pengertian kelebihan dan kekurangan masyarakat yang tinggal didaerah beriklim muson tropis

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Masyarakat yang Tinggal Didaerah Beriklim Muson Tropis

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Muson Tropis – Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan masyarakat yang tinggal dan menetap di daerah dengan iklim muson tropis kita akan membahas dulu apa itu iklim muson tropis.

Pengertian Iklim Muson Tropis

pengertian kelebihan dan kekurangan masyarakat yang tinggal didaerah beriklim muson tropis
Sumber : puserscontentstorage.blob.core.windows.net

Muson tropis adalah suatu iklim yang biasanya terjadi di daerah Asia, contohnya Indonesia adalah salah satu negara dengan iklim muson tropis. Muson juga sering diartikan sebagai angin laut yang ukurannya lebih kuat, konstan, dan besar.

Muson adalah kata yang berasal dari bahasa Arab (mosem) yang mempunyai arti musim, Kata ini sering di ucapkan untuk perubahan musim arah angin di pesisir Samudra Hinda. Di Arab sendiri kata musim disebutkan pada Laut Arab.

Kesimpulan nya, iklim muson tropis adalah iklim yang membawa bencana alam yang sangat  dahsyat dengan curah hujan, suhu, dan kelembaban yang tinggi.

Karakteristik Iklim Muson Tropis

Curah hujan yang tinggi
Sumber : www.Unspalas.com

Muson tropis mempunyai ciri dan keadaan suhu tertentu, berikut adalah beberapa karakter yang ada pada iklim muson tropis

  1.       Curah Hujan yang Tinggi

Salah satu ciri jika telah terjadi muson tropis di suatu daerah adalah curah hujan dengan tingkat tinggi. Hujan normal nya hanya terjadi beberapa saat atau paling lama beberapa jam selain itu kekuatan air yang turun pun tidak deras normal.

Penasaran dengan  Cara Mudah Bergaul Dengan Teman Baru

Saat suatu daerah sedang mengalami iklim muson tropis maka hujan deras akan mereka dapati, bukan hanya hujan dengan air yang deras saja, tapi juga angin dan suara petir yang menyambar, yang membuat keadaan di luar rumah sangat kacau.

  1.       Kelembaban yang Tinggi

Setelah hujan dengan curah yang tinggi, selanjutnya akan ada kelembaban dengan kapasitas yang tinggi dan menyebar rata ke seluruh daerah yang sedang mengalami iklim tropis. Karena ini kamu harus menjaga kesehatan karena kelebaban yang tinggi kamu mudah terkena penyakit.

  1.       Suhu Cenderung Lebih Tinggi dan Panas

Hujan, lembab tapi kok suhu panas? Sering dan lamanya hujan terjadi tidak mematahkan suhu yang panas, kenapa? Karena jika setelah hujan deras selesai maka akan terjadi panas yang lebih panas dari panas biasanya.

Intinya cuaca tidak teratur dengan jelas dan kondisi suhu dapat berubah-rubah dengan cepat dan sangat tinggi, saat inilah banyak yang mengalami sakit karena faktor cuaca yang tidak menentu dengan keadaan suhu yang naik turun.

  1.       Seringnya Terjadi Bencana Alam Ringan maupun Berat

Setelah itu, bencana alam sering terjadi dan silih berganti, biasanya karena curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir bandang, sungai-sungai meluap dan rawan longsor pada wilayah dataran tinggi.

Penasaran dengan  Makanan Khas Wonosobo? Pasti Buat Kamu Ngiler...

Suhu yang panas juga membuat hutan-hutan yang berada di dataran rendah mudah terbakar dan mengakibatkan kebakaran hutan lainnya. Banyak pohon yang mati dan kekurangan air, tanah mengering kesulitan mendapatkan air bersih dll.

Kelebihan Masyarakat yang Tinggal Di daerah Iklim Moson Tropis

kelebihan masyarakat yang tinggal di iklm muson tropis
Sumber : www.handokoberbagi.blogspot.com

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa Indonesia adalah negara yang mempunyai iklim musim tropis, selain menyebabkan banyak sekali kekurangan dan kekacauan, iklim muson tropis juga memiliki kelebihan sebagai berikut.

