Faktor Penyebab Terjadinya Tawuran Pelajar di Indonesia

Faktor penyebab terjadinya tawuran pelajar – Tawuran adalah perkelahian yang melibatkan banyak anggota, tawuran bisa terjadi antar kelompok, sekolah, desa, dan etnis. Tawuran suatu kegiatan yang menyimpang.

Biasanya tawuran terjadi antar pelajar yang duduk di bangku SMA (Sekolah Menengah Atas) sederajat. Tawuran menjadi gejala sosial yang menyimpang, selain itu tawuran juga berdampak negatif bukan hanya kepada pelajar akan tetapi kepada negara.

Permasalahan tawuran di kalangan pelajar biasanya disebabkan oleh konflik perorangan yang akhirnya mengajak siswa lainnya untuk membantunya dan bagi siswa yang tidak ikut dikatakan tidak setiakawan, tidak mempunyai solidaritas dan tidak mempunyai keberanian atau penakut.

Perkelahian antar pelajar ini sangat merugikan, pasalnya setelah kejadian ini ada saja fasilitas umum yang rusak bahkan tawuran juga dapat mengganggu aktivitas warga. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya tawuran antar pelajar, berikut penjelasan nya.

Faktor Keluarga

faktor keluarga
Sumber : www.hipwee.com

Biasanya pelajar yang mengikuti tawuran atau menjadi provokator terjadinya perkelahian antar sekolah memiliki keluarga yang broker, di mana keharmonisan keluarga, perhatian dan kasih sayang orang tua tidak iya dapatkan dan untuk mencari perhatian dia mengikuti kegiatan di luar norma.

Keharmonisan dalam keluarga sangat penting, inilah yang menjadi faktor utama dalam psikologis pemikiran anak. Peran orang tua dalam mendidik anaknya menjadi penyebab perilaku dan pola pikir anak, oleh karena itu ini menjadi penyebab utama pada anak.

Faktor Pergaulan

Golongan dan lingkungan
Sumber : www.youtube.com

Pada sekolah biasanya terbentuk beberapa kelompok siswa, di mana ada kelompok siswa yang rajin, yang sering menjadi juara kelas, yang menjadi perwakilan sekolah dalam berbagai ajang lomba dan ada juga sekelompok siswa yang salah dalam pergaulan yang sering sekali melanggar norma-norma yang ada di sekolah.

Ada juga siswa yang biasa-biasa saja, siswa ini biasanya asyik dengan kehidupan nya sendiri dan hanya bergaul sekadarnya saja, siswa yang satu ini biasanya tidak begitu aktif dalam sekolahnya, kelompok ini adalah siswa yang biasanya suka bermain game tapi tidak menutup kemungkinan termasuk ke dalam dua kelompok di atas.

Siswa yang sering melanggar peraturan sekolah biasanya membentuk sebuah kelompok dengan sendirinya, kelompok ini mempunyai solidaritas yang kuat pada kelompok ini jugalah yang menjadi ujung tombak terjadinya perkelahian antar pelajar.

Faktor Mental dan Gengsi

Adu Gengsi
Sumber : www.monster-bego.blogspot.com

Siswa laki-laki yang biasanya mempunyai gengsi jika tidak mengikuti kegiatan yang satu ini, bagi siswa yang tidak ikut akan dianggap bahwa dia adalah siswa yang lemah, penakut, dan akan menjadi bahan ejekan bagi siswa yang lainnya.

Gengsi yang tertanam di jiwa siswa laki-laki sangat besar, tawuran juga biasa dijadikan aksi unjuk gigi dan ajang kuat-kuatan, siapa saja yang berhasil menaklukkan lawan akan disegani oleh siswa lainnya, gengsi seperti ini harus dihilangkan.

Faktor Lingkungan

Keadaan urban dengan kondisi lingkungan di Indonesia yang di mana masyarakat nya banyak yang menengah ke bawah menjadi rentan akan kekerasan dan kejahatan. Lingkungan yang sering dirasakan oleh siswa di tempat tinggalnya sangat berpengaruh kepada siswa.

Seringnya terjadi keributan di lingkungan tempat tinggalnya membuat pola pikir anak berubah, bahwa masalah yang seharusnya bisa di selesaikan dengan kekeluargaan akan tetapi di selesaikan dengan cara kekerasan dan adu otot.

Faktor Sekolah

Faktor Sekolah
Sumber : www.dagelan.co

Faktor penyebab terjadinya tawuran pelajar selanjutnya adalah sekolah, sekolah jua ikut berperan dalam penyebab terjadinya tawuran antar pelajar. Sekolah dapat memberikan peraturan-peraturan dan akan memberikan sangsi tegas kepada siswa yang melanggar.

Pendidikan moral dan perilaku harus ditekankan dalam pembentukan karakter siswa, banyak siswa yang  melanggar peraturan sekolah tapi hukuman yang diberikan sekolah tidak membuat jera, seharusnya sekolah memberikan pendidikan yang khusus terhadap kelompok siswa yang sering melanggar.

