Kamu Perlu Tahu 10 Makanan Khas Jepara Ini!

Makanan Khas Jepara – Jepara adalah nama Kabupaten yang ada di Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini terkenal dengan penghasil atau permbuat ukiran seni rupa yang unik dan bagus, tidak hanya itu di Jepara juga memiliki wisata alam yang sangat banayak.

Mulai dari berbagai pantai yang indah dan biru, gunung-gunung yang membuat kamu menyatu dengan alam sampai air terjun yang indah dan berada di berbagai titik di Jepara. Namaun kalau kamu berkunjung atau berwisata ke Jepara jangan lupakan satu hal.

Apa itu? Makanan khasnya, ya makanan khas Jepara sangat enak dan beragam, meskipun ada beberapa makanan yang bisa kamu beli dan nikmati didaerah lain tapi kamu akan merasakan hal yang beda jika kamu menikmati dan membelinya langsung di Jepara.

Sebelum kamu melangkahkan kamimu menuju Kabupaten Jepara, dan menikmati makanan khas nya kamu haus tahu dulu apa saja makanan khas Jepara yang enak dan popular. Jadi ketika kamu berkunjung ke Jepara kamu tidak pusing lagi mau makan apa, berikut adalah makanan khas Jepara.

Daftar Isi

Penasaran dengan  Berikut 24 Daftar Wisata Kuliner [Makanan dan Minuman] Khas Gresik Jawa Timur

Kuliner Khas Jepara Kuluban

kuliner khas jepara kuluban
Sumber : https://rynari.files.wordpress.com/

Sudah pernah dengar kuluban? Kalau belum saya akan jelasakan apa itu keluban, keluban adalah salah satu kuliner khas Jepara yang menjadi saladnya orang Jepara. Isi yang ada pada salad tersebut di isi dengan berbagai macam sayuran.

Contohnya seperti, kacang panjang, pet/petai, nangka muda, daun kacang panjang dan tauge. Sayur-sayur tersebut di campur dan ditaburi bumbu kelapa. Kebanyakan orang juga mengenal kuluban dengan nama urap, sebenarnya terdapat perbedaan anatar kuluban dengan urap yaitu pada nangka muda dan taugenya.

Makanan Khas Kota Jepara Horok Horok

makanan khas kota jepara horok horok
Sumber : http://kuliner.panduanwisata.id/

 

Pernah tahu pohon aren? Kalau belum kamu harus banyak belajar lagi ya, nah pohon aren bisa menghasilkan tepung dan tepung pohon aren dijadikan bahan utama dalam pembuatan makanan khas Kota Jepara yang satu ini loh.

Namanya memang jarang didengar dan belum terlalu popular di Indonesia, biasanya masyarakat Jepara menjadikan horok horok sebagai pengganti nasi. Horok horok dalam penyajiannya bisa menyatu dengan sate kikil, bakso, sayur pecel dan laukan lainnya yang biasa kamu makan dengan nasi.

Kalau kamu berkunjung ke Jepara jangan menyianyiakan kesempatan kamu untuk menikmati maknan khas Kota Jepara yang satu ini ya kawan, kenapa? Karena di Jepara sendiri horok horok sudah jarang yang menjual dan sulit, apa lagi di kota lain, jadi manfaatkanlah keadaan (hehehe).

Makanan Khas Daerah Jepara Blenyik atau Tempong

Makanan Khas Daerah Jepara Blenyik atau Tempong
Sumber : http://img.ulinulin.com/

Apa itu blenyik? Bleyik adalah makanan yang terbuat dari ikan teri yang masih mentah lalu diberi bumbu penyedap seperti garam, setelah di beri garam ikan teri yang masih mentah ini di bentuk bulat seperti bola dengan diameter kecil kemudian di jemur atau dikeringkan dibawah sinar matahari.

Setelah itu tidak langsung dimakan, masa iya ikan teri masih mentah dimakan, dimasak dulu menggunakan minyak goreng atau dimasak seperti biasanya. Kamu bisa membeli bleyik dan menjadikan ini sebagai oleh-oleh.

Fungsi dari di beri garam dan di jemur agar ikan teri bisa tahan lebih lama, oleh karena itu makanan ini sangat pas untuk di jadikan oleh-oleh khas Jepara. Ada salah satu desa yang memproduksi banyak bleyik, nama desanya adalah Desa Karangji, Jepara.

Makanan Ringan Khas Jepara Rondo Royal

Makanan Ringan Khas Jepara Rondo Royal
Sumber : https://belajarbaking.files.wordpress.com/

Kalau kamu pernah mendengan kata monyos, ini adalah nama lainnya yaitu rondo. Rondo adalah makanan ringan khas Jeapara yang berbahan utama tepung beras. Biasanya rondo royal dijadikan cemilan saat bersanatai.

Tidak hanya tepung beras saja, kalau tepung beras saja namanya cireng, selain tepung beras bahan lainnya adalah tape. Yaa pada intinya sih ini adalah gorengan tape, karena dimasak dengan cara digoreng, rasa yang dihasilkan sangat mengikat lidah.

