ragam hias flora

Ragam Hias Flora yang Akan Membuat Kamu Takjub dan Berfikir

Ragam Hias Flora – sebelum kita membahas ragam hias flora alangkah baiknya jika kita memahami apa arti ragam hias itu sendiri, ragam hias merupakan bentuk atau pola dasar hiasan yang nantinya akan dijadikan sebagai pola yang diulang-ulang pada suatu karya atau seni.

Ragam hias dapat berbentuk seperti tenunan, tulisan (batik tulis), ukiran, songket dan pahatan di kaya atau batu. Tidak hanya itu saja ragam hias juga dapat berupa kerajinan tangan atau karya seni lainnya.

Untuk pengertian ragam hias flora sendiri dapat diartikan bahwa ragam hias flora adalah pola atau desain tumbuhan yang dijadikan sebagai objek motif pada karya seni dan kerajinan tangan lainnya.

Ragam hias flora biasanya di gunakan untuk pola kain batik, guci atau pot bunga, hasil kain tenunan dan ukiran. Untuk lebih memahami lagi berikut akan penulis tampilkan contoh ragam hias flora agar apa yang kamu baca lebih mudah dipahami jika diberikan contoh.

Contoh Ragam Flora Hias Batik

Salah satu pola hias flora terdapat pada batik, kamu dapat menemukan banyak sekali batik tradisional Indonesia yang menggunakan motif flora atau tumbuhan. Setiap kota di Indonesia yang memproduksi batik mempunyai ciri khas masing-masing.

Terdapat banyak sekali jenis corak batik yang di ambil atau terinspirasi dari flora (tumbuhan) dibawan ini adalah beberapa contoh saja, seperti daun kecebong, bunga, dan dedaunan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat contoh gambar dibawah ini.

Ragam Hias Batik Daun Kecebong

ragam hias flora pada batik

Ragam hias batik ini adalah ragam hias batik yang menggambarkan daun kecebong, daun kecebong biasanya hidup di perairan yang tenang. bahkan pada motif batik di atas tidak hanya menggambarkan daun kecebong saja, tapi juga beberapa gambar fauna.

Ragam Hias Batik Bunga

Ragam Hias Batik Bunga

Di Indonesia banyak sekali jenis bunga yang indah dan menyejukan mata, oleh karena itu bunga dibuat atau diilustrasikan dengan cara di gambar ulang dimana pada gambarnya dijadikan sebagai gambar ragam hias pada batik.

Penasaran dengan  Macam-macam Permainan Tradisional Indonesia dan Cara Bermainnya

Bunga yang digambar juga bermacam-macam dengan jenis dan pola yang unik dan beda-beda, inilah alasan mengapa bunga dijadikan salah satu pola atau motif pada ragam hias batik. Kamu pasti pernah menggambar bunga bukan?

Ragam Hias Batik Dedaunan

Ragam Hias Batik Dedaunan

Daun juga menjadi hal yang menarik untuk dijadikan sebagai motif pada batik, daun memiliki warna hijau yang cerah dimana kesan orang yang menggunakan batik dengan motif daun adalah sedang ceria dan senang.

Batik daun cocok digunakan dalam acara pesta, karena memiliki corak warna yang cerah. Tidak hanya orang yang mengenakannya saja namun membuat orang yang melihatnya juga menjadi ceria dan senang.

Ragam Hias Batik Daun Paku

Ragam Hias Batik Daun Paku

Buat kamu yang masih duduk dikelas 1 SMA atau sederajat terkhusus kelas MIA pasti kamu pernah mempelajari daun paku inikan? selain unik karena memiliki daun yang panjang daun ini banyak dijadikan penelitian.

Daun paku juga menjadi daun yang digambar pada batik, unik dan terlihat lebih keren dan berwibawa jika kamu mengenakannya. Harga yang dijual untuk kain batik bermotif daun ini tidaklah murah.

