makanan khas sulawesi barat

Makanan Tradisional Khas Sulawesi Barat, Muantappp!!!

Makanan Khas Sulawesi Barat – Sulawesi Barat merupakan nama sebuah Provinsi yang berada di Sulawesi bagian barat ( semua juga tahu kali -_- ) . Kamu tahu engga? Berdasarkan UU No.26 Tahun 2004, Provinsi ini bari dibentuk pada tangga 5 Oktober 2015.

Provinsi Sulawesi Barat termasuk ke dalam Provinsi yang mempunyai catatan sejarah yang panjang loh. Meski begitu saat ini Sulawesi Barat terus mengalai perubahan kemajuan yang segnifikan baik dari pemerintahannya maupun masyarakatnya sendiri.

Nah, cukup membahas Sulawesi Barat sekarang, kita beralih ke wisata kuliner atau lebih tepatnya makanan khas Sulawesi Barat yang bisa kamu jadikan referensi saat berkunjung ke Sulawesi Barat ini. Berikut adalah penjelasan mengenai makanan tradisional Sulawesi Barat.

Gula merah atau disebut juga gula aren begitu dekat dan lekat di lidah masyarakat Sulawesi Barat. Sebagian besar pemanis yang terbuat dari pohon nira tersebut dijadikan sebagai bahan dasar kue khas di wilayah suku Mandar tersebut.

Pembuatan kuenya pun cukup sederhana, namun hasilnya sangat memanjakan lidah. Ingin tahu lebih dalam? Berikut ulasannya:

Makanan Khas Sulawesi Barat, Apang

makanan tradisional khas sulawesi barat
Sumber : http://reginapriscilla.blogspot.co.id/

Kue ini khas dari Mandar, Sulawasi Barat dengan bentuknya yang persegi tiga. Warnanya coklat dengan bahan dasar gula aren.

Apang dibuat dari tepung beras yang sebelumnya dikukus dalam cetakan. Dahulu kala, kue ini dicampur dengan tuak manis agar adonannya mengembang lebih sempurna. Namun sekarang, kebanyakan adonannya sudah dibuat dengan menggunakan baking powder saja.

Penasaran dengan  Minuman dan Makanan Khas Trenggalek, Pasti Buat Kamu Ketagihan!

Akan empuk dan enak jika apang disajikan dengan taburan kelapa muda. Sangat cocok disantap di pagi hari bersama secangkir kopi. Untuk mendapatkan cukup mudah, bisa ditemukan di pasar tradisional di daerah SulBar.

Jajanan Roti Pawa Khas Sulawesi Barat

makanan tradisional khas sulawesi barat
Sumber : https://ellisorif.files.wordpress.com/

Kue ini berbentuk bulat pipih dengan warna kuning gading. Terbuat dari olahan terigu dan tepung beras. Uniknya, kamu akan dikejutkan dengan kehadiran kacang halus bercampur gula merah dan gula pasir di balik daging rotinya.

Roti pawa dibuat dengan cara dikukus kemudian ditiriskan di atas daun pisang yang bentuknya mengikuti bentuk roti.

Makanan Tradisonal Sulawesi Barat, Paso

Di Mandar ada kue khas yang bernama Paso yang berarti paku. Dinamakan seperti itu karena ujungnya yang sama-sama lancip. Kue ini menjadi favorit sebab rasanya yang enak luar biasa.

Paso terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula aren cair dan juga santan. Adonan lalu dimasukkan ke dalam cetakan dari daun pisang yang berbentuk seperti topi ulang tahun kerucut.

Adonan kemudian dikukus dalam panci dan kemudian dipasangi penyangga yang umumnya dibuat dari batang pisang. Baca juga makanan Khas Sulawesi Utara.

Jangan sampai adonan terlalu penuh dalam cetakan. Sebab jika sudah matang, santan kental akan dituang di atasnya. Tambahkan sedikit garam ke dalam santan untuk membuatnya lebih mantap. Sayangnya, sudah mulai jarang penjaja yang menjual santapan ini di Sulbar.

Kue Bolu Paranggi Khas Sulawesi Barat

makanan sulawesi barat
Sumber : http://hesti-myworkofart.blogspot.co.id/

Kue ini serupa mangkok kecil mungil seukuran kepalan tangan balita. Kulit kue bolu paranggi ini merekah yang menandakan bahwa kue ini terbuat dari terigu empuk dan lembut di mulut.

