Advertisements
Kuliner Khas Cilacap, Brekecek

Mencoba Berwisata Kuliner Khas Cilacap, Jawa Tengah!

Makanan Khas Cilacap – Cilacap menjadi salah satu kota yang ramai saat libur lebaran Iedul Fitri, karena banyak warga Kabupaten Cilacap yang berjuang di Kota lain. Namun bukan hanya itu Kabupaten Cilacap juga di kenal dengan wisatanya.

Wisata di Cilacap di dominasi dengan Pantai, menurut yang di lansir Wikipedia terdapat 19 wisata yang ada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini. Faka menarik tentang Kabupaten Cilacap ini, meskipun ada di daerah Jawa Tengah, namun sebagaian daerahnya menggunakan bahasa Sunda.

Oke, itulah sedikit pengenalan tentang Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat ini. Kali ini saya akan membehas wisata kuliner atau makanan khas Cilacap yang pastinya akan membuat kamu ingin berkunjung ke sana.

Jadi, ada banyak sekali wisata kuliner yang bisa kamu dapati di Kabupaten Cilacap ini, salah satunya adalah makanan, dan oleh-oleh khas Cilacap, yang bisa kamu bawa pulang ketika kamu berkunjung ke sini. Enggak usah lama-lama, berikut adalah makanan dan oleh-oleh khas Cialacap.

Jajanan Khas Cilacap, Lanting

Jajanan Khas Cilacap, Lanting
Sumber : http://harianresep.blogspot.co.id/

Lanting berbahan dasar singkong dengan bentuk bulat dan berlubang bagian tengahnya. Rasanya yang renyah dan gurih menjadikan makanan satu ini cocok untuk dijadikan cemilan ketika bersantai bersama keluarga teman ataupun pasangan.

Di daerah Adipala menjadi pusat pembuatan lenthing yang khas rasanya dan sudah distribusikan ke seluruh pelosok Cilacap dan kabupaten sekitarnya. Lanting ini sangat pas dan cocok buat kamu yang suka singkong, namun bosa dengan tampilan singkong yang seperti itu saja.

Tahu Masak Khas Cilacap

Tahu Masak Khas Cilacap
Sumber : http://kreasiresepmasakanindonesia.blogspot.co.id/

Merupakan makanan yang terbuat dari tahu kotak putih yang digoreng menggunakan sedikit minyak, kemudian dipotong dan dicampur dengan irisan kubis, kerupuk banggi, kupat dan bumbu khas lain yang kemudian dipadukan dengan kacang giling.

Penasaran dengan  Makanan Khas Subang, Jawa Barat Nu Alus (Enak)

Makanan khas Cilacap yang satu ini dapat dijumpai hampir di semua pasar tradisional, jadi kamu tidak perlu pusing dan bingung mau mencarinya dimana. dan perut kamu akan dibuat penuh dan berisi oleh tahu masak loh, jadi ini bisa dijadikan referensi penambah energi.

Keripik Tempe Bisa di Jadikan Oleh-oleh Khas Cilacap

Keripik Tempe Bisa di Jadikan Oleh-oleh Khas Cilacap
Sumber : http://www.konsultasiusaha.com/

Banyak daerah yang menjadikan kripik tempe sebagai makanan khasnya, salah satunya Cilacap. Tentunya mempunyai rasa dan khas masing masing daerah. Keripik tempe layaknya mendoan biasa tetapi digoreng kering hingga kriuk dan renyah.

Berbentuk tipis bewarna kecoklatan, rasanya beuuh. Cocok dijadikan camilan sore atau dijadikan lauk dan tentunya untuk oleh oleh juga. yang paling penting kripik tempe ini bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika kamu pulang ke rumah.

Rempeyek Yutuk Juga Jajanan Khas Cilacap

Rempeyek Yutuk Juga Jajanan Khas Cilacap
Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Rempeyek yutuk adalah salah satu makanan khas Cilacap yang cukup terkenal. Yutuk adalah salah satu hewan laut yang bentuknya menyerupai kepiting atau udang. Rasanya gurih, enak dan menggoda kalau sudah menjadi rempeyek tentunya.

Rempeyek yutuk hanya bisa dijumpai di daerah pantai Cilacap, kenapa? yaa karena memang hanya ada di situ, hehehe… Rempenyek ini paling pas untuk menjadi teman ngobrol kamu, selain gurih rempeyek yatuk kalau di makan pasti akan membuat keributan pada  suaranya ( kriuk, kriuk, kriyuk )

Makanan Khas Cilacap, Templeng

Mungkin dikebanyakan daerah menyebutnya rempeyek, tapi warga setempat menyebutnya thempleng. Terbuat dari tepung beras dengan bumbu yang gurih dan enak tentunya. Terdapat beberapa macam variasi diantarnya, rempeyek kedele, rempeyek kacang, rempeyek teri, rempeyek rebon dan rempeyek kacang ijo.

Buat kamu yang butuh jasa catering bisa klik : catering Malang

Rempeyek ini banyak dijumpai di warung warung pinggir jalan, kamu  juga biasa menemui templeng ini pada saat hatan kampung / pesta masyarakat. Saat ini Templeng masih bisa kamu temui dan nikmati, ayo kalau berkunjung ke Cilacap jangan lupa makan templeng ya.