Pihak sekolah juga mempunyai tanggung jawab tidak hanya pada jam sekolah, banyak siswa yang bolos dan melakukan kegiatan yang negatif tampan diketahui oleh pihak sekolah, kegiatan di luar sekolah lah yang menjadi cela bagi sekelompok siswa untuk melakukan tawuran.

Narkoba dan Barang Haram Lainnya

Minuman Keras
Sumber : www.tvberita.com

Ketegasan sekolah dalam melarang siswa nya untuk merokok sangat kecil, bahkan guru-gurunya pun dengan seenaknya saja merokok di hadapan para siswa, kenapa rokok karena rokok adalah awal dan jembatan untuk menggunakan barang haram lainnya.

Jika terdapat siswa yang sudah sering dan menjadi seorang perokok akut, ia akan mencoba mengkonsumsi hal lainnya tidak menutup kemungkinan untuk mengkonsumsi narkoba, selain narkoba minuman keras lainnya menjadi penyebab terjadinya tawuran.

Siswa yang bolos dan ngumpul dengan siswa lainnya biasanya mencari kegiatan, tidak hanya nongkrong saja banyak dari mereka yang meminum minuman keras yang efek nya adalah membuat keberanian pada siswa muncul.

Sehingga siswa tersebut berani melakukan apa saja, saat dalam keadaan tidak sadar juga sekelompok siswa biasanya berjalan-jalan hingga akhirnya bertemu dengan siswa lainnya yang diawali dengan saling mengejek lalu tidak terima dan akhirnya menyebabkan tawuran.

Tumbunya Jiwa Premanisme

Perhatian dari guru
Sumber : www.youtube.com

Siswa yang ingin tampil keren tapi tidak punya uang dan ingin mempunyai uang dengan cepat tampa kerja akan melakukan pemalakan atau merampas uang siswa lain yang menurutnya lemah. Melakukan secara beramai-ramai menjadikan siswa yang dipalak takut.

Tapi jika siswa yang dipalak tidak terima, lalu melapor kepada teman kelompoknya yang akhirnya membuat kesolidaritasan mereka diuji, maka hal ini akan berujung pada tawuran di mana siswa yang dipalak dengan kelompoknya akan membalas.

Perhatian Guru

Faktor penyebab terjadinya tawuran antar peajar
Sumber : www.polka.id

 

Perhatian dari guru yang kurang terhadap siswa nya menjadi penyebab terjadinya tawuran, guru yang lebih memperhatikan siswa yang berprestasi saja mengabaikan siswa yang kurang cakap dalam menerima pelajaran.

Perbedaan menangkap pelajaran dan bakat siswa semuanya disamaratakan, biasanya jika siswa tidak pandai dalam ilmu pelajaran memiliki bakat di seni atau olahraga lainnya. Seharusnya guru melakukan perhatian khusus terhadap siswa yang kurang dalam belajar nya.

Bukan hanya memperhatikan akan tetapi juga menyalurkan bakat yang dimiliki dengan mengadakan extrakulikuler untuk menampung bakat siswa di luar kemampuan dalam mengolah dan memahami ilmu pelajaran yang didapatkan.

Jika guru lebih cenderung memperhatikan siswa yang berprestasi dan mampu  maka siswa yang kurang mampu akan merasakan iri dan kurang perhatian untuk mencari perhatian biasanya mereka melakukan kegiatan yang melanggar peraturan sekolah salah satunya adalah tawuran.

Faktor Sejarah Sekolah

Salah satu yang menjadi faktor terjadinya tawuran antar pelajar adalah sekolah yang mereka tempati memiliki hubungan yang kurang baik dengan sekolah lain, hubungan kurang baik ini biasanya sudah berlangsung sudah lama dan dijadikan sebagai rivalitas.

Jika sudah begini terjadinya tawuran antar sekolah sangat sering terjadi dan sulit untuk di selesaikan, apa lagi jika ada perlombaan per tandingan yang mempertemukan dua sekolah yang sejak dulu memiliki hubungan buruk maka bisa terjadi tawuran.

Minimnya pengetahuan Agama

Minimnya pengetahuan agama
Sumber : www.azzamaviero.com

Agama menjadi faktor yang paling penting dan utama, jika diurutkan agama menjadi faktor di atas pendidikan orang tua dan keluarga. Siswa yang kurang dalam menjalankan ibadah dan cenderung untuk bermain dari pada mengikuti pengajian-pengajian.

Minimnya waktu pembelajaran di sekolah menjadi penyebab pengetahuan siswa tentang agama minim juga, sebenarnya peran orang tua dalam mengajari anaknya tentang agama juga sangat besar oleh karena itu baiknya sekolah kan di Pesantren.

Jadi jawaban dari Apa Faktor Penyebab Terjadinya Tawuran Pelajar? Pada intinya permasalahan ini hanya terinti pada pendidikan agama dan moral jika siswa sudah jauh dari agama dan moral akan muncul penyebab lainnya. Share artikel ini agar kita bisa mencegah terjadinya dan meminimalisir terjadinya tawuran.

Penasaran dengan  Semarang Juga Mempunyai Wisata Air Terjun Yang Tak Kalah Cantik! (Wisata Air Semarang)

Tinggalkan komentar