permainan tradisional jawa barat terlengkap

Permainan Tradisional Jawa Barat dan Cara Memainkannya

Permainan Tradisional Jawa Barat – Indonesia yang memiliki berbagai macam budaya diberbagai daerah yang disetiap daerahnya mempunyai ciri khas masing-masing, permainan tradisional adalah salah satu hiburan yang sudah ada sejak dahulu kala, bahkan setiap permainannya mempunyai sejarahnya masing-masing.

Entah siapa yang memulaiya tapi permainan ini semakin jarang dimainkan karena dengan zaman teknologi seperti sekarang ini anak-anak lebih suka bermain didalam rumah yang sebenarnya dapat merusak pertubuhannya. Di Jawa Barat sendiri memiliki berbagai macam permainan tradisional yang sudah ada sejak dulu, berikut permaian tradisional.

Permainan Tradisional Bentengan

permainan tradisional
sumber : http://4.bp.blogspot.com/

Permainan tradisional yang satu ini merupakan permainan yang mempunyai nilai sejarah dan permainan ini juga membutuhkan strategi yang bagus untuk dapat menembus benteng pertahanan lawan.

Sejarah

Sejarah permaianan bentengan ini sudah ada semenjak bangsa Indonesia berhasil terlepas dari penjajahan negara barat, permainan ini mempunyai arti perjuangan bangsa Indonesia saat melawan penjajah yang dimana benteng adalah kekuasaan yang harus dikuasai jika ingin memenangkannya.

Nama Bentengan ini juga mempunyai sejarah, dulu nama markas penjajah dikenal dengan nama benteng. Awalnya yang memainkan permainan ini adalah anak-anak pedesaan yang mengisi waktu luang untuk bermain sambil memikirkan stategi.

Peraturan Permainan

  1. Terdiri dari 2 kelompok.
  2. Tiap kelompok berisi pemain 5 sampai 7 pemain (sebenarnya fleksible, menyesuaikan jumlah anak dan kondisi tempat).
  3. Masing-masing kelompok mempunyai benteng yang terbuat dari batu, tiang kayu atau pohon. Benteng mempunyai basecamp dan setiap kelompok mempunyai daerah kekuasaannya masing-masing
  4. Pemain yang keluar dari jangkauan kekuasaan basecamp dan berada di kekuasaan basecamp lawan jika tersentuh oleh pemain lawan akan gugur atau menjadi tawanan.
  5. Tawanan di tempatkan 5 sampai 10 menter dari benteng lawan.
  6. Tawanan dapat lolos dan menjadi pemain kembali jika teman kelompok berhasil menyentuhnya.
  7. Siapa yang berhasil menyetuh basecamp lawan dialah kelompok pemanangnya.
  8. Poin bisa ditentukan dengan kesepakatan, misalkan jika benteng sudah terkena lawan 1 atau 2 kali maka ia dikatakan kalah.
  9. Kelompok yang kalah mendapatkan hukuman menggendong kelompok yang menang, dimulai dari benteng ke benteng.

Permainan Tradisional Congklak

permainan tradisional jawa barat congklakterlengkap
sumber : http://whatsupindonesia.com/

Permainan tradisional congklak ini biasanya dimainkan oleh kaum hawa, tidak menutup kemungkinan ibu-ibu juga bermain ini karena perminan ini untuk semua kalangan, biasanya dalam menyelesaikan permainan ini membutuhkan waktu yang lama.

Sejarah

Sejarah permainan tradisional congklak, para ahli dan para arkeologi menyatakan bahwan pemainan congklak ini berasal dari Timur Tengah lalu menyebar ke Afrika. Penyebaran di Asia terjadi ketika para pedagang Arab datang ke Karibia pada tahun 1640 lalu perdagangan dilanjutkan oleh budak Afrika.

