makanan khas tuban rajungan

TERBUKTI!!! Makanan Khas Tuban ini Dapat Membuat Kamu Kenyang

Makanan Khas Tuban – Tuban merupakan salah satu nama Kota atau Kabpaten yang berada di pesisir Jawa Timur yang di mana kebanyakan tempat wisata nya adalah pantai. Nah sudah kebanyangkan, pasti makanan yang menjadi ciri khas tuban makanan laut.

Eits, jangan salah, ternyata bukan hanya makanan laut saja yang menjadi makanan khas Tuban, penasaran? Kalau penasaran mari kita simak bersama apa saja sih yang menjadi makanan khas Tuban yang mungkin akan menjadi informasi buat kamu yang sedang atau mau berkunjung ke Tuban.

Makanan Khas Tuban Garang Asem

Makanan Khas Tuban Garang Asem
sumber : http://infokuliner.com/

Garang asem memang menjadi makanan khas Jawa Tengah, tapi enggak salah dong kalau Kabupaten di pesisir Jawa Timur ini menjadikan garang asem sebagai makanan khasnya. Garang asem sendiri adalah masakan olahan ayam yang berkuah santan.

Garang asem diselimuti daun pisang saat pemasakan, selain itu garang asem juga mempunyai rasa asam dan pedas yang menyatu. Garam asem pada Tuban memiliki ciri khas sendiri di bandingkan garang asem yang ada di Jawa Tengah, yaitu kuah yang bening, banyak dan segar.

Salah satu cirinya lagi adalah daging ayam yang diambil dari ayam kampung yang diolah dan menjadi sangat empuk. Harganya juga masih sangat terjangkau, untuk menikmati rasa pedas dan asem pada ayam kampung kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 10.000 rupiah saja.

Makanan Khas Tuban Rajungan

makanan khas tuban rajungan
sumber : https://dentistvschef.files.wordpress.com/

Laut memang mempunyai banyak sekali kekayaan alam, salah satu kekayaan alam di laut adalah hewan yang bergizi dan enak. Tuban memanfaakan kondisi di pinggir laut dengan cara mengambil hewan yang memang sedang populer saat ini di Indonesia yaitu, Rajungan.

Rajungan adalah hewan laut yang mirip dengan kepiting, di Tuban rajungan dijadikan makanan khas dan diolah menjadi rajungan kari manunggal. Karena rasa dan kepopulerannya rajungan sampai saat ini mudah di temukan, tapi jangan salah pilih warung nya karena harga yang ditawarkan berbeda-beda.

Opor Ayam Khas Tuban

opor ayam khas tuban
http://sajianistimewa.com/

Satu lagi makanan khas Tuban yang bukan berasal dari laut, yaitu opor ayam. Opor ayam identik dengan lebaran Iedul Fitri, tapi kamu tidak perlu menunggu satu tahun untuk bisa menikmati lembutnya daging dan gurih nya daging ayam yang ada pada opor.

Di pinggir pantai banyak juga warung yang menyediakan opor ayam, ayam yang digunakan dalam masakan opor ayam adalah ayam kampung, bedanya opor ayam yang ada di Tuban adalah ayam yang dibakar terlebih dahulu sebelum dijadikan opor, pasti aroma nya sangat menggoda. Tertarik mencobanya?

Makanan Khas Tuban Belut Goreng

jajanan khas tuban belut goreng
sumber : http://resepmakansedap.com/

Belum pernah makan belut? Nah di sini lah tempatnya, belut yang disediakan sudah melalui seleksi dijamin bersih, belut dijadikan sebagai salah satu makanan khas Tuban. Jika kamu pusing memilih warung belut yang enak dan gurih kamu bisa datang ke warung bagong yang terdapat di desa Pruggahan Tuban.

Penasaran dengan  7 Oleh-oleh, Minuman dan Makanan Khas Bojonegoro, Kamu Perlu Tahu!!!

