Permainan tradisional jawa timur nekeran

10 Macam-macam Permainan Tradisional Jawa Timur dan Cara Bermainnya

Permainan Tradisional Jawa Timur – Jawa Timur adalah salah satu nama Provinsi yang berada di Kepulauan Jawa, Jawa Timur terletak di sebelah Timur Pulau Jawa, terdapat banyak sekali budaya yang ada di Provinsi ini, salah satunya adalah permainan tradisional yang terdapat di Jawa Timur, berikut adalah penjelasannya.

1.Permainan Tradisional Jawa Timur Cublak-cublak suweng

PErmainan tradisioonal jawa timur cublak-cublak suweng
Sumber : www.ngalam.co.1

Cublak-cublak suweng, buat kamu yang asli dari Jawa Timur pastinya sudah tidak asing lagi mendengar kata yang satu ini, ya kata cublak-cublak suweng adalah permainan tradisional asli Jawa Timur punya, permainan ini cukup populer di kalangan anak-anak apalagi yang lahir tahun 90 an. Permainan ini juga masih dapat kamu jumpai karena masih sering dimainkan oleh anak-anak Jawa Timur.

Untuk memainkan nya butuh sedikitnya 3 orang tapi lebih baik 6 orang atau lebih, pada permainan ini ada yang namanya Pak Empo yang bertugas untuk mencari sebuah benda yang disebut seweng. Sebelum bermain akan ada pengundian siapa yang akan menjadi Pak Empo, setelah itu duduklah dan lingkari Pak Empo yang berbaring telengkup.

Setelah itu cari benda yang nantinya akan dijadikan sebagai saweng, sambil menyanyikan lagu cublak-cublak suweng, benda itu beralih dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Sampai nyayian selesai makan berhentilah benda tersebut di tangan salah satu orang, lalu semua pemain menggemgam tangannya untuk mengecoh Pak Empo mencari benda tersebut.

Jika Pak Empo salah menebak benda tersebut makan, pemain yang menjadi Pak Empo akan terlungkup dan mengulang nya kembali. Tapi jika Pak Empo berhasil menebak benda tersebut maka, yang ter tebak akan mengganti kan posisi nya sebagai Pak Empo. Permainan selesai jika seluruh pemain menyepakati untuk selesai.

2. Permainan Tradisional Jawa Timur Jamuran

permainan tradisional jawa timur jamuran
Sumber : http://1.bp.blogspot.com/

Jamuran merupakan permainan yang berasal dari Jawa Timur. Permainan ini dimainkan oleh anak perempuan dan laki-laki, jamuran biasanya dimankan pada saat sore hari di halaman, lapangan atau tempat yang memiliki cukup ruas untuk bermain permainan ini.

Cara memainkan permainan ini tidak terlalu rumit, karena untuk bermain permainan ini kamu tidak perlu menggunakan alat dan benda apapun sebagai sarat dari permainan cukup dengan pemain minimal 8 atau lebih, semakin banyak semakin seru.

Tentukan pemain yang dijadikan sebagai Jamur, cara nya bisa dengan hompimpah, setelah itu bentuk lah lingkaran dan jamur berada di tengah-tengah lingkaran. Pemain lainnya berjalan mengelilingi jamur sambil bernyanyi dan bertepuk tangan mengikuti irama.

Jika nyanyian sudah selesai makan jamur akan mengatakan sesuatu yang nantinya pemain yang melingkarinya harus mengikuti dan menuruti perintahnya, misalnya jamur berkata ‘jamur kendaraan’ makan pemain yang melingkar berhamburan dan membentuk sebuah kendaraan.

Pemain yang tidak berubah menyerupai kendaraan akan mengganti kan pemain yang menjadi jamur, apalagi jika jamur mengatakan ‘jamur patung’ makan pemain harus berubah menjadi patung dan tidak diperkenan kan untuk bergerak, yang bergerak akan mengganti kan pemain yang menjadi jamur.

3. Permainan Tradisional Jawa Timur Petil Lele

permainan tradisional jawa timur petil lele
Sumber : http://fenyyusnika.blog.upi.edu/

Petil Lele adalah permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak laki-laki, karena permainan tradisional yang satu ini memerlukan kecepatan dan ketangkasan dalam melempar dan menangkap batang bambu.

Permainan ini menggunakan 2 batang bambu dengan ukuran yang berbeda-beda, yang pertama memiliki ukuran sekitar 30 cm dan bambu yang kedua memiliki ukuran yang lebih pendek dari bambu yang pertama.

4. Permainan Tradisional Jawa Timur Nekeran

Permainan tradisional jawa timur nekeran
Sumber : http://2.bp.blogspot.com/

Nekeran adalah sebuah benda yang terbuat dari semacam kaca, berbentuk bulat dan memiliki diameter yang tidak besar dan kecil, nekeran juga dikenal dengan kelereng. Permainan ini menjadi permainan favorit anak laki-laki dan menjadi permainan tradisional Jawa Timur.