Ragam Hias Batik Bunga Merah Bercabang Daun

Ragam Hias Batik Bunga Merah Bercabang Daun

Kamu tahu engga di atas ini adalah gambar batik dengan jenis tumbuhan apa? atau ada yang mau menebaknya? kalau kamu engga bisa jawab dan engga tahu jawabannya apa, nanti baru saya akan kasih penjelasnnya.

Gambar motif batik diatas adalah gambar gambungan dari berbagai daun, sulit di tebak memang, mungkin kamu bisa menebaknya sendiri.

Ragam Hias Batik Berakar

Ragam Hias Batik Berakar

Nah kalau yang ini pasti kamu pernah lihat, atau bahkan pernah memakainya, yang motif batik diatas biasanya digunakan untuk sarung atau penutup kain yang digunakan ibu-ibu desa saat sedang santai ataupun ingin mandi.

Kerumitan dalam membuat mitif ini sangat, karena bisa dilihat betapa riben dan ramainya gambar daun dengan batang dan akar yang mengelilingi daun itu sendiri.

Ragam Hias Batik Paduan Bunga Dan Daun

Ragam Hias Batik Paduan Bunga Dan Daun

Kalau yang satu ini adalah gambar hias flora bungan dan dedaunan, dalam hal ini pengerajin batik tulus menggabungkan antara bungan dan dedaunan. Sehingga terlihat lebih ramai dan elegan ketika dipakai.

Bintik-bintik putih juga sengaja di tampilkan untuk memberikan kesan yang ramai, gimana tertarik untuk memilikinya? kalau iya udah engga perlu ragu, langsung aja beli batik dengan motif seperti ini.

Contoh Ragam Hias Lukisan

Tidak hanya di batik saja, ragam hias flora juga dilukis, biasanya ragam hias yang dilukis dijadikan sebagai bahan atau model untuk pegukiran. tidak mudah untuk membuat ragam hias flora pada lukisan atau karya tangan karena diperlukan keahlian dan pengalaman.

Penasaran dengan  SADIS! Makanan Khas Nganjuk Ini Dapat Membuat Orang Candu

Lebih tepatnya sih ragam hias gambar ya bukan lukisan, karena pada kenyataanya ragam hias in di gambar pada kertas. Contoh ragam hias lukisan dibawah ini bisa kamu jadikan referensi ketika ada tugas untuk menggambar ragam hias. Berikut adalah beberapa contohnya.

Ragam Hias Lukisan 16 Cabang Daun

contoh Ragam Hias flora Lukisan 16 Cabang Daun

Keren bukan? ini adalah salah satu ragam hias flora yang digunakan untuk tugas menggambar pada kertas gambar. Terdapat enam belas cabang pada setiap lingkaran, selain itu cabang yang digunakan juga disesuaikan.

Bukan itu saja, ada di setiap ragam hias enam belas cabang ini, diselingi juga dengan gamabar selingan, sehingga membuat gambar enam belas cabang ini terlihat lebih jelas dan menarik. Kamu coba deh menggambar in di buku gambar kamu.

Ragam Hias Lukisan Bunga

gambar Ragam Hias Lukisan Bunga

Kamu pastinya pernah melihat gambar diatas bukan? atau kamu pernah membuatnya? gambar bungan merah yang berada di dalam kota ini sangat menarik dan mudah untuk di tiru. kamu bisa menggambar bungan diatas dan melengkapi bagian kosong dengan kreasimu sendiri.

Ragam Hias Lukisan Bunga Naga

Ragam Hias Lukisan Bunga Naga

Dalam membuat gambar flora diatas memang tidak mudah, tapi kalau kamu bisa membuat polanya terlebih dahulu akan sangat mudah untuk menelesaikannya. terlihat lebih rumit dan keren, kamu juga bisa menggembangkannya lagi.

Contoh Ragam Hias Lukisan Bunga Mawar dan Kembang

Contoh Ragam Hias Lukisan Bunga Mawar dan Kembang

Ini adalah perkembangan dalam menggambar, dalam gambar ini awalnya kamu bisa membuat pola segi delapan terlebih dahulu. Jika gambar diatas menarik menurut kamu silahkan di jadikan referensi dalam membuat lukisan hias flora yang unik.

