Persiapan mendaki bagi pemula

Persiapan Sebelum Mendaki Bagi Pemula

Persiapan mendaki bagi pemula
sumbber : https://upload.wikimedia.org/

Indonesia adalah negara dimana terdapat banyak sekali keindahan alam yang menantang dan menabjubkan, salah satu keindahan alam di Indonesia adalah Pegunungan. Terdapat kurang lebih 141 gunung yang ada di Indonesia, untuk itu mendaki adalah hal yang harus kita coba. Sebelum itu kita harus tahu apa saja persiapan sebelum mendaki agar dapat menikmati alam Indonesia.

Mendaki gunung kini sudah menjadi hal yang harus dillakukan untuk mengisi waktu liburan, sekarang di Indonesia mendaki gunung menjadi trend, mulai kalangan anak-anak hingga lansia menjadi salah satu yang ingin menikmati ketinggian.

Persiapan sebelum mendaki sangat penting dilakukan, apalagi jika kita masih junior atau pemula yang belum ada pengalaman tentang medan dan kondisi yang kita hadapi nantinya saat perjalanan menuju puncak gunung. Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang persiapan sebelum mendaki.

Beberapa Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mendaki

Bicara tentang persiapan bukan hanya bicara uang tapi berbicara tentang segalanya, agar apa yang ingin kita capai, yaitu puncak gunung akan sulit rasanya jika kita tidak mempersiapkan dengan baik apalagi kita masih pemula, untuk itu kali ini kita akan membicarakan hal yang bersanguktan dengan persiapan sebelum mendaki bagi pemula.

1. Megetahui Tentang Gunung yang Ingin Dijadikan Pendakian

Persiapan sebelum mendaki abgi pelua
sumber : https://hd.unsplash.com/

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui tetang gunung yang menjadi tujuan kita, banyak orang yang hanya mengetahui nama dan tempat gunung berada ini akan menjadi fatal bagi kita yang masih pemula, pasalnya persiapan disetiap gunung itu tidak sama, karena sitiap gunung mempunyai cirikhas yang berbeda-beda.

Penasaran dengan  Cara Mudah Berbicara Didepan Umum

Mengetahui tentang gunung, bisa kita tanyakan kepada teman/kerabat kita yang sudah pernah menapaki kakinya dipuncak gunung tersebut atau jika belum ada teman/kerabat bisa kita cari-cari di Google tentang gunung tersebut. Pertama kita harus tau nama dan tempat gunung tersebut.

Kedua kita harus mengetahui berapa waktu yang dihabiskan dalam perjalanan menuju puncak dan turun kembali, setelah itu, cari tahu tentang kondisi dan medan yang akan dihadapi, tinggi dan jalur mana saja yang bisa dilalui, carilah gunung yang ketinggiannya di bawah 3.000 mdpl (meter dari permukaan laut).

Buat kita yang masih pemula lewatilah jalur yang mudah dan ladai, meskipun biasanya jalur yang yang landai membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke puncak tapi ini akan sangat berguna bagi kita yang masih pemula. Sebisa mungkin kita cari secara detail tentang biodata gunung tersebut.

2. Mencari Waktu yang Tepat

Persiapan sebelum mendaki bagi pemula
sumber : https://hd.unsplash.com/

Persiapan selanjutnya adalah waktu yang tepat, tentukanlah waktu yang tepat untuk mendaki jangan asal memilih waktu untuk mendaki. Musim dan hari menentukan waktu yang tepat untuk mendaki, sebisa mungkin naiklah selagi musim panas ini akan mengurangi kondisi kelelahan fisik kita dan medan yang akan kita lewati.

Musim panas juga mempermudah kita menuju puncak gunung, selain musim panas hari juga menentukan carilah hari-hari sekolah, kerja dan hari aktif sibuk, karena jika kita mendaki saat hari libur atau weekand kita akan menemukan banyak sekali orang digunung dan kita akan sulit mendapatkan tempat untuk mendirikan tenda.

Hari libur selain banyaknya orang yang mendaki juga akan mempersulit perjalanan, karena kita akan mengantri untuk menaiki gunung sebab jalan menuju puncak biasanya hanya bisa dilalui satu sampai dua orang saja, terebih lagi ada pendaki yang turun ini akan menambah lamanya perjalanan.