Permainan nekeran dimainkan oleh dua atau lebih orang, semakin banyak pemain akan semakin seru untuk bermain permainan yang satu ini. Sekarang sudah jarang ditemukan anak-anak yang bermain permainan ini, karena dulu saja setiap permainan ada musimnya dan waktunya.

5. Permainan Tradisional Jawa Timur Lompat Karet

Permainan tradisional jawa timur lompat karet
Sumber : https://i.ytimg.com/

Lompat karet adalah permainan tradisional yang juga banyak dan sering dimainkan oleh anak-anak perempuan Jawa Timur, memang sebenarnya permainan ini bukan berasal dari Jawa Timur tapi permainan ini menjadi permainan yang populer di Jawa Timur.

Permainan lompat karet kebanyakan dimainkan oleh anak perempuan tapi tidak menutup kemungkinan jika anak laki-laki bermain permainan ini, karena permainan tradisional tidak ada pemisah mana permainan untuk lak-laki dan untuk perempuan.

6. Permainan Tradisional Jawa Timur Petak Umpet

Permainan tradisional jawa timur petak umpet.
Sumber : http://assets-a2.kompasiana.com/

Nah, kalau yang satu ini pasti sudah tahu, permainan petak umpet bukan hanya terkenal di Indonesia saja tapi permainan ini juga terkenal di belahan Dunia sana, permainan petak umpet sangat sering dimainkan di Indonesia dan sudah dikenal sejak lama.

Karena permainan ini sudah ada sejak dulu dan banyak dimainkan oleh anak-anak negeri, masuklah permainan ini menjadi permainan tradisional. Petak umpet adalah permainan tradisional yang sampai saat ini masih sering, meskipun yang bermain tidak sebanyak dahulu.

7. Permainan Tradisional Jawa Timur Gobak Sodor

Permainan tradisional jawa timur gobak sodor.
Sumber : http://4.bp.blogspot.com/

Gobak sodor permainan yang satu ini reputasinya sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, karena ke beradaannya yang sudah lama ada dan populer nya permainan ini di kalangan anak-anak hingga remaja pada saat itu menjadikan permainan ini terkenal pada masanya.

banyak sumber mengatakan permainan gobak sodor ini berasal dari Jawa tetapi tidak bisa di pungkiri juga bahwa permainan ini dimainkan oleh hampir seluruh anak Indonesia. Gobak sodor hingga kini masih menjadi permainan yang populer, hal ini dikarenakan jika ada acara yang bernuansa nasional akan ada perlombaan permainan ini.

8. Permainan Tradisional Jawa Timur Benteng-bentengan

permainan tradisional jawa timur bentengan
Sumber : http://koransindo.com/

Bentengan memerlukan pembagian dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-10 orang/pemain, permainan tradisional bentengan banyak dijumpai di Jawa Timur, sebenarnya bukan hanya Jawa Timur tapi di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Bermain bentengan memerlukan rancangan strategi agar dapat memenangkan permainan ini, permainan ini akan lebih seru dan menantang jika dimainkan oleh anak-anak antar desa ataupun antar kelompok bermainnya.

9. Permainan Tradisional Jawa Timur Engklek

Permainan tradisional jawa timur engklekan
Sumber : https://i.ytimg.com/

Engklek merupakan suatu permainan tradisiona yang sekarang sudah jarang ditemui, meskipun begitu permainan yang satu ini pernah menjadi permainan yang populer dikalangan anak-anak pedesaan, khususnya anak-anak perempuan.

Memainkan permainan ini cukup mudah, akan gambar yang dibentuk oleh susunan kotak-kotak nah, kamun diharuskan berjalan dan melewati kotak-kotak dengan satu kaki. Permainan ini bermanfaat untuk meningkatkan daya keseimbangan yang ada pada diri anak.

10. Permainan Tradisional Jawa Timur Congklak

Permainan tradisional jawa timur congklak.
Sumber : http://porosbumi.com/

Congklak adalah permainan yang keberadaanya saat ini masih dapat dan banyak dijumpai, permainan yang membutuhkan alat ini dapat membuat otak berfikir karena jika asal jalan atau asal main kamu akan kalah dan kamu akan bermain dengan waktu yang singkat.

Jika dimainkan dengan berfikir terlebih dahulu dan mengira-ngira kamu akan memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan permainan yang satu ini. Congklak menjadi permainan yang menghibur dan mennyenangkan, tanpa harus mengeluarkan tenaga dan keringat untuk bermainnya.

Itulah beberapa permainan tradisional yang ada dan populer di Jawa Timur, sebenarnya masih banyak juga permainan lainnya yang belum sempat saya tuliskan disini, semoga bisa membantu dan mengembangkan permainan tradisional yang mulai punah dan jarang dimainkan oleh anak-anak sekarang.

2 thoughts on “10 Macam-macam Permainan Tradisional Jawa Timur dan Cara Bermainnya

Leave a Comment