10 Nama Malaikat dan Tugasnya Beserta Penjelasan dan Sifat Malaikat

Nama Malaikat dan Tugasnya – Mengimani keberadaan malaikat Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah salah satu dari keenam rukun iman yang menjadi landasan dasar bagi umat muslim di dunia. Iman kepada malaikat merupakan rukun iman yang ke 2 di mana kedudukannya setelah iman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Hal ini membuktikan bahwa malaikat adalah salah satu makhluk Allah yang Allah ciptakan hanya untuk beribadah kepadanya tanpa diberikan-nya hawa nafsu seperti kita manusia pada umumnya.

Malaikat juga diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala selain untuk mematuhi atau untuk beribadah kepadanya Malaikat Juga diberikan kekuatan oleh Allah subhanahu wa ta’ala gimana kekuatannya ini adalah kekuatan untuk patuh pada ketentuan dan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebelum kita membahas tentang nama malaikat dan tugasnya disini kita akan sama-sama bahwa apa itu malaikat dan seperti apa malaikat itu. Berikut adalah pengertian malaikat ciptaan Allah.

Daftar Isi

Penasaran dengan  Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Pengertian Malaikat

Kata malaikat berasal dari bahasa Arab yang pada awalnya adalah yang memiliki arti kekuatan, kata malaikat juga berasal dari kata masdar yang memiliki arti risalah atau misi. Itulah penjelasan malaikat secara bahasa

Penjelasan malaikat secara istilah, jika kita lihat secara istilah pengertian malaikat adalah makhluk-makhluk yang diciptakan dari cahaya yang memiliki sifat gaib dan selalu taat dan patuh terhadap tugas-tugas dan perintah dari Allah subhanahu wa ta’ala tanpa mengingkarinya sedikitpun.

Sifat-sifat Malaikat

Tugas Malaikaat
Sumber Gambar : https://wallpapershome.com

Malaikat Adalah makhluk ciptaan Allah subhanahu wa ta’ala yang mempunyai beberapa sifat dan karakter karakteristik sendiri. Berbeda dengan sifat makhluk Allah lainnya seperti jin dan manusia malaikat dibuat dan diciptakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dari cahaya.

Salah satu sifat yang dimiliki malaikat adalah tidak memiliki hawa nafsu tidak merasakan lapar seperti manusia tidak tidur tidak makan dan juga tidak minum. Wujud malaikat adalah di mana sesuatu yang gaib ini tidak bisa dilihat oleh mata manusia secara langsung. Sama halnya dengan jin malaikat juga termasuk makhluk yang gaib makhluk yang berbeda alamnya dengan manusia.

Untuk penjelasannya berikut adalah sifat-sifat yang dimiliki oleh malaikat yang harus kita ketahui sebagai seorang muslim dan sebagai seorang yang mengimani akan kembali dan Malaikat.

  1. Malaikat memiliki sifat sebagai makhluk yang gaib
  2. Malaikat berasal dari cahaya
  3. Malaikat tidak merasakan lapar, makan, dan tidak pulang minum
  4. Malaikat selalu taat dan tunduk patuh kepada perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala
  5. Malaikat Juga tidak memiliki hawa nafsu
  6. Malaikat selalu Bertasbih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala baik siang maupun malam
  7. Malaikat memiliki kekuatan yang diberikan oleh Allah untuk dapat mengubah wujudnya
  8. Malaikat tidak pernah melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala
  9. Malaikat memiliki kekuatan dan kecepatan cahaya

Nama Malaikat dan Tugasnya

Di kehidupan kita saat ini, mengimani akan keberadaan mahluk ciptaan Allah yang kita kenal dengan nama
Malaikat adalah suatu hal yang Wajib. Namun bagaimana untuk menghafal dan mengetahui tugasnya, Apakah termasuk wajib juga kah?

Nah, sekarang ini kita sedang tidak membahas hal itu, disini kita akan sama-sama mempelajari bersama tentang 10 nama Malaikat dan tugasnya. Menghafal nama Malaikat dan mengetahui tugas-tugasnya adalah merupakan sesuatu hal yang akan menambah wawasan kita.

1. Malaikat Jibril

Nama Malaikat Jibril tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena nama Malaikat Jibril ini banyak tercatat dalam Al-Qur’an, selain itu Malaikat Jibril juga kita kenal sebagai sarana sampainya Firman Allah SWT di Bumi ini.

Inilah yang menjadi tugas utama Malaikat Jibril, yaitu, sebagai penyampai Wahyu Allah SWT kepada Nabi dan Rasul yang memiliki dan memegang amanah untuk mengajak umat manusia lainnya menyembah hanya kepada Allah SWT.

Nama Malaikat Jibril juga, banyak kita ketahui dan dengar pada kisah Nabi Muhammad SAW. Dimana Malaikat Jibril ini sering menampakan dirinya kepada Nabi Muhammad SAW. dan banyak melakukan interaksi dengan Nabi Muhammad SAW.

2. Malaikat Mikail

Nama Malaikat dan tugasnya yang kedua yang akan kita bahas adalah Malaikat Mikail, Malaikat Mikail ini adalah Malaikat yang bertugas untuk memberikan rezeki kepada seluruh umat manusia, baik itu yang beriman kepada Allah, maupun yang tidak beriman.

Pemberian tugas Malaikat Mikail untuk memberikan rezeki kepada seluruh manusia, bahkan bukan manusia saja, melainkan seluruh mahluk ciptaan Allah. Tentu saja hal ini terjadi karena ketentuan dari Allah dan atas izin Nya.

