Chai Kue Makanan Khas Pontianak

Penasaran Dengan Makanan Khas Kalimantan Barat ? Baca Ini!

Makanan Khas Kalimantan Barat – Kalimantan Barat merupakan nama dari sebuah Provinsi di Indonesia, Ibu Kota dari Provinsi ini adalah Pontianak. Kalimantan Barat menjadi Provinsi terluas ke empat di Indonesia. Setelah Sebelumnya ada Provinsi Papua, Kalimantar Tengah dan Kalimantan Barat, dengan luas wilayah sekitar 7,53% dai luasnya Indonesia.

Kalimantar Barat memiliki gelar atau di kenal juga dengan “Provinsi Seribu Pulau”. Kok gitu, iya karena di Kalimantan Barat ini terdapat ratusan sungai, mulai dari sungai – sungai yang besar dan sungai – sungai yang kecil. Sebagian dari sungai yang besar masih dijadikan sebagai jalur transportasi untuk ke daerah pedalaman.

Oke cukup berkenalan dengan Provinsi Kalimantan Barat, kali ini kita akan sama – sama membahas tentang makanan khas Kalimantan Barat. Emang apa saja sih yang menjadi wisata kuliner Kalimantan Barat ? berikut ulasannya.

Sebeum kita beranjak untuk mengetahui makanan khas Kalimantan Barat, ini ada daftar makanan dan kue khas Kalimantan Barat, kurang lebih ada 21 daftar nama makanan dan kue khas Kalimantan Barat.

1. Ale – ale
2. Asam Pedas
3. Bubur Pedas
4. Burung Punai
5. Jimut
6. Kerupok Basah
7. Kue Lapis
8. Kue Ranjang
9. Lek Tau Suan
10. Lemang
11. Lemper
12. Lempok
13. Lepat
14. Lulun
15. Mie Pangsit
16. Mie Tiau
17. Nasi Ayam
18. Pansoh
19. Pengkang
20. Sotong Pangkong
21. Sungkui
22. Thpung
23. Tumpi

Penasaran dengan  Makanan Tradisional Khas Sulawesi Barat, Muantappp!!!

Nah, gimana ada yang udah pernyah mencoba dari 23 daftar makanan dan kue khas Kalimantan Barat, untuk itu mari kita simak bersama penjelasan dari makanan khas Kalimantan Barat di atas. Namun yang kita bahas tidak semua jenis makanan, hanya beberapa saja.

Loh kenapa ? kalau di bahas dan diperjelas semua, terlalu banyak dan mungkin kamu juga enggak punya waktu untuk membacanya untuk itu saya memberikan dispensasi dengan menjelaskan 10 saja makanan khas Kalimantan Barat.

1. Bubur Pedas Khas Kalimantan Barat

bubur pedas khas kalimantan barat
Sumber : https://tradisionalfood.files.wordpress.com/

Kalimantan Barat mempunyai makanan khas unggulan yang berasa pedas. Makanan ini terbuat dari beras yang ditumbuk, jadi tidak salah kalau makanan ini mengandung gizi yang cukup banyak. Makanan ini namanya bubur pedas.

Penasaran dengan  Aneh? 9 Makanan Khas Bangka Belitung Ini!

Dengan rasa yang pedas tersebut anda akan ketagihan setelah mencobanya. Karena, bumbu rempah-rempahnya sangat terasa di lidah. Belum lagi kaldu daging dan berbagai macam sayuran yang terdapat pada bubur pedas serta kacang goreng yang ditaburkan di atasnya.

Bau dan aromanya pun sangat menggoda, apalagi rasanya yang pastinya akan memuaskan anda. Jadi tidak salah kalau makanan ini menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke air terjun, seperti air terjun Riam Merasap yang terletak di daerah Kabupaten Bengkayang.

Mereka pasti tidak melewatkan momen untuk mencicipi makanan ini. Untuk mendapatkan makanan ini pun juga tidak sulit, karena makanan ini tersedia di warung-warung yang terletak di pingir-pingir jalan.

2. Lek Tau Suan Kuliner Khas Kalimantan Barat

Lek Tau Suan Kuliner Khas Kalimantan Barat
Sumber : https://www.misstamchiak.com/

Pontianak mempunyai berbagai macam makanan khas yang berbau dengan Tionghoa, salah satu makanannya adalah Lek Tau Suan. Makanan ini merupakan makanan yang berkuah, terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan gula dan pandan agar bau dana aroma lebih mantap.