Contoh Ragam Hias Ukiran

Salah satu hasil yang dijadikan sebagai ragam hias flora adalah ukiran. Untuk pengukiran sendiri umumnya terdapat pada fentilasi udara, tembok atau dinding, dan ukiran pada batu. membuat ragam hias ukiran ini memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Ragam hias flora juga terdapat pada ukiran, mengukir memang bukan sesuatu yang mudah, apalagi jika mengukir tumbuh-ttumbuhan. kamu pasti suka deh melihat ukiran ragam hias flora dibawah ini.

Ragam Hias Ukiran Fentilasi

Ragam Hias Ukiran Fentilasi

Ukiran diatas biasanya digunakan sebagai etalese pintu rumah, baik itu pintu diluar maupun pintu kamar tidur. Membuat ukiran ini tidak mudah dan tidak semua orang bisa, selain itu membutuhkan waktu yang banyak untuk menyelesaikannya.

Ragam Hias Ukiran Kombinasi Burung Dengan Dedaunan di Batang Pohon

Ragam Hias Ukiran Kombinasi Burung Dengan Dedaunan di Batang Pohon

Kalau hiasan yang ini beda lagi, ragam hias flora dan fauna yang ada disini, semua diukir dan dijadikan satu. Dalam penggunkaanya ukiran diatas di gunakan untuk air mancur atau kolam ikan yang ada di rumah.

Penasaran dengan  Makanan Khas Majalengka Jawa Barat

Contoh Ragam Hias Tenun

Kain tenun dikenal dengan kain yang mahal dan produksinya memerlukan waktu yang lama, salah satu keunikan dari menenun adalah bisa dibuat motif apa saja. hal ini menjadikan ragam hias flora yang banyak terdapat pada batik dibuat juga pada kain tenun.

Membuat kain tenun tidak mudah, apalagi membuatnya harus mengikuti atau terinspirasi dari flora, namun bukan Indonesia namanya jika tidak bisa membuatnya. Berikut adalah contoh ragam hias flora yang ada pada kain  tenun.

Ragam Hias Tenun Pohon Cemara

Ragam Hias flora Tenun Pohon Cemara

Kerenkan? pohon cemara karena tinggi dan lurus menjadikan pohon cemara sebagai keunikan tersendiri. pada tenunan diatas pohon cemara dijadikan gambar utama dalam kain tenun, warna emas menambah ke kerena pada pohon cemara.

Tenunan diatas juga tidak hanya pohon cemara saja, namun juga ditambahkan hiasan atau tenunan lain sehingga terlihat lebih ramai dan elegan. Proses untuk menenun pohon cemara ini tidak sebentar, jadi maklum saja jika harga yang ditawarkan juga mengunakan kocek yang lemanyan mahal.

Ragam Hias Tenun Kembang Mahkota

Ragam Hias flora Tenun Kembang Mahkota

Ini juga merupakan pola sebelum dibua kain tenunan, tidak mudah untuk menenun dengan pola seperti ini karena harus terpisah dan pas ukurannya dengan yang lainnya. Jika dilihat dari setiap ujung pola ini memiliki pola mahkota.


Sekedar Info nih gusys, buat kamu yang lagi nyari container kamu bisa kunjungi link ini jual container, di sanakamu bisa membeli container dengan harga yang terjangkau dan aman. Kamu bisa tawarkan juga ke teman atau saudara kamy yang sedang membutuhkan container.


Tertarik untuk membuatnya atau ingin membelinya dari para pengerajin? Indonesia itu memang kreatif kawan, jadi jangan malu untuk jadi warga Indonesia, kita sudah membuktikannya bahwa salah satu keunikannya adalah ragam hias flora yang unik. Bantu share untuk jadi bagian ini itu milik Indonesia.

Leave a Comment