Tips Budidaya Burung Puyuh Bagi Pemula!

Apa anda tahu burung puyuh ? mungkin sebagian tahu namun sebagian hanya pernah bertemu telurnya. itupun sudah menjadi kudapan atau makanan. Walaupun burung puyuh merupakan jenis burung namun sama seperti penguin jenis ini tidak dapat terbang.

Burung puyuh di alam biasanya sering membuat rumah di semak belukar ataupun sawah-sawah namun sekarang ini sudah jarang burung puyuh hidup bebas. Masyarakat di daerah Jawa Tengah memanggilnya sebagai burung gemak.

Dulu burung puyuh masuk kedalam burung buruan untuk dimasak dan dikonsumsi dagingnya karena memang sudah terbukti bahwa daging burung puyuh sangat lezat dan manis.

Terutama untuk jenis burung puyuh pedaging yang memiliki daging lembut, hal ini menyebabkan banyak orang yang menyukainya.

Tetapi karena burung puyuh semakin langka dan sulit didapat di alam maka hal mudahnya yakni melakukan ternak dan menjualnya pada tempat makan atau justru mengambil telurnya saja.

Nah untuk anda yang ingin mencoba bisnis tersebut tidak ada salahnya, anda bisa memulai dengan beberapa tips berikut ini :

Cara Beternak Burung Puyuh

Ternak Burung Puyuh

a. Pembuatan Kandang Budidaya Burung Puyuh

Hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu menyiapkan kandang untuk burung tinggal dan berkembang biak, meskipun tidak bisa terbang namun hewan tetap bisa kabur. Dengan berbekal beberapa alat dan bahan.

Seperti bambu, kayu kaso, paku, kawat kasa, palu, penggaris siku, gergaji, meteran dan juga gunting seng.

Kandang yang diperlukan untuk budidaya burung puyuh adalah kandang yang cukup memperoleh sinar matahari, tidak lembap dan udara keluar masuk dengan lancar.

Terutama karena mengurus burung agak berbau sehingga kandang biar tetap bersih dan bau nya tidak memenuhi ruangan.

Penasaran dengan  Penasaran Dengan Makanan Khas Pekanbaru? Ini Dia Jawabanya!

Biasanya ada dua bentuk kandang yang harus anda buat yaitu kandang indukan untuk puyuh usia 1 hari hingga 3 minggu dan kandang dewasa untuk 4 minggu ke atas.

1. Kandang Indukan

Jika anda membuat kandang indukan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama yaitu lampu pemanas seperti halnya anak ayam, anda harus bisa melihatnya. Jika sebagian burung berkumpul dekat lampu maka suhu kurang panas.

Jika hampir semua burung menjauhi lampu maka suhu terlalu panas untuk puyuh. Selain itu anda harus membuat kotak dengan ventilasi di bagian sisi dan juga lantai yang dilapisi dengan sekam saja.

Kandang indukan biasanya berukuran 100 cm x 100 cm dan tinggi sekitar 30 cm (memuat lebih kurang 100 ekor burung puyuh) jika anda memang memulai dengan indukan yang cukup banyak sebagai bibit.

2. Kandang Burung Puyuh Dewasa

Selanjutnya untuk kandang burung dewasa maka anda membuat dengan ukuran 50 cm x 100 cm x 35 cm dan diberi kaki setinggi 50 cm, dengan ukuran tersebut kandang dapat diisi 30-45 ekor burung.

Tentu dengan ukuran tersebut jika sudah dewasa maka anda tidak mengisi burung terlalu banyak. Selain itu baik kandang dewasa atau indukan harus sering dilihat dan dijaga kebersihannya.

Karena kandang yang bersih tentu akan menghasilkan puyuh yang sehat dan berkualitas. Usahakan untuk membuat kandang yang memiliki alas agar kotoran tidak langsung jatuh ke tanah.

Selain itu kandang dibuat agak miring karean berfungsi untuk telur yang dapat langsung keluar dari kandang ke penampungan telur. Kandang burung puyuh dewasa dapat pula dibuat secara bertingkat agar dapat menghemat ruangan.

