http://azzamaviero.com/wp-content/uploads/2017/06/manfaat-semangka-bagi-ibu-hamil.jpg

13 Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil dan Janin

Siapa yang tidak suka semangka? Hampir semua orang suka semangka. Buah ini memiliki keistimewaan berupa kesegaran dan rasa manis yang pas. Memakan buah semangka di tengah cuaca yang panas dan tenggorakan yang kering adalah kenikmatan tersendiri. Maka dari itu buah ini juga sering dijadikan hidangan buka puasa.

Selain itu, dengan kandungan air yang banyak menjadikan semangka cocok menjadi buah pencuci mulut. Itu juga yang menyebabkan mengapa kita sering menemukan semanga di acara ramah tamah seperti pernikahan, syukuran, dan lain-lain.

Tapi tahukah kamu bahwa semangka memiliki manfaat tersendiri bagi Ibu Hamil? Yap, semangka telah menjadi buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil. Memang apa saja manfaat semangka untuk ibu hamil?

Itulah yang akan kita bahas di artikel ini, berikut 13 manfaat semangka untuk ibu hamil, yang kami rangkum dari beberapa sumber:

Manfaat Semangka Bagi Ibu Hamil

manfaat buah semangka
Sumber : https://pixabay.com/

1. Mencegah Dehidrasi pada Tubuh

Kita mulai dari manfaat yang paling jelas dari buah semangka, yaitu mengatasi dan mencegah dehidrasi. Seperti yang kita tahu bahwa semangka merupakan buah yang paling banyak kandungan arinya, yaitu 90%.

Penasaran dengan  Mencoba Berwisata Kuliner Khas Cilacap, Jawa Tengah!

Kenapa ini penting buat ibu hamil?

Karena dehidrasi dapat menyebabkan terjadinya kontraksi prematur yang menyebabkan terjadinya kelahiran prematur. Oleh karena itu ibu hamil harus senantiasa dijaga dari dehidrasi, salah satunya dengan mengkonsumsi buah semangka.

2. Mencegah Pigmentasi pada Kulit

Salah satu dampak efek samping dari kehamilan adalah terjadinya pigmentasi pada kulit ibu hamil. Ini merupakan sesuatu yang alami dan sering terjadi. Namun dengan mengkonsumsi buah semangka kita dapat memperlancar pencernaan makanan dan memelihara gerakan usus halus. Hal inilah yang dapat mengurangi pigmentasi pada kulit.

3. Mencegah Mengalami Kram Otot

Ketika seorang ibu hamil maka akan terjadi beberapa perubahan dalam tubuhnya, terutama dalam berat badan dan hormonnya. Tentunya hal ini akan sangat mempengaruhi bagian tubuh lain seperti otot dan tulang. Salah satu yang sering muncul adalah kram otot.

Dengan memakan buah-buahan, termasuk semangka, maka akan mengurangi masalah ini.

4. Mencegah dan Menyembuhkan Morning Sickness

Salah satu masalah yang sering muncul pada ibu hamil adalah morning sickness, atau pusing dan mual di pagi hari. Mengkonsumsi buah semangka di pagi hari akan bisa mencegah morning sickness yang berlebihan.

5. Menyelesaikan Masalah Keluhan Pencernaan

Tidak jarang seorang ibu hamil mengalami masalah pencernaan. Masalah pencernaan yang sering muncul adalah mual dan asam lambung yang berlebih. Memakan buah semangka bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Buah semangka memiliki kandungan yang disebut zat likopen. Zat ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, baik jantung sang bunda maupun si janin. Oleh karena itu memakan semangka bisa memelihara kesehatan jantung.

7. Memelihara Sistem Imunitas

Buah semangka mengandung vitamin c. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin c mempunyai manfaat dalam menjaga imunitas tubuh. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan ibu hamil dan janin di cuaca yang ekstrem dan tidak menentu.

Penasaran dengan  Kumpulan Cerpen Islami yang Mengharukan, Hadiah terbaik

8. Mendukung Terbentuknya Tulang Janin

Buah semangka memiliki kandungan kalium. Dimana kalium berfungsi untuk menjaga kalsium di dalam tubuh. Tentu ini akan bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin dan menjaga kesehatan persendian sang ibu.

9. Mengandung Banyak Antioksidan dari Vitamin A

Buah semangka mengandung vitamin A yang berguna dalam memelihara kesehatan si janin. Selain itu, zat senyawa karotenoid dari vitamin A befungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Sehingga tubuh dapat menetralisir racun dan terlindung daripadanya.

10. Melancarkan Buang Air Kecil

Semangka memiliki kandungan air yang cukup dominan. Sehingga, ketika kita rutin memakannya, semangka bisa memperlancar pembuangan air kecil atau urine. Tentu hal ini merupakan salah satu cara untuk mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh.

11. Pembengkakan pada Ibu Hamil Terkurangi

Dalam masa kehamilan, tidak jarang Ibu hamil mengalami gangguan berupa pembengkakan pada tangan dan kaki. Kondisi gangguan tersebut disebut edema. Mengkonsumsi buah semangka bisa mengurangi edema tersebut karena ia dapat mengurangi penyumbatan dalam darah.

13. Membantu Mengurangi Resiko Terkena Preklampsia

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Gynecology and Obstetrics, mengkonsumsi likopen setidaknya 4 mg sehari, dapat mengurangi resiko terkena preklampsia. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin, resiko terkena preklampsia bisa ditekan hingga 50%.

Preklampsia sendiri merupakan gangguan kehamilan yang biasanya ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan kadar proten dalam urin. Jika kadar protein dalam urin meningkat, itu artinya terdapat kerusakan pada ginjal.

Dengan kandungan likopen yang terdapat pada buah semangka, gangguan preklampsia yang biasanya dialami ibu hamil bisa diminimalisir.

Efek Samping Buah Semangka untuk Ibu Hamil

https://i2.wp.com/azzamaviero.com/wp-content/uploads/2017/06/manfaat-semangka-bagi-ibu-hamil.jpg?resize=750%2C454
Sumber : https://pixabay.com/

Seperti semua makanan pada umumnya, meski banyak manfaatnya untuk kesehatan kalau dikonsumsi terlalu banyak dampaknya jadi kurang baik. Berikut kami rangkum 3 efek samping jika ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi buah semangka.

Penasaran dengan  Tentang Penulis

1. Menyebabkan Diabetes

Terlalu banyak mengkonsumsi semangka bisa memicu terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Jika kondisi ini berlanjut akan memicu terjadinya diabetes.

2. Detoksifikasi Berlebih

Seperti disebutkan di atas bahwa semangka dapat mencegah dehidrasi dan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak justru bisa mengikis nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

3. Menyebabkan Masalah Lambung

Mengkonsumsi semangka yang paling baik adalah sesaat setelah dikupas. Kalau sudah lama dikupas sebaiknya jangan dimakan, karena bisa menyebabkan mual, muntah dan gangguan lambung lainnya.

Demikian manfaat dan efek samping buah semangka untuk ibu hami. Untuk Anda yang saat ini mengalami masalah kehamilan silahkan dicoba mengkonsumsi madu penyubur kandungan. Semoga Anda yang mendamba momongan segara memperoleh momongan.

4 pemikiran pada “13 Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil dan Janin

  1. Selama hamil aku suka banget sama semangka. Tapi belakangan baru tau kalau semangka jaman sekarang tuh ga asli alias sudah di suntik segar biar tetap fresh terus karena ga laku terjual ckckkk

Tinggalkan komentar