Pengertian dan contoh anekdot

Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat

Contoh Teks Anekdot – Anekdot adalah suatu cerita lucu yang di buat untuk menghibur, menyindir dan menyampaikan ilmu. Untuk lebih jelasnya kali ini saya akan memberikan penjelasan, pengertian, struktur, ciri, unsur, kaidah, tujuan, cara, dan contoh anekdot lucu dan singkat.

Pengertian dan contoh teks anekdot lucu dan singkat
www.webmateri.com

Pengertian Anekdot

Anekdot adalah suatu cerita singkat, lucu dan menarik yang bertujuan untuk menghibur dengan menceritakan kejadian nyata ataupun tidak nyata. Anekdot bisa menjadi karya tulis yang di tulis secara singkat ataupun panjang.

Jika kita merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) anekdot memiliki arti “cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesakan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya”.

Seiring per kembangan zaman dan ilmu pengetahuan manusia yang terus bertambah menjadikan anekdot mempunyai arti yang luas, tidak hanya sebatas cerita singkat untuk hiburan tapi bisa juga di gunakan sebagai sarana penyampaian keritikan, sindiran, dan pengajakan.

Untuk lebih jelas mengetahui tentang arti luas anekdot kamu bisa membaca di situs wikipedia.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Setelah mempelajari pengertian anekdot, untuk dapat membedakan teks anekdot dengan dongeng, novel, cerpen ataupun cerita – cerita lainnya kamu juga harus mengetahui ciri – ciri yang terdapat dalam anekdot. Tidak ada jumlah yang pasti mengenai beberapa ciri anekdot, ini adalah kumpulan tentang ciri -ciri anekdot yang telah saya rangkum :

  1. Sifat dari anekdot pada dasarnya adalah cerita lucu yang menghibur tapi untuk saat ini anekdot tidak hanya menceritakan hal – hal yang lucu saja tapi juga bisa bersifat menyindir dan mengkritik secara halus.
  2. Membuat pembaca teks anekdot terhibur atau memiliki sifat yang menggelitik.
  3. Mempunyai tujuan dan maksud tertentu.
  4. Alur cerita yang menyerupai dongeng tapi bisa dibedakan secara jelas dan gamblang.
  5. Tokoh yang digunakan bisa berupa manusia, hewan, tumbuhan dan bisa juga benda – benda mati lainnya seperti piring dan lainnya.
  6. Meskipun begitu cerita anekdot mengisahkan kisah yang nyata dan relevan.
  7. Bisa juga mengenai orang – orang penting dan terkenal.

Struktur dan Unsur-unsur Teks Anekdot

struktur dan unsur-unsur teks anekdot lucu dan singkat
Sumber : www.unsplas.com

Seperti halnya karya tulis novel dan cerpen anekdot juga mempunyai struktur yang harus dilakukan oleh penulis apa bila ingin menuliskan sebuah kisah anekdot. Pada dasarnya ada lima struktur untuk menulis anekdot tapi saya akan memberikan tujuh struktur yang lebih rinci agar mudah dipahami oleh kamu.

1. Abstraksi

Abstraksi adalah kalimat yang letaknya ada pada bagian paling awal dalam penulisan anekdot, kalimat atau paragraf ini berisikan tentang gambaran yang ada pada isi teks anekdot secara singkat dan padat.

2. Orientasi

Orientasi atau jika diartikan adalah pengenalan, pada bagian anekdot orientasi berisikan tentang latar belakang terjadinya suatu kejadian yang ada pada isi teks anekdot. Bisa juga di isi dengan awal kejadian cerita sebelum terjadinya cerita lucu (permulaan).

Penasaran dengan  20 Fakta Tentang Al-Qur'an yang Wajib Kamu Ketahui

3. Event

Pada bagian even terdapat rangkaian-rangkaian peristiwa yang terjadi pada aktor yang ditulis pada tengah teks.

4. Krisis

Di sini barulah muncul permasalahan-permasalahan yang lucu dan unik yang tidak biasa terjadi pada banyak orang.

5. Reaksi

Reaksi adalah suatu unsur dalam anekdot yang di dalamnya berisi penyelesaian dan pemecahan masalah yang di hadapi oleh tokoh yang ada pada teks anekdot. Pada bagian ini jika masalah yang dihadapi sulit maka penyelesaian membutuhkan waktu yang lama.

6. Koda

Nah di bagian ini, kamu akan menemukan perubahan yang terjadi pada tokoh utama setelah iya mampu menyelesaikan dan memecahkan permasalahan yang dihadapinya.

7. Re-orientasi

Re-orientasi adalah bagian akhir dalam unsur anekdot, pada re-orientasi menceritakan bagian akhir dari kisah dan menjadi penutup bagi teks anekdot itu sendiri.

