Jajanan Khas Blitar Rujak Cingur

9 Minuman dan Makanan Kota Proklamator!

Makanan Khas Blitar – Kamu pasti tahu dong Kota Blitar ada di Provinsi apa? Kalau enggak tahu saya kasih tahunih, Belitar adalah nama salah satu Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Di Kota Blitar terdapat makan Presiden Republik Indonesia yaitu, Ir. Soekarno.

Kota Blitar juga dikenal dengan sebutan Kota Proklamator, Kota PETA, dan juga Kota Patria, karena Kota Blitar memiliki sejarah yang seru untuk di bahas, eits tapi kali ini saya enggak akan membahas sejarah, tapi membahas tentang makanan khas Blitar.

Sudah pernah ke Blitar? Kalau sudah pernah, makan dan minuman apa saja yang sudah pernah kamu makan dan rasakan? Udah pernah nyobain makanan khas Blitar belum, apa jangan-jangan kamu enggak tahu lagi apa aja makanan khas Blitar.

Info nih guys buat kamu yang sudah pernah ke Blitar, sedang di Blitar, ingin ke Blitar atau tidak ada rencana ke Blitar siapa tahu suatu saat nanti kamu bisa berkunjung ke Kota Proklamator ini, biar enggak salah dan bingung saat  mencari makanan kamu bisa mencoba makanan dan minuman khas Blitar berikut ini.

Penasaran dengan  Makanan Khas Subang, Jawa Barat Nu Alus (Enak)

Minuman Khas Blitar Es Drop

minumam khas blitar es drop
sumber : https://www.flickr.com

Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke Kota Blitar dan berziarah ke makam Bung Karno jangan heran kalau kamu menemukan termos berwarna merah yang ada di depan makam Bung Karno. Nah masyarakat Blitar menyebut termos tersebut dengan sebutan es drop.

Tapi es drop yang ini beda, es drop termasuk ke dalam minuman khas Blitar yang bentuknya seperti es krim pada umumnya. Pada tahun 90 an es drop perah populer loh dan sepat dijadikan hidangan di acara-acara penting.

Rasa yang beraneka ragam menjadikan es drop banyak disukai orang, selain itu pada bungkus es drop juga terdapat tulisan “bungkus ramah lingkungan” yang bermaksud untuk mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan nya.

Penasaran dengan  Minuman dan Makanan Khas Trenggalek, Pasti Buat Kamu Ketagihan!

Minuman Khas Blitar Es Pleret

es pleret minuman khas blitar
sumber : http://visitblitar.com/

Bukan hanya es drop saja yang menjadi minuman khas Blitar, tapi juga es pleret yang termasuk ke dalam minuman khas Blitar. Kamu bisa membeli dan menikmati dinginnya es pleret di alun-alun kota Blitar.

Di sekitar alun-alun Blitar terdapat beberapa warung yang menyAjikan dan mejual es pleret, es pleret adalah es yang di buat menggunakan tepung beras. Ras es pleret memiliki rasa yang hambar tapi akan berasa jika di tambah sirup dan santan.

Soto Daging Ireng Makanan Khas Blitar

Soto Daging Ireng Makanan Khas Blitar
sumber : https://lurytitiony.files.wordpress.com/

Siapa yang sudah pernah ke Blitar tapi belum pernah memakan soto daging ireng yang satu ini? Soto daging ireng ini termasuk kedalam makanan khas Blitar yang perlu dan harus kamu coba ketika berkunjung atau berwisata kuliner di Blitar.

Kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi deh, dan rasanya beuhhh, kalau kamu pusing untuk mencari tempat yang menyajikan soto daging ireng ini kamu bisa langsung aja dateng ke Jalan Kelud yang berada di Kota Blitar.

Kue Wajik Kletik Jajanan Khas Blitar

Kue Wajik Kletik Jajanan Khas Blitar
sumber : http://www.diahdidi.com/

Salah satu makanan khas blitar adalah kueh wajik klteik, namanya memang jarang didengar dan belum banyak orang luar Kota Blitar mengetahui kueh yang satu ini. Wajik kletik adalah kue tradisional asli Blitar yang sudah ada sejak lama.

Wajik Kletik ini berbahan dasar beras ketan, gula kelapa, dan juga tambahan santan. Pembungkus kue wajik kletik adalah klobot jagung kering, makanan ini pas buat dijadikan oleh oleh khas Blitar saat kamu berkunjung atau berwisata ke Kota Blitar.

Oleh-Oleh Khas Blitar Geti

oleh oleh khas blitar geti
sumber : http://www.tulungagungtourism.com/

Sudah pernah makan geti? atau kamu belum tahu apa itu geti? Geti adalah makanan khas Blitar yang biasanya dijadikan sebagai cemilan, bahan yang digunakan untuk membuat geti cukup sederhana, yaitu hanya kacang wijen dan gula merah.

