fakta tentang Al-Qur'an yang wajib kamu ketahui

20 Fakta Tentang Al-Qur’an yang Wajib Kamu Ketahui

20 fakta tentang Al-Qur'an yang wajib kamu ketahui
sumber : http://2.bp.blogspot.com/

Sebagai umat muslim kita harus meyakini akan kebenaran yang terkandung dalam Al-Qur’an, bukan hanya menyakini tapi juga mengamalkan dan mejadikan sebagai petunjuk kejalan yang benar. Al Qur’an adalah kalam Allah swt merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah (Dr. Subhi As-Salih).

Al-Qur’an menjadi pedoman hidup manusia dan diyakini kebenarannya hingga hari akhir, karena Allah telah menjaga keaslian isi kandungannya. Pada awalnya Al-Qur’an bukanlah kitab yang seperti kita miliki saat ini, dulunya Al-Qur’an masih di tulis di batu, dahan pohon, bahkan daun sekalipun, untuk menjaga agar tidak hilang maka dibukukanah Al-Qur’an pada masa khalifah Utsman bin Affan.

Kali ini kita akan membahas fakta tentang Al-Qur’an yang wajib kamu ketahui, tidak sedikit umat muslim di Indonesia yang belum tahu tentang fakta yang terdapat dalam Al-Qur’an atau kita yang temasuk, untuk itu kali ini kita akan bersama-sama membahas fakta-fakta tentang Al-Qur’an.

20 Fakta Tentang Al-Qur’an

1. Surat Al-Fatihah Adalah Surat yang Paling Utama

Surat Al-Fatihah mempunyai arti “Pembukaan” dilihat dari artinya saja surat ini sudah menunjukan bahwa surat ini menjadi surat diawal, surat ini adalah surat pertama dalam Al-Qur’an, surat Al-Fatihah termasuk kedalam surat Makkiyyah dengan 7 ayat.

Mengapa surat ini menjadi surat utama? Selain memiliki arti “Pembukaan” dan berada dinomor 1 dari 144 ayat, surat ini juga menjadi surat yang wajib dihafalkan oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia, karena surat ini menjadi surat yang wajib dibaca saat Sholat, baik sholat Fardu (Wajjib) ataupun Sholat Sunnah (Dianjurkan).

fakta tentang Al-Qur'an yang wajib kamu ketahui
sumber : http://www.wallpaperislami.com/

2. Al-Baqarah Menjadi Surat Terpanjang

Surat Al-Baqarah memiliki arti “Sapi Betina” termasuk kedalam surat Madaniyyah, dengan jumlah keseluruhan ayat 286 ayat. Surat ini menjadi surat kedua didalam Al-Qur’an dan mejadi surat terpajang dari 114 surat yang terdapat dalam Al-Qur’an.

3. Al-Kausar Surat Terpendek

Selain mempunyai surat terpanjang Al-Qur’an juga mempunyai surat terpendek yaitu surat Al-Kausar yang artinya “Nikmat yang Banyak” termasuk kedalam surat Makkiyyah, dengan jumlah ayat 3 ayat. Al-Kausar menjadi surat keseratus delapan dan menjadi surat terpendek.

Penasaran dengan  Teks Pembawa Acara Pengajian

4.  Al-Baqarah Ayat 282 Adalah Ayat Terpanjang

Di dalam surat terpanjang ada ayat terpanjang yaitu ayat 282, dengan jumlah baris 15 baris atau satu halaman (Al-Qur’an cetakan Madinah) yang berisi tentang utang-piutang, jual beli, dan saksi dalam transaksi. Ayat ini terdapat dalam halaman 48 didalam Al-Qur’an cetakan Madinah.

5. Ar-Rahman Ayat 64 Adalah Ayat Terpendek

Surat yang memiliki arti “yang maha pemurah” ini memiliki ayat terpendek, dengan hanya memiliki 6 atau 8 huruf hijaiyah “مُدْهَامَّتَانِ” artinya “Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya”. Tepatnya ada dihalaman 533 dibaris keempat belas.

