Kamu Harus Tahu, Makanan dan Minuman Khas Batam Ini!

Makanan Khas Batam – Batam adalah nama salah satu kota yang berada di Provinsi Riau, Indonesia. Di Riau, Batam merupakan kota besar dimana Batam memiliki 1,1 juta jumlah penduduknya, angka yang tidak sedikit untuk penduduk disuatu kota. Kalao kamu mau buah tin klik di sini jual buah tin.

Batam merupakan kota yang sangat stategis untuk berbisis dan membuka usaha di sana, karena kota Batam merupakan jalur pelayaran Internasional, tidak hanya itu Batam juga merupakan perbatasan antara Indonesia dengan Singapur dan juga Malaysia.

Kerena merupakan jalur pelayaran Internasional, banyak masyarakat yang membuka usaha dengan cara berjualan khususnya makanan Indonesia. Tapi di sana juga di jual makanan khas Batam, selain untuk berbisnis tujuan lainnya adalah untuk mengenalkan makanan Batam ke penduduk asing.

Buat kamu yang lahid dan hidup di Indonesia jangan sampe ketinggalan informasi ya tentang makanan apa saja yang menjadi makanan khas Batam. Kalau berlum tahu mari kita simak artikel berikut ini mengenai makanan khas Batam.

Daftar Isi

Penasaran dengan  7 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat Ini Memang Lagi TREN!

Minuman Khas Batam Teh Obeng

es obeng minuman khas batam
Sumber : http://yudistiraonmedia.blogspot.co.id/

Di kota Batam terkenal minuman yang menyegarkan dan mennyehatkan tidak lain dan tidak bukan adalah teh obeng. Nama obeng berasal dari bahasa Tionghoa o yang memiliki arti kosong dan beng yang berarti es.

Nah teh obeng adalah teh manis biasa pada umumnya, hanya saja yang membedakan dengan teh manis lainnya adalah teh yang digunakan dalam pembuatan es obeng. Teh adalah teh pilihan yang berkualitas dengan teh ini es obeng memilki harum dan rasa yang lebih enak.

Bingka Bakar yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh Khas Batam

oleh-oleh khas batam bingka bakar
Sumber : https://xcute7.files.wordpress.com/

Bingka bakar adalah makanan yang berjenis kue-kue an yang sudah sangat populer di Batam, kepopuleran makanan ini bisa dilihat dengan banyaknya toko yang menjual makanan khas Batam ini. Aslinya sih bingka batam adalah kue yang berasal dari kerajaan melayu.

Hanya saja sudah ada sejak lama dan terkenal di Batam alhasil kue bingka bakar dijadikan kue khas Batam. Kue ini biasa di beli oleh orang yang merantau atau berkunjung ke Batam untuk dijadikan buah tangan dari Batam.

Pilihan rasa yang bervariasi dan ketahanan kue bingka bakar menjadi kue wajib dibawa ketika berkunjung ke Batam.kamu tidak usah pusing dibagian dan sebelah mana untuk membeli kue bingka bakar ini, kalau kamu ingin membelinya kamu langsung aja dateng ke toko oleh-oleh khas Batam.

Jajanan Khas Batam Luti Gendang

luti gendang jajanan khas batam
Sumber : https://ksmtour.com/

Luti gendang salah satu makanan khas Batam yang termasuk kedalam makanan ringan, makanan ini biasa dijadikan cemilan atau perbekalan ketika bepergian. Makanan ringan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Batam juga.

Menikmati jajanan khas Batam ini enaknya saat santai yang jual pun banyak pedagang kaki lima, jadi kamu bisa menikmati waktu santai kamu sambil ditemani luti gendang, bukan hanya itu saja harganya yang murah dan rasanya yang muantap menjadikan luti gendang disukai banyak orang.

Sop Ikan Menjadi Makanan Khas Batam

sop ikan kuliner khas batam
Sumber : http://makananspesial.com/

Sop adalah makanan khas Indonesia yang sudah popular dan sangat terkenal, di batam sendiri ada sop yang berbahan utama ikan, jadi namanya sop ikan. Ikan yang digunakan dalam pembuatan sop ikan adalah jenis ikan tenggiri.

Sop ikan ini bisa menjadi lauk tambahan ketika kamu makan dengan laukan yang kering, sop ikan ini adalah sop dengan beragam gizi. Bahan utamnya saja sudah ikan, dan seperti yang kamu dan saya ketahui dalam ikan terdapat protein dan gizi lainnya.

Mie Sagu Khas Batam

jajanan khas batam mie sagu
Sumber : https://tokopedia.net/

Buat kamu nih, yang suka banget makan mie, jangan takut jika pergi ke Batam kamu tidak mendapatkan makanan kesukaan kamu, karena di Batam ada mie sagu yang sudah diolah sedemikian rupa sehiongga mempunyai rasa dan bentuk yang unik.

Mie sagu adalah mie yang terbuat dari tepung terigu dan sagu, yang bentuknya lebih besar dan lebih kenyal dibanding mie yang biasa kamu makan. Penyajiannya sendiri dihidangkan bersama bakso ikan, tauge, dan telur yang pastinya membuat kamu tergoda untuk membelinya.

Mie Lendir Khas Batam

mie lendir cemilan khas batam
Sumber : https://ksmtour.com/

Kalau kamu tahu dan pernah merasakan mie aceh, mie lendir di Batam mempunyai tampilan yang hampir sama dengan mie Aceh, tapi soal rasa berbeda jauh. Mie lendir khas Batam ini tidak kalah wuenak dengan mie Aceh loh.