Peraturan Permainan

  1. Permaian congklak membutuhkan dua orang pemain.
  2. Permainan ini menggunakan papan yang berisi 16 lubang, dua diantaranya besar dan menjadi lubang tabungan pemain, letak lubang tabungan ini berada di sisi kanan pemain.
  3. Dari 14 lubang yang kecil diisi 7 biji congklak disetiap masing-masing lubang.
  4. Awal Permaian bisa berbarengan atau satu persatu.
  5. Pergantian permainan jika biji yang dimaikan sudah habis karena diputar.
  6. Pemenang adalah yang mendapatkan tabungan biji paling banyak jika biji sudah tidak ada lagi di lubang yang kecil.

Permainan Tradisional Egrang

permainan egrang
sumber : http://merahputih.com/

Egrang adalah permainan tradisional yang sampai sekarang permainan ini masih banyak dimainkan bahkan permainan ini juga menjadi bagian perlombaan adu cepat saat 17 agustusan, permainan ini membutuhkan keseimbangan yang harus dimiliki oleh pemainnya.

Sejarah

Egrang termasuk kedalam permainan tradisional, karena permainan ini sudah ada sejak zaman dulu dan mempunyai sejarah, disetiap daerah nama egrang berbeda-beda, egrang terbuat dari bambu bulat panjang yang dalam bahasa Banjar namanya adalah batungkau.

Penasaran dengan  Makanan Khas Ngawi, Jawa Timur, Indonesia

Sejarah permainan ini tidak begitu diketahui oleh banyak orang, egrang adalah sebuah alat permainan yang berjumlah sepasang batang bambu dengan tinggi 180-200 cm. Permainan ini sudah jarang ditemui entah itu di desa atau di kota, Pijakan dibuat 50 cm dari bawah yang rata dengan lebar 15 cm.

Peraturan Permainan

  1. Pemainan ini membutuhkan alat yang terbuat dari bambu.
  2. Egrang membutuhkan keseimbangan tubuh agar bisa berjalan.
  3. Tentukan star dan finis.
  4. Siapa cepat dia pemenangnya.
  5. Permainan ini adalah mengaadu kecepatan bejalan dan berlari diatas alat egrang.

Permainan Tradisional Gangsing

permainan tradisional jawa barat gangsing
sumber : https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/

Gangsing menjadi permainan tradisional yang banyak disukai oleh anak laki-laki, gangsing terbuat dari kayu dan diputar dengan tali, beradu dan siapa yang paling lama  bertahan dalam putaran dialah pemenangnya. Permainan tradsisional yang satu ini sangat seru dan menyenangkan.

Sejarah

Pada awalnya gangsing adalah permainan yang laga tanding yang terbuat dari telur ayam yang diputar dan beradu kelaman berputar, permainan ini sangat digemari oleh anak-anak.

Terdapat pendapat lain bahwa pada awalnya gangsing ini berasal dari pesisir Melayu, pada awalnya permainan ini menggunakan buah berembang yang banyak di dapati di tepian pantai, buah ini mempunyai bentuk bulat dan dapat diputar menggunakan tangan.

Dari ini mulai muncul sebuah ide untuk mengembangkan permainan ini, akhirnya dibuatlah replika buah ini menggunakan kayu dan tali sebagai alat pemutarnya.

Peraturan Permainan

  1. Permainan tradisional yang satu ini tidak menentukan jumlah pemain, semakin banyak pemain, maka permainan akan semakin menyenangkan.
  2. Untuk arena bisa dimana saja tempatnya, tapi disetiap arena harus ada garis pemisah antara arena dengan bukan arena, buatlah lingkaran sebagai arena pertandingan.
  3. Permainan dimulai secara serentak untuk memutar gangsing.
  4. Siapa yang bertahan paling lama muternya atau tetap dalam arena ialah pemenangnya.
  5. Antar gangsing boleh berbenturan sebagai aja kuat-kuatan putaran.