6. Ayat yang Mengandung Seluruh Huruf Hijaiyah

  1. Surat Ali’Imran(Keluarga Imran) ayat 154, mengandung seluruh huruf hijaiyah, “ثُمَّ أَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ بَعْدِ الْغَمِّ أَمَنَةً نُعَاسًا يَغْشَىٰ طَائِفَةً مِنْكُمْ ۖ وَطَائِفَةٌ قَدْ أَهَمَّتْهُمْ أَنْفُسُهُمْ يَظُنُّونَ بِاللَّهِ غَيْرَ الْحَقِّ ظَنَّ الْجَاهِلِيَّةِ ۖ يَقُولُونَ هَلْ لَنَا مِنَ الْأَمْرِ مِنْ شَيْءٍ ۗ قُلْ إِنَّ الْأَمْرَ كُلَّهُ لِلَّهِ ۗ يُخْفُونَ فِي أَنْفُسِهِمْ مَا لَا يُبْدُونَ لَكَ ۖ يَقُولُونَ لَوْ كَانَ لَنَا مِنَ الْأَمْرِ شَيْءٌ مَا قُتِلْنَا هَاهُنَا ۗ قُلْ لَوْ كُنْتُمْ فِي بُيُوتِكُمْ لَبَرَزَ الَّذِينَ كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقَتْلُ إِلَىٰ مَضَاجِعِهِمْ ۖ وَلِيَبْتَلِيَ اللَّهُ مَا فِي صُدُورِكُمْ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِي قُلُوبِكُمْ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ” ayat ini ada di halaman 70 dengan 7 setengah baris.
  2. Surat Al-Fath (Kemenangan) ayat 29, juga mengandung seluruh huruf hijaiyah, “مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا ۖ سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ ۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِي التَّوْرَاةِ ۚ وَمَثَلُهُمْ فِي الْإِنْجِيلِ كَزَرْعٍ أَخْرَجَ شَطْأَهُ فَآزَرَهُ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ ۗ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا” Ayat ini adalah ayat terakhir dalam surat Al-Fath dengan 6 baris di halaman 515.

7. Juz 30 Terdapat Paling Banyak Surat

Fakta tentang Al-Qur'an yang wajib kamu ketahui
sumber : http://lh3.googleusercontent.com/

Juz dalam Al-Qur’an umumnya hanya berkisar 10 lembar atau 20 halaman dengan beberapa surat, tapi pada juz 30 terdapat 37 surat dan menjadi juz yang paling banyak surat-surat. Dengan jumlah halaman 23 dan juz tiga puluh juga menjadi juz penutup dan terakhir.

8. Asy-Syams, Surat yang Paling Banyak Berisi Sumpah Allah SWT

Asy-Syams yang berarti ‘Matahari” adalah surat Makkiyyah dan termasuk kedalam juz 30. Surat ke 91 ini terdapat banyak sumpah Allah SWT. dibandingkan surat-surat lainnya, dengan tujuh ayat diawal surat yang mengandung kata “Demi” yang berati sumpah.

9. Huruf “Alif “ (ا) Terdapat Paling Banyak

Huruf “alif “ menjadi huruf awal hijaiyah dan menjadi huruf terbayak yang digunakan dalam Al-Qur’an, di setiap juz dan surat pasti terdapat huruf ini. Huruf “alif” ini memiliki keistimewaan tersendiri dari huruf hijaiyah lainnya, buktinya huruf ini bisa disambung dari belakang dan depan tetapi bentuknya tidak berubah, tetap seperti semula yaitu tegak. Jumlah huruf “allif” adalah 48.872 huruf.

10. Huruf “Tho” (ط) Terdapat Paling Sedikit

20 fakta tentang Al-Qur’an selanjutnya adalah huruf “Tho” yang paling sedikit digunakan atau yang paling sedikit yang terdapat dalam Al-Qur’an dengan jumlah 1.470 menurut kitab Bustanul ‘Arifin – Imam An-nawawi pada halaman : 212-214.

