Khasiat dan Manfaat udang bagi kesehatan tubuh

Penemuan Terbaru, Khasiat dan Manfaat Udang Bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Udang Bagi Kesehatan – Udang salah satu makanan seafood yang banyak disukai oleh pecinta kuliner tapi tidak sedikit juga orang yang menghindari udang dengan alasa kolesterol jahat yang banyak ditemukan di udang. Kolesterol jahat menurut penelitian memang terdapat banyak di udang tapi udang juga memiliki kolesterol baik yang jumlahnya tidak kalah dengan kolesterol jahat.

Daftar Isi

Penasaran dengan  Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat

Khasiat dan Manfaat Udang bagi kesehatan
sumber : https://a2ua.com/

Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Udang

Udang Mengandung Selenium Sebanyak 102%

Selenium adalah mineral yang bermanfaat untuk melawan kanker dan penyakit jantung tidak hanya itu selenium juga banyak manfaat lainnya seperti, menghilangkan ketombe, katarak dan degenerasi makula, dan lain-lain. Udang mengandung selenium 102% dapat memenuhi kebutuhan selenium tubuh kita.

Udang Menandung Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf, memperoses asam folat, membantu dalam proses sinesis DNA, melepaskan energi dari makan yang dikonsumsi dan menghasilkan sel darah merah. Udang mengandung vitamin B12 yang dapat memenuhi 78% kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh kita.

Udang Mengandung Protein

Khasiat dan Manfaat udang bagi kesehatan tubuh manusia.
sumber : https://static.squarespace.com/

Protein memiliki peran penting untuk pembentukan fungsi, struktur, virus dan regulasi sel-sel makhluk hidup. Fungsi lain juga sebagai pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel, udang memiliki kandungan protein yang dapat memenuhi hingga 52% protein yang dibutuhkan tubuh.

Udang Mengandung Fosfor

Fosfor adalah mineral terbanyak setelah kalsium, fosfor berfungsi menjaga kesehatan pencernaan, kekuatan tulang dan gigi, kesehatan otak, menjaga keseimbangan hormon dan masih banyak lagi manfaat dari fosfor yang ada didalam tubuh. Didalam udang terdapat fosfor yang mampu memenuhi setengah kebutuhan fosfor ditubuh.

Penasaran dengan  Pengertian, Contoh, dan Sistem Klasifikasi Hewan dan Tumbuhan

Khasiat dan Manfaat Udang Mengandung Kolin

Kolin atau nama lainnya choline yaitu vitamin yang terdapat dan larut dalam air seringkali juga kolin dimasukan kedalam kelompok vitamin B. Udang sendiri memiliki kandungan kolin sebesar 36% yang dibutuhkan oleh tubuh.

Udang Mengandung Copper

Copper juga termasuk kedalam nutrisi yang penting dan banyak manfaatnya, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan. Udang sendiri memiliki kandungan copper dengan presentasi 32% dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Udang Mengandung Yodium

Khasiat dan Manfaat udang bagi kesehatan tubuh
sumber : http://www.healthbenefitadmin.com/

Yodium memiliki manfaat sebagai perawatan penyakit kulit yang disebabkan jamur, pencegah dan perawat gondok, mencegah stroke dan tentunya masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan oleh yodium ini. Udang adalah salah satu yang memiliki kandungan yodium yang besar yang dapat memenuhi 31% kebutuhan tubuh.

Udang Mengandung Vitamin B3

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh juga membutuhkan vitamin B13 yang berfungsi untuk mengubah protein, karbohidrat dan lemak menjadi sebuah energi yang nantinya akan digunakan untuk beraktifitas. Udang sendiri memiliki 19% vitamin B3 yang dibutuhkan dari kebutuhan tubuh manusia.

Udang Mengandung Zinc

Selain mengandung banyak sekali selenium udang juga mengandung zinc yang berfungsi untuk kekebalan tubuh, zinc sendiri adalah salah satu mineral  juga yang kebutuhannya sangat penting dalam tubuh kita. Udang bisa menambah mineral zinc yang ada dalam tubuh sebesar 17% dari kebutuhan tubuh.

