5 TIPS SUKSES CARA MENANAM JAGUNG MANIS

CARA MENANAM JAGUNG MANIS – Jagung manis atau memiliki nama latin Zea mays L. merupakan salah satu tanaman selain beras atau padi yang dikategorikan sebagai tanaman pangan dengan hasil karbohidrat yang penting dalam tubuh. Selain jagung, padi dan juga gandum yang bisa menjadi makanan sehari-hari kita sobat jamtani.

Jagung tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat kita saja, namun dikonsumsi juga oleh banyak masyarakat yang tersebar ke Amerika yang menyebar ke benua Asia dan Afrika. Jagung sendiri masuk keluarga dengan rumput-rumputan, dimana budidayanya termasuk tidak sulit dan sangat banyak budidaya jagung yang dilakukan di Indonesia.

Namun menanam jagung memang perkara mudah, lantas bagaimana dengan manisnya ? apakah sulit menanam jagung manis ? jika membicarakan sulit, sebenarnya budidaya jagung manis cenderung lebih rentan dari penyakit dan juga serangan hama dibandingkan dengan jagung biasa yang ditanam dan dipanen.

Bahkan jagung biasa memang lebih bisa beradaptasi dibandingkan jagung manis. Tetapi, seperti yang sobat jamtani ketahui bahwa harga jual yang lebih tinggi menyebabkan budidaya jagung manis tak pernah lekang oleh waktu dan banyak masyarkat yang susah-susah untuk menanam tanaman ini.

Jagung manis memang memiliki sifat dikonsumsi langsung layaknya sayur, jagung bakar atau jagung rebus. Permintaan pasar yang tinggi membuat budidaya jagung ini tak pernah berhenti berputar. Untuk anda yang ingin menanam jagung manis, berikut penjelasanya :

Syarat Tumbuh Jagung Manis

tips menanam jagung manis
gambar : https://resepkoki.id/

Tanaman jagung membutuhkan tanah yang lumayan subur dan juga harus gembur. Jika bisa anda menyediakan tanah yang termasuk kedalam organik karena ini adalah tanaman pangan. Dengan derajat keasaman tanah yang baik dan juga pH tanah kurang lebih 5,6-7,5. Maka jagung membutuhkan daerah yang netral hingga basa.

Selain itu , jagung butuh aerasi atau pengairan yang baik dengan tanah kemiringan kurang dari 8% untuk bisa ditanami jagung. Selain itu ketinggian yang bisa ditanami jagung manis khususnya adalah antara 1000-1800 m dpl, dengan lahan yang luas tentunya.

Penasaran dengan  Cara Mudah Ternak Ayam Bangkok Bagi Pemula

Cara Menanam Jagung Manis

Teknik Penanaman Jagung Manis

Pertama yakni masuk kedalam teknik menanam jagung manis yang harus anda awali dengan baik. sobat jamtani harus mempersiapkan lahan dengan lebar dan luasan yang besar, karena akan menanam jagung yang nantinya tanamannya akan banyak dan memakan lahan luas.

Setelah tiu, sobat jamtani harus mengolah tanah yang dimiliki agar gembur. Jika sudah, sobat jamtani bisa mengawali dari pemilihan bibit-bibit sebelum ditanam. Paling baik adalah bibit hybrid yang telah diakui secara fisiologi dan genetik. Jika anda memiliki lahan sebesar 1 hektar, maka bibit yang dibutuhkan sebanyak 20 hingga 30 kilogram.

Perlu diingat bahwa bibit jagung manis berbeda dengan jagung biasa, jangan sampai salah. Untuk harga bibit sendiripun memang lebih mahal dibandingkan bibit jagung biasa. Untuk mencapai hasil yang maksimal ketika pembibitan maka anda bisa memastikan bahwa di malam hari sebelumnya.

Untuk merendam bibit-bibit tersebut di larutan POC NASA dengan takaran 2-4 cc untuk setiap liter agar tanaman lebih ter-nutrisi lagi dibanding tidak direndam oleh larutan tersebut.

Persiapan Lahan Untuk Menanam Jagung Manis

Untuk sobat jamtani yang ingin menanam jangan lupa untuk mempersiapkan lahan jagung manis, karena penting dan tidak boleh ada gulma yang mengganggu. Pertama, bersihkan lahan dari tanaman-tanaman sebelumnya.

Jika gulma atau tanaman sisa sulit untuk dibersihkan maka ada cara lain untuk bisa diolah bersama dengan tanah tanpa jadi gulma. Bagaimana caranya ? Sobat jamtani cukup membakara tanaman-tanaman yang sudah dicangkul dan dibersihkan tersebut hingga menjadi abu.

Setelah itu, anda bisa mencampur abu tersebut kedalam tanah sambil melakukan pebajakan dengan menggunakan cangkul atau bajak. Cara ini akan memudahkan sobat jamtani ketika menanam sekaligus menunjang proses pembungaan secara optimal.

Tanpa harus ribet atau kesusahan membersihkan akar kecil yang mengganggu. Perlu diingat bahwa ukuran pH jagung manis yang dibutuhkan 5 pH dan jika sebuah lahan kurang dari itu, sebaiknya campurkan pupuk kandang dengan GLIO terutama jika lahan agak asam.