Penasaran dengan  Mengenal Tentang Burung Elang Jawa, Raja Predator di Udara

11. “…فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ…” adalah Kata Terpanjang

Kata “…فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ…”  adalah kutipan dari surat Al-Hijr ayat  22 yang berarti “…Maka Kami beri minum kalian dengannya…” terdapat dihalaman 263 baris ketujuh dari atas. kalo bicara makna, keseluruhan ayat 22 membicarakan nikmat Hujan yang Allah turunkan untuk kehidupan didunia.

12. Nabi Musa, Tersebut Paling Banyak Dalam Al-Qur’an

Meskipun namanya tidak dijadikan nama surat seperti halnya nabi, Yunus, Yusuf, Ibrahim, Muhammad, dan Nuh tetapi nabi Musa menjadi nabi yang namanya paling banyak tercantum dalam Al-Qur’an, dengan jumlah penyebutan 25 kali, selain itu kisahnya juga terdapat banyak.

13. Malam “Qadar”, Malam yang Paling Utama

20 fakta tentang Al-Qur'an yang wajib kamu ketahui.
sumber : http://1.bp.blogspot.com/

Malam “Qadar” atau lebih lengkapnya “Lailatul Qadar” disebutkan dalam Al-Qur’an adalah malam kemuliaan dan malam yang lebih baik dari seribu bulan, dan Allah juga menurunkan Al-Qur’an pada malam tersebut seperti dijelaskan dalam surat Al-Qadr (Kemuliaan) ayat 1-5.

14. Ramadhan Bulan yang Paling Utama

Banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan keistimewaan bulan Ramadhan dan bulan ini adalah bulan yang paling mulia dan istimewa dibandingkan 11 bulan lainnya. Surat Al-Baqarah menyebutkan 5 ayat yang bersangkutan dengan bulan Ramadhan, surat An-Nisa juga ayat 92, surat Al-Maidah ayat 89 dan 95, surat Al-Ahzab ayat 35, surat Al-Mujadalah ayat 4, dan surat At-Tahrim ayat 5.

15. Minuman Tebaik Adalah Susu

Minumas Susu disebutkan dua kali dalam Al-Qur’an, yaitu dalam surat An-Nahl ayat ke 66 “وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ” “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.”

Dan suar Al-Mu’minun ayat ke 21 “وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهَا وَلَكُمْ فِيهَا مَنَافِعُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ” “Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan,”

fakta tentang Al-Qur'an yang wajib kamu ketahui
sumber : https://1.bp.blogspot.com/

16. Makanan Terbaik Adalah Madu

Madu, siapa yang tidak tahu manfaat dari madu, sekarang penelitian membuktikan bahwa madu mempunyai banyak kasit yang baik dan bagus untuk tubuh dan kesehatann, tentang madu Allah berfirman dalam surat An-Nahl yang berarti “Lebah” dan kita ketahui bahwa Madu diambil dari sarang lebah, pada ayat ke 69.

“ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ” yang artinya “kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” [Q.S An-Nahl : 69].

Penasaran dengan  12 Foto Meme Seleberasi Cristiano Ronaldo ke Gawang Atletico Madrid

17. Angka 100.000 Terbesar yang Allah Sebutkan Dalam Al-Qur’an

Bilangan 100.000 adalah bilangan terbesar yang ada dalam Al-Qur’an, angka ini terdapat dalam surat As-Saffat pada ayat 147. “وَأَرْسَلْنَاهُ إِلَىٰ مِائَةِ أَلْفٍ أَوْ يَزِيدُونَ” artinya “Dan Kami utus dia kepada seratus ribu orang atau lebih”. Allah juga menyebutkan angka 1.000, 2.000, 3.000, 5.000, dan 50.000.