Kemudian dimasak menghasilkan kuah kental bening. Bahan dasar utama makanan ini adalah kacang hijau yang sudah dikupas dari kulitnya. Makanan ini biasanya dihidangkan bersama ca kwe yang di taruh di atas makanan ini.

Penasaran dengan  Penasaran Dengan Makanan Khas Pekanbaru? Ini Dia Jawabanya!

Lek Tau San sangat nikmat jika dimakan masih panas dan hangat, biasanya para pecinta makanan ini, mereka menyantap di waktu malam. Terlebih lagi di saat musim hujan atau musim dingin.

3. Mie Sagu Makanan Khas Kalimantan Barat

Mie Sagu Makanan Khas Kalimantan Barat
Sumber : https://tokopedia.net/

Mie sagu merupakan salah satu kuliner khas unggulan Pontianak, Kalimantan Barat. Karena banyaknya tanaman sagu yang tumbuh di dataran Pontianak, maka masyarakat pun memanfaaatkan hasil tanaman mereka untuk dijadikan makanan khas Kalimantan Barat.

Makanan ini berasal dari hasil tanaman mereka yang alami tradisional, sehingga makanan ini ini disajikan tanpa adanya bahan pengawet. Mie sagu khas Pontianak, Kalimantan Barat ini memiliki struktur bentuk yang unik dan kenyal di mulut.

Diolah dengan resep rahasia yang sudah terdapat sejak dahulu sampai sekarang terus turun menurun. Yaitu diolah dan dikombinasikan dengan daging, kecambah, merica dan rempah-rempah lainnya. Sehingga rasa tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.

4. Kwetiau Kuliner Khas Kalimantan Barat

kwetiau khas kalimantan Barat
Sumber : http://reseputama.com/

Bukan hanya jeruk saja yang terkenal dengan Pontianaknya Tapi, makanan ini juga sangat terkenal dan diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat. Makanan ini memang banyak terdapat di beberapa daerah.

Namun yang harus anda ketahui, makanan ini memiliki cita rasa dan aroma yang tersendiri. Kwetiau Pontianak mempunyai beberapa menu, di antaranya adalah kwetiaw goreng, kwetiawukuah, kwetiau special dan masih banyak macam jenis kwetiau.

Tapi yang paling penting adalah, kwetiau Pontianak disajikan dengan 2 macam bahan dasar. Yaitu dengan daging sapi atau dengan seefood, kepiting. Makanan ini disajikan dengan rempah-rempah pilihan, yang menghasilkan aroma dan rasa yang tidak anda duga lezatnya.

Untuk mendapatkan makanan ini, anda tidak perlu repot mencarinya, karenamakanan ini tersedia di pinggir-pinggir jalan Kota Pontianak.

5. Chai Kue Makanan Khas Pontianak

Chai Kue Makanan Khas Pontianak
Sumber : http://www.infomakan.com/

Chai kue merupakan makanan yang identik dengan kota Pontianak, Kalimantan Barat. Makanan ini sudah terkenal dan popular di kalangan masyarakat, tapi sebanarnya makanan ini sebenarnya bukan makanan asli Pontianak.

Melainkan makanan ini adalah makanan orang China. Terdengar dari namanya saja sudah berbau China, Chai berarti sayuran, adapun kue berarti kue. Maksud dari nama makanan itu adalah kue yang berisi sayuran.

Sayuran yang terdapat pada makanan itu antara lain, talas, bengkoang, dicampur dengan ebi dan kucai yang diiris-iris. Adapun kulit atau lapisan makanan ini dibuat dari tepung beras dan tepung sagu, sehingga menghasilkan lapisan yang licin dan kenyal.

Chai kue disajikan dengan dilumuri minyak bawang putih dan bang putih yang digoreng. Bumbu yang dipakai adalah rempah-rempah pilihan yang menghasilkan rasanya gurih, manis dan juga ada rasa pedas jika kita cocolkan saos.

Untuk mendapatkan makanan ini di Pontianak tidak sulit, karena banyak rumah makan yang menyajikan makanan ini.

