Cara Mempercepat Jaringan Wifi di Rumah Kamu!

Kamu suka main game? Atau suka melakukan aktivitas multimedia? Pastinya jaringan internet menjadi kebutuhan untuk menunjang itu. Kebutuhan internet atau wifi yang cepat menjadi yang wajib di era teknologi ini. Buat kamu yang memiliki kendala jaringan wifi yang lambat di rumah, silakan bisa mengikuti langkah-langkah cara mempercepat jaringan wifi di bawah ini.

Menaruh Router di Tempat yang Tepat

Salah satu faktor agar router menghasilkan jaringan yang lancar yaitu letak penempatannya. Semakin tempat tertutup dan banyak penghalang, semakin lemah jaringan yang dihasilkan. Kamu bisa menaruh router di tempat yang terbuka, seperti di ruang tamu atau ruang tengah keluarga. Nah, akan lebih baik lagi jika bisa ditaruh di tempat yang agak tinggi.

Mengganti Firmware Router

Setiap router memiliki firmware pabrikan yang berbeda. Buat kamu yang belum tau apa itu firmware, itu semacam sistem operasi atau software nya. Nah, biasanya perusahaan membuat router dengan firmware beserta sistem updatenya. Dengan memperbarui firmware dari router, bisa membuat jaringan wifi jadi lebih cepat

Penasaran dengan  Inilah 7 Makanan Khas Medan Yang Bisa Membuat Kamu Ngiler

Restart Router atau Modem

“Silakan kak, direstart dulu!” Pasti kamu hafal dong kata-kata itu. Pesan manis dari customer service perusahaan telekomunikasi milik BUMN, si anak Indie. Hehe…

Eits.. Fokus lagi ke tutorial Cara Mempercepat Jaringan Wifi..

Ternyata merestart router juga memiliki pengaruh ke jaringan internet, karena sebuah mesin sangat wajar performanya melemah ketika dipakai terus-menerus setiap hari. Nah, dengan merestart router, berarti memberikan mesin itu bernafas atau menyegarkan diri dulu.

Ketika kamu merasa jaringan wifi di rumah melambat, dan ternyata tagihan bulanan juga sudah terbayar, jangan terburu-buru menghubungi customer service dahulu!

Coba deh kamu tekan tombol restart yang ada di router, biarkan dalam keadaan mati selama 5 detik, dan silakan nyalakan lagi.

Gunakan Password! Agar Mempercepat Jaringan Wifi

Kalo kamu baru menginstall jaringan wifi di rumah, jangan lupa untuk menggunakan password untuk mengaksesnya. Karena, Ketika kamu tidak menggunakan password, bisa jadi yang mengakses wifi kamu bukan hanya orang di rumah saja. Semakin banyak yang mengakses jaringan wifi, maka semakin lambat performanya, karena bandwith dari penyedia layanan yang terbatas.

Mengganti Router yang Sudah Lama

Kalo di awal tadi mengganti firmware router, kalo yang ini mengganti routernya. Kamu sudah melakukan berbagai cara seperti mengganti firmware router atau modem, namun tetap saja jaringan wifi tidak kunjung cepat.

Penasaran dengan  Tingkatan IQ, Kamu Termasuk Golongan yang Mana?

Coba deh dicek lagi, sudah berapa lama kamu menggunakan router itu? Seperti yang kami informasikan sebelumnya, bahwa mesin tetaplah mesin, juga memiliki usia performanya. Seperti kendaraan, semakin tua usia, makan akan semakin menyusut performanya. Sama halnya dengan router wifi, semakin lama digunakan, maka semakin melemah performanya.

Apalagi teknologi berkembang cepat, hardware pada router yang lama bisa jadi kalah canggihnya dengan hardware pada router yang terbaru, yang bisa menangkap dan menyebar luaskan sinyal dengan kecepatan ratusan megabyte.

Maka, sebagai solusinya, kamu perlu mengganti router lama kamu dengan yang terbaru.

Itulah berbagai cara mempercepat wifi yang bisa kamu lakukan, semoga artikel ini bermanfaat. Nah, kalo kamu mau tips tentang teknologi dan hiburan, silakan kunjungi verdiand.net biar kamu enggak gagap teknologi.

Penasaran dengan  Bayi Sering Gumoh

Tinggalkan komentar