Dari tujuh unsur di atas dapat disimpulkan bahwa penulisan anekdot tidak hanya sembarangan harus mempunyai kemampuan dan kemauan untuk belajar dan menuliskan cerita lucu. Jika ini ketujuh unsur ini masih belum jelas kamu bisa membaca secara jelas pada (unsur – unsur anekdot).

Kaidah Teks Anekdot

Kaidah dalam kamus besar bahasa Indonesia mempunyai arti “ aturan yang sudah pasti, dalil dan patokan” dalam anekdot kaidah memiliki arti tentang bahasa yang digunakan dalam penulisan teks, adapun kaidah nya adalah :

  1. Menggunakan kalimat pertanyaan retorik.Retorik adalah kalimat pertanyaan yang mendengar nya tidak harus menjawab karena ini bersifat umum, dan penanya ataupun yang ditanya mengetahui jawabannya. Contoh : “Apakah kamu senang melihat orang lain menderita?”
  2. Kronologi kejadian atau peristiwa berdasarkan waktu pada saat itu.
  3. Terdapat kata yang menerangkan waktu sudah terjadi atau lampau, telah berlalu.4.
  4. Menggunakan kata – kata penghubung.
  5. Menggunakan kalimat yang mengandung unsur perintah.
  6. Menggambar kan dengan kata yang sedang terjadi dan kata kerja yang berhubungan.
Penasaran dengan  Tips Memilih Hotel di Lombok

Tujuan Teks Anekdot

tujuan teks anekdot lucu dan singkat
Sumber : www.youtube.com

Selain pengertian, ciri, struktur, dan kaidah selanjutnya adalah tujuan dari pembuatan anekdot. Untuk itu kali ini saya akan menerangkan beberapa tujuan pembuatan teks anekdot, yang mungkin sudah kamu ketahui sebelumnya.

  1. Sebagai media tulis hiburan bagi kamu – kamu yang butuh akan hiburan.
  2. Jika mengandung isi yang mengkritik dan menyindir akan membuat pihak yang di sindir berubah.
  3. Bisa dijadikan kenang – kenangan pengalaman hidup yang lucu.
  4. Menjadi cerita yang bisa di ceritakan kepada orang lain yang bisa membuat terhibur.
  5. Membuat orang tertawa yang pastinya bisa lebih rileks.

Cara Membuat  Teks Anekdot

1. Memberi Judul

Ini sudah pasti jika tidak ada judul maka kita tidak akan tahu tentang apa yang akan di bahas. Judul juga bisa menarik perhatian para pembaca untuk itu buatlah judul semenarik dan seunik mungkin.

2. Mencari Bahan

Setelah menemukan judul, tulislah bahan yang sudah ada dipikiran kamu, untuk mencari bahan yang mudah dan unik kamu dapat menceritakan pengalaman pribadu lucu atau memalukan kamu, hal ini akan membuat orang penasaran karena belum pernah tahu sebelumnya.

3. Menentukan Topik

Selajutnya adalah topik yang ingin kamu bahas, tips buat kamu agar karya anekdot kamu banyak yang di baca kamu bisa mengambil topik yang sedang tren atau ramai dibicarakan, bisa juga mengambil dari berita terbaru.

4. Menentukan Pesan Moral

Pembuatan anekdot tidak hanya semata – mata untuk menghibur, karena anekdot juga berfungsi sebagai sarana penyampaian kritikan atau informasi, jadi masukkan lah pesan moran yang terkandung  didalamnya, agar anekdot kamu bermanfaat.

Penasaran dengan  Mengerikan! Terekam Vidio Detik-detik Terjadinya Gempa di Aceh 7 Desember 2016

5. Menentukan Unsur Lucu, Jengkel, dan Konyol

Nah, ini yang harus ada pada setiap karya anekdot karena anekdot mempunyai sifat yang menghibur dan membuat tawa, jika tidak ada unsur ini maka tidak bisa dikatakan anekdot. Tuliskan saja hal – hal yang konyol dan nyata.

Contoh Teks Anekdot

pengertian, ciri, struktur, dan contoh teks anekdot lucu dan singkat
Sumber : www.gambar88.com

1. Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat

Tebak-tebakan

Udin : Oi bro, gua punya tebak-tebak nih, kalo lu bisa jawab lu gua telaktir apa aja dah,

Peot : Sebenernya sih males, tapi kalau bisa jawab lu traktir gua, oke dah

Udin : Gajah, gajah apa yang belalainya pendek?

Peot : mikir (setahu gua gajah belalinya panjang semua dah) , kaga tau ah din.

Udin : Gajah pesek (hehehehe)

Pesan di onlyshop

Pemesan : Mba, saya boleh pesen?

Penjual : Boleh mas, mau pesen apa dan berapa jumlahnya?

