daging kodong atau sering di sebut juga swikr menjadai makanan khas purwodadi

Makanan Khas Purwodadi Grobongan Jawa Tengah

Makanan Khas Purwodadi – Purwodadi adalah nama kabupaten kota yang ada di Jawa Tengah, Kabupaten Purwodadi juga berbatasan dengan Kota Lainnya, seperti Kudus, Blora, Seragen dan Demak. Nama Kabupaten Purwodadi sebenarnya adalah Grobongan.

Tidak hanya tempat wisata yang ada di Kabupaten Purwodadi tapi juga terdapat banyak makanan khas Purwodadi. Salah satu makanan yang terkenal di Purwodadi adalah swike, makanan khas Purwodadi ini sangat popular baik itu di Purwodadi sendiri maupun di luar kota Purwodadi.

Tapi tidak hanya itu, ada juga makanan khas Purwodadi lainnya yang tidak kalah populer, berikut adalah daftar menu makanan khas Purwodadi.

Makanan Khas Purwodadi Swike

daging kodong atau sering di sebut juga swikr menjadai makanan khas purwodadi
Sumber : https://www.qraved.co/

Swike adalah makanan khas purwodadi yang menjadi ikon Kabupaten Grobong, makanan ini dapat kamu temui hampir di setiap warung, mulai dari warung yang berada di pinggir jalan hingga restoran dengan pelayanan dan tempat yang bergengsi dan nyaman.

Bahan utama pembuatan makanan swike adalah katak atau kodok, ya kodok adalah hewan yang aneh untuk di santap dan dijadikan sebagai makanan, tapi bagi sebagian orang sangat menyukai dan menikmati daging dari fauna yang bisa hidup di dua alam itu.

Nasi Pecel

nasi pecel purwodadi
Sumber : https://kecapius.files.wordpress.com/

Nasi pecel memang banyak di jumpai dan menjadi makanan khas di berbagai daerah, salah satu daerah yang menjadikan nasi pecel sebagai makanan khasnya Magetan yang terletak di Jawa Timur berbatasan dengan Kota Madiun.

Nasi pecel adalah nasi yang di atasnya di taburi bumbu-bumbu pecel, bumbu pecel berisikan kangkung, bayam, kacang panjang, kecambah dan sambal kacang. Untuk menikmati nasi pecel akan lebih enak jika lengkapi dengan kerupuk dan bawang goreng.

Makanan Khas Purwodadi Sayur Becek

sayur becek purwodadi
Sumber : http://3.bp.blogspot.com/

Sayur becek, kamu pasti sudah tahu makanan yang satu ini, makanan khas Purwodadi yang satu ini memang menjadi menu andalan di beberapa restoran dan warung kopi. Pada sayur becek terdapat tulang iga sapi di mana pada tulang sapi tersebut masih menempel daging sapi.

Harga yang ter jangkau dan mudah di temukan menjadikan sayur becek sebagai lauk di siang hari, untuk memenuhi isi perut dan mengisi tenaga untuk melanjutkan aktivitas kembali. Sayur becek mempunyai rasa pedas asam, tidak hanya itu pada sayur becek juga terdapat bumbu rempah-rempah lain seperti daun kedongdong dan lain-lain.

 Nasi Jagung dan Sambel Gereh

nasi jagung purwodadi sangat enak disantap di paggi dan siang hari.
Sumber : http://1.bp.blogspot.com/

Nasi jagung dan sambel gereh menjadi makanan yang satu paket, jika kamu kaman nasi jagung saja tampa di barengi dengan makanan sambel gereh, rasa yang akan kamu dapatkan akan terasa kurang dan hambar.

Penasaran dengan  Permainan Jaman Dulu Indonesia yang Dimainkan Anak 90 an

Nasi jagung sendiri adalah nasi yang bahan utamanya adalah jagung, jagung yang digunakan untuk dibuat nasi adalah jagung yang sudah tua yang biasa dikenal juga dengan istilah jagung pipil. Makan nasi jagung beserta sambel gereh cocok di santap di sore hari sambil menikmati pemandangan kabupaten yang sedang berkembang menjadi kota.

Makanan Khas Purwodadi Selai Pisang

Makanan dan jajanan khas purwodadi
Sumber : http://resepdanmasakan.com/

Tidak hanya makanan yang mengeyangkan perut, di Purwodadi juga terdapat jajanan yang enak dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh jika kamu pulang. Selai pisang adalah makanan khas purwodadi yang berbahan utama pisang yang di potong tipis secara horizontal.

Selai pisang enak dimakan di pagi hari atau pun malam hari, ditemani dengan kopi atau teh hangat akan menambah kenikmatan jajanan khas purwodadi yang satu ini. Harga yang ter jangkau menjadikan jajanan ini laris dipasaran, bahkan pembelinya pun bisa memesan banyak untuk dijual kembali di tempat tinggalnya.

Jajanan Onde-Onde Original Purwodadi

Onde-onde ori mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan onde-onde kebanyakan.
Sumber : https://2.bp.blogspot.com/

Kenapa onde-onde ori? Karena bahan utama untuk membuat onde-onde ori ini harus berkualitas tinggi dan mempunyai rasa atau ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan onde-onde lainnya. Jajanan ini juga termasuk kedalam makanan khas Purwodadi karena keberadaannya yang sudah lama.

Onde-onde ori juga menjadi jajanan yang popular untuk mengisi perut, untuk menikmati jajanan ini biasanya dibarengi dengan menonton film atau sebuah pertunjukan. Makanan khas Purwodadi yang satu ini memiliki harga yang murah. klik makanan khas Majalengka untuk mengetahui makanan khasnya.

Gimana sudah tahu tentang makanan khas Purwodadi belum? Apa masih ada yang kurang? Kamu boleh menambahkan yang kurang di kolom komentar, jangan lumpa kalau kamu anak Purwodadi untuk membagikan artiken ini agar orang yang belum tahu makanan khas Purwodadi jadi tahu dan buktikan bahwa kamu bangga menjadi orang yang terlahir di Kabupaten Purwodadi.

Leave a Comment