Makanan Khas Bali Yang Pasti Membuat Kamu Ngiler Dan Pastinya Halal

Makanan khas bali – Siapa sih yang tidak mengenal pulau bali ?. Pulau yang terkenal dengan sebutan pulau dewata ini. Semua orang tentunya sudah pada tahu dengan kota yang satu ini. pulau dewata memang terkenal dengan kota yang memiliki tempat pariwisata yang sangat indah.

Kota dewata juga merupakan kota yang banyak di kunjungi oleh turis dari negara asing. bukan hanya keindahan saja kota dewata pun mempunyai makanan khas yang bisa membuat kamu ngiler.

Makanan khas kota bali sangat enak sekali dan mempunyai ciri khas tersendiri. Makanan khas puau dewata dikenal mempunyai rasa yang dominan manis dan juga pedas. Oleh karena itu banyak dari wisatawan yang menikmati sedapnya makanan khas pulau dewata ini.

Okeh langsung saja berikut adalah makanan khas pulau dewata :

Makanan Khas Bali Ayam Dan Bebek Betutu

nasi ayam campur khas bali
sumber: willmeyrick.com

 

Bagi anda pencinta pedas tentunya anda tidak akan melewatkan makanan khas bali yang satu ini. Ayam dan bebek betutu mempunyai rasa yang nikmat juga pedas, karena ayam betutu di masak dengan banyak rempah-rempah.

Istimewanya lagi bumbunya tidak di oleskan melainkan di masukan langsung di dalam tubuh ayam. Oh iya, ayam dan bebek betutu disajikan tidak hanya sayapnya saja melainkan satu ayam utuh di sajikan langsung kepada pengunjung yang memesan.

Ayam betutu dimasak di atas bara dengan di bungkus daun pisang sehingga mempunyai aroma yang khas. Bagi anda yang berkunjung ke pulau dewata jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan ini. Di jamin anda bakalan ketagihan dan bakalan kenyang tentunya hehehe.

Penasaran dengan  Ragam Hias Flora yang Akan Membuat Kamu Takjub dan Berfikir

Makanan Khas Bali Sete Lilit

sate lilit khas bali
sumber: resephariini.com

Bicara tentang sate tentunya anda sudah pada tahu bukan bentuk satenya seperti apa? Pada umumnya sate berbentuk daging yang di bentuk kotak dan kemudian di tusuk dengan bambu. Namun di kota dewata mempunyai sate yang sangat unik sekali bentuk satenya tidak seperti pada umumnya.

Sate lilit merupakan sate yang melilit tusuk satenya yang berbahan dari daging ikan tengiri maupun ayam.

Makanan Nasi Campur Ayam Bali

betutu khas bali
sumber: Openrice

Nasi campur merupakan makanan khas bali yang tersusun dari nasi, sate lilit, suwiran ayam, sambal dan yang lainnya. Makanan ini sangat umum sekali sehingga banyak di jual di semua rumah makan di bali.

Nasi campur memang merupakan makanan yang banyak di minati oleh penduduk bali. Nasi campur memiliki rasa yang sangat enak sekali di tambah lagi rasa sate lilit dan suwiran ayam.

Jika anda berkunjung ke kota bali jangan sampai melewatkan makanan khas bali yang satu ini. Selain membuat kenyak tentunya terasa niknat dan sangat murah.

 

Lawar Kuwir

lawar kuwir makanan khas bali
sumber: perutgendut.com

 

Lawar kuwir adalah makanan khas bali yang berbahan dasar dari daging bebek dan entog. Daging entok akan di cincang serta di campuri sayuran dan di masak dengan bumbu rempah khas bali.

Makanan ini biasa di santap sebagai pendamping dari nasi campur khas bali.  Rasanya yang nikmat membuat anda akan ketagihan jika mencicipinya.

Penasaran dengan  Makanan Khas Majalengka Jawa Barat

Maka dari jika berkunjung di sana jangan hanya menikmati wisatanya saja. Anda juga harus menikmatu makanan khas bali.

Serombotan

serombong khas bali
sumber: DetikFood

Serombotan adalah makanan khas bali yang berbahan dasar sayuran seperti kacang-kacangan dan tauge. Jika di jawa sih bisa di sebut dengan pecel ya semacam itu lah. Namun serombotan ini sesuai namanya yang memiliki bahan sayur yang banyak.

Makanan khas bali ini berbeda dengan makanan yang ada di jawa. Serombotan ini di racik dengan bumbu yang sepesial dan tentunya enak sekali. Nama bumbunya adalah kalas.

Di sebut kalas karena terbuat dari campuran kunyit, kencur, lengkuas, bawang putih, bawang merah dan ketumbar.

Rujak Bulung Dan Rujak Kuah Pindang

rujak kahs bali
sumber: perutgendut.com

Semua orang tentunya sudah tahu dengan rujak dan pastinya sering memakannya, terlebih lagi bagi ibu yang sedang nyidam. Rujak di bali tidak sama dengan rujak pada umumnya rujak khas bali merupakan rujak yang menggunakan kuah pindang.

Rujak ini biasanya berbahan dari mangga muda yang di kasih kuah pindang dan di kasih cabe yang sangat pedas.

Rasanya sangat menggoda lidah, rasa asam dari mangga bercampur dengan rasa pedas membuat mata melek tentunya.

Makanan Khas Bali Nasi Jinggo

nasi jinggo khas bali
sumber gambar: ibalitour.com

 

Nasi jinggo khas bali merupakan makanan yang sangat murah sekali, perporsi bisa anda nikmati hanya dengan mengeluarkan uang Rp 5000 saja. Murah bukan?, selain itu nasi jinggo mempunyai rasa sangat nikmat untuk di santap dan juga di iringi sambal yang sangat pedas.

Nasi jinggo di sajikan di atas daun pisang dan memiliki porsi nasi yang tidak sedikit. Nasi jinggo juga di lengkapi dengan mie goreng, suwiran ayam, tempe serta sambal yang sangat pedas. Dengan harga murah tentunya mempunyai rasa yang sangat istimewa sekali.

Penasaran dengan  Aneh? 9 Makanan Khas Bangka Belitung Ini!

Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota bali anda wajib mencicipi makanan yang satu ini. Di jamin anda akan merasa puas dengan rasanya.

Makanan Khas Bali Nasi Topeng

nasi tepeng khas bali
sumber: OkezoneLifestyle.com

Nasi topeng merupakan makanan khas bali yang berasal dari daerah Gianyar yang mempunyai tekstur nasi yang sangat lunak. Bentuknya seperti nasi lamongan pada umumnya hanya saja nasi topeng khas bali mempunyai rasa yang berbeda.

 

Nasi topeng di sajikan dengan irisan mentimun dan lauk lainya dan tidak ketinggalan nasi topeng juga di sajikan dengan sambal yang super pedas.

2 pemikiran pada “Makanan Khas Bali Yang Pasti Membuat Kamu Ngiler Dan Pastinya Halal”

Tinggalkan komentar