Advertisements

Makanan Khas Subang, Jawa Barat Nu Alus (Enak)

Makanan Khas Subang  – Subang adalah salash satu Kabupaten/Kota yang berada di Jawa Barat, di Subang terdapat sejarah yang panjang dari berbagai sisi, mulai dari penyebran Hindu dan Buda, Islam, masa saat di jajah Jepan dan masa kemerdekaan bangsa Indonesia.

Selain mempuyai catatan sejarah yang panjang dan lengkap Subang juga menjadi salah satu Kota pilihan masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya untuk megisi waktu liburan. Karena di Subang terdapay banyak sekali obyek wisata alam, maupun yang modern.

Rata-rata tempat wisata yang ditawarkanpun kebanyakan adalah wisata air, mulai dari Curug, pemandian air hangat, dan tempat wisata air lainnya. Tidak hanya tempat wisata alamnya saja, Subang juga mempunyai makanan tradisionalnya yang tidak kalah menarik untuk kamu cicipi.

terdapat kurang lebih 19 makanan khas Subang yang sampai saat ini bisa kamu nikmati dan rasakan ketika kamu berkunjung ke Kota Subang ini. nah, buat kamu yang penasaran apa saja sih, makanan khas Subang yang menjadi favorit para wisatawan dari luar kota untuk menikmatinya.

Berikut adalah 19 daftar makanan khas Subang :

  1. Peuyeum Ketan
  2. Dodol Nanas
  3. Keripik Nanas
  4. Nanas Madu
  5. Coklas Nanas
  6. Delipel (Kinanti Bakery)
  7. D’bubuy Ma’atik
  8. Abon Jantung Pisang
  9. Gepuk
  10. Gitrek
  11. Oncom Dawuan
  12. Lapan Crispy
  13. Kerupuk Miskin
  14. Nasi Liwet
  15. Rambutan Kalijati
  16. Tutut Soding
  17. Tape Ketan
  18. Dodol Nanas
  19. Cokelat Nanas

Nah dari 19 daftar makanan Khas Subang diatas, saya hanya akan menjelaskan beberapa makanan saja, karena jika saya menjelaskan 19 makanan tersebut sudah dipastikan akan sangat panjang. Buat kamu nih yang ingin lebih jauh mengenal ke 19 makanan di atas satu- persatu kamu bisa cari google untuk penjelasannya.

Penasaran dengan  7 Kumpulan Video Paling Sedih (Perjuangan dan Kasih Sayang Seorang Ayah) Hebat Kalau Engga Nangis

Oleh-oleh Khas Subang, Dodol nanas

jajanan khas subang dodol nanas

Sumber : http://www.resepkuerenyah.com/

Dodol adalah makanan khas sunda yang sangat terkenal sampai ke seluruh Indonesia. Tetapi dodol yang satu ini sangat terkenal sebagai makanan khas subang, yaitu dodol nanas. Dodol nanas dibuat dari buah nanas yang diparut dan dicampurkan dengan tepung ketan dan juga gula.

Semua bahan tersebut akan diolah di dalam ketel besar dan pengolahan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dodol nanas ini bisa kamu termukan di daerah Subang tepatnya di jalan cagak dan juga jalan raya Dawuan.

Oleh-oleh Khas Subang, Keripik Nanas

kripik nanas khas subang jawa barat

Sumber : https://fruitdearane.files.wordpress.com/

Masih makanan khas subang yang memiliki bahan dasar nanas. Kali ini adalah keripik nanas, keripik nanas ini dibuat menggunakan nanas simadu. Walaupun biasanya anans dibuat menjadi selai ataupun jus, tetapi keripik nanas tidak kalah enak dan juga gurih.

Tape Ketan, Jajanan Khas Subang

tape ketan khas subang

Sumber : http://www.tokomesin.com/

Tape ketan adalah makakan yang mempunyai bahan utama singkong. Singkong tersebut kemudian dicampurkan dengan ketan dan dibungkung menggunakan daun. Tape ketan ini biasa digunakan untuk bahan pelengkap es campur dan juga minuman-minuman lainnya.