Permainan Tradisional Gatrik

permainan tradisional jawa barat
sumber : http://1.bp.blogspot.com/

Siapa yang tidak mengenal permainan ini, ini adalah permainan tradisional yang sangat seru dan menyenangkan karea permainan ini menggunakan keahlian skill induvindu dan strategi tim. Dalam permainan gatrik jarang sekali anak perempuan yang memainkannya dan mengerti peraturannya.

Sejarah

Gatrik adalah permainan tradisional yang mempunyai nama berbeda-beda disetiap daerahnya, seperti patil lele atau tak, kadal karena setiap daerah mempunyai bahasa lokanya masih-masing, meski begitu cara bermain dan peraturannya sama saja.

Menurut salah seorang pendiri komunitas Hong yaitu Muhammad Zaini mengatakan bahwa gatrik pernah menjadi permainan tradisional yang popular di Indonesia pada masanya. Permainan ini dimainkan oleh anak-anak Indonesia terutama anak laki-laki. Permainan membutuhkan alat yang terbuat dari bambu atau semacamnya dan 2 bongah batu bata sebagai alasnya.

Peraturan Permainan

  1. Permainan ini terdiri dari dua kelompok, masing-masih kelompok beranggotakan 2-4 pemain.
  2. Permainan menggunakan alat yang terbuat dari dua bambu, satu bambu berukuran panjang yang digunakan sebagai pemukul dan satu bambu lagi berukuran lebih pendek untuk dijadikan objek pukulan dan tangkkapan.
  3. Permainan dimulai dengan mmembagi peran, kelompok 1 menjadi bagian pemukul dan kelompok 2 menjadi penangkap.
  4. Poin didapatkan jika kelompok 1 berhasil melemparkan bambu yang tidak dapat di tangkap oleh kelompok dua, jika bambu berhasi ditangkap maka akan bertukar peran.
  5. Poin menjadi penentu tim yang menang.

Permainan Tradisional Gobag Sodor

 tradisional jawa barat
sumber : http://1.bp.blogspot.com/

Gobag sodor adalah permainan tradisional Jawa Barat yang tentunya sudah menyebar diseluruh penjuru Indonesia, permainan ini adalah permainan yang membutuhkan kelincahan, kecepatan, taktik maupun strategi. Permainan gobang sodor dimainkan untuk semua kalanga mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Permainan tradisional jawa barat yang sangat seru ini menjadikan permainan ini dilombakan dalam acara-acara tertentu, para pemmain bisa laki-aki maupun perempuan tergatung peraturan yang dibuat oleh panitia perlombaan. dibutuhkan 4-5 pemain dalam 1 kelompok yang bertanding.

Penasaran dengan  Makanan Khas Magetan Jawa Timur

Sejarah

Banyak yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari kota istimewa Yogyakarta, permainan ini juga sangatlah populer di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Gobag/gobak sodor terdiri dari dua kata yaitu gobag dan sodor, gobag sendiri memiliki arti bergerak dengan bebas dan sodor yang berarti tombak.

Zaman dahulu para prajurit pejuang Indonesia mempuyai permainan hiburan dengan nama sodoran yang dijadikan keterampilan dalam berperang, sodor adalah tombak yang berukuran panjang dengan perkiraan 2 meter dengan mata tombak yang tumpul diujungnya.

Peraturan Permainan

  1. Buatlah garis menyerupai lapangan olahraga bulu tangkis dengan 4-5 garis horizontal dan 1 garis vertikal ditengah.
  2. Permainan dibagi menjadi dua kelompok, masih masing kelompok terdiri dari 4-5 pemain, menyesuaikan garis horizontal yang tersedia.
  3. Kelompok dibagi tugas, ada yang menjaga dan ada yang menyerang.
  4. Tim yang menjaga berada pada posisi garis horizontal, saru garis satu penjaga.
  5. Pemain yang menjaga garis paling depan berhak melakukan pergerakan digaris vertikal.
  6. Kelompok penyerang harus bisa melewati penjagaan hingga akhir lalu kembali lagi.
  7. Jika salah seorang pemain penyerang tersentuh pemain penjaga makan posisi bertukar dan jika pemain penyerang berhasil lolos hingga kembali ke awal, tidak ada pergantian posisi dan tim penyerang mendapatkan poin skor.