6. Lempok Durian Khas Kalimantan Barat

Lempok Durian Khas Kalimantan Barat
Sumber : https://tokopedia.net/

Lempok durian merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang terkenal dengan jeruknya. Tapi jangan salah, Pontianak, Kalimantan Barat juga memiliki hasil durian yang banyak dan melimpah. Dari itu, durian diolah dan dijadikan makanan khas Pontianak.

Lempok durian sejenis dengan dodol biasa, tapi lempok durian tidak memakai bahan campuran tepung ketan. Lempok durian terbuat asli 100% dari durian saja. Sehingga memiliki rasa original yang akan memanjakan lidah anda.

7. Kopi Sepok Minuman Khas Kalimantan Barat

kopi sepok minuman khas kalimantan barat
Sumber : https://i.ytimg.com/

Kopi sepok terbuat dari biji kopi daerah Pontianak piliihan. Pontianak memiliki hasil biji kopi yang lumayan banyak. Dengan biji kopi pilihan dan diolah secara alami dan tradisional, kopi ini memiliki aroma khas dan rasa yang menggugah selera.

Bapak Sutarmidji selaku Walikota Pontianak sudah merekomendasikan supaya kopi sepok ini tetap di jaga dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pontianak, Kalimantan Bara karena memiliki aroma yang enak dan mantap.

8. Camilan Stick Keladi Asal Kalimantan Barat

stik keladi jajanan khas kalimantan barat
Sumber : http://mbaktum.jw.lt/

Makanan camilan yang satu ini terbuat dari bahan dasar talas. Di kalangan Kalimantan Barat, talas biasa disebut dengan keladi. Maka dari itu dinamakan stick keladi, camilan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Karena talas yang dipakai bukan talas liar, tapi talas kebun yang dirawat.

Makanan camilan inni sanagt cocok untuk oleh-oleh keluarga tercinta di rumah. Dengan memiliki rasa yang banyak dan berebeda-beda, anda akan ketagihan setelah mencicipinya. Camilan ini sangat cocok dimakan saat bersantai, nonton tv, jamuan tamu, dan menjadi teman di pagi hari membaca Koran atau majalah.

9. Es Krim Petrus Minuman Khas Kalimantan Barat

Es Krim Petrus Minuman Khas Kalimantan Barat
Sumber : https://nanaarieswari.files.wordpress.com/

Sekarang kita membahas tentang minuman. Di samping memiliki makanan khas yang beraneka ragam, Pontianak juga emiliki minuman yang khas dan mempunyai bentuk yang unik Yaitu es krim petrus, es krim ini bias disajikan di gelas dan ada juga yang disajikan di batok kelapa.

Es krim ini memiliki rasa yang sangat enak dan segar . Es krim petrus ini juga dicampuri dengan kacang merah, rumput laut dan cincau.

Dari itu, es krim ini sangat diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Jika anda berwisata ke kota ini, jangan sampai anda lewatkan untuk mencicipi es krim petrus.

10. Es Lidah Buaya Minuman Khas Kalimantan Barat

minuman khas kalimantan barat es lidah buaya
Sumber : https://truffle-assets.imgix.net/

Minuman khas kota Pontianak memang unik-unik, sebagaimana es lidah buaya khas Kalbar ini. Lidah buaya yang biasanya dipakai untuk perawatan wajah ini, kini tersedia di kalangan Kalimantan Barat menjadi minuman khas.

Dan yang lebih hebat lagi, minuman ini mempunyai banyak khasiat. Khasiat yang terdapat pada minuman ini antara lain adalah untuk menurunkan sakit panas dalam, bahkan es lidah buaya ini mampu menyembuhkan penyakit magh.

Harganya es lidah buaya ini jika diminum di gelas, harganya Rp 6.000, adapun jika sudah dibungkus, harganya lebih mahal yaitu, Rp15.000.

Itulah beberapa penjelasan menganai wisata kuliner Kalimantan Barat, gimana guys dari 10 makanan khas Kalimantan Barat yang saya jelaskan di atas apakah ada yang membuat penasaran dan menarik untuk di coba.

Kalau iya kamu bisa langsung saja berkunjung ke Kalimantan Barat untuk mencicipi makanan khasnya dan jangan lupa juga untuk berwisata di sana karena yang paling penting sih bisa membuat pikiran kamu fres.

Tinggalkan komentar