Belum lagi adanya sensai legit di lidah yang berasal dari gula aren, yang menjadi salah satu bahan pembuatan adonan.

Penasaran dengan  Tentang Penulis

Kue ini dibuat di atas cetakan yang dipanaskan dengan menggunakan bara. Biasanya, kue khas ini banyak ditemukan di pasar tradisional Mandar dan warung yang berjejer di sepanjang tepi jalan Sulbar. Bolu paranggi sangat pas menjadi kudapan di sore hari plus ditemani secangkir kopi tubruk panas.

Kue Kui-Kui yang Populer di Sulawesi Barat

makanan khas sulawesi barat
Sumber : :http://reseponline.info/

Kue ini sangat terkenal. Sekilas tampak mirip pukis namun dengan bentuk yang lebih panjang. Buroncong sangat mudah didapatkan di seluruh wilayah Sulawesi. Di Mandar sendiri, kue mirip buroncong disebut dengan kui-kui.

Kui-kui dibuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan gula merah beserta parutan kelapa muda. Layaknya buroncong, kue lezat ini pun juga dituang dalam cetakan yang sebelumnya dipanaskan dengan menggunakan bara.

Penasaran dengan cita rasanya? Langsung saja jelajahi pasar-pasar tradisional Sulbar, dan kamu pasti akan menemukan kui-kui di sana. Kamu juga bisa baca makanan Khas Sulawesi Selatan.

Kue Cucur Khas Sulawesi Barat

makanan khas sulawesi barat
Sumber : http://resepcaramasak.info/

Jika berkunjung ke pernikahan atau khitanan di Sulbar, kamu pasti akan menemukan kue bulat pipih berwarna coklat ini.

Hal itu karena kue ini merupakan menu wajib di antara panganan yang umum disajikan masyarakat Sulbar dalam acara tersebut.

Kue ini bernama cucur, terbuat dari tepung beras dan gula merah yang terlebih dahulu digoreng menggunakan minyak kelapa khas Mandar. Tepung dalam kue ini biasanya dicampur dengan gula aren yang dihaluskan, lalu kemudian diaduk rata.

Adonan kue lalu dimasukkan ke dalam wajan dengan sendok sayur agar menghasilkan bentuk yang bulat.

Tetu, Menjadi Hidangan Buka Puasa yang Populer

makanan tradisional sulawesi barat
Sumber : http://andaningrum.blogspot.co.id/

Biasanya kue ini menjadi menu saat berbuka puasa dan disajikan beralas daun pandan persegi panjang. Berbahan utama terigu yang dicampur dengan gula aren dan gula pasir secukupnya.

Penasaran dengan  7 Makanan Khas Ciamis Ini Membuat Kamu Ingin Berkunjung Ke Ciamis

Adonan kue lalu diaduk bersama santan encer untuk menambah kegurihan. Selanjutnya, adonan tetu dikukus dalam panci sampai matang. Jangan lupa, adonan jangan dibuat sampai memenuhi cetakan daun pandannya. Sebab di atasnya akan dituangkan santan kental yang dicampur garam.

Bikang, Makanan Khas Sulawesi Barat

makanan tradisional khas sulawesi barat
Sumber : http://reseponline.info/

Bisa dikatakan juga, serabi merupakan kue favorit warga Indonesia. Serabi dapat ditemukan di seluruh pelosok tanah air, termasuk di Sulbar. Tapi kalau di Sulbar, serabi disebut dengan bikang.

Kue bikang dapat kita temui di pasar-pasar tradisional Sulbar. Bikang terbuat dari tepung beras yang lalu dituang ke cetakan tanah liat berbentuk bulat layaknya pizza. Jika sudah matang, kue dibentuk menjadi segitiga lalu dituangi atasnya dengan lelehan gula aren.

Gimana-gimana? Penasarankan untuk nyobai dan nyicipi makanan khas Sulawesi Barat di atas? Menurut kamu yang paling enak yang mana? ini bisa menjadi tujukan buat kamu yang sedang berada di Sulawesi Barat jika pusing memilih makanan, teimka kasih 🙂

Leave a Comment