Permainan Tradisional Kelereng

permainan tradisional jawa barat kelereng
sumber : http://3.bp.blogspot.com/

Kelerang atau dikenal juga dengan nama gundu adalah permainan tradsional jawa barat yang sering dimainkan oleh anak laki-laki, permainan ini memiliki berbagai jenis atau macam permainan dan setiap macam permainan mempunyai peraturan yang berbeda-beda.

Sejarah

Sejarah permainan tradisional kelereng, kelereng sudah ada semenjak zaman dahulu, dulunya permainan kelereng ini hanya dimainak oleh kalangan bangsawan dan aristokrat. Permainan kelereng ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja tetapi sudah populer di negara-negara lainnya seperti Prancis.

Di Negara Perancis kelereng dikenal dengan nama pentaque, Suku Gaule menjadi suku yang  pertama mengenalkan permainan ini. Setelah pentaque menjadi popular di Perancis, permainan ini menyebar ke wilayah Mesir dan Yunani dibawa oleh orang-orang Romawi.

Hingga pada tahun 1886 di Jerman ditemukannya pembuatan kelereng kaca. Kelereng yang mulanya hanya ada satu warna kini memiliki variasi warna yang menaring dengan isi didalamnya yang juga berbeda-beda. Mesin pembuatan ini menyebar ke seluruh benua Amerika dan Eropa, tapi dampak Perang Dunia II, penyebaran mesin pembuat kelereng kaca ini berhenti dan pada akhirnya setiap negara menggembangkannya.

Peraturan Permainan

Pada dasarnya permainan ini mempunyai peraturan yang berbeda-beda disetiap jenisnya, banyak sekali cara bermain untuk permainan ini, simpelnya permainan ini membutuhkan tempat yag datar dan lebih enak jika berada ditanah.

Permainan ini membutuhkan sekurang-kurangnya dua orang untuk bertanding, tidak ada batas maksimal pemain, semakin banyak jumlah pemain semakin seru permainan. Pemain berjalan bergantian dengan pemain lainya, jika pemain tidak mengenai sasaran maka akan digantikan oleh pemain selanjutnya.

Permainan Tradisional Ketapel

permainan jawa barat ketapel
sumber : https://1.bp.blogspot.com/

Permainan tradisional yang satu ini menjadi permainan yang sangat menyengkan terutama untuk anak laki-laki, sebenarnya ketapel bukanlah sebuah permainan tapi adalah sebuah alat yang biasa digunakan anak-anak untuk menembak sesuatu atau hanya jauh-jauhan peluru.

Ketapel terbuat dari kayu yang mempunyai dua cabang dan dikat dengan karet sebagai tenaga penembakan, pada pertengahan ada ban karet sebagai penada peluru, peluru ketapel biasanya terbuat dari batu-batu kerikil dan benda-benda lainnya.

Permainan Tradisional Pecle atau Engklekan

permainan tradisional engklekan
sumber : http://terapiotak.com/

Engklekan mempunyai berbagai nama yang berbeda-beda diberbagai daerah, permainan tradisional inipada umumnya dimmainka oleh anak-anak perempuan dengan tempat yaitu tanah lapang yang sudah diberi tanda sesuai jenis engklekan.

Sejarah

Permainan tradisional jawa barat ini ternyata tidak hanya popular di Indonesia saja, tapi hapir di setiap negara di dunia mengetahui permainan ini, walaupun cara bermainnya tidak sama tapi secara keseluruhan konsepnya sama.

Hopschotch adalan nama lain dari engklekan, suatu jejak di kota Morecambe yang terdapat di Inggis memberitakan bahwa permainan ini sudah ada dan sudah dimainkan sejak abad ke-17. Selain itu ada fakta yang mengatakan bahwa permainan ini sudah menjadi popular sejak zaman kekaisaran Romawi.

