manfaat berorganisasi sekolah

6 Manfaat Berorganisasi Sekolah Lengkap (OSIS)

Organisasi sekolah atau lebih dikenal dengan sebutan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)  diadakan ketika siswa sudah mencapai pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai dengan pendidikan Sekolah Manengah Atas (SMA).

OSIS beranggotakan seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada dan pegurus OSIS adalah mereka yang dipilih oleh seluruh anggota OSIS dalam kurun waktu 1 tahun kepengurusan. Pengurus OSIS teridri dari berbagai kelas yang biasanya diketuai oleh kelas 2 SMP/SMA.

Kali ini kita akan membahas manfaat berorganisasi sekolah yang mungkin masih banyak dari kalian yang ragu dan tidak peduli dengan manfaat yang berorganisasi ini, padahal berorganisasi sangat penting dan banyak manfaatnya. Lansung saja, Kita membahas apa saja manfaat berorganisasi disekolah.

1. Menambah Pengetahuan

manfaat berorganisasi sekolah
http://www.feedster.com/

Sudah jelas dan pasti kalo kita berorganisasi pasti akan menambah pengetahuan kita, pengetahuan ketika kita mengikut organisasi sekolah adalah pengetahuan yang nantinya akan kita praktekan ketika kita sudah keluar dari masa-masa SMP atau SMA.

Tentu saja kita bisa membedakan mana siswa yang dulunya ikut berorganisasi sekolah mana yang tidak, ilmu yang kita pelajari saat kita menjadi pengurus OSIS akan berlaku ketika kita sudah memasuki jenjang perkuliahan atau semacamnya.

OSIS bisa menjadikan kita orang yang berpengetahua luas, pasalnya ketika kita menjadi pengurus OSIS kita disana belajar pentinggnya tanggung jawab dan kerja sama. Pengetahuan dasar tentang organisasi harus kita miliki salah satunya dengan menjadi pengurus OSIS.

Banyak sekali ilmu yang bisa kita dapatkan jika kita menjadi pengurus OSIS. Beberapa hal yang akan kita dapati ketika bergabung menjadi pengurus OSIS, antara lain:

  1. Menambah pengetahuan tentang kemampuan Berorganisasi
  2. Melatih kemampuan berbicara dan berwawancara
  3. Pengetahuan tentang bekerja sama dan kepekaan sosial
  4. Memiliki kemampuan menejemen dan leadership
  5. Menambah ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan aktual

5 Pengetahuan yang diatas hanya sebagian saja dari menambah pengetahuan. Pengetahuan ini akan berlaku ketika kita sudah melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dimana pasti kita akan mengikuti yang namanya organisasi dan OSIS akan menjadi pengalaman dan pengetahuan dasar kita terntang organisasi itu sendiri.

Penasaran dengan  Harga Cuka Apel Tahesta

2. Membuat Rasa Tanggung Jawab

manfaat berotganisasi sekolah

Rasa tanggunng jawab harus dimiliki oleh setiap induvidu yang hidup, tapi terkadang rasa tanggung jawab yang kita miliki masih kurang oleh karena itu salah satu untung meningkatkan kualitas tanggung jawab kita, bukan hanya terhadap diri sendiri melainkan terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.

Manfaat berotganisasi sekolah adalah meningkatkan rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh para pengurus OSIS karena mereka adalah tangan kanan dari sekolah yang diberikan tanggung jawab atas berlangsungnya suatu kegiatan baik itu kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan diluar sekolah yang notabenya masih dalam ruang lingkup sekolah.

Bagi para siswa yang menjadi pengurus OSIS akan lebih memiliki rasa tanggug jawab dan sudah seharusnya seperti itu, karena pada saat kita menjadi pengurus kita mempunyai amanah dan tugas yang dipegang hanya oleh pengurus OSIS, misalkan bagaimana kebersihan sekolah terjaga atau bagaimana siswa saat di sekoalah mengikuti peraturan yang berlaku.

Rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh para pengurus OSIS bukan hanya bertanggunng jawab atas diri sendiri melainkan pertanggung jawaban atas kepengurusannya. Ini juga akan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari bahwa setiap induvidu memiliki tanggung jawab atas dirinya dan orang lain.

3. Manfaat Organisasi Sekolah Memiliki Jiwa Sosial

cara mudah berbicara didepan

Memiiliki jiwa sosial sudah seharusnya dimiliki oleh setiap manusia karena manusia hidup tidak sendiri, apalagi kita hidup di negara yang bermacam-macam suku, ras dan bahasa. Manfaat kita dalam mengikuti kegiatan OSIS  akan menumbuhkan jiwa sosial yang masih terpendam dalam diri.

Sebenarnya semua manusia sudah mempunyai jiwa sosial apa lagi kita hidup di Indonesia, jiwa sosial itu akan teransang dengan sendirinya dan dari kecil kita sudah belajar bahwa kita tidak akan bisa bertahan lama jika kita tidak bersosialisasi.