18. Hewan  Terbesar Dalam Al-Qur’an Ikan Paus

Ikan Paus adalah hewan terbesar yang disebutkan dalam Al-Qur’an ikan ini jugalah yang diperintahkan Allah SWT. untuk menelan Nabi Yunus As. Surat Al-Anbiya ayat 87 yang menyebutkan ikan paus yang menela nabi Nabi Yunus, memang tidak disebutkan dengan jelas ikan paus tapi “Dzanuun” yang dimaksud adalah ikan paus.

20 Fakta tentang AL-Qur'an yang wajib kamu ketahui
sumber : http://www.kunggu.com/

19. Fakta Tentang Al-Qur’an Hewan Tercekil Nyamuk

ada empat hewan yang langsung dituliskan secara jelas dalam Al-Qur’an, yaitu, Nyamuk, Lebah, Unta dan Lalat dari keempat itu kita bisa menyimpulkan bahhwa nyamuk adaah hewan terkecil dibandingkan keempat hewan lainnya. Nyamuk disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat ke 26 “Sesungguhnya, Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu.

adapun orang-orang yang beriman, mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan, “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?” Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.” [Q.S Al-Baqarah : 26].

20. Anggur Buah yang Paling Banyak Disebutkan Dalam Al-Qur’an

20 fakta tentang Al-Qur'an yang wajib kamu ketahui
sumber : https://i.ytimg.com/

Buah Anggur adalah buat yang enak dan mahal, terdapat duabelas ayat dari duabelas surat yang berbeda yang menyebutkan tentang buah anggur. Buah anggur juga adalah salah sau makanan yang terdapat di Surga, seperti dijelaskan dalam keduabelas ayat tersebut, semoga kita bisa masuk kedalam surganya Allah SWT dan dijauhkan dari Nerakanya, aminn.

Ada kalimat yang baik yang bisa kita ikuti dan jika kita melaksanakan kalimat terebut Insya Allah keberkahan akan bersama kita.  “Sebaik-Baik Kalian Adalah Orang Yang Belajar Al-Quran Dan Mengajarkannya.” dan Rasulallah SAW bersabda :”Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala.” (HR. Al-Bukhari).

4 pemikiran pada “20 Fakta Tentang Al-Qur’an yang Wajib Kamu Ketahui

  1. Maaf, mohon check lagi, apa benar:
    – kata anggur lebih banyak disebutkan daripada kurma di dalam Al- Qur’an?
    -ayat terpendek itu QS 5:64? Bukankah ada ayat-ayat lain yang hanya berisi 1 satu huruf saja (nuun), dua huruf (….), dan tiga huruf (alif lam mim).

    Terima kasih.

    • Pertama, Insya Allah benar, bahwa buah anggur adalah buah yang paling banyak di sebutkan di dalam Al-Qur’an bahkan saya pernah membaca bahwa buah anggur ini disebutkan hingga empatbelas kali. Ada beberapa arti yang tidak langsung menyebutkan buah anggur itu sendiri, namun yang dimaksud adalah buah anggur.

      Kedua, mungkin yang di maksud bapak, bukan QS.5:64 tamun QS.55:65, ini benar juga karena arti pada ayat tersebut bisa kita pahami dan jelaskan, berbeda dengan ayat yang bapak maksud tersebut, terus setahu saya engga ada tuh ayat yang hanya ada satu huruf hijaiyah saya 🙂 coba deh bapak liat, yang dimaksuda surat yang diawai huruf nuun adalah surat Al-Qalam dan itu belum satu ayat, masih ada lanjutan kalimatnya 🙂

      terimak kasih atas masukan dan kritiknya, mohon maaf jika ada salah-salah, saya juga masih belajar, jadi mungkin apa yang saya tuliskan dalam artikel ini masih banyak sekali kekurangan dan kesalahan. Semoga kita termasuk kedalam golongan yang saling mengingatkan dalam kebaikan 🙂

Tinggalkan komentar