makanan khas timika papedan

Makanan Khas Timika Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Makanan Khas Timika – Timika merupakan Kabupaten yang terletak di Provinsi Papua, teptnya di bagian Timur Indonesia, sudah dibanyak yang tahu di Papua terdapat perusahaan tambang emas terbesar di Dunia, yaitu PT. Freeport Indonesia.

Sedikit info nih guys, buat kamu yang mau beli topi dengan tulisan, gambar ataupun apapun yang kamu kamu tempel di topi itu bisa loh, kamu dinggal klik aja Jual Topi, di sini banyak varian topi dan yang paling penting kamu bisa mendesain sesuai keinginan kamu.

Kabupaten Timika mempunyai sebutan lain atau lebih dikenal dengan Kabupaten Mimika. Selain pertambangan emas di Kabupaten Mimika juga terdapat Bandara Internasionall Mozes Kilangin.

Ada berbagai macam suku yang tinggal di Kabupaten Timika, tapi hanya ada dua suku asli Timika yang sampai saat ini masih dapat di temui, yaitu suku Kamoro dan Amungme. Suku Kamoro adalah suku yang tinggal di tepi pantai sedangkan suku Amungme tinggal di dataran tinggi (pegunungan).

Tahukah kamu tentang budaya, ciri khas, dan makanan khas Timika? Kalau belum tahu mari kita simak dab baca bersama tentang Kabupaten Timika yang pastinya akan menambah pengetahuan dan wawasan kamu.

Daftar Isi

Penasaran dengan  Permainan Tradisional Bali Beserta Gambarnya

Makanan Khas Timika Papeda

makanan khas timika papedan
sumber : https://wikimedia.org/

Papeda merupakan makanan khas Timika yang kepopularannya sudah tidak diragukan lagi, di Timika makanan ini sudah ada sejak lama dan sudah menjadi makanan yang wajib ketika mengadakan pesta.

Tapi sekarang sudah tidak mudah menemukan pepedan makanan khas Timika ini, hanya ada beberapa warung saja di Timika yang masih menjual dan menyajikan makanan ini. Tapi jika kamu ingin merasakannya kamu bisa mendapatkannya.

Makanan khas Timika yang satu ini dapat kamu temui dan santap di hotel yang berada di Timika. Papedan adalah makanan yang berbahan dasar tepung sagu Bentuknya seperti lem kanji yang lengket dan bening.

Rasanya hambar karena tidak ada penyedap rasa, tapi jika di hidangkann pepeda menggunakan sup ikan asam pedas dan tumis kangkung. Disinihlah letak kenikmatannya dan tiadak tanding deh, apalagi dengan makanan yang baru-baru ini muncul.

Makanan Khas Timika Ulat Sagu

makanan khas timika ulat sagu
sumber : https://infosedap.blogspot.co.id/

Ulat adalah hewan yang tidak lazim makan apa lagi dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari, berbeda dengan makanan lainnya yang haru di olah terlebih dahulu, masyarakat Timika biasa mengkosumni ulat sagu langsung di makan.

Entah apa rasanya, tapi menurut mereka ulat sagu sangat enak, ulat sagu adalah ulat yang hidup pada batang pohon sagu yang sudah tua. Tapi makanan ulat sagu ini juga bisa di olah jika kamu berlum terbiasa makan mentah. Makanan khas Timika ini bisa terbilang aneh dan unik.

Penasaran dengan  Makanan Khas Magetan Jawa Timur

Makanan Khas Timika Ikan Bakar Colo

ikan bakar colo khas timika
sumber : https://inisayadanhidupsaya.wordpress.com/

Suku Kamoro adalah masyarakat Timika yang tinggal di daerah pesisir pantai, keadaan ini menjadikan laut sebagai sumber kehidupan. Salah satu makanan khas Timika yang menjadi makanan favorit suku Kamoro adalah ikan bakar colo.

Kalau kamu berkunjung ke Papua pasti kamu dapat menemukan banyak warung yang menjual ikan bakar colo ini. Ikan bakar colo biasanya menggunakan ikan dabu-dabu, dimana di dalam ikan dbu-dabu terdapat gizi dan protein yang banyak.

Budaya Khas Timika

tari mambri khas timika papua
sumber : http://www.wacana.co/

Masyarakat Kabupaten Timika Khususnya Suku Kamoro memilikii tradisi yang turun temurun dari nenek moyang. Budanya yaitu pembuatan patung yang dilakukan secara kerja sama dan banyak orang.

Pemahatan patung ini menjadikan rekor muri di Indonesia sebagai pemahat terbanyak. Kemahiran dan keahlian dalam memahan sudah di ajarakan kepada anak-anak, jadi setelah dewasa mereka mempunyai kemampuan memahat.

Biasanya hal ini dillakukan dalam menyabut suatu acara, jika pemahat ini terjadi saat menggelar dan untuk meriahkan HUT Kabupaten Tamika atau Mimika yang ke-10 tahu.

Karya Seni dan Ciri khas Timika

budaya khas timika papua
sumber : http://ulinulin.com/

Tari mambri Papua menjadi tari yang khas Timika, tari mambri ini sangat mudah di jumpai karena disetiap acara harus ada tari mambri ini. Karya seni lain selain tarian daerah (tari mambri) ada juga berbagai jenis turnamen atau ukiran patung.

Penasaran dengan  9 Minuman dan Makanan Kota Proklamator!

Jenis senjata perang tradisional yang tentunya pembuatannya juga masih sangat tradisional, selain itu mayoritas dan kebanyakan masyarakat Timika masih menggunakan pakaian tradisional atau pakaian adat yang sudah ada dari dulu.

Itulah beberapa makanan khas Timika Papua, tertarik untuk mencobanya? kamu juga bisa menambah pengetahuan kamu dengan membaca makanan khas Ciamis Jawa Barat. Jangan lupa untuk meng share artikel ini, untuk berbagi ilmu pengetahuan di bidang makanan khas.

Leave a Comment