Penasaran dengan  12 Makanan Khas Toraja Sulawesi Selatan

Jika kita melihat sejarah permainan ini di Indonesia, permainan ini belum mempunyai titik terang akan sejarahnya, tapi banyak pendapat yang mengatakan bahwa permainan ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda.

Peraturan Permainan

  1. Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih.
  2. Setiap pemain harus memiliki gacuk yang biasanya terbuat dari bongkahan genteng, atau bisa benda lainya seperti batu kerikil.
  3. Nantinya pemain akan berjalan dengan satu kaki kesetiap kotak yang tersedia, jika ada dua kota maka kedua kakinya mengisi kotak tersebut.
  4. Jika kaki melewati garis atau terjatuh maka pemain akab bergantian.
  5. kotak yang ditempati gacuk harus dilompati.
  6. Jika pemain sudah berputar maka, pemain berhak mmemilih kotak yang menjadi “rumah” yang nantinya pemain lain tidak boleh berada dalam rumah tersebut.
  7. Pemain yang memiliki banyak rumah akan menjadi pemenangnya.

Permainan Tradisional Petak Umpet

permainan tradisional petak umpet
sumber : https://peringatandinidotcom.files.wordpress.com/

Permainan tradisional jawa barat yang satu ini tentunya tidak asing lagi. Siapa yang tidak kenal dengan permainan ini? ini adalah permainan yang popular bukan hanya di Indonesia banhkan mancan negarapun mengetahui permainan ini. DI Indonesia sendiri permainan petak umpet menjadi permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak pedesaan.

Sejarah

Permainan tradisional petak umpet mempunyai umur yang sudah tua, mungkin permainan ini sudah berumur ratusan tahun atau bahkan ribuan tahu, tidak ada sejarah yang memastikan, kapan permainan ini pertama kali dimainkan.

Penulis yang berasal dari Yunai menulis permainan yang diberi nama apodidraskinda, pada abad ke-2. Permainan yang ditulis oleh penulis Yunani ini menyerupai permainan yang kita kenal saat ini yaitu permainan petak umpet.

Di belahan dunia, nama petak umpet berbeda-beda, seperti di negara Spayol yang menyebutkan nama petak umpet dengan bahasanya yaitu el escondite. Bukan hanya di belahan dunia, di Indonesia sendiri permainan ini mempunyai nama yang berbeda beda disetiap daerahnya.

Peraturan Permainan

  1. Pemain berjummlah dua orang atau lebih, semakin banyak jumlah pemain semakin seru permainan.
  2. Salah seorang pemain menjadi kucing yang nantinya akan mencari teman-temannya yang bersembunyi.
  3. Permainan dimulai ketika si kucing menghadap tembok atau menutupi matanya dan menghitung, hitungan ditentukan bersama. biasanya 10-15 hitungan.
  4. Setelah hitungan selesai sikucing mencari teman-temannya yang berssembunyi.
  5. Jika menemukan temannya si kucing harus kembali ketempat dimmana dia berhitung dan mengatakan “ret” ditembok.
  6. Jika sudah ditemukan semua oleh si kucing maka pergantian kucing, pemain yang pertama kali ditemuka ia yang menggantikan si kucing.
  7. Jika pemain berhasil meng “ret” an ditempat sikucing berjaga maka ia akan aman.
  8. Sebenarnya permainan ini memiliki jenis dan peraturan yag berbeda-beda di setiap jenisnya.

Nah, itulah beberapa contoh permainan tradisional Jawa Barat, tapi permainan ini tidak hanya populer di Jawa Barat saja melainkan di Indonesia juga, selain permainan tradisional ada juga alat musik tradisional yang menjadi ciri khas Indonesia, untuk itu terus kembangkan produk Indonesia.

2 thoughts on “Permainan Tradisional Jawa Barat dan Cara Memainkannya

  1. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. salam sukses selalu. Amin

Leave a Comment