Advertisements

Pemimpin

“setiap kaliam adalah pemimpin dan setaip pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya” Hr. Bukhari dan Muslim

Saya adalah pemimpin bagi diri saya sendiri dan bagaimana saya bisa memimpin dirisendiri ini adalah pimpinan paling mendasar bagi setiap manusia, untuk itu saya akan belajar dan terus belajar agar bisa memimpin dirisendiri dengan baik dan menjalankan kewajiban atau hak-hak yang harus dipenuhi oleh jiwa dan diri saya, karna tidak sedikit orang yang tidak memenuhi hak-haknya sebgai manusia, karna didalam jiwa manusia terdapat jasmani dan rohani yang semunaya harus menerima hak nya yang seimbang.

  • Pemimpin Angkatan

azzam

Saya juga adalah pemimpin angkatan kelas saya, bukan km (ketua kelas) melainkan ketua generasi yang dipilih saat saya duduk di kelas 1 MA (Madrasah Aliyah) dan ketua generasipun tak ada regenerasi artinya pemilihan ketua generasi hanya berlangsung 1 kali untuk selamanya.

Saat saya dipilih kala itu angkatan kita sedang mendiskusikan nama untuk angkatan kita, Kita adalah angkatan ke 10 Madrasah Aliya Pesantren Al-Urwatul Wutsqo, Banyak ide dan Inspriasi-inspirasi untuk memberikan nama angkatan dari berbagai siswa, kala itu saya ditunjuk dan untuk memimpin rapat tersebut yang terjadi pada hari sabtu, akhirnya keluarlah satu nama yaitu OXYGENT (Obvious Extra Ordinary OF Tent) dengan voting tertinggi dan dihadiri hampir 98% santri putra dan putri.

Setelah rapat sebuah nama selesai disanah kita langsung memilih sebuah nama yang nantinya akan menjadi pemimpin Oxygent dan saya langsung ditunjuk oleh seluruh teman-teman saya untuk menjadi ketua Generasi.

  • Pemimpin Pramuka

    237desain.blogspot.com

Untuk ketua yang satu ini cangkupannya lebih luas lagi dari ketua generasi karna saya disinih memimpin pasukan pramuka yang beranggotakan kelas 10,11 dan 12 yang saat itu jumlahnya melebihi 100 anggota, ini juga adalah amanah yang berat karna saya dipercayai untuk memimpin pramuka dan kegiatan pramuka yang sejujurnya saya minim pengetahuan tentang ke-Pramkukaan.

Pemilihan berlangsung sangat singkat dan jelas juga padat, kala itu saya juga menjabat sebagai wakil dari sangga pramuka dan setiap sangga beranggotakan 8 orang ya itu adalah angka yang menguntungan karna digenerasi saya jumlah santri putranya hanya 8 orang. Ketua dan wakil ketua ngumpul! Itu adalah kalimat awal saya dipilih menjadi seorang Pradan/ pemimpin pramuka tingkat sma se-derajat.

 

Pembina langsung memberika intruksi kepada seluruh ketau dan wakil sangga untuk memberikan calon yang nantinya akan dipilih sebagai Pradana, karna yang biasanya menjadi pradana adalah kelas 11 ya akhirnya saya menjadi ketua pramuka berdasarkan kondisi.

  • Pemimpin Organisasi

managingtraining.wordpress.com

Oke ini mungkin adalah amanah yang paling berat dan melelahkan dibandingkan menjadi ketua-ketua yang lainnya, karena saat saya menjadi ketua saya bertanggung jawab atas semua santri, mulai dari kelas 7,8 dan 9 smp juga 10,11 dan 12 ya enam kelas dan enam generasi saya yang miimpin dan saya yang bertanggug jawab.

 

Saya terpilih karena kondisi lagi, iya kondisi yang memuat saya menjadi seorang pemimpin seluruh santri alesannya karana kekuranggan SDM yang tersedia diangkatan saya, Seperti biasa pemilihan ketua Ospa (Organisasi Santri Pesantren Al-Urwatul Wutsqo) atau osis yang lainnya dipilih voting seluruh santri dan ustdaz/ah. Tapi hanya formalitas karna saya sudah dipilih menjadi ketua sebelum saya naik ke kelas 11 hanya saja belum resmi dan belum terbuka.

 

Pemilihan berjalan lancar saat itu saya mendapatkan no urut 2, dan hasil suarapun saya jauh diatas mereka para kadidat capres (calon Presiden) kalau tidak salah 75% lebih saya memenangkan suara, ya siap tidak siap saya harus merubah gaya hidup saya dan pola pikir saya karena keadaan dan kondisi sudah menntut saya sebagai seorang pemimpin.

 

Saya sebenarnya tidak suka baca buku saya lebih suka mendengarkan orang berbicara dan itu adalah modal utama saya public sepeaki, karena saya harus memimpin rapat, berbicara di depan para santri, berbicara dengan ustad/zah dan lain2.

  • Hikmah Pemimpin

www.ryylxjw.com

Banyak hikmah yang bisa kita ambil pelajaran dari seorang pemimpin, bukan karana kepiawaiannya memimpin tapi bagai mana iabisa menjadi contoh yang baik sebagai seorang pemimpin. Ketiak saya memimpin banyak yang saya pelajari dan saya ajarkan kepada calon-calon pemimpin yang akan datang, Banyak juga kisah-kisah yang membuat saya down dan up ketika saya memimpin.

Banyak sekalih ilmu-ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan dan saya rasakan, mulai dari diri sendiri dan dari orang lain, tapi sebenarnya yang menjadi musuh dan masalah terberat seorang pemimpin itu adalah dirinya sendiri.

azzam

 

” Pemimpin yang baik bukannal ia yang hebat menyampaikan argumennya, Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mempunyai sifat baik :D”

Advertisements
Penasaran dengan  Indahnya Masa SMA
  • Add Your Comment