Selain dijadikan sebagai oleh-oleh geti juga biasanya dijadikan sebagai cemilan, jajanan, atau suguhan saat acara pesta pernikahan atau hari raya Idul Fitri. Meskipun jenisnya dan rasanya masih terbatas, tidak sedikit orang yang berminat untuk membeli dan menyantapnya.

Makanan Khas Blitar Nasi Pecel

nasi pecel makanan khas blitar
sumber : http://arlisajati.blogspot.co.id/

Nasi pecel memang terkenal dan sangat populer di Jawa Timur, nah salah satu kota di Jawa Timur yang menjadikan nasi pecel sebagai makanan khas nya adalah Kota blitar. Kota patria ini mempunyai ciri khas sendiri pada nasi pecel.

Setiap kota di Jawa Timur yang menjadikan nasi pecel sebagai makanan khas nya pasti mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri, seperti halnya nasi pecel khas Blitar ini mempunyai ciri khas dengan bumbu kacang yang sangat halus dan agak sedikit berminyak.

Buat kamu yang tidak tahu tempat yang enak buat menyantap nasi pecel ini, langsung saja datang ke warung pecel mbok Bari yang sudah terkenal di Blitar dan sudan ada sejak tahun 1940. Warung mbok Bari juga menjadi warung pecel langganan Presiden pertama Indonesia.

Jajanan Khas Blitar Rujak Cingur

Jajanan Khas Blitar Rujak Cingur
sumber : https://yosnex.files.wordpress.com/

Kalau kamu tahu rujak cingur dan sudah pernah mencobanya pasti di Surabaya? Bener enggak? Memang sebenarnya rujak cingur adalah jajanan khas Surabaya, namun di Blitar juga terdapat banyak orang yang menjual rujak cingur ini.

Buat kamu yang belum tahu apa itu rujak cingur, akan saya jawab. Rujak cingur adalah campuran bahan makanan yang terisi dari lontong, tempe, tahu cingur, sayuran dan berbagai jenis buah yang biasa digunakan untuk rujak pada umumnya.

Makanan Khas Blitar Tahu Bumbu Lawu

Makanan Khas Blitar Tahu Bumbu Lawu
sumber : http://www.makanajib.com/

Sudah pernah makan tahu bumbu lawu? Tahu bumbu lawu adalah sebuah racikan masakan yang berisikan lontong yang dipotong-potong, tahu setengah matang, tauge, sambal, kerupuk dan bumbu lawu yang pastinya akan membuat nafsu makan kamu meningkat.

Khusus buat kamu nih, yang sudah baca artikel ini saya kasih tahu tempat yang pas buat mencicipi tahu bumbu lawu ini. Kamu bisa datang ke Jalan Lawu Blitar di sana ada warung yang menyajikan makanan khas Kota Blitar yang satu ini.

Kuliner Khas Blitar Nasi Ampok

kuliner khas blitar nasi ampok
sumber : http://www.tokomesin.com/

Banyak sekali perbedaan pendapat (cielahhh) yang mengatakan bahwa nasi ampok ini adalah makanan khas Blitar apa Kediri yang pasti di dua kota tersebut kamu bisa menikmati sedapnya nasi ampok ini.

Nasi yang terbuat dari jagung yang sudah diolah ini sudah menjadi makanan sehari-hari kebanyakan orang di Blitar. Untuk lauk nya nasi ini di dampingi dengan ikan asin, sayur rebus, dan sambal tomat, tapi tidak menutup kemungkinan untuk di sajikan dengan lauk yang berbeda, tergantung selera dan permintaan pembeli.

Nah itulah minuman, oleh-oleh, jajanan, kuliner, dan makanan khas Blitar yang perlu kamu coba ketika berkunjung ke Blitar. Kamu juga bisa baca makanan khas Jember untuk menambah wawasan dan pengetahuan kamu, siapa tahu suatu saat kamu berkunjung ke Jember dan bisa menikmati makanan khasnya.


Geti Asli Khas Blitar

Oh iya, ada info nih guys, kalau kamu mau merasakan enak dan gurihnya oleh-oleh Blitar yaitu Geti kamu bisa membelinya dan memesannya keseluruh dareah di Indonesia, kamu hanya perlu membayar 100K untuk mendapatkan 4 kue Geti ini dan yang paling menarik adalah .

“Untuk pemesanan kamu bisa hubungi nomor tlpn/sms, wa 087760042457 di jamin aman dan sampai tujuan dengan selamat. Udah engga usah ragu lagi, kue Geti Blitar ini engga usah diragukan lagi.

Tinggalkan komentar