Kuliner Khas Cilacap, Brekecek

Kuliner Khas Cilacap, Brekecek
Sumber : http://aparwit.blogspot.co.id/

Brekecek makanan khas Cilacap yakni pathak jahan atau sering disebut kepala ikan jahan. Seni menikmanti makanan satu ini dengan menyeruput kepala jahan atau pathak ikan tersebut. Brekecek ikan dimasak mengunakan bumbu bumbu yang menyerupai rica-rica, tetapi tentu saja rasanya jauh berbeda.

Penasaran dengan  Makanan Khas Timika Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Karedok, Makanan Khas Cilacap yang Membumi

Karedok, Makanan Khas Cilacap yang Membumi
Sumber : http://wisatakuliner09.blogspot.co.id/

Makanan khas Cilacap satu ini diadopsi dari daerah Jawa Barat. Namun di Cilacap sendiri karedok sudah menjadi tradisi. Karena memang cilacap berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Barat. Karedok terbuat dari sayuran mentah, kobis, wortel, kacang panjang, mentimun dan kecambah.

Yang dicampur kemudian disiram dengan bumbu sambal kacang. Terakhir ditaburi kerupuk banggi atau di tambah tahu / ketupat. Dan biasanya setiap daerah mempunyai cara dan bahan yang sama, hanya saja bumbu untuk karedok yang membedakannya.

Cetil dan Cenil, Bisa Untuk Cemilan

Cetil dan Cenil, Bisa Untuk Cemilan
Sumber : http://krisnantiayu.student.umm.ac.id/

Cetil dan cenil terbuat dari singkong tepatnya pati singkong, yang diolah berbentuk bulat-bulat atau kotak kotak kemudian diberi warna sesuai dengan selera. Cenil ini dimakan dengan kelapa, ditburi dengan gula jawa atau bisa juga gula pasir.

Cetil dan cenil sangat pas dan cocok, buat cemilan saat kamu nonton ataupun menjadi teman saat kamu curhat, pokonya manis dan wuenak. Namun, meskipun begitu sampai sekarang, cetil dan cemil masih bisa kamu dapatkan dengan mudah dan banyak juga yang menjualnya.

Kripik dan Stik Sukun Khas Cilacap

Kripik dan Stik Sukun Khas Cilacap
Sumber : http://www.tokomesin.com/

Cilacap di samping terkenal dengan hasil lautnya juga mempunyai produk kualitas ungulan di bidang pertanian yakni sukun. Di tempat tersebut sukun diolah menjadi kripik dan stik. Kripik sukun mempunyai bentuk tipis dan stik sukun mempunyai bentuk persegi panjang. Keduanya diolah dengan digoreng.

Tentu saja rasanya enak dan gurih, tidak hanya itu, ternayat kripik dan stik sukun ini juga bisa kamu olah dengan cara di kukus atau direbus. Sekarang kamu bisa menikmati rasa dan aroma dari sukun ini dengan mudah loh, karena sekarang kripik dan stik sukun sudah di pasarkan juga ke Kota-kota besar di Indonesia.

Kunjungi: Jual Sambel Pecel Madiun

Mie Goreng dan Nasi Goreng

Mie Goreng dan Nasi Goreng
Sumber : http://ibu-zahraa.blogspot.co.id/

Mie goreng dan nasi goreng cilacap terkenal karena rasanya yang gurih dan enak. Bumbu yang berani. Mie nya terbuat dari mie kriting atau sejenisnya yang penting kecil sehingga tidak membuat eneg ketika memakannya. Kedua makanan khas ini bisa dijumpai di mana mana di Cilacap.

Penasaran dengan  7 Oleh-oleh, Minuman dan Makanan Khas Bojonegoro, Kamu Perlu Tahu!!!

Memang pada dasarnya mie doreng dan nasi goreng bisa kamu dapatkan dan temukan dimana-mana, tapi pastinya juga di setiap daerah di Indoesia, mulai dari bahan, bumbu, cara penyajian dan berbagai hal lainnya pasti berbeda. Pokoknya tidak kalah seru dengan mie atau nasi goreng langganan kamu deh.

Kunjungi: Jual Rumput Sintetis 

Lepet Ketan, Kuliner Khas Cilacap yang Membuat Kenyang

Lepet Ketan, Kuliner Khas Cilacap yang Membuat Kenyang
Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Lepet berbahan dasar beras ketan dan kelapa parut yang dililit-lilit menggunakan janur kuning. Di Cilacap lepet biasanya disuguhkan ketika acara tujuh bulanan wanita yang tengah hamil. Lepet menjadi sajian wajib di acara selamatan.

Terdapat mitos yang tersebar disana yakni jika lepet yang dihidangkan rasanya asin maka bayi yang dikandung laki-laki kalau lepet tidak berasa asin maka bayinya perempuan. Meski kebenaran mitos ini masih dipertanyakan, ya terlepas dari mitos tersebut, yang penting lepet ketang bisa mengenyangkan perut mu, hehehe.

Bagaimana? Makanan khas Cilacap ini penasaran untuk di cobakan, so pastinya. Nah buat kamu yang ingin atau sedang berada di Kota ini jangan lupa untuk mencicipi wisata kuliner yang satu ini. Jangan lupa juga, share ke teman atau saudara kamu agar membelikan oleh-oleh khas Cilacap yang ada di atas, agar mereka engga bingung mau beli oleh-oleh apaan yang pas buat kamu 😊

Advertisements

Leave a Comment