Cara Membuat Cuka Apel Alami Dengan Mudah dan Simple

Cara Membuat Cuka Apel Alami – Sekarang ini buah apel bukan hanya menjadi buah yang kaya akan gizi namun juga bisa di manfaatkan untuk kecantikan atau perawatan. Nah untuk mendapatkanya juga sangat mudah, namun harga yang di tawarkan cukup menguras kantong.

Lalu bagaimana? Sekarang kamu bisa membuat cuka apel alami dengan mudah dan simple, kalau kamu sulit untuk menemukan penjual yang menawarkan cuka apel, kamu bisa membuatnya sendiri. Karena sudah terbukti bahwa khasiat cuka apel sangat banyak.

Kamu  yang ingin tau dan penasaran dengan cara membuat cuka apel, kali ini akan saya bongkar bagaimana cara pembuatan cuka apel yang baik dan benar. Dan dalam tahapan ini kamu hanya memerlukan atau membutuhkan 10 langkah saja dalam proses pembuatannya, berikut caranya.

Bahan yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat cuka apel :

cara membuat cuka apel alami
Sumber : https://pix-media.priceonomics-media.com/

Untuk membuat cuka apel alami, kamu hanya memerlukan bahan-bahan yang biasa kamu jumpai, lalu apa saja bahan-bahannya? untuk lebih jelasnya kamu bisa simak, berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan cuka apel alami :

  • Buah Apel (Jumlah di sesuaikan dengan kebutuhan) yang sudah di potong kecil-kecil (1 inch)
  • Air matang secukupnya
  • Gula pasir putih
  • Cuka apel oirganik untuk mempercepat proses fermentasi (jika diperlukan)
  • Tempat (toples kaca dengan ukuran yang cukup menampung apel)

Semua bahan diatas bersifat flesksible, artinya jumlah bahan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Kamu bisa mendapatkan bahan-bahan diatas dengan mudah, jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk memikirkan bahan yang sulit di dapatkan.

Langkah-langkah dalam pembuatan cuka apel :

membuat cuka apel alami
Sumber http://onehdwallpaper.com/

Tidak perlu berpusing-pusing ria untuk apa saja yang harus dilakukan dan memerlukan proses waktu berapa lama? Sekarang kamu hanya di tunut untuk mengikuti 10 langkah mudah ini, untuk dapat membuat cuka apel alami. Ini sangat jelas dan simple dibandingkan dengan cara lainnya.

  1. Apel yang sudah di bersihkan dan di potong lalu di masukan ke dalam wadah yang sudah disediakan (toples kaca).
  2. Larutkan gula pasir putih menggunakan air matang yang sudah disiapkan (secukupnya), lalu tuangkan air gula tersebut kedalam wadah apel tadi.
  3. Masukan juga cuka apel organik (jika diperlukan).
  4. Tambahkan air putih matang hingga menutupi semua apel yang ada di wadah, lalu aduk sampai rata.
  5. Jika sudah merata, tutuplah wadah tadi serapat mungkin hingga tidak ada udara yang bisa masuk. (jika perlu tutup menggunakan kain dan ikat menggunakan karet atau sebagainya).
  6. Letakan toples tersebut di tempat yang aman, hangat dan terhindar dari sinar matahari, setelah itu biarkan selama kurang lebih 2 hingga 3 minggu.
  7. Setelah itu, pindahkan apel yang ada di toples kaca ke toples kaca lainnya yang juga bisa di tutup dengan rapat.
  8. Jika diras sudah bersih dari potongan apel, lalu aduk dan tutup kembali seperti sebelumnya dan diamkan selama 2 hingga 3 minggu.
  9. Setelah proses fermentasi yang kedua kalinya, kamu bisa mengecek dan mencobanya apakah rasa keasaman sudah cukup. Jika dirasa sudah cukup maka cuka apel sudah bisa dikonsumsi.
  10. Untuk lebih awet dalam pemakaian kamu bisa menyimpannya dalam lemari pendingin (kulkas).

nah itulah 10 langkah mudah, cara membuat cuka apel alami, kamu bisa mencobanya dirumah dan memanfaatkan cuka apel dengan keperluan kamu. Oh iya, untuk lebih aman, sekarang kamu bisa mendapatkan cuka apel merek tahesta loh, caranya kamu bisa klik ” harga cuka apel tahesta” disana kamu bisa memebeli cuka apel yang asli loh.

Penasaran dengan  Penemuan Terbaru, Khasiat dan Manfaat Udang Bagi Kesehatan

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Cuka Apel Alami Dengan Mudah dan Simple

  1. Maaf gan, cuka apel itu boleh nggak di minum, ngomong2 rasa cuka apel itu bagaimana ya ? Hahaha jadi penasaran ane, apa kayak cuka buah aren yg biasa dijadikan bahan gula aren itu… asem banget !!!

Tinggalkan komentar