Untuk makan biasanya sudah dibuat otomatis dan dibuat menggunakan bambu yang dibelah, untuk menghindari pakan yang terbuang karena patukan maka tempat pakan ditutup dengan kawat ram.

b. Membedakan Jantan dan Betina Burung Puyuh

Selanjutnya untuk perkembangbiakan maka anda harus bisa membedakan antara burung puyuh betina dan jantan. Sebenarnya ciri dari jenis kelamin burung puyuh yang jantang adalah warna pada bulu dada, paruh, dan anusnya.

Penasaran dengan  Makanan Khas Magetan Jawa Timur

Untuk jenis betina maka warnanya agak coklat keabuan dengan garis ataupu bintik putih. Berbeda dengan jantan yang berwarna coklat kemerahan.

Selain itu di bagian pangkal burung puyuh jantan memiliki warna coklat kemerahan namun tidak dengan betina. budidaya burung puyuh

Apabila dilihat dari bagian atas anus burung puyuh jantan terlihat ada benjolan berwarna merah dan apabila ditekan akan keluar cairan seperti busa berwarna putih namun tekan perlahan karena anda akan menyakiti mereka, sedangkan burung puyuh betina tidak ada.

c. Menjadwal Paka

Selanjutnya memasuki jadwal pakan yang harus anda lakukan sehari 2 kali, dimana makanan diberikan pagi dan sore hariagar budidaya burung puyuh berhasil dan sukses.

Untuk mengefisiensikan waktu dan juga tenaga anda bisa saja memberi makan lebih dari porsinya namun jangan terlalu penuh karena nantinya makanan akan dipatuk dan justru terbuang.

Pemberian pakan burung puyuh/hari Berdasarkan umur:

  • 1 hari – 1 minggu diberi 2 gram
  • 1 minggu – 2 minggu diberi 4 gram
  • 2 minggu – 4 minggu diberi 8 gram
  • 4 minggu – 5 minggu diberi 13 gram
  • 5 minggu – 6 minggu diberi 15 gram
  • Di atas 6 minggu diberi 17-19 gram

Selain makan puyuh akan membutuhkan Air minum hendaknya diberikan secara bebas dimana anda harus menyediakan air setiap saat. Usahakan memberikan yang bersih dan juga jernih boleh air matang ataupun air sumur.

Selama tidak tercemar, dan bersihkan tempat minum setiap 2 hari sekali karena akan bercampur dengan makanan.

d. Pemanenan Telur Burung Puyuh

Memasuki tahapan pemanenan telur, anda bisa melakukannya ketika pagi hari yakni kurang dari pukul 6 sebelum memberikan makan Telur-telur hasil pemanenan hendaknya di tempatkan pada suatu tempat.

Pisahkan ukuran telur, dengan begitu anda dapat menjualnya dengan harga yang berbeda tergantung ukuran telur. Selain itu juga memudahkan anda agar telur tidak berpotensi pecah dan rusak.

Penasaran dengan  7 Makanan Khas Ciamis Ini Membuat Kamu Ingin Berkunjung Ke Ciamis

Keuntungan Beternak/Budidaya Burng Puyuh

Setelah membahas mengenai cara beternak puyuh sekarang membahas mengenai apa saja keuntungan yang didapat dari budidaya burung puyuh?

  1. Anda bisa memberikan permintaan pasar untuk telur puyuh dimana pasar selalu saja meningkat namun tidak pernah tercukupi. Sudah tercatat untuk wilayah jabodetabek saja permintaan telur puyuh mencapai 14 juta telur per minggu nya, namun pasokan telur yang hanya tersedia 3,5 juta saja
  2. Jika bisa anda tinjau kedepan anda bukan hanya ternak telur saja namun bisa dijual burung puyuhnya kepada beberapa masyarakat yang usaha telur puyuh kecil-kecilan.
  3. Untuk jenis puyuh bukan hanya telur yang bisa anda jual. Namun pupuk kandang untuk tanaman yang berasal dari kotoran juga bisa menggunakan kotoran puyuh. Karena protein yang tinggi bagi tanaman maka banyak petani yang memutuskan menggunakan kotoran puyuh.
  4. Saingan bisnis terhadap puyuh tidaklah banyak seperti ternak lainnya karena mereka merasa sulit mencari indukan puyuh, anda jangan mau menyerah begitu saja anda harus bisa dan mau mencari burung puyuh dan membudidayakannya. Karena jelas menguntungkan dan bisa menjadi prospek jangka panjang.

Tinggalkan komentar