Buah Nanas Simadu Khas Subang

buah nanas simadu khas subang

Sumber : http://nanasmadubelikpemalang.blogspot.co.id/

Subang sangat terkenal dengan kota penghasil buah nanas terbaik se-Indonesia. Maka sudah tak heran lagi kalau kota ini memiliki banyak makanan khas yang terbuat dari buah nanas. Dan salah satu buah nanas unggulan milik kota subang adalah buah nanas simadu.

Nanas simadu bahkan menjadi ikon kota subang. Hal ini dibuktikan dengan adanya tugu nanas simadu yang ada di pertigaan jalan Cagak. Subang. Jika kamu mau membeli nanas yang mempunyai rasa legit ini, kamu bisa membelinya di jalan Cagak, Subang.

Penasaran dengan  Kamu Harus Tahu, Makanan dan Minuman Khas Batam Ini!

Coklat Nanas Khas Subang

oleh-oleh khas subang cokelat nanas

Sumber : https://tokopedia.net/

Masih produk yang berbahan nanas, tetapi nanas ini berbeda dengan dodol nanas dan juga kripik nanas. Coklat nanas adalah makanan khas yang paling banyak dicari oleh wisatawan karena rasanya yang unik. Coklat nanas memiliki perpaduan rasa antara manisnya coklat dan juga nanas.

Makanan Khas Subang, Delipel

kuliner khas subang delipe

Sumber : delipel.com

Yang satu ini adalah sebuah usaha rumahan yang memproduksi makanan kuliner khas subang bernama Delipel. Delipel sendiri merupakan kependekan dari “DELIcious PinappleL”. Lokasi Toko ini ada di dekat pusat kota Subang (Wisma Karya).

Ditempat ini mereka menjual berbagai produk yang memiliki bahan dasar dari nanas. Apabila kamu ingin membeli makanan delipel ini, sangat disarankan untuk memesannya sebelum hari pengambilan. Karena usaha rumahan ini sangat laris sehingga bisa kehabisan stok. Produk Delipel paling laris adalah Delipel Pie.

Makanan D’Bubuy Ma’Atik

makanan khas subang d'bubuy ma'atik

Sumber : https://japanesian.id/

Makanan khas kota subang selanjutnya adalah rumah makan D’Bubuy Ma’Atik yang ketenarannya sudah sangat terkenal dikota subang karena rasanya yang sangat nikmat. Menu andalan rumah makan ini adalah bubuy ayam yang merupakan makanan bersejaran warisan zaman dulu.

Bentuknya sama seperti pepes, tetapi memiliki pengolahan yang berbeda. Pengolahannya dengan cara direndam dakam bara abu yang panas dalam waktu 5 sampai 10 jam. Apabila kamu ingin membeli bubuy ayam ini, kamu harus memesan 1 hari sebelumnya. Karena pengolahannya sangat lama dan juga peminatnya yang banyak.

Penasaran dengan  Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur

Kuliner Khas Subang, Ikan Lapan Crispy

oleh-oleh khas subang lapan crispy

Sumber : annisanuraulia7.blogspot.com

Di daerah Pantura Subang ada makanan khas yang bisa dibeli oleh para wisatawan yang datang ke subang khususnya ke daerah Pantura, Yaitu ikan lapan crispy. Ikan lapan crispy ini dibuat oleh Tuti Mahtamroh dan kelompok Mina Jaya dan usaha ini telah berdiri sejak 2012. Ikan laut yang biasanya ditemukan dipinggir laut dijadikan olahan kuliner dengan 4 variasi rasa, yaitu original, barbeque, keju, dan balado.

Gimana? dari delapan makanan khas Subang yang saya jelaskan dan paparkan diatas, enak-enak bukan? jangan takut akan harganya yang murah, karena wisata kuliner di Subang ini untuk harga sangat bersahabat, jadi enggak perlu khawatir akan budget yang minim ya. kamu juga bisa baca makanan khas Bengkulu

Advertisements
  • Add Your Comment