Advertisements
Tempoyak Ikan Patin Kuliner Khas Bengkulu

Ayo Kita Sama-sama Menikmati Makanan Khas Bengkulu ini!

Makanan Khas Bengkulu – Bengkulu adalah salah satu nama dari 34 Provinsi yang diresmikan di Indonesia, nama Bengkulu juga di jadikan sebagai nama Pusat Kota Provinsi Bengkulu itu sendiri yaitu, Bengkulu.

Di Indonesia sendiri bengkulu terkenal dengan tempat bunga bangkai, karena di Bengkulu banyak terdapat bunga bangkai atau dikenal juga dengan nama Raflessia Arnoldy. Kepulauan Sumatera tepatnya di bagian barat daya adalah tempat Provinsi Bengkulu tinggal.

Nah, cukup sudah pengenalan tentang Provinsi Bengkulu, kali ini kita akan sama-sama membahas tentang makanan khas Bengkulu, baik yang sudah popular dan mendunia maupun yang masih banyak orang tidak tahu, penasarankan?

Tapi kali ini kita tidak hanya membahas makanan khas Bengkulu saja, tapi juga oleh-oleh atau buah tangan dari Bengkulu yang bisa kamu bawa pulang ketika pergi ke Bengkulu. Udah engga usah banyak basa basi, langsung aja kita bahas makanan khas Bengkulu, berikut ini.

Gulai Kemba’ang Kuliner Khas Bengkulu

Gulai Kemba’ang Kuliner Khas Bengkulu
sumber : http://yummsfood.xyz/

Pernah dengar? Atau pernah mencobanya? Kalau belum saya akan kasih info nih tentang apasih gulai kemba’ang itu? Gulau kemba’ang adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari daging atau iga sapi yang disajikan dengan kuah.

Gulai kemba’ang ini biasa dijadikan sebagai lauk makan, tapi gulau kemba’ang ini menjadi naik tingkat kepopularannya saat bulan Ramadhan. Kalau kamu mau mencicipi gulai kemba’ang ini kamu bisa datang ke Medan Jaya, di Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu.

Oleh-oleh Khas Bengkulu Kue Tat

Oleh-oleh Khas Bengkulu Kue Tat
sumber : http://yummsfood.xyz/

Mungkin kamu sudah pernah memakannya dan menikmati manisnya kuen tat ini, kue tat ini adalah kue yang dari bentuk nya menyerupai bolu. Tahukan kamu kalau kue tat ini termasuk kedalam kue khas Bengkulu.

Penasaran dengan  Makanan Khas Jember Ini Akan Membuat kamu Jatuh Cinta!

Dijadikan kue khas Bengkulu karena masyarakat Bengkulu banyak yang menyukai kue tat ini, rasanya yang manis, gurih, dan empuk menjadikan kue ini banyak disajikan ketika Idul Fitri tiba, sebagai jamuan para tamu yang ingin berkunjung.

Dulunya kue tat ini menjadi kue sajian untuk raja, tapi sekarang kue ini dapat dinikmati oleh semua kalangan dan mengalami perkembangan dan modifikasi sesuai zaman. Nah kue tat ini bisa dijadikan oleh-oleh khas Bengkulu karena bisa tahan hingga beberapa hari.

Kue Lepek Biniti Oleh-oleh Khas Bengkulu

Kue Lepek Biniti Oleh-oleh Khas Bengkulu
sumber : http://afikrubik.com/

Ada kue lepek binit yang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Bengkulu, kue ini juga tidak kalah menarik dan enak dengan kue tat. Biasanya masyarakat Bengkulu menjadikan kue lepek biniti untuk jamuan berbuka puasa pada bulan Ramadhan.

Untuk dapat membuat kue lepek biniti kamu hanya perlu tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas dan bahan-bahan lainnya. Kue lepek biniti ini menjadi makanan khas Bengkulu yang dibungkus menggunakan dau pisang.

Rebung Asam Undak Liling Khas Bengkulu

Rebung Asam Undak Liling Khas Bengkulu
sumber : http://yummsfood.xyz/

Makanan khas Bengkulu selanjutnya adalah rebung asam undak liling, rebung adalah batang bambu muda yang menjadi bahan utama pembuatan makanan ini. Batang bambu muda ini di proses dengan cara tradisional dan khas.

Untuk membuat rebung asam undak liling ini membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar (alias lama) rebung sebelum diolah harus direndam beberapa hari. Hasil direndam akan membuat rebung mengeluarkan rasa asam.

Setelah direndam proses selanjutnya adalah pencampuran dengan liling, liling adalah nama yang dari keong hitam yang biasa ada dipersawahan. Jadi pada intinya ini adalah daging keong yang diolah sedemikian rupa.

Lema Makanan Khas Bengkulu

Lema Makanan Khas Bengkulu
sumber : http://yummsfood.xyz/

Selain dicampur dengan liling rebung atau bambu muda juga bisa diolah dan dicampur dengan ikan air tawar, untuk proses pemasakannya menggunakan fermentasi. Ikan yang sudah dicampur dengan rebung lalu di bungkus daun pisang.