  1.       Memiliki SDA (sumber daya alam) yang melimpah

Kamu bisa lihat fakta yang terjadi di Indonesia, mempunyai sumber daya alam yang sangat berlimpah, bukan hanya dari bahan makanan saja yang mampu dimakan langsung, tapi juga kesuburan tanah dan berbagai jenis tanaman atau tumbuhan.

Selain itu juga kekayaan sumber daya alam dapat dilihat dari yang harus diolah terlebih dahulu, seperti minyak bumi, pertambangan, dan emas. Indonesia adalah negeri di mana semua bisa kamu dapatkan di sini.

Berbagai macam batu, gunung, dan hewan menjadi ke untung tersendiri bagi daerah yang mempunyai iklim musim tropis. Dengan kekayaan sumber daya alam ini, suatu daerah seharusnya mampu menjadi daerah yang sejahtera dan tenteram karena semua kebutuhan dapat terpenuhi.

  1.       Curah Hujan yang Tinggi Membawa Keuntungan

Tidak hanya kerugian yang didapatkan jika memiliki curah hujan yang tinggi akan tetapi, kelebihan yang bisa dimanfaatkan. Curah hujan tinggi terjadi hanya pada musim hujan saja, dan yang lainnya akan normal seperti biasa.

Penasaran dengan  Mengenal Tentang Burung Elang Jawa, Raja Predator di Udara

Curah hujan yang tinggi maksudnya sering terjadi hujan tapi tidak merata artinya hujan yang terjadi tidak merata di seluruh Indonesia inilah yang menyebabkan keuntungan tersendiri bagi masyarakat, berikut adalah keuntungan yang didapat masyarakat.

  1.       Bercocok tanam dengan segala jenis tanaman
  2.       Memelihara hewan ternak, seperti kambing, sapi, ayam, bebek, dan lain sebagainya
  3.       Dapat menampung dan menyimpan air untuk persediaan di saat musim panas
  4.       Air hujan yang deras dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari
  5.       Dengan air yang banyak dapat membuat energi lainnya seperti listrik.
  6.       Dan Keuntungan Lainnya

Seperti terdapat banyak sekali jenis fauna dan flora yang mungkin tidak ada di negara lain, tanah yang begitu subur dimanfaatkan untuk berkebun dan bertani, menghasilkan segala macam buah-buahan yang pastinya berkualitas tinggi.

Bertani beras sebagai makanan pokok sehari-hari, baik kebutuhan dalam ngeri hingga di kirim ke negara lain, mempunyai keindahan alam yang begitu menakjubkan di berbagai tempat dari sabang sampai marauke.

Tersinari oleh mata hari sepanjang hari bahkan sepanjang tahun, meskipun ada musim hujan tapi tetap memungkinkan matahari terbit dan menerangi daerah beriklim muson tropis. Dan hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Kekurangan Masyarakat yang Tinggal Di daerah Iklim Moson Tropis

sering-terjadi-bencana-alam
Sumber : santrigaul.net

Tidak ada yang sempurna di dunia ini kawan begitupun daerah yang memiliki iklim muson tropis, tidak hanya kelebihan saja yang dimiliki tapi juga kekurangan yang ada, tapi dengan adanya kekurangan ini kamu dapat meminimalisir dan beradaptasi.

  1.       Memungkinkan terjadinya suhu yang tinggi dan extrim

Suhu terkadang berubah-rubah secara tiba-tiba dan bagi masyarakat yang perlu beradaptasi biasanya akan merasakan sakit terlebih dahulu untuk bisa beradaptasi. Cuaca yang berubah ubah menjadikan aktivitas masyarakat terganggu.

  1.       Bencana alam ringan dan berat sering terjadi

Harus mempunyai ide dan penanganan yang hebat dan kreatif untuk bisa mengatasi masalah bencana alam ini. Di perlukan juga kewaspadaan dan tanggap bencana jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, baik itu kecil maupun besar.

Biasanya bencana alam biasanya terjadi saat datang musim penghujan, di mana kota yang saluran airnya mampet akan menyebabkan banjir bandang. Selain itu bagi daerah dataran tinggi curah hujan yang tinggi dapat mengakibatkan terjadinya longsor.

Baru saja kita membahas tentang pengertian, kelebihan, dan kekurangan yang dialami masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis, oh ya jika kamu pusing kamu lagi baper dan ingin ketawa-ketawa kamu bisa baca kumpulan teks anekdot.

Tinggalkan komentar