Cara Menanam Kemangi untuk Pemula

melawan hama kemangi
sumber gambar : https://x.detik.com/

Kemangi merupakan salah satu daun yang banyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat memasaknya sebagai pepes, atau lalapan untuk menemani makanan utama.

Kemangi sendiri sudah dikonsumsi sejak jaman dahulu dan dianggap sebagai daun yang berkhasiat untuk mewangikan tubuh jika dikonsumsi dan menyehatkan. Terutama untuk para gadis dan para wanita yang ingin merawat tubuh dari dalam.

Umumnya, tanaman ini masuk kedalam tanaman terna atau tumbuhan yang berbatang lunak dan tidak membentuk kayu. Tanaman kemangi yang banyak tumbuh di daerah tropis ini merupakan tanaman herbal tegak semak, tajuk membulat, bercabang banyak, sangat harum dan memiliki ketinggian 0,3 – 1,5 m.

Daun kemangi memiliki wangi khas yang berasal dari kandungan sitral tinggi pada daun dan bunganya. Biasanya daun kemangi ini selalu disantap bersama-sama daun kubis, ketimun, dan sambal pada lalapan ayam atau ikan goreng.

Kandungan dari kemangi sendiri yaitu berupa 1,8 sineol, anethol, apigen, dan boron.
Daun kemangi juga mengandung asam amino arginin dan asam aspartat. Karena banyaknya peminat akan daun kemangi ini, maka banyak pula orang yang kemudian mencoba untuk membudidayakannya, oleh karena itu.

Alat dan Bahan :

  • Tanaman kemangi
  • Polybag
  • Tanah
  • Pupuk kandang
  • Cutter
  • Cetok

Masuk pada budidaya tanaman kemangi, ada beberapa tahapan yang bisa anda lakukan dalam budidaya kemangi. Apa saja ?

Cara Pembibitan Kemangi

penanaman daun kemangi

ketika anda melakukan pembibitan, pertama dimulai dengan menyemaikan benih yang bisa anda dapatkan bunga kering indukan. Setelah itu, anda bisa menyebar benih ke dalam wadah yang digunakan untuk semai.

Perlu diingat bahwa kemangi merupakan jenis tanaman yang membutuhkan penyemaian terlebih dahulu. Semain merupakan pembenihan tanaman menjadi bibit di tempat yang kecil dengan area yang tidak terlalu besar, misalnya tempat semai khusus (bentuknya seperti balok es) atau polybag kecil yang bisa menumbuhkan benih.

Penasaran dengan  10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Selesai itu benih yang menjadi bibit berubah dan anda harus menyirami setiap hari. Jika selesai bibit mencapai usia 1 bulan dan cabut secara perlahan. Kemudian pindahkan ke lahan tanam. Sirami setiap hari dan penanaman bisa serentak sekaligus. karena tujuannya sebagian lagi akan menjadi bahan yang disulam.

Pengolahan Tanah dan Penanaman Kemangi

Selanjutnya adalah pengolahan tanah dan juga penanaman. Khusus untuk pengolahan tanah, anda bisa menggunakannya dengan media tanam. Dimana pengolahan tanah ini diberikan pupuk kandang ataupun pupuk kompos sebelum dicangkuli ataupun dibajak dengan tanah gembur yang bernutrisi.

Setelah itu lahan bisa dibuat bedengan dan memanjang sesuai luas lahan. Setelah itu buat lubang berjarak 50-60 cm sebagai lubang tanam kemangi. Pilihlah lahan yang tersinari matahari dengan cukup sehingga tanaman kemangi bisa tumbuh dengan baik.

Tanam bibit pada lubang-lubang yang tersedia tiap lubang ada dua bibit. Siram secara rutin tiap pagi dan sore hari terlebih saat masa tanam awal. Selanjutnya adalah proses penanaman bibit tanaman, jika tanaman kemangi sudah mulai memperlihatkan dua sampai tiga daun.

Dimana tanaman tersebut sudah bisa dipindahkan, maka anda misa memindahkan ke tanah atau lahan ataupun pot yang berukuran besar. Agar ketika tanaman kemangi berkembang tidak perlu memindahkan lagi ke pot yang baru.

Karena tanaman yang terlalu sering dipindahkan beresiko dan bisa menyebabkan tanaman mudah mati. Tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi kan ? jika anda ingin menanam banyak maka anda bisa menanam di tempat lainnya sebagai jaga-jaga agar ketika tanaman mati anda bisa menggantinya.