Penasaran dengan  Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial

Udang Mengandung Vitamin E

Selain mengandung vitamin B12 dan B3, vitaim E juga dapat ditemukan didalam manfaat dan khasiat udang, seperti yang kita ketahui bahwa vitamin E berfungsi sebagai perawatan dan mengatasi berbagai masalah yang bersangkutan dengan kulit. 17% vitamin E yang ada pada kandungan gizi udang.

Udang Mengandung Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki kadnungan nutrisi yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, kekurangan vitamin B6 akan menyebabkan anemia dan mengalami efek samping dari obat-obat kimia yang kita konsumsi. Didalam udang sendiri memiliki 16% vitamin B6 dari kebutuhan harian tubuh.

Udang Mengandung Lemak Omega

Khasiat dan Manfaat Udang bagi kesehatan tubuh kita
sumber : http://www.manggalindo.com/

Lemak omega termasuk kedalam kelompok asam lemak esensial yang keberadaanya dibutuhkan oleh tubuh tapi tidak disintesis oleh tubuh manusia. Asam lemak omega-3 terdapat dimakanan-makanan laut termasuk udang, lemak omega yang terdapat dalam udang sebesar 14% dari kebutuhan tubuh perharinya.

Udang Mengandung Asam Patotenat/Pantotenis

Vitamin B5 adalah sebutan lain dari asam patotenat yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka yang bekerja secara in vito selain itu asam patotenat juga berfungsi sebagai perawatan rambut. Udang memiliki kandungan asam patotenat yang dapay memenuhi 12% kebutuhan ditubuh.

Baca juga : Obat pelancar asi

Udang Mengandung Vitamin A

Selain vitamin B12, B3, B6, B5, dan E udang juga mengandung vitamin A, yang kita ketahui berfungsi sebagai pengobatan mata yang akan melindungi mata dari serangan kankeer mata. Terdapat 11 % vitammin A didalam udang yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh harian.

Khasiat dan Manfaat Udang Bagi Kesehatan TubuhKhasiat

1. Udang Sebagai Obat Anemia

Seperti yang kita ketahui diatas bahwa udang memiliki banyak gizi dan diantara dizi terbanyak adalah terdapatnya banyak jenis vitamin B, seperti vitamin B3, B5, B6, dan B12 yang semuanya berfungsi sebagai penambah darah. Seseorang yang sudah diduga memiliki penyakit kekuranan darah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi udang secara cukup.

2. Udang Memiliki Khasiat Sebagai Sumber Makanan yang Kaya Akan Protein

Kandungan protein yang ada didalam udang begitu banyak dengan jumlah protein sebesar 29 gram, oleh karena ini juga udang termasuk makanan sehat didunia bahkan memasuki 10 besar. Cara penyajian udang akan mempengaruhi kandungan protein yang terdapat dalam udang.

3. Udang Sebagai Peningkat Nafsu Makan

Khasiat dan manfaat udang bagi kesehatan tubuh kita.
sumber : https://hd.unsplash.com/

Khasiat dan udang juga dapat meningkatan nafsu makan setiap orang pasti berbeda-beda, sangat disarankan untuk kita yang kurang memiliki nafsu makan agar mengkonsumsi udang, karena didalam udang terdapat zat peptida yang akan meransang hormon nafsu makan.

4. Udang Memiliki Kahsiat dan Manfaat Sebagai Pencegah Penyakit Kanker

Kanker termasuk kedalam penyakit yang mematikan dan sangat berbahaya, semua orang beresiko terkena penyait kanker. Daging udang memiliki selenium  dengan jumlah yang cukup besar yaitu 102% dengan ini udang dapat memenuhi kebutuhan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, selenium bermanfaat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

5. Khasiat Udang Sebagai Peyeimbang Hormon

Peyeimbang hormon sebenarnya adalah manfaat yang paling utama yang dimiliki oleh udang, buat kita yang sering beraktifitas dengan keras apalagi yang suka berolahraga disarankan untuk mengkonsumsi udang karena  dapat meningkatkan massa otot dan juga akan membentuk masa otot dengan baik.