Bungkuslah daun pisang dengan serapat-rapatnya lalu biarkan selama beberapa hari. Aromanya memang sangat menyengat dan bagi sebagian orang tidak menyukainya, tapi untuk soal rasa jangan pernah meragukannya. Nah kalau kamu ingin mencoba makanan khas Bengkulu ini langsung aja datang ke Kabupaten Rejang.

Penasaran dengan  Inilah Fakta Dayak Indramayu yang Belum Terungkap!

Tempoyak Ikan Patin Kuliner Khas Bengkulu

Tempoyak Ikan Patin Kuliner Khas Bengkulu
sumber : http://malahayati.ac.id/

Tempoyak adalah salah satu bumbu makanan yang terdapat banyak di Sumatera, tempoyak juga menjadi popular di Bengkulu karena bisa dicampur dan diolah dengan ikan patin. Tempoyak itu sendiri adalah buah durian yang sudah difermentasikan.

Karena dilah dengan ikan patin dan rasanya yang lezat menjadikan makanan ini diterima dan disukai oleh banyak masyarakat Bengkulu. oleh karena itu tempoyak ikan patin menjadi kuliner khas Bengkulu yang perlu kamu coba ketika berkunjung ke Bengkulu.

Laukan Khas Bengkulu Pendap

Laukan Khas Bengkulu Pendap
sumber : http://afikrubik.com/

Pendap merupakan makanan yang berbahan utama ikan, tapi dalam pencampuran bumbulainnya menggunakan bawang putih, kencur, kelapa muda, dan cabai yang sudah digiling. Pendap biasa dijadikan sebagai laukan saat makan siang ataupun malam.

Sebelum dimasak ikan yang sudah dicampur dengan bumbu tadi, dimasukan atau dibungkus menggunakan daun talas. Daun talas bermanfaat untuk menambah aroma pada masakan, kalau kamu nyobain pasti pengen nambah deh.

Olahan Daging Hiu (Bagar Hiu) di Bengkulu

Olahan Daging Hiu (Bagar Hiu) di Bengkulu
sumber : https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/

Kamu pernah engga merasakan lezatnya daging hiu? Kalau belum dan penasaran ingin mencobanya kamu langsung aja datang ke Bengkulu, karena daging hiu belum populer di Indonesia dan masih sangat sulit ditemukan untuk tempat makan yang menyajikannya.

Nama makanan yang terbuat dari daging hiu dikenal dengan bagar hiu, hiu yang digunakan adalah hiu dengan jenis punai dimana hiu jenis ini memiliki daging yang tidak begitu amis dibandingkan dengan daging hiu jenis lainnya.

Sekedar info juga nih, ternyata bagar hiu menjadi makanan favorit Presiden pertama Indonesia loh yaitu, bapak Ir. Soekarno. Gimana tertarik dan penasaran dengan makanan favorit bapak Soekarno ini? Langsung aja datang ke Bengkulu.

Oleh Oleh Khas Bengkulu Kue Perut Punai

Oleh Oleh Khas Bengkulu Kue Perut Punai
sumber : http://afikrubik.com/

Punai adalah nama dari jenis burung, tapi jangan salah sangka dulu kalau kue ini adalah kue yang berbahan utama burung punai. kue perut punai adalah kue yang menggunakan bahan seperti pembuatan kue pada umumnya hanya saja penamaan ini diberikan karena bentuknya yang mirip dengan perut burung punai.

Penasaran dengan  Berikut 24 Daftar Wisata Kuliner [Makanan dan Minuman] Khas Gresik Jawa Timur

Kue perut punai ini bisa kamu jadikan oleh-oleh, selain bentuknya yang unik kue ini juga memiliki rasa yang tak kalah dengan kue buatan pabrik. Hanya ada dua varias rasa pada kue ini, yaitu original dan manis, udah engga usah banyak pikir mau beli oleh-oleh apa jika berkunjung ke Bengkulu.

Minuman Khas Bengkulu Sirup Kalamasi

Minuman Khas Bengkulu Sirup Kalamasi
sumber : http://segarasri.blogspot.co.id/

Minuman khas bengkulu yang satu ini sudah terkenal dan populer di Indonesia, kalau kamu belum tahu berarti kamu tidak tahu (hehehe). Sirup kalamasi adalah minuman khas Bengkulu yang terbuat dari jeruk kalamsi dan gula pasir.

minuman ini mempunyai sifat fleksible, karena dapat diminum kapan saja dan dalam keadaan apa saja, terkecuali puasa. Dingin maupun hangat menjadi pilihan utama untuk menikmati sirup kalamsi, banyak sekali gizi, salah satunya adalah dapat memperlancar sirkulasi darah.

Itulah 10 Minuman, oleh-oleh dan makanan khas Bengkulu yang kamu harus coba ketika berkunjung ke Bengkulu. Udah, buat kamu yang sekarang masih ada di Bengkulu dan sekitarnya jangan ragu lagi untuk memilih makanan khas Bengkulu ini, jangan sampe nyesel loh ya.

Advertisements

Leave a Comment