Pemupukan dan Perawatan Kemangi

sumber gambar : http://www.jurnalasia.com/

Tanaman kemangi termasuk semak yang mudah ditanam dan tumbuh. Bahkan tanaman kemangi menjadi musuh untuk beberapa hama lainnya. Misalnya anda menanam tanaman jagung dan ingin mengusir hama yang memakan jagung, maka tanaman kemangi di tanam di bagian luar lahan jagung sebagai border untuk mengusir hama jagung.

Penasaran dengan  Peradaban yang Terlupakan

Namun bagaimana dengan tanaman kemanginya ? nanti akan dibahas di bawah paada artikel ini. Untuk perawatan, sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Sebelum melakukan perawatan anda pasti akan mengolah tanah dan sudah agak besar akan memberikan pupuk bukan.

Pemupukan kemangi bisa dilakukan sambil melakukan penyiangan, yaitu saat umur tanaman sudah mencapai 3-4 minggu. Pupuk yang digunakan adalah pupuk urea dengan dosis 150 kg/hektar. Ulangi pemupukan setelah 2-3 minggu kemudian. Namun, untuk pupuk urea memang menggunakan jenis yang non organik.

Sedangkan untuk perawatan jika anda ingin tinggi maka anda bisa memangkas daun disekitaran agar bisa tumbuh tinggi. Sedangkan untuk anda yang ingin tanamannya jenis rimbun, maka anda bisa memangkas tanaman kemangi untuk lebar ke samping dan semakin lama semakin rimbun.

Pemanenan Daun Kemangi

Cara Menanam Kemangi

Pemanenan tanaman kemangi bisa dilakukan jika sudah 50 hari sesudah tanam, daun kemangi sudah boleh dipetik. Lakukan pemetikan pada daun-daun muda seperti melakukan pemetikan pucuk teh.

Pemetikan akan merangsang pertumbuhan cabang-cabang baru memungkinkan lebih banyak tunas baru tumbuh. Tunas-tunas baru ini bisa dipanen pada periode panen berikutnya. Panen pucuk kemangi bisa dilakukan hingga tanaman berumur tua.

Bila ingin tanaman berumur panjang, jangan.biarkan sampai berbunga & berbuah. Pisahkan tanaman khusus untuk diambil bijinya sebagai bibit. Dengan cara ini, tanaman hendak diambil pucuknya tak terganggu produkdvitasnya.

Altematif lain dgnmenyisakan satu atau dua cabang dibiarkan berbunga & berbuah. Setelah bijinya tua cabang ni dipangkas. Biasanya kemangi dipetik sepanjang 15 cm. Bila ingin dipasarkan kemangi disatukan dalam ikatan kecil berisi 5-10 batang.

Jika anda ingin kembali menanam dan membudidayakannya anda bisa memangkasnya saja dan menyisakan batang utama, ataupun menanam kembali menggunakan benih.

Hama dan penyakit Kemangi

Untuk hama dan penyakit tanaman tersebut, sebenarnya tidak banyak. Hama penyakit menyerang tanaman kemangi sangat sedikit. Bahkan petani kemangi sangat jarang melakukan penyemprotan insektisida.

Penasaran dengan  Komparasi Ekonomi Islam vs Ekonomi Konvensional

Penyemprotan ni memang dihindr karena dikhawatirkan residunya masih tertinggal di daun dipanen rutin. Meskipun demikian, bila ditemukan ulat menyerang daun kemangi dalam jumlah besar, bisa dilakukan pengendalian dgninsektisida Azodrin sebanyak 20-30 cc/1 air; atau Diazinon 60 EC dgndosis 1-2 cc/1 air.

Sebenarnya syarat tumbuh kemangi bukanlah hal yang sulit. Kemangi tak menuntut syarat tumbuh rumit. Bisa dikatakan semua wilayah di Indonesia bolh ditanami kemangi. jelas tanahnya bersifat asam.

Kemangi juga toleran terhadap cuaca panas maupun dingin. Perbedaan iklim ni hanya mengakibatkan penampilan tanacnan sedikit berbeda. Kemangi ditanam di daerah dingin daunnya lebih lebar & lebih hijau.

Sedang kemangi di daerah panas daunnya kecil, tipis, & berwama hijau pucat.
Untuk anda yang ingin budidaya kemangi dipastikan untuk mengolah lahan yang ada dan memperhitungkan biaya yang dibutuhkan agar tidak rugi dan kekurangan.

Apalagi jika melihat pasar yang ada sangat dibutuhkan sekali kemangi di masyarakat untuk dikonsumsi. Jika anda jual dipasar sekalipun kemangi merupakan salah satu sayur yang banyak digemari.

Tinggalkan komentar