Masa sih? Serius deh, penyajian mie lendir khas Batam di campur dengan ayam, udah, tauge, bawang goreng, pokoknya lengkap deh. Rasa yang tersaji pun ada rasa manis, pedah plus gurih, buat kamu yang pengen dan penasaran dengan mie lendir ini, kamu bisa membelinya di Tanjung Pinang.

Kuliner Khas Batam Mie Tarempa

kuliner khas batam mie tarempa
Sumber : https://goodindonesianfood.com/

Tidak kalah populer dan menarik seperti mie sagu maupun mie lendir mie tarempa juga memiliki rasa yang wow. Mie tarempa adalah mie gepeng yang dimasak menggunakan bumbu mie seperti pada umumnya.

Namun yang membedakan adalah pada penyajiannya, dimana pada penyajiannya terdapat topping yang isinya adalah potongan ikan tongkol dan seafood yang sudah di suwir-suwir. Jadi buat kamu para pecinta mie jangan lupa ya untuk ke Batam karena di sini ada empat jenis mie yang unik.

Mie Kacang Selat Panjang di Batam

mie kacang selat panjang khas batam
Sumber : http://mykitchengallery.blogspot.co.id/

Nah mie yang keempat adalah mie kacang selat panjang, mie ini termasuk ke dalam mie yang banyak disukai masyarakat Batam. Mie ini banyak dijual di pinggiran jalan, meskipun dijual di pinggiran jalan rasa yang di sajikan tidak kalah enak dengan mie yang ada di mal-mal.

Mie kacang selat panjang sendiri adalah mie yang menggunakan kuah kacang panjang, dan menghasilkan aroma udah. Dalam penyajiannya mie kacang selat panjang dikombinasikan dengan tahu, tauge, dan tentunya telum ayam (yang sudah matang ya).

Oleh-oleh Khas Batam Kek Pisang Villa

pisang villa kue khas batam
Sumber : https://ida81.files.wordpress.com/

Ada banyak sekali wisata kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh saat kamu berkunjung ke Batam, setelah tadi ada binga bakar kini saatnya kek pisang villa yang akan kita bahas bersama. Kek pisang vila menjadi oleh-oleh favorit para pelancong luar Batam untuk di jadikan oleh-oleh.

Kek villa ini mempunyai beberapa varian rasa, mulai dari cokelat, keju, kacang, dan masih banyak lagi varian rasa yang diisajikan. Bagaimana? Terarik untuk mencobanya dan menyicipinya? Atau boleh buat oleh-oleh ketika kamu pulang ke kampung halaman.

Makanan Khas Batam Bilis Molen

bilis molen oleh oleh khas batam
Sumber : https://imbalo.files.wordpress.com/

Makanan yang menjadi faforit dan terkenal di kota Batam selanjutnya adalah bilis molen, pada umumnya molen (tahukan molen?) berisi buah pisang namun bilis molen ini adalah molen yang diisi dengan ikan terti, heummm unik bukan?

Molen bilis ini berbeda dengan molen pisang yang dimakan saat santai atau menjadi cemilan bilis molen lebih pas dan cocok ketika dimakan menggunakan nasi putih. Karena pada intinya bilis molen dijadikan sebagai laukan.

Kerapu Steam khas Batam

kerapu steam makanan Batam
Sumber : https://loexie.files.wordpress.com/

Dari namanya saja kerapu sudah pasti makanan ini berbahan utama ikan kerapu, terus nama steam? Asal nama steam diambil dari cara pembuatannya atau cara mengolahnya yaitu dengan cara distream. Di stream itu gimana sih? Kamu dapat menemukan jawabanya di google (hehehe).

Ikan stream yang masih segar diolah dan dicampur menggunakan bumbu rempah-rempah, antara lain adalah, bawang putih, jahe, dan saus sebagai penambah rasa. Selain itu ada bumbu rahasia yang menjadikan kerapu steam lebih wuenak dan lezat.

Nasi Lemak Khas Batam

nasi lemak sarapan khas Batam
Sumber : http://resephariini.com/

Di Batam kamu juga dapat menemukan nasi lemak yang aslinya makanan ini berasal dari negara tetangga Malaysia. Walau begitu rasa yang dihasilkan tidak kalah enak karena sudah menyesuaikan lidah orang pribumi.

Nasi lemak pada umumnya disantap untuk sarapan di pagi hari, nama nasi lemak berasal dari nasi yang gurih dan berminya, namun minyak yang didapat berasal dari santan kelapa. Nasi lemak sangat pas jika ditambahkan dengan suwiran telur, mentimun dan ikan teri.

Gong-Gong Khas Batam

gong gong khas batam
Sumber : http://batamraya.com/

Makanan khas Batam selanjutnya adalah gong-gong, makanan ini adalah makanan yang berbahan utama semisal siput laut yang dimasak dengan cara ditumis atau direbus dersama dengan bumbu rempah-rempah lainnya.

Kamu bisa menikmati gong-gong hampir disetiap warung makan ditepi pantai di Batam. Sudah pernah mencobanya? Atau penasaran dengan rasanya? Langsung aja datang ke kota Batam, kamu akan menemukan banyak sekali makanan dan oleh-oleh.

Nah itulah oleh-oleh, kuliner, minuman, dan makanan khas Batam yang enak dan populer, buat kamu yang ingin atau sedang berada di Batam jangan lupa ya untuk mencicipi makanan khas diatas. Kamu pasti puas deh berkunjung ke Batam.

Tinggalkan komentar