3. Malaikat Israfil

Nama Malaikat
Sumber Gambar : https://wallpapershome.com

Malaikat ketiga yang akan kita pelajari bersama adalah Malaikat dengan nama Israfil, Malaikat ini mempunyai tugas untuk meniumkan terompet sangkakala. Dimana terompet sangkakala ini hanya akan ditiupkan pada hari kiamat saja. Diketahui juga bahwa, akan terjadi tiga kali pembuyian terompet sangkakala ini. Tiupan pertama adalah pertada hari kiamat sudah tiba dan akang menggungcangkan semua isi bumi.

Tiupan kedua, adalah tiupan kematian, maka semua yang ada dibumi dan dilangit semua mahluk dan ciptaan Allah akan mati, terkecuali beberapa Malaikat yang Allah kehendaki untuk tidak mati. Tiupan ketiga adalah tiupan kebangkitanj setelah kematian, dimana semua mahluk hidup yang ada di bumi dan dilangit akan dibangkitkan kembali oleh Allah SWT.

4. Malaikat Izrail

Nama Malaikat dan Tugasnya yang keempat adalah Malaikat Izrail, Malaikat Izrail ini adalah Malaikat yang keberadaanya bisa sangat ramah dan bisa pula sebaliknya. Hal yang menyebabkan ramah nya Malaikat Izrail saat mencabut nyawa adalah amalan yang baik yang banyak dilakukan mahluk Allah dalam kehidupannya.

Namun jika kita hidup didunia yang sementara ini tidak banyak memikirkan akhirat dan banyak melakukan larangan yang sudah ditetapkan oleh Allah, maka jangan harap akan bertemu dengan keramahannya. Malaikat Izrail ini hanya bisa kita lihat saat kita sudah Syakaratul Maut atau menuju kematian.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Mungkar adalah nama dari Malaikat yang diberikan tugas oleh Allah SWT sebagai Malaikat yang bertanya kepada manusia. Bertanya tentang apa? Malaikat Munkar ini akan menanyakan dan memeriksa perbuatan seorang manusia ketika masih hidup didunia.

Pertanyaan dan pemeriksaan amalan perbuatan apa saja yang telah seseorang lakukan didunia, ini akan ditanyakan pada saat Manusia sudah memasuki alam yang ke empat, yaitu alam Kubur dan Manusia yang ditanya tidak akan bisa berbohong.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir ini tugasnya sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menyanyakan tentang perbuatan apa saja yang telah dilakukan oleh manusia semasa hidupnya didunia. Pertanyaan dan intograsi ini akan dilakukan ketika manusia sudah memasuki alam kubur.

Manusia juga tidak akan bisa mengelak dan berbohong, karena saat itu yang menjawab pertanyaan dari Malaikat Nakir bukanlah mulit kita, melainkan anggota tubuh yang lain yang atas kehendak Allah bisa menjawab pertanyaan dari Malaikat Nakir.

7. Malaikat Raqib

nama malaikat dan tugasnya
Sumber Gambar : http://longwallpapers.com

Nama Malaikat dan tugasnya yang ketujuh yang harus kita ketahui adalah Malaikat Raqib, Malaikat Raqib ini memilili tugas sebagai pencatat amal baik yang telah dilakukan oleh manusia, dan akan terus bersama manusia selama hidupnya di dunia.

Hanya saja kita tidak bisa melihaat keberadaanya, semua perbuatan baik yang pernah kita lakukan atau yang kita lakukan akan dicatat oleh Malaikat Raqib dan tidak akan pernah terlewat sedikitpun, oleh karena itu mari sama-sama memperbanyak amalan baik kita.

8. Malaikat Atid

Malaikat Atid juga bertugas sebagai pencatat, namun yang dicatat bukanlah hal yang sama dengan Malaikat Raqib. Malaikat Atid anya fokus kepada catatan perbuatan buruk atau perbuatan yang tidak di Ridhoi oleh Allah.

Catatan amal buruk juga tidak akan ada yang terlewat, dan setiap catatan amalan perbuatan buruk akan kita lihat saat Hari Perhitungan. Nantinya akan ditimbang, banyak manakah amalan baik yang kita lakukan atau amalan sebaliknya.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah Malaikat yang menyeramkan, bagaimana tidak? tugas dari Malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka. Malaikat Malaik akan menyeret manusia kedalam neraka karena, tidak mau beriman kepada Allah SWT.

Malaikat Malik ini juga adalah Malaikat yang tegas dan patuh akan perinta Allah untuk menjaga neraka. Dimana Neraka adalah tempat yang tidak ingin kita tempati dan tidak ingin kita temui. Karena Kejam dan kerasnya siksaan yang ada di Neraka.

10. Malaikat Ridwan

Malaikat yang ke 10 adalah Malaikat Ridwan, Malaikat Ridwan ini berbeda dengan Malaikat Malik, karena Malaikat Ridwan ini bertugas sebagai penjaga pintu Surga, setiap manusia yang akan memasuki Surga akan di sambutnya dengan senyuman ramah.

Malaikat Ridwan ini sangat kita rindukan untuk bertemu dengannya, karena tugasnya yang menjaga pintu Surga menjadikan kita akan memasuki Surga. Dan banyak sekali kenimkatan dan keindahan yang akan kita dapatkan di Surga.

Nah, itulah 10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang harus kita ketahui dan pelajari, karena mempelajarinya merupakan bagaian dari ilmu. Dan yang namanya menuntut ilmu itu adalah sesuatu yang Harus/Wajib kita lakukan.

Mungkin ini saya yang bisa saya sampaikan tentang nama Malaikat dan Tugasnya, semoga bisa menjadi manfaat buat teman-teman dan juga saya sendiri. Jangan takut memberik komentar dan keritikan jika ada yang salah. Jangan lupa juga untuk men share ya, karena setiap perbuiatan baik kita akan dicatat dan mendapatkan balasan kebaikan juga.

Tinggalkan komentar