air Mata Pengantin Minuman Khas Pekanbaru

minuman khas pekanbaru
sumber : https://i.ytimg.com/https://i.ytimg.com/

Selain se laksamana mengamuk ada lagi namanya yang aneh untuk sebuah minuman di Pekanbaru, yaitu minuman es mata pengantin. Meskipun namanya aneh tapi rasanya tidak aneh loh, es air mata pengantin ini berisi dengan agar-agar yang berwarna warni.

Selain agar-agar es air mata pengantin juga berisi biji selasih, nata de coco, blewah, dan serutan es batu, pokoknya sangat cocok deh buat kamu yang lagi kepanasan di Kota Pekanbaru. Dengan berbagai macam isi nya, es ini juga bisa mengganjal perut kamu ketika sudah lapar dan waktu makan belum tiba.

Kuliner Khas Pekanbaru Mie Sagu

makanan khas pekanbaru mie sagu
sumber : https://tokopedia.net/

Membahas kuliner khas Pekanbaru belum lengkap rasanya jika belum membahas mie sagu, kamu pasti sudah tahu kan mie sagu itu apa? Nah kuliner yang satu ini bisa menjadi makana favorit dan populer di kalangas masyarakat Selatpanjang.

Masyarakat Selatpanjang, berada di Kabupaten Meranti, Provinsi Riau, tepatnya berada di sekitar Pulau Tebing Tinggi. Mie sagu sangat disukai oleh masyarakat Selatpanjang, kalau kamu berkunjung dan bermain ke Riau jangan lupa ya untuk mencicipi makanan khas Riau yang satu ini.

Makanan Khas Pekanbaru Ikan Salai

ikan sasai makanan khas pekanbaru
sumber : http://infokuliner.com/

Ikan selai adalah nama salah satu olahan makanan, untuk membuat ikan selai dibutuhkan ikan yang masih segar dan basa oleh air laut. Setelah sudah menemukan ikan yang masih sangat segar ini lalu di keringkan dengan cara di asap.

Kabupaten yang suka sekali mengkonsumsi ini adalah kabupaten Pelalawan yang terletak di sepanjang sungai-sungai besar yang berada di Provinsi Riau. Kalau kamu berkunjung ketempat ini jangan lupa untuk mencicipi ikan selai.

Bukan hanya karena dibuat dengan ikan yang segar, cara penyajian yang unik dan rasa yang pastinya kan membuat kamu nambah porsi nasi. Tertarik untuk bermain ke Riau dan mencoba segala makanan khas Pekanbaru nya? kalau kamu berkunjung ke Blitar jangan lupa juga, mencicipi makanan khas Blitar ya teman.

4 thoughts on “Penasaran Dengan Makanan Khas Pekanbaru? Ini Dia Jawabanya!

  1. Kue Bangkit, di Banten juga ada lho mbak. Enaaakk ya 🙂
    Terus itu roti canai sama roti jalanya menggungah selera banget. Saya belum pernah coba. huhu

Leave a Comment