Iedul Fitri

www.arrahmah.com

  • 10 Akhir Bulan Ramadhan

 

Saat 10 Akhir bulan Romadhon biasanya sekolah dan yang lainnya sudah libur dan sudah menjadi hari bebas Nasional, saat itu juga saya memanfatkan kegiatan libur ini menjadi rangkaian ibadah saya dalam bulan Ramadhon yang hanya terjadi 1 kali dalam 1 tahun.

surabayaspot.com

Bulan yang istimewa yang dimana dibulan ini terdapat malam yang lebih baik dari 1.000 malam yaitu malam Lailatul Qodr yang terjadi di 10 malam akhir bulan Ramadhan, dan saya sangat ingin mendapatkan malam kemuliaan itu dengan BerItikaf di Masjid.

Biasanya di malam 10 akhir bulan Romadhon masjid-masjid mengadakan acara itikaf yang bisa diikuti oleh semua kalangan, sepert biasanya saya mengikuti itikaf tersebut setiap tahunnya, awalnya saya diajak oleh abi saya untuk beritikaf tapi semakin dewasa saya mengerti akan maksud abi saya.

Saya itikaf pulang pergi, hanya bermalam di masjid saja, saya berangkat setelah sholat tarawih, di masjid biasanya mengadakan pengajian setelah tarawih, dan dilanjutkan dengan kegiatan pribadi, biasanya saya meghatamkan Al-Qur’an di setiap malam.

pks-dpcpancoran.blogspot.com

Saya mulai tidur sekitar pukul 00:00 sampai dengan jam 3 pagi dibangunkan untuk melaksanakan sholat tahajjud berjama’ah dan boleh sendiri-sendiri sampai dengan waktu sahur, sahur di masjid tersdia geratis tapi sebelumnya saya mengisi daftar hadir untuk menjumlahkan berapa orang yang akan sahur.

Penasaran dengan  Ini Adalah Pilihan

Setelah sahur dilanjutkan dengan sholat subuh berjama’ah dan kajian setelah sholat subuh setelah itu biasanya saya pulang untuk melanjutkan kegiatan pribadi dirumah.

  • Lebaran

abi muid

Hari Raya Iedul Fitri adalah hari yang paling di tunggu oleh saya tapi di hari kemenangan itu juga saya sedih karena telah melewati bulan yang suci dan penuh barokah tapi ini adalah hasil dari perjuangan saya selama berpuasa 1 Bulan, karena perjuangan takakan pernah mengecewakan hasil.

Lebaran Iedul Fitri adalah waktu dimana saya meminta maaf dan memaafkan kesalahan. Saya biasanya berkeliling ke warga terlebih dahulu baru ke keluarga abi saya, setelah itu baru ke keluarga umi saya di Bekasi. Saya dan keluarga biasanya keliling komplek untuk mengunjungi rumah-rumah warga dan bersilaturahmi, setelah berkeliling dengan warga sekitar saya melanjutkan Silaturahmi ke keluarga abi saya.

www.rebon.org

Di sana saya bertemu paman, bibi, ponakan dan sepupu untuk lebaran kali ini saya sudah tidak mempunyai mbah baik yang laki-laki maupun yang perempuan karene kedua orangtua abi saya sudah meninggal dunia.nSetelah berkumpul dengan keluarga abi saya biasanya kita mengunjungi makam kedua orangtua abi saya untuk mendo’akan dan membersihkan makamnya.

Penasaran dengan  Mukhoyyam

Setelah berkupul dengan keluarga abi saya sorenya saya berangkat menuju Bekasi di sana biasanya sudah banyak anggota keluarga dari umi saya yang sudah berkumpul dan ketika rombongan dari Indramayu datag disambut dengat hangat.

nyekar

Saya sampai di Bekasi malam hari dengan perjalanan 4 jam menggunakan mobil yang sedikit melelahkan sampai di sana saya langsung ber istirahat agar paginya bisa beraktifitas dan mempunyai tenaga yang diperlukan untuk bersilaturahmi dan berbincang-bincang.

Saya biasanya menginap 3 malam di Bekasi dengan acara jalan-jalan ke kota Jakarta yang tidak macet dan sepi saat libur lebaran dan saya tidak pernah merasakan yang namanya macet karena saya selalu melawan arus mudik. Ketika yang lain pergi ke Desa-desa saya pergi ke Kota dan setelah mereka kembali ke Kota saya kembali ke Desa, sangat menyenangkan tidak pernah merasakan yang namanya macet saat libur lebaran.

keluarga abi muid

Tinggalkan komentar