6. Manfaat Udang Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Bukan hanya jantung sebenarnya udang juga dapat mencegah penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes dan depresi. Kandugan selenium yang terdapat dalam udang sangat bermanfaat bagi tubuh, dengan memiliki banyak sekali selenium tubuh kita akan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

7. Udang Memiliki Kahsiat dan Manfaat Dapat Menguatkan Tulang

Khasiat dan manfaat udah bagi tubuh kita.
sumber : http://4.bp.blogspot.com/

Kandungan fosofr yang tinggi memiliki manfaat tersendiri bagi pengkonsumsi udang, pasalnya fosfor  dapat memuat padat tulang kita selain itu pula fosfor berfungsi menguatkan persendian yang rapuh. Selain menguatkan tulang, kandungan fosfor yang ada dalam udang dapat memperkuat gigi yang biasa kita gunakan untuk menghalskan makanan.

8. Udang Bisa Menjadi Sumber Nutrisi

Jumlah selenium yang mencapai 102% dapat memenuhi kebutuhan selenium tubuh dengan mengkonsumsi 4 ons udang yang direbus, selain  selenium udang juga memiliki kandungan 75% vitamin B12, 50% foforus, dan memiliki 36% kolin yang dapat memerangi radikal bebas.

9. Udang Memiliki Kandungan Zat Anti Inflamasi

Penelitian telah membuktikan bahwa udang selain mengandung banyak vitamin juga mengandung zat yang berguna untuk anti inflamasi, Zan anti inflamasi menurut penelitian sangat bergua untuk mencegah dan mengobati inflamasi.

10. Udang Memiliki Kahsiat dan Manfaat Sebagai Pelindung Kulit

Salah satu gizi khasiat dan manfaat yang dimiliki udang yaitu protein, jumlah protein yang tidak sedikit mampu menjaga kesehatan kulit, sebenarnya tidak hanya kulit, rambut dan kuku juga termasuk yang dapat dilindungi. Selain itu juga astaxanthin yang terdapat dalam udang mampu melindungi kulit dari penuaan dini.

Tips Memasak Udang Agar Tetap Bergizi

Khasiat dan Manfaat Udang Bagi Tubuh
sumber : https://hd.unsplash.com/

Cara penyajian yang salah dapat mengurangi gizi yang terkandung dalam udang, bukan hanya itu penyajian yang salah juga akan berdampak negatif bagi sipengkonsumsi. Disarankan untuk mengkonsumsi udang secara cukup dan tidak berlebihan, karena mengkonsumsi udang secara berlebihan akan membahanya kan tubuh kita, dan berikut tips untuk memasak udang agar tetap bergizi dan bernutrisi.

Hindari Penyajian Dengan Cara Di Goreng

Udah memiliki banyak kandungan kolestrol yang baik dan jahat, dan pada minyak goreng juga terdapat kolestrol jahat yang nantinya jika di goreng akan menambah korestrol jahat pada udang dan kolestrol baik akan berkuran atau tidak mampu melawan kolestrol jahat.

Merebus atau Mengkukus

Merebus/mengukus sangat dianjurkan untuk penyajian udang, karena udang yang direbus tidak akan menambah jumlah kolestrol jahat karena tidak tersentuh oleh minyak goreng, campurlah udang dengan bahanlainnya agar lebih bervariasi dan tidak membosankan untuk dimakan.

Bolehkah Dibakar?

khasiat dan Manfaat Udang bagi kesehatan
sumber : http://masak2.com/

Bagi sebgaian orang memakan makanan rebus tidak begitu mengasikan atau menarik untuk itu cara lain agar dapat mengkonsumsi udang tanpa menambah jumlah kolestrol jahat dengan cara dibakar. Membakar udang akan tetap menjaga nutrisi yang terkandung dalam udang, selain itu disajikan dalam bentuk dibakar akan menambah nafsu makan karena rasanya yang gurih dan krispi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat udang bagi kesehatan dari gizi, manfaat dan cara menyajikannya, intinya kesehatan itu mahal jagalah kesehatan diri kita degan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan jangan lupa juga berolahraga yang teratur.

2 pemikiran pada “Penemuan Terbaru, Khasiat dan Manfaat Udang Bagi Kesehatan

Tinggalkan komentar