Ada rasa asam, manis, dan asin yang berasal dari tape itu sendiri, selain itu rondo royal juga memiliki rasa gurih karena menggunakan tepung beras. Kamu bisa membeli makanan ringan khas Jepara ini, di pasar-pasar tradisional di Jepara.

Lontong Krubyuk Masuk Kedalam Makanan Khas Jepara

Lontong Krubyuk Masuk Kedalam Makanan Khas Jepara
Sumber : http://nomadgenic.blogspot.co.id/

Mempunyai nama lontong pastinya makanana ini berasal atau berbahan paling utama lontong, dan krubyuk sendiri adalah gelah yang dimiliki oleh lontoh khas Jepara ini. Kenapa? Karena krubyukitu merupakan kuah yang banyak.

Jadi lontong krubyuk adalah lontong yang dihidangkan dengan kuah yang banyak, lontong krubyuk juga terdapat potongan atau suwiran daging ayam, semur. Dan yang uniknya pada kuahnya menggunkan kua dari bakso. Penasarakan bukan?

Opor Panggang Kuliner Khas Jepara

Opor Panggang Kuliner Khas Jepara
Sumber : http://kesihatanbadandanmental.blogspot.co.id/

Bila di daerah Kudus terkjenal dengan opor bakarnya lain halnya dengan Kota atau Daerah di Jepara yang mengolah opor dengan cara di panggang. Beda loh ya antara opor bakar dan opor panggang, dalam proses pematangannya opor ini goreng seperti biasa.

Namun sebelum di goreng opor ini di panggang terlebih dahulu, dalam pembuatan opor panggang ini kamu hanya perlu menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama. Bumbunya ada daun saka, daun serai, daun jeruk, bawang goreng dan santan.

Kalau kamu melihat opor panggang di depan mata kamu pastinya perut kamu akan terasa sangat lapar, dan jangan coba-coba untuk membanyangkannya ya nanti malah kepikiran lagi. Kalau kamu sedang berada di Kota Jepara jangan mau ketinggalan untuk mencicipi opor panggang ini.

Oleh -Oleh Khas Jepara Sambal Samtis 

Oleh -Oleh Khas Jepara Sambal Samtis
Sumber : https://tokopedia.net/

Yang namanya sambal di Indonesia sudah menjadi bumbu pokok dan bayak sekali jenis dan rasanya, nah salah satu sambal khas Jepara adalah sambal samtis. Sambal samtis memiliki perbedaan dengan sambal lainnya di Indonesia.

Karena sambal samtis ini berbahan utama cumi-cumi dan udang, kalau kamu ingin membawa pulang sambal ini juga bisa. Karena sambal simtis sekarang sudah ada kemasan dalam bentuk botol, kamu bisa menjadikannya sebagai olah-oleh khas Jepara.

Makanan Ringan Khas Jepara Bongko Mento

Makanan Ringan Khas Jepara Bongko Mento
Sumber : http://jeamanda.com/

Makanan ringan khas Jepara yang satu ini merupakan, makanan yang biasanya disajikan saat ada tamu ataupun acara yang tidak terlalu besar. Dalam kenyataanya bongko mento di sajikan saat acara kumpul ibu-ibu (arisan).

Untuk dapat membuat bongko mento kamu memerlukan bahan seperti, telur, tepung terigu, jamur kuping, santan, bihun, dada ayam filet dan bahan lainnya. Sebelum dikukus selama kurang lebih tiga puluh menit, campuran bahan tadi di bungkus daun pisang terlebih dahulu.

Makanan Khas Jepara Pindang Serani

Makanan Khas Jepara Pindang Serani
Sumber : http://zulfadreamland.blogspot.co.id/

Kalau kamu menebak kuliner khas Jepara ini berbahan utama pindang, jawabanya adalah kurang tepat, karena pada kenyataanya bahan utama pindang serai bukanlah ikan pindang namun ikan serani. Pindang serani sangan enak jika disantap pada saat siang hari.

Rasa yang dimiliki pun sangat beragam, mulai dari manis, pedas dan asam. Kuah dan bumbu yang ada pada pindang serani membuat kamu kurang satu porsi deh, tertarik untuk mencobanya? Atau malah engga suka? Cobain dulu deh.

Makanan Khas Daerah Jepara Singit

Makanan Khas Daerah Jepara Singit
Sumber : http://sunshine-diamond.blogspot.co.id/

Daging sapi sengkel menjadi bahan utama dari pembuatan singit ini, diolah seperti dagig lainnya yaitu, dengan dimasak menggunakan api yang sedang agar matang dengan sempurna. Singit juga menjadi makanan wajib pada saat Idul Fitrri.

Bahan yang digunakan untuk membuat singit adalah, daging sengkel yang sudah dipotong, santan, kecap manis, cabai merah, garam, gula merah, bawang merah dan putih. Pokoknya enak deh, engga kalah sama daging ayam dan daging lainnya.

Heum, gimana kawan? Tertarik untuk menggarap semua makanan khas Jepara diatas? Coba deh kalau kamu main ke Jepara jangan lupa untuk menikmati kuliner tradisional khas Jepara. Mungkin itu saja, bantu share yang kawan ? .

Tinggalkan komentar