Advertisements

Permainan Tradisional Bali Beserta Gambarnya

Permainan Tradisional Bali – Seperti yang kamu ketahui per kembangan teknologi saat ini berkembang begitu pesat dan cepat, hal ini menjadikan orang-orang sibuk dengan gadget yang dimilikinya. Bukan hanya orang dewasa saja tetapi anak-anak pun dengan mudahnya berseluncur di dunia Internet.

Karena permainan yang mudah di akses dengan Internet dan orang tua yang tidak ingin pusing mengurus anaknya untuk tenang dan membiarkan sibuk dengan gadgetnya, menjadi faktor utama permainan tradisional semakin jarang dimainkan dan bahkan hilang.

Permainan tradisional Indonesia yang biasanya dimainkan sore hari oleh anak-anak sudah hilang, permainan yang banyak mengajarkan akan pentingnya kerja sama kelompok, mengatur strategi dan membuat anak bersosialisasi dengan teman lainnya.

Bali juga mempunyai permainan tradisional yang tidak kalah menarik dengan permainan modern seperti sekarang ini yang mempunyai banyak dampak negatif terhadap pola pikir dan kelakuan anak. Berikut adalah permainan tradisional Bali.

Permainan Tradisional Bali Meong-meongan

permainan tradisional bali meong-meongan

Sumber : http://2.bp.blogspot.com/

Permainan meong-meong sangat populer di Bali, bukan hanya pupuler di bali permainan tradisional meong-meongan juga berasal dari Bali. Permainan meong-meongan tidak hanya popular dan terkenal di Bali saja tapi juga dikenal banyak oleh anak-anak Jawa.

Di Jawa permainan ini bernama kucing-kucingan, sebenarnya tidak begitu jauh berbeda karena suara kucing berbunyi meong, kamu pasti lebih kenal dengan permainan kucing-kucingan. Permainan ini sama saja dengan meong-meongan, dari aturan dan cara bermainnya pun sama.

Dalam permainan meong-meong kamu membutuhkan minimal nya 8 orang untuk bermain, jika lebih dari 8 maka permainan akan semakin menarik. Dari delapan tersebut akan ada 1 orang yang berperan sebagai bikul atau tikus.

Selain bikul diperlukan satu pemain lagi yang berperan sebagai meng (kucing). Pemain lainnya membuat lingkaran yang di tengahnya ada bikul. Posisi meng ada diluar lingkaran, permainan dimulai sembari bernyanyi, pemain lainnya harus melindungi bikul dari tangkapan meng.

Tapi jika pada lirik lagu sudah mencapai ‘juk-juk meng juk-juk kul’ maka penjagaan dan per lindungan yang diberikan pemain lainnya tidak berlaku karena arti dari lirik tersebut adalah ‘ayo tangkap tikusnya’ saat inilah meng masuk lingkaran dan menangkap bikul.

Bikul boleh berlari keluar lingkaran dan masuk se enaknya, jika bikul tertangkap maka bikul akan menjadi meng dan pemain lainnya akan menjadi bikul, secara bergantian. Permainan ini sangat seru dan menyenangkan.

Permainan Tradisional Bali Megoak-goakan

permainan tradisional bali megoak-goakan

Sumber : https://madecahyana.files.wordpress.com

Permainan tradisional Bali lainnya adalah megoak-goakan, di mana ada beberapa orang yang membentuk barisan, sambil memegang satu dengan yang lainnya. Para pemain menggunakan ikat pinggang yang kuat dan nyaman.

Penasaran dengan  Penasaran? Kepo? Berikut Penjelasannya, Makanan Khas NTT

Karena nantinya ikat pinggang inilah yang menjadi pegangan orang di belakangnya dan akan ditarik-tarik, usahakan mengikatnya dengan kuat dan nyaman agar tidak ada yang ter sakiti dalam proses bermain megoak-goakan.

Untuk bermain permainan di butuhkan dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 sampai 10 anggota, tergantung situasi saja. Baris lah ke belakang seperti ular, lalu pemain yang berada paling depan menjadi kepala.

Kepala tersebut harus mengamankan anggotanya dan memakan anggota yang ada pada kelompok lawan, pemenang ia lah yang mendapatkan anggota paling banyak. Permainan ini dimainkan di tanah yang digenangi air, hal ini bertujuan menambah keseruan dan keceriaan dalam bermain.

Permainan Tradisional Bali Metajog

permainan tradisional bali metajog

Sumber : https://3.bp.blogspot.com

Metajong adalah sebuah alat permainan yang ada di Bali, nama alat ini sekaligus menjadi nama permainan tersebut. Bermain tajog membutuhkan keseimbangan dan kamu harus belajar terlebih dahulu jika ingin bermain metajo.

Metajo biasanya dimainkan dan dijadikan salah satu perlombaan pada saat hari kemerdekaan, permainan yang satu ini sama hal nya dengan permainan yang berasal dari sunda yaitu egrang, hanya nama saja yang berbeda, peraturan dan bentuk alat sama saja.

Berjalan di atas bambu memang tidak mudah butuh latihan yang keras dan kemauan yang kuat untuk bisa menaiki dan berjalan dengan tajog. Sampai saat ini permainan metajog masih dapat ditemui di Bali  meskipun sudah sulit. Permainan jaman dulu sangat menyenangkan.

Permainan Tradisional Bali Engkeb – engkeban

permainan tradisional engkeb-engkeban

Sumber : http://2.bp.blogspot.com/

Engkeb-engkeban adalah nama permainan yang sebenarnya permainan ini jika di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah petak umpet, permainan engkeb-engkeban memang berasal dari Bali dan permainan ini di Bali masih sering dimainkan oleh anak-anak Bali.

Permainan engkeb-engkeban dimainkan oleh lima orang anak atau menyesuaikan jumlah yang ada semakin banyak akan semakin seru dan menarik. Dalam permainan ini ada satu orang yang bertugas mencari dan menjaga tembok atau apapun itu, tempat ia berhitung.

Engkeb-enkeban dimainkan saat matahari masih menyinari bumi, baik itu siang maupun sore. Untuk kawasan/daerah yang diperbolehkannya kamu mengumpat sesuai yang telah ditentukan di awal permainan. Permainan tradisional yang sangat populer di Bali.

Sebenarnya permainan tradisional Bali bukan hanya engkeb-engkeban, metajog, meong-meongan dan megoak-goakan, tapi masih banyak lainnya. Jawa barat, Jawa Timur dan Provinsi lainnya juga mempunyai permainan khas daerah masing-masing yang tentunya nama dan peraturannya juga berbeda-beda.

Penasaran dengan  TERBUKTI!!! Makanan Khas Tuban ini Dapat Membuat Kamu Kenyang
Advertisements
  • Add Your Comment