Belut di warung begong sudah terjamin kualitasnya yang gurih karena warung begong ini memiliki bumbu rahasia yang pastinya tidak ada di warung lain. Biasanya untuk menikmati satu porsi belut goreng dilengkapi dengan nasi jagung.

Cumi-cumi Hitam khas Tuban

cumi hitam asli laut tuban jawa timur
sumber : http://1001resepmasakan.com/

Makanan khas Tuban yang berasal dari laut lainnya adalah cumi-cumi hitam, cumi-cumi hitam adalah makanan yang banyak dicari dan menjadi makanan favorit wisatawan yang berkunjung ke Tuban, baik itu wisatawan lokal maupun asing.

Penyajian cumi-cumi hitam ini disajikan di atas daun jati dan campur nasi putih yang hangat dan pulen, selain itu ada juga sayur cumi yang pastinya menambah nafsu makan dan perut lebih kenyang. Untuk menikmati cumi ini disarankan datang ke jl. Ahmad dahlan, kabupaten tuban.

Minumas Es Bubur Sum-sum

minumam khas tuban es bubur sumsum
sumber : http://ceritaxu.blogspot.co.id/

Bukan hanya makanan saja yang bisa di jadikan referensi wisata kuliner ketika ada di tuban, Minuman es bubur sum-sum juga bisa di jadikan menu pelengkap setelah memakan makanan laut maupun darat. Es bubur sum-sum ini mempunyai rasa yang manis.

Bubur sum sum yang di gunakan pun sangat lembut sehingga mudah ditelan dan juga sangat menyegarkan. Minuman ini cocok buat kamu yang sedang berkunjung ketika siang hari dan cuaca sangat panas. Lokasi yang bisa kamu kunjungi untuk minuman ini adalah yang ada di jl. pemuda, tuban.

Makanan Khas Serabeh Selong

maknan khas tuban serabeh selong
sumber : http://assets.bmdstatic.com/

Serabeh selong adalah salah satu makanan khas Tuban serabeh yang hanya di jual di pagi hari saja, serabeh selong ini sagat berbeda dengan serabeh selong yang ada di Bandung. Perbedaan nya terdapat pada bumbu yang digunakan dan cara penyajiannya.

Serabeh selong ini di hidangkan dengan menggunakan santan yang kental dan rasanya yang gurih, kalau kamu penasaran tentang makanan serabeh selong ini kamu dapat menggunjungi, lokasi yang berada di Jl. lukman hakim, Gg ikhlas, Tuban, Jawa Timur.

Sate Bebek Khas Tuban

sate bebek khas tuban
sumber : http://ensiklopediaindonesia.com/

Selain makanan yang terbuat dari lautan karena, Tuban berada di pesisir laut, makanan khas lainnya adalah sate. Sate yang digunakan berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging ayam, kambing, sapi atau kelinci.

Sate di Tuban menggunakan bebek sebagai bahan utamanya, sate bebek dengan tekstur lebih keras dari pada sate ayam. Sate bebek ini di olah menggunakan bumbu khas diantaranya, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, daun jeruk, cabai rawit hijau, dan air jeruk lemon.

Masakan Becek Menthok Khas Tuban

Masakan Becek Menthok Khas Tuban
sumber : http://static.wixstatic.com/

Makanan khas yang satu ini berupa kuah kental yang tampilannya mirip dengan kari, bencek mentok yang terbuat dari bahan utama jenis daging mentok yang di bumbui dengan bumbu khas sehingga menghasilkan cita rasa yang sempurna.

Bumbu rempah yang di gunakan untuk memasak becek methok adalah, merica, jintan, bawang merah, bawang putih, mesoyi , daun salam, daun jeruk purut, serai , tomat, santan, dan taburan rajangan daun bawang. Jajanan ini dapat kamu nikmati pada malam hari yang hangat.

Itulah beberapa makanan khas Tuban yang murah dan populer, kamu juga bisa membaca makanan khas kota Jawa Timur lainnya, seperti makanan khas Ngawi, makanan khas Nganjuk dan makanan khas lainnya di pada website ini. Jangan lupa share artikel ini ya kawan.

Leave a Comment