Pemesan : oh, enggak kok saya engga mau pesen barang…

Penjual : terus pesan apa mas?

Pemesan : Saya Cuma mau pesen, … jaga kesehatan, jangan lupa makan dan inget sholat lima waktu ya .. J

Penjual : #$%@&^*?\

2. Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Sekolah yang Aneh

Sekolah yang aneh . . .

Kenapa? Kenapa setiap aku terlambat aku dihukum

Dan jika guru terlambat tidak ada hukuman,

Yang ku tahu hanya sebuah teguran.

Sekolah yang aneh . . .

Dengar, dengar jika sekolah di ngeri tidak bayar

Tapi kenapa ada uang bangunan dan uang buku yang mesti ku membayarnya?

Sekolah yang aneh . . .

Ketika guru jarang masuk dan banyak izin,

Dan akhirnya aku tak mengerti dan memahami pelajaran,

Tapi kenapa?,

Aku yang selalu disalahkan jika tak memahami dan tak mengerti.

Setiap hari dalam tas ku, membawa bekal 2 kilo,

Dan ketika aku sampai di sana, aku merasa bosan

Hanya tugas yang kudapati, . . .

Inikah sekolah yang ada di Indonesia?

Pendidikan dengan sudah teratur untuk menjadikan “pintar anak ngeri”

3. Contoh Teks Anekdot Layanan Publik

contoh teks anekdot layanan publik
Sumber : www.admin-noname.blogspot.com

Otong dan Pak Polisi

Saat malam hari si otong pergi mengendari motor niatnya sih mau beli martabak, eh pas sampai di jalan Jendral Sudirman ternyata ada polisi yang menghentikan otong, lalu terjadilah percakapan :

Polisi : pritt ! “selamat malam, pak, boleh lihat surat – suratnya apa, bapa saya tilang pak.

Otong : wah, apaan nih, emang salah saya apa ya pa?

Polisi : Lampu motor bapa, tidak menyala saat berkendara di malam hari seperti ini, dan ini sangat bahaya, sangat rawan untuk terjadi kecelakaan.

Otong : (mencari-cari alesan) gini loh pak polisi, sekarang kan saya sedang ada di jalan Jendral Sudriman, yang bapak bisa lihat sendiri keadaan di sinih terang, lampu dimana – mana, jadi untuk apa saya menyalakan lampu saya?

Polisi : (tiba-tiba jongkok dan mengambil 2 pentil yang ada pada ban yang akhirnya ban tersebut kempes karena tidak ada angin)

Otong : (kebingungan) pak kenapa bapak mencabut kedua pentil ban saya, kan ban saya kempes dan saya tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Polis : siapa juga yang ngempesin ban, bapak, saya Cuma mengeluarkan angin yang bapak simpan di ban, kan di sinih banyak angin, jadi untuk apa bapak simpang-simpan angin, di ban lagi.

Otong : (nangis … )

4. Contoh Teks Anekdot Politik

Sebelum dan sesudah duduk

Sebelum Duduk Setelah Duduk Profesi
Berdo’a Mengaji Pak Kyai
Membersihkan Kursi Membersihkan Meja Pembantu
Turunin Kursi Angkatin Kursi Anak SD
Obral dan Nyebarin Janji Lupa Ingatan (amnesia) Politikus (engga semua loh ya)

5. Contoh Teks Anekdot Sosial

contoh teks anekdot pendidikan dan sosial
Sumber : www.akusenang.blogspot.com

Warna Danau

Di sebuah danau, ada 4 orang pria yang sedang memandangi keindahan dan kesejukan dari danau tersebut.

Pria 1 : Wah danau yang sejuk dengan warna airnya yang berwarna biru

Pria 2 : Biru dari mana itu warna air danau nya coklat, wah buta nih..

Pria 3 : eh, sudah kalian salah semua yang benar itu warna air danau ini adalah hijau, kalian tidak punya mata apa

Ke tiga pria tadi pun akhirnya bertengkar untuk memenangkan pendapatnya masing – masing tentang warna air yang  ada pada danau tersebut.

Lalu pria ke 4 pun angkat bicara

Pria 4 : Dasar kalian ini, hal warna air danau ini bening, dari mana biru, congkal dan hijau nya. Coba kalian buka semua kaca mata kalian, huh, dasar kalian ini seperti anak kecil saja bertengkar.

Ke 3 pria itupun membuka kaca matanya, dan semuanya nyengir tidak jelas…

Kesimpulan

Jadi pada intinya penbuatan anekdot memiliki tujuan tertentu sesuai tema yang ditentukan, gima kamu sudah mengerti bukan tentang pengertian, ciri – ciri, unsur, struktur, cara membuat, tujuan anekdot? kamu juga bisa mengambil contoh teks anekdot yang ada pada artiken ini. terimas kasih telah membaca :).

Tinggalkan komentar