Maka sobat jamtani harus bisa mengakalinya dengan menambah sedikit kapur pada lahan. Lakukan langkah-langkah tersebut lebih kurang 1 bulan sebelum ditanami jagung manis.

Cara Penanaman Jangung Manis

cara menanam jagung manis
gambar : https://www.kampustani.com/

Ketika anda budidaya jagung manis, ada beberapa sistem atau cara penanaman yang bisa sobat jamtani terapkan. Cara menanam jagung manis memang satu, namun anda bisa menyilangnya dengan tanaman lain yang lebih gampang dan lebih mudah.

Penasaran dengan  Cara Mudah Bergaul Dengan Teman Baru

Pertama, ada yang biasa disebut sebagai intercropping atau lebih populer dengan nama tumpang sari. Kemudian ada yang namanya multiple cropping atau tumpang gilir yang bisa dilakukan dengan berantai tergantung dengan faktor hasil panen dan kondisi tanah tersebut.

Jika luas maka tumpang gilir lebih mudah dilakukan. Selain itu ada relay cropping atau menyelipkan beberapa tanaman berbeda selain jagung manis, misalnya menggunakan tanaman kacang.  Terakhir yaitu mixed cropping atau teknik campuran tanpa pengaturan jarak.

Sayangnya cara penanaman yang satu ini memiliki kelemahan yang rasanya tidak perlu menggunakan sistem ini,  bahwa bercocok tanam dengan teknik campuran akan rentan terhadap ancaman penyakit dan hama dan cepat menular.

Kedalaman Tanah

Selanjutnya adalah kedalaman tanah yang harus sobat jamtani perhatikan. Ketika melakukan teknik penanaman, kami memiliki beberapa tips mengenai lubang untuk menaruh bibit jagung manis, karena bibit ini manis dan bernutrisi bisa saja bibit hilang ketika di lubang penanaman.

Sobat jamtani bisa menggali kedalaman tanah hingga 5 cm dan pastikan  bahwa 1 bibit hanya untuk 1 lubang saja, kalaupun untuk persemaian maka anda bisa menanamnya 2 biji 1 lubang dan itu adalah maksimal.

Perlu diingat bahwa jagung nantinya akan besar dan juga memakan tempat, dan tidak mungkin menanam dalam 1 lubang dengan banyak bibit. Terkadang, ada beberapa masalah seperti batang tanaman yang tidak sempurna atau cenderung mengganggu tanaman lain.

Setelah tanaman nantinya tumbuh, cepat semai atau potonglah di beberapa bagian jagung. Sisakan satu lubang hanya untuk satu tanaman dan jangan sekali-kali membiarkan mereka tubuh bersama, karena bonggol yang dihasilkan tidak akan manis dan juga tanaman akan cepat mati dan bertabrakan.

Setelah itu setiap dua minggu sekali lakukan penyiangan, maksudnya dari penyiangan adalah sobat jamtani melihat apakah ada tanaman yang tanda-tanda mati atau terkena hama dan juga penyakit. Paling baik untuk melakukan penyiangan yaitu setengah bulan sejak pembibitan.

Umumnya di masa itu, akar akan lebih kuat dibanding ketika anda menanam bibit atau tanaman baru saja kecambah, sehingga sobat jamtani tak perlu khawatir akan merusak tanaman atau pohon lain.

Penasaran dengan  Tips Memilih Sepatu dan Sandal yang Nyaman Digunakan

Anda mungkin masih menungu agak lama hingga bibit tersebut menjadi pohon yang Anda inginkan. Karena alasan itulah perawatan secara tertatur dengan menyirami bibit-bibit yang telah ditanam sangat penting, tetapi apabila kelembaban tanah dirasa cukup misalnya karena hujan atau drainase anda berjalan dengan tak perlu menyirami banyak air.

Sedangkan di saat masa pembungaan, alirkan air di antara tanaman jagung untuk memercepat sekaligus meningkatkan hasil panen dan jangan berlebihan karena akan membusuk.

Waspadai Ancaman Hama dan Jamur Pada Cara Penanaman Jagung Manis

Terakhir karena sobat jamtani menanam jagung manis, maka akan banyak sekali gangguan yang mendera baik tanaman maupun bonggol hasilnya. Nah, untuk mengatasinya sudah jelas menggunakan pestisida sebagai perlindungan bagi lahan tersebut.

Apabila mendekati masa panen, maka penjagaan sobat jamtani harus semakin ekstra. Rawat hingga tanaman tersebut benar-benar panen dan awasi apakah ada hama atau penyakit yang menyerang. Masa panen akan ditandari dengan cara mengungingnya bagian jagung.

Cara panen yang tepat adalah dengan memutar tongkol jagung dan mengupas kulitnya. Keringkanlah jagung dengan mesin atau cukup dijemur selama kira-kira seminggu, jika cuaca baik maka anda bisa menggunakan matahari untuk pengeringan.

Saat memipil butiran-butiran jagung, Anda bisa memilih cara manual atau menggunakan mesin penggiling. Pisahkanlah butiran-butiran yang tidak layak supaya menghindarkan dari hama atau jamur yang menempel.

Tinggalkan komentar