OSIS menjadi salah satu tempat untuk menumbuhkan jiwa sosial kita yang terkadang masih kurang, di OSIS kita diajarkan bagaimana caranya menasehati, mengingatkan dan mengajak dengan orang yang tentu saja mempunyai watak dan sikap yang berbeda-beda juga pola pikir mereka yang terkadang merasa mengerti akan dirinya.

Penasaran dengan  20 Fakta Tentang Al-Qur'an yang Wajib Kamu Ketahui

Selain itu ketika kita mengadakan suatu kegiatan yang mengeluarkan dana yang besar tentu kita akan mengajukan proposal bukan hanya ke sekola tapi kepada para pengusaha dan pembisnis disini kita dilatih bagaimana cara kita meminta dana dan mengajaknya kerja sama.

Contoh lainnya ketika kita menggunakan atau memakai tempat diluar sekolah yang berdekatan dengan warga kita harus bisa mensosialisasikan kegiatan yang kita laksanakan dengan warga dan ini akan membuat jiwa sosial kita keluar dan tumbuh.

4. Memahami Arti Penting Kepemimpinan

memahami arti penting pemimpin
www.feedster.com

“Setiap kita adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawabannya atas kepemimpinannya” Terkadang kita merasa bahwa kita bukannlah seorang pemimpin mau tidak mau, sadar tidak sadar kita adalah pemimpin dan dalam OSIS kita akan merasakan pentinggnya kepemimpinan.

Suatu kelompok akan dilihat dari siapa yang memimpin, di OSIS kita adalah pemimpin dari siswa lainnya bukan hanya ketua OSIS saja tapi bagian-bagian yang lain juga adalah pemimpim. Pemimpin memiliki arti luas tidak bisa kita simpulkan bahwa pemimpin hanyalah yang menjadi ketua.

Memahami arti penting kepemimpinan bisa kita dapatkan dalam organisasi sekolah, ini akan menjadikan kita mengerti akan pentingnya pemimpin dalam suatu organisasi. Suatu organisasi bisa dibilang baik dan inspiratif apabila memiliki pemimpin yang kreatif juga.

Salah satu manfaat berorganisasi sekolah adalah memahami arti penting kemepimpinan, jika kita menjadi bagian dari pengurus organisasi sekolah sudah dipastikan kita bisa memegang amanah kepemimpinan dimana kita berada apa lagi pada saat di OSIS kita menjadi ketua sudah ada jaminan bahwa kita bisa menjadi public speaking.

5. Menjadikan Dirinya Lebih Lama Dikenal

manfaat berorganisasi sekolah

Sebenarnya untuk menjadi lama dikenal banyak cara yang dapat kita lakukan dan ini juga sebenarnya bukan manfaat berorganisasi sekolah hanya saja ini menjadi keuntungan bagi para pengurus OSIS apa lagi yang memegang amanah sebagai seorang ketua OSIS.

Dikenal dalam sekolahan adalah salah satu impian sebagian murid, dan banyak cara juga untuk menjadi orang yang dikenal di sekolah, biasanya hanya ada 2 cara yaitu dengan cara berprestasi atau susah diatur (banyak melanggar peraturan sekolahan) jka 2 cara ini tidak bisa masih ada cara alternatif yaitu dengan berorganisasi.

Penasaran dengan  Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat

Menjadi orang yang berprestasi tidak mudah bagi mereka yang sudah berprestasi, oleh karena itu berorganisasi bisa menjadikan kita dikenal disekolah juga salah satu jalan menjadi siswa yang berprestasi tapi juga tidak menutup kemungkinan untuk menjadi siswa yang tak mau diatur.

6. Bermanfaat Untuk Diri Sendiri

doctorrupiah.co

Manfaat berorganisasi bisa bermanfaat untuk diri sendiri, artinya jika kita sudah mempuyai suatu kemampuan di suatu  bidang itu adalah manfaat untuk bekal kita kedepannya. Dan yang pasti saat kita tergabung dalam organisassi sekolah kita akan mendapatka banyak sekali ilmu yang baru yang sebelumnya belum kita miliki.

Sudah ada 5 manfaat diatas yang menjadi kesimpulan bahwa menjadi bagian dalam berorganisasi sekolah bermanfaat untuk diri kita, tapi semua kembali kepada diri kita masing-masing sejauh dan seserius apakah kita dalam menjalani dan melakoni suatu organisasi.

Banyak organisasi yang ada di dunia perkuliahan jika kita tidak punya bekal untuk memilih mana organisasi yang bagus dan baik untuk kita kita akan terjerumus kedalam dan tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi orang yang sesat. Organisasi sekolah juga adalah pengetahuan dasar kita untuk bergabung dalam organisasi lainnya.

manfaat berorganisasi sekolah

Itulah beberapa manfaat organisasi sekolah yang bermanfaat buat kamu, jadi buat kamu yang sekarang masih sekolah jangan takut dan ragu lagi untuk ikut bergabung bersama teman-teman lainnya di organisasi sekolah. karena kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat.

Leave a Comment