Contoh Makanan Mengandung Protein Hewani dan Nabati

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Manfaat dari protein sendiri sangat banyak, seperti memperkuat tulang, membangun masa otot, membangun sel dan jaringan tubuh, memperbaiki jaringan tubuh serta masih banyak lainnya.

Untuk dapat memenuhi kebutuhkan protein harian, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi protein. Ada begitu banyak contoh makanan mengandung protein yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

Contoh Makanan Mengandung Protein Hewani

Contoh Makanan Mengandung Protein Hewani dan Nabati

Beberapa contoh makanan tinggi protein hewani berikut bisa Anda konsumsi secara rutin untuk mendapatkan segudang manfaat dari protein.

1. Daging

Beberapa jenis daging seperti sapi dan ayam memiliki kandungan protein sangat tinggi. Dalam sepotong dada ayam tanpa kulit, Anda akan mendapatkan 50 gram protein dan 280 kalori.
Sedangkan pada 85 gram daging sapi tanpa lemak, terkandung 25 gram protein serta 185 kalori. Masing-masing jenis daging tersebut juga memiliki kandungan zat besi dan viramin B12 yang cukup tinggi.

Penasaran dengan  Berbagai Macam Manfaat, Khasiat dan Fungsi Cuka Apel Tahesta

2. Telur

Tak kalah dengan daging ayam, telur juga termasuk contoh makanan mengandung protein tinggi, terutama pada bagian putihnya. Dalam satu butir telur, terdapat 6 gram protein dengan 75 kalori. Kandungan vitamin, lemak tak jenuh dan mineral juga cukup mendominasi di dalam telur.

3. Seafood

Seafood atau makanan laut menjadi sumber protein hewan yang bisa rutin dikonsumsi. Beberapa jenis makanan laut dengan kandungan protein tinggi antara lain adalah udang, kerang, ikan dan cumi.

Dalam satu porsi ikan laut seperti tongkol dan salmon, terdapat 19 gram protein. Sementara ikan tuna memiliki kandungan protein lebih tinggi, yakni sekitar 27 gram per porsi.
Selain tinggi protein dan lezat, makanan laut juga menjadi sumber omega-3 dan mineral.

4. Jeroan

Jeroan seperti hati sapi juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Pada 100 gram jeroan sapi saja, Anda bisa mendapatkan 27 gram protein.

Meski begitu, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jeroan secara berlebihan. Pasalnya jeroan juga memiliki kandungan kolesterol tinggi yang berpotensi meningkatkan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah.

5. Susu dan Produk Olahannya

Bukan hanya menjadi sumber kalsium, namun susu juga termasuk contoh makanan mengandung protein yang wajib Anda konsumsi setiap hari. Jika Anda bosan mengonsumsi susu murni, beberapa produk olahannya bisa jadi alternatif, seperti yoghurt dan keju.

Penasaran dengan  Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Untuk Kesehatan

Jumlah protein yang terkandung dalam segelas susu yakni 8 gram, sementara pada 100 gram yoghurt terdapat 10 gram protein, dan 20 gram protein bisa Anda dapatkan dalam 100 gram keju.

Contoh Makanan Mengandung Protein Nabati

Contoh Makanan Mengandung Protein Hewani
gambar : https://doktersehat.com/

Tidak hanya hewan, nutrisi penting ini juga bisa didapatkan dari tumbuhan. Jenis protein yang didapatkan dari tumbuhan biasa disebut protein nabati.

Nah, berikut beberapa contoh makanan mengandung protein nabati tinggi.

  1. Brokoli
  2. Biji-bijian, seperti jelai (barley) dan chia
  3. Gandum utuh
  4. Kacang-kacangan, seperti kedelai, almond, buncis, kacang tanah dan lainnya
  5. Tahu, tempe.

Meski jumlah protein dari tumbuhan cenderung lebih sedikit, namun sumber protein nabati di atas juga banyak mengandung nutrisi penting lain. Sebut saja brokoli yang memiliki kandungan serat, antioksidan, vit C dan vit K tinggi. Begitu juga kacang-kacangan yang disebut sebagai sumber serat dan magnesium.

Berapa Jumlah Kebutuhan Protein Harian Anda?

Perlu Anda ketahui, setiap orang memiliki kebutuhan protein harian yang berbeda-beda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor usia dan jenis kelamin.

Berikut ini daftar kebutuhan protein harian berdasarkan usia:

  • Orang dewasa dan lansia: 60 hingga 75 gram/hari
  • Remaja 13-18 tahun: 65 hingga 75 gram/hari
  • Anak 4-12 tahun: 25 hingga 50 gram/hari
  • Anak 1-3 tahun: 15 hingga 20 gram/hari.
Penasaran dengan  Bayi Sering Gumoh

Guna memenuhi kebutuhan protein harian tersebut, tentu Anda harus banyak mengonsumsi contoh-contoh makanan mengandung protein tinggi di atas.

Tinggalkan komentar