3. Buatlah Kelompok

Persiapan sebelum mendaki bagi pemula
sumber : http://azzamaviero.com/

Persiapan selanjutnya adalah buatlah kelompok, kelompok sangat berguna bagi kita jika ingin mendaki ajaklah temanmu yang sudah berpengalaman mendaki agar dia bisa membimbing dan menjadi ketua kelompok, selain itu mendaki bersama-sama juga akan membuat kita merasa lebih nyaman dan tidak mudah letih,

Penasaran dengan  Bayi Sering Gumoh

Kecapean atau kelelahan akan kita rasakan jika kita mendaki sendirian, saat berkelompok ada kita bisa saling mendukung jika ada diantara anggota kelompok yang menyerah, bisa berbagi cerita dan makanan, bisa saling menghibur dan bisa membuat kita merasakan aman.

Ini juga akan membuat kita peduli terhadap sesama dan melatih kesabaran juga melatih kesetiaan kawan, selain itu kebersamaan kelompok akan menambah kenangan saat kita mendaki, kenangan indah yang akan selalu terbesit dalam pikiran kita. “Sendiri akan membuatmu melangkah lebih cepat, tapi kebersamaan akan membuatmu melangkah lebih jauh”.

4. Persiapan Pribadi

  • Mempersiapkan Tubuh atau Fisik

Persiapan mendaki bagi pemula
sumber : https://unsplash.com/

Persiapan sebelum mendaki bagi pemula yang keempat adalah fisik karena mendaki akan membutuhkan tenaga yang banyak dan tubuh harus dalam kondisi fit seratus persen. Persiapan tubuh selain dalam keadaan baik juga harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat.

Sebelum mendaki baiknya santai-santai sejenak atau makan terlebih dahulu untuk mengisi energi, cuaca yang dingin akan menguras cepat energi yang ada didalam tubuh belum lagi perjalanan yang menanjak dengan pikiran yang harus terus konsentrasi.

Utuk meminimalisir kelemahan pertahanan energi dan sakit 1 minggu sebelum pendakian baiknya kita lari pagi dan melakukan olahraga rutin lainnya, ini akan membuat terbiasanya kaki kita berjalan jauh dan juga dapat meningkatkan tenaga yang ada dalam diri.

  • Peralatan yang Harus Dibawa

Persiapan sebelum mendaki bagi pemula
smber : https://www.pmtgadventure.com/

Peralatan bagi pemula untuk mendaki gunung sangat banyak tapi bawalah peralatan yang dianjurkan, penting dan yang akan digunakan, jangan terlalu banyak bawa peralatan yang tidak menjamin akan digunakan. berikut ini beberapa peralatan yang harus dibawa :

  1. Tas Gunung minimal 40 liter
  2. Jas Hujan
  3. Sleeping bag dan matras
  4. Peralatan masak dan makan
  5. Korek api
  6. Senter
  7. Tissue kering dan basah
  8. Kantong pelastik sampah (untuk kelompok)
  9. Tonggkat trakking (jika tidak ada tidak apa-apa)
  10. Tenda (ukuran kecil saja)
  11. Obat-obatan
  12. Pisau
  13. Sepatu dan Sandal gunung
  14. Sapu tangan
  15. Selayer
  • Perbekalan yang Harus Dibawa

Persiapan mendaki bagi pemula
sumber : http://2.bp.blogspot.com/

Perbekalan sebaiknya secukupya saja tidak berlebihan apalagi kekurangan, jika kekurangan kita tidak bisa mengisi tenaga kita dan kita gampang terkena sakit apalagi kedinginan dan jika berlebihan juga tidak baik karena akan menambah beban yang kita bawa. Berikut adalah perbekalan yang harus dibawa saat mendaki gunung.

  1. Air putih bawalah air secukupnya, bisa diukur dengan mata air yang tersedia di gunung yang menjadi tujuan
  2. Makanan yang coklat dan keju
  3. Gula merah/jawa
  4. Makanan Berkarbohidrat
  5. Berprotein
  6. Berlemak
  7. Berserat
Penasaran dengan  Tips Memilih Sepatu dan Sandal yang Nyaman Digunakan

itulah beberapa persiapan sebelum mendaki yang harus dilakukan untuk kita yang masih pemula, jangan lupa meminta izin kepada orang tua setelah mendapatkan izin dari orang tua kita harus mengikuti peraturan yang berlaku pada setiap pendakian, dan yang paling penting adalah berdo’alah sebelum berangkat.

Baca